Saturday , February 24 2018
Home / Blog / 3 Alat Pembersih Lantai yang Harus Anda Miliki

3 Alat Pembersih Lantai yang Harus Anda Miliki

Share this:

Bisa dibilang, lantai merupakan bagian rumah yang paling sering dibersihkan. Baik itu terbuat dari material keramik, tegel, atau kayu sekali pun, lantai tetap harus dibersihkan setidaknya sehari sekali. Aktivitas ini penting tak hanya untuk kebersihan, tetapi juga demi kenyamanan dan kesehatan. Apalagi, jika Anda dan keluarga—utamanya anak-anak—kerap melakukan beragam aktivitas di lantai.

Membersihkan lantai tergolong rutinitas yang harus dijalani oleh setiap ibu rumah tangga. Beragam perlengkapan dan alat pembersih lantai pun dibutuhkan untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan ini. Berikut serba-serbi proses membersihkan lantai yang penting untuk Anda ketahui.

Pembersih Lantai Tahap Awal – Sapu, Mesin Penyedot Debu, dan Pengki

res.cloudinary.com
res.cloudinary.com

 

Langkah awal yang harus dilakukan dalam proses membersihkan lantai adalah menyingkirkan kotoran dan debu. Aktivitas ini setidaknya harus dilakukan setiap hari, agar kotoran dan debu tidak semakin menumpuk. Gunakan sapu atau mesin penyedot debu untuk membersihkan lantai secara rutin, meski secara kasat mata lantai belum terlihat kotor.

Alat Pel

Static-src.com
Static-src.com

Jika menyapu hanya mampu menyingkirkan debu dan kotoran, pada saat mengepel, kuman, kotoran berminyak, serta bau tidak sedap juga akan terangkat. Itulah mengapa mengepel perlu dilakukan meski intensitasnya tidak sesering menyapu. Jika memungkinkan, mengepel lantai setiap hari bisa menjadikan rumah Anda selalu bersih.

Untuk mengepel, Anda tentu membutuhkan alat pel. Kini, ada banyak alat pel yang tersedia di pasaran, mulai dari yang manual hingga yang elektrik. Alat pel tersebut juga hadir dalam beragam bentuk, bahan, ukuran, dan warna. tentunya, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Read More :  Pilih Lantai Vinyl Atau Keramik?

Misalnya, untuk alat pel dengan bantalan datar. Penggunaan dan perawatannya memang lebih mudah, bisa dilepas dan diganti, dicuci dan dipakai ulang. Namun, alat pel model ini sulit menjangkau daerah pojok ruangan, terlebih jika area tersebut diapit oleh kaki lemari, meja, sofa, atau yang lainnya.

Jika Anda memilih alat pel berbentuk rumbai-rumbai dengan tali atau kain panjang, Anda akan mudah menjangkau berbagai area, termasuk area sudut. Kelemahannya, alat pel model ini tidak mudah dilepas dan dicuci.

Namun jangan khawatir, alat-alat pel masa kini umumnya telah dilengkapi dengan water outlet dan handpress system yang akan memudahkan Anda memeras dan mengeringkan kain pel setelah digunakan.

Terlepas dari berbagai macam model tersebut, pemilihan alat pembersih lantai selayaknya disesuaikan dengan jenis lantai dan bentuk ruangan rumah Anda.

Pembersih lantai, Disinfektan, atau Karbol

1.bp.blogspot.com
1.bp.blogspot.com

Selain alat, Anda juga membutuhkan pembersih lantai berupa cairan disinfektan atau karbol. Cairan inilah yang berfungsi sebagai pembunuh kuman, pembersih lantai, sekaligus pengharum ruangan.

Karena cairan ini mengandung berbagai bahan (zat) kimia, pastikan Anda memilih cairan pembersih lantai yang sesuai dengan jenis material lantai rumah Anda. Jika tidak, alih-alih mendapatkan lantai yang bersih dan harum, justru lantai rumah bisa rusak. Terlebih, jika lantai rumah Anda terbuat dari kayu alami atau tegel yang tipis. Jadi, pilihlah cairan pembersih lantai yang sesuai dengan material dasarnya, entah itu kayu, porselen, plastik, atau tegel.

Read More :  Cara Beli Barang Online yang Mudah Dan Praktis

Nah, agar tidak salah dalam memilih alat pembersih lantai maupun cairan pembersihnya, alangkah baiknya jika Anda membeli perlengkapan tersebut di toko-toko yang tepercaya. Misalnya, untuk alat pel Anda bisa membelinya di importer.co.id, sebuah situs penyedia barang dengan jaminan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat, ya.

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *