Wednesday , February 21 2018
Home / Blog / 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Impor Yang Menguntungkan

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Impor Yang Menguntungkan

Share this:

Tips Sukses Memulai Bisnis Impor

Di tahun ini dan tahun-tahun mendatang, bisnis menjadi salah  satu yang memiliki prospek yang besar. Bahkan bisa dikatakan bahwa daripada menjadi pegawai atau karyawan. Menjadi pebisnis bisa lebih menguntungkan jika dijalani dengan tekun. Itulah mengapa banyak yang memilih menjalankan bisnis yang menguntungkan ketimbang menjadi karyawan. Salah satunya adalah dengan menjajal usaha di bidang impor barang.

Untuk memulai bisnis, banyak yang takut untuk gagal, serta punya beberapa alasan lain yang memudarkan semangat berbisnisnya. Seperti halnya perasaan takut rugi kurangnya modal, serta kurangnya pengetahuan tentang bisnis.

Dengan menjadi importer, maka kita bisa menjual arang yang unik dan juga tidak ditemui di Indonesia. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan pasar yang strategis. Bukan hanya itu, harga yang murah juga bisa jadi daya saing tersendiri untuk bisa menang di pasar. Tentu saja, untuk memang dalam bisnis, kita harus memiliki keunggulan sendiri.

Seperti barang yang kita jual, bukan harga marketnya yang besar, namun juga barang yang unik dan beraneka ragam juga memberikan peluang bisnis yang menjanjikan. Bagi yang ingin mencoba bisnis bidang impor barang, maka ada beberapa tips yang bisa dijalankan.

6 Tip Bagi Yang Ingin Menjalankan Bisnis Impor

  1. Mantapkan hati

Seperti semua bisnis, pada bidang impor, juga butuh kerja keras dan semangat pantang menyerah. Jika takut akan kegagalan dan persaingan, maka bisnis apapun itu juga tak akan bisa jalan. Sebelum memulai, mantapkan hati, dan juga pelajari kesanggupan diri. Karena dalam bidang bisnis yang menguntungkan layaknya impor barang ini, kita butuh beberapa kemampuan.

Read More :  Importir Pintu Jendela, Berburu Pintu Aluminium Di Importer

Beberapa diantaranya adalah keterampilan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang dari negara asing, supplier, dan juga pihak yang terkait. Lalu, kita juga butuh kemampuan membangun koneksi, kerja keras, dan terus mencari ide kreatif dan selalu jeli dalam menemukan peluang yang baru untuk memperluas bisnis.

Pada intinya, menjadi importer itu sama dengan dagang biasa, hanya saja kita berhubungan dengan perijinan yang agak rumit dan juga harus menjalin komunikasi dengan pihak dari luar negeri.

  1. Pelajari peluang yang ada

Kita hidup di Indonesia, itu artinya kita tak perlu takut akan pasar yang kurang. Di sinilah pasar yang strategis, dimana orang-orangnya sangat konsumtif. Tinggal kita harus pintar dalam melihat peluangnya dulu. Kira-kira saat ini yang lagi booming dan paling di cari apa, baru kita mencari barang dari luar negeri dengan harga murah dan kualitasnya bagus.

Bisnis yang menguntungkan ini cukup startegis dijalankan, karena kita kesulitan mencari barang yang diproduksi di Indoneisa, dan di luar negerilah kita bisa mendapatkan barang tersebut, dengan harga murah dan kualitas bagus.

Dalam hal persaingan, perlu pula mempelajari kelebihan dan  kekurangan pesaing kita. Kenapa harus demikian? Hal ini agar kita sebagai pebisnis bisa selangkah lebih maju dari mereka.

  1. Mencari target pasar

Tugas seorang pebisnis tangguh lainnya adalah mengidentifkasi pasar dan menentukan target pasarnya. Manakah barang yang akan dijual, dan siapakah yang bakal jadi pembeli dari barang tersebut. Akan lebih baik jika menguasai satu pasar saja, namun tetap fokus menjalaninya.

Read More :  Importir Rice Cooker Dengan Harga Terjangkau dan Berkualitas

Lihat karakteristik konsumen yang akan kita bidik, dan juga riset dahulu sebelum mendatangkan barang. Hingga bisnis yang menguntungkan bisa dijalankan dengan lebih mudah, karena jalan  menuju pasar yang luas sudah terbuka.

  1. Menunjukkan nilai lebih dari bisnis yang dimiliki

Tentunya, sebagai pelkau bisnis kita harus punya niai lebih yang  bisa kita tunjukkan dan tonjolkan. Agar kita memiliki ciri khas yang akan selalu diingat oleh konsumen. Jika kita dianggap unik dan juga unggul dalam hal tertentu, maka kita tak perlu takut kehilangan pasar. Bisa  juga kita menyebutnya dengan istilah branding. Hal apa yang kita tawrakan kepada pasar, itulah yang menjadi kunci sukses bisnis yang menguntungkan, layaknya bisnis impor barang.

  1. Jangan berhenti melakukan riset pasar

Riset pasar bukan hanya dilakukan ketika akan membuka usaha saja. Namun, pada dasarnya harus dilakukan ketika bisnis sudah berjalan. Hal ini penting sekali, karena kita tentu ingin melakukan progress dalam bisnis dan tidak mandeg di tempat. Untuk bisa lebih memajukan bisnis yang menguntungkan, maka lakukan riset pasar. Karena gejolak dan perubahan itu rentan terjadi, terlebih pada trend yang ada di pasar saat ini.

  1. Kelola pengeluaran dan pemasukan

Meksipun untungnya besar, kalau tidak pintar dan teliti mengelola pemasukan dan pengeluaran, maka bisnis juga akan sulit untuk maju. Terlebih pada bisnis bidang impor barang ini. kita tentu harus lebih telit lagi dalam menjalankannya. Jangan sampai kita mengeluarkan uang yang lebih besar dibanding dengan uang yang bisa  kita dapat.

Read More :  Memahami Dokumen Dan Perijinan Impor Barang Untuk Usaha Anda

Mengelola bisnis yang menguntungkan ini, kita perlu menyediakan dana cadangan, yang akan diperlukan kalau ada keadaan gawat suatu saat nantinya. Sediakan rekening khusus untuk bisnis yang terpisah dari rekening pribadi.

Jika lebih ingin tahu cara handal dan tips jitu lebih banyak lagi, maka bisa konsultasikan caranya dengan yang lebih berpengalaman dan professional di bidangnya.

Share this:

Check Also

www.caradesain.com

Ide Model Ubin Granit untuk Lantai Ruang Tamu

Granit adalah salah satu bahan terbaik untuk lantai ubin. Selain kuat, model granit untuk lantai …

Ide Gaya Romantis dengan Baju dan Celana Dalam

Pakaian dalam menarik, terutama paduan bra dan celana dalam wanita yang disukai pria, bisa menambah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *