Wednesday , February 21 2018
Home / Blog / Jenis, Fitur, dan Cara Menggunakan Alat Pemotong Kertas

Jenis, Fitur, dan Cara Menggunakan Alat Pemotong Kertas

Share this:

Alat pemotong kertas ternyata memiliki jenis, fitur, dan cara penggunaan yang berbeda. Kemampuannya tergantung ukuran pisau, kecepatan potong, besar daya yang digunakan, fitur keamanan, maintenance, dan lain-lain. Di bawah ini adalah nama-nama alat pemotong kertas yang paling sering digunakan beserta fitur dan cara menggunakannya:

Jenis Rotary

Alat Pemotong Kertas - Blibli.com
Alat Pemotong Kertas – Blibli.com

Sesuai namanya, alat pemotong kertas rotary memiliki pisau yang berbentuk lingkaran, bahkan beberapa di antaranya mirip dengan pemotong pizza. Dengan bentuk pisau tersebut, benda ini bisa memotong beberapa lembar kertas sehingga sering digunakan untuk prakarya seni atau scrapbooking. Hasil pemotongannya pun sangat lurus asal dilakukan di permukaan yang rata.

Ciri fisik pemotong kertas rotary manual biasanya dilengkapi dengan grid sebagai panduan memotong, dan penjepit sebagai penahan kertas agar tak bergerak saat dipotong. Cara menggunakan pemotong rotary yaitu menempatkan kertas pada papan grid dan menyesuaikan posisinya, kemudian menggeser pisau secara vertikal.

Jenis Guillotine

Alat Pemotong Kertas - Amazon.ca
Alat Pemotong Kertas – Amazon.ca

Nama ‘Guillotine’ diambil dari nama tokoh Perancis yang memperkenalkan metode eksekusi publik yang lebih halus pada abad ke 17. Disebut lebih halus karena sebelumnya hukuman pemenggalan kepala dilakukan dengan kapak, dan Guillotine menggantinya dengan mesin pisau supercepat.

Meskipun sejarahnya cukup mengerikan, nama Guillotine melekat di alat yang berhubungan dengan pemotong, salah satunya alat potong kertas. Baik Guillotine manual, semi-otomatis, maupun yang otomatis, lebih multifungsi dan dapat memotong berlembar-lembar kertas dibandingkan alat pemotong kertas rotary. Caranya tinggal memosisikan kertas dengan rapi pada alat (ada yang dilengkapi dengan penjepit), kemudian mendorong pisaunya ke bawah hingga mengiris kertas.

Read More :  Ketahui 7 Hal Ini Sebelum Memasang Wall Panel

Jenis Stack

Alat Pemotong Kertas - Ilpentolino.com
Alat Pemotong Kertas – Ilpentolino.com

Alat pemotong kertas stack sering kali digunakan di kios fotokopi. Alat ini mampu memotong hampir 1 rim kertas sekaligus—seperti tumpukan brosur atau flyer—sehingga menjadi mesin yang wajib ada di percetakan. Ada jenis yang dilengkapi dengan meja dan tidak, serta ada yang menggunakan listrik maupun manual.
Cara menggunakan alat pemotong kertas stack manual yaitu dengan menyusun beratus lembar kertas dan mendorong pegangan pisau ke bawah hingga mengiris kertas. Untuk alat pemotong kertas stack elektrik, umumnya dilengkapi dengan penjepit dan pemotong yang diatur secara digital.

Jenis Hidrolik

Alat Pemotong Kertas - Ecvv.com
Alat Pemotong Kertas – Ecvv.com

Alat pemotong kertas hidrolik umumnya dipakai untuk finishing percetakan. Kapasitas dan ukuran kertas maksimal bervariasi tergantung merek. Beberapa mesin sudah beroperasi secara digital sehingga bisa melakukan 99 jenis potongan berbeda, dan bisa dioperasikan secara manual namun dilengkapi sensor sehingga tetap aman.

Kelebihannya, alat pemotong kertas hidrolik bisa memotong bertumpuk-tumpuk kertas, bahkan kertas dengan ketebalan lebih dari 80 gram dan kertas laminasi. Beberapa mesin bisa melakukan pengaturan otomatis untuk merapikan dan memosisikan kertas, sehingga tidak perlu dirapikan lagi oleh pekerja.

Jenis Corner

Alat Pemotong Kertas - Tokopedia
Alat Pemotong Kertas – Tokopedia

Alat pemotong corner digunakan sebagai pemotong ujung-ujung kertas, misalnya untuk membuat pinggiran kertas berbentuk bulat, lubang-lubang pada lembaran loose-leafe, binder, atau buku. Satu alat umumnya dilengkapi dengan 6 pisau berbeda untuk membuat bermacam tipe lengkungan. Alat tersebut memiliki dudukan kertas yang dilengkapi pelat dan tuas.

Read More :  Mencari Importir Termos Legal Dan Terpercaya

Cara menggunakan corner cutter manual yaitu memepetkan 2 tepi kertas ke 2 pelat pada dudukan kertas, lalu turunkan tuas hingga kertas terpotong. Kekurangan alat pemotong kertas manual ini yaitu hanya bisa memotong tepi kertas satu per satu. Untuk skala pabrik, tersedia alat pemotong kertas corner yang diatur secara digital dan dapat menampung ketebalan tumpukan kertas hingga 5 cm.

Ternyata, pemotong kertas terdiri dari banyak jenis dan fitur. Bagi Anda yang mencari penjual alat pemotong kertas dalam jumlah besar, kami dari importer.co.id siap menghubungkan Anda dengan perusahaan Cina untuk melakukan negosiasi jual-beli alat pemotong kertas impor dan mengantarkannya langsung ke gudang Anda.

Share this:

Check Also

www.caradesain.com

Ide Model Ubin Granit untuk Lantai Ruang Tamu

Granit adalah salah satu bahan terbaik untuk lantai ubin. Selain kuat, model granit untuk lantai …

Ide Gaya Romantis dengan Baju dan Celana Dalam

Pakaian dalam menarik, terutama paduan bra dan celana dalam wanita yang disukai pria, bisa menambah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *