Sunday , January 21 2018
Home / Blog / Bagaimana Memilih Baju Senam Aerobik yang Tepat?

Bagaimana Memilih Baju Senam Aerobik yang Tepat?

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari, terutama bagi kaum wanita. Selain mudah dan murah, olahraga ini tentu saja menyehatkan dan dapat membentuk tubuh indah. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu memilih baju senam aerobik yang tepat untuk menunjang aktivitas Anda.

Dalam memilih baju senam aerobik, bukan hanya fungsinya yang harus Anda perhatikan, tetapi juga kenyamanan dan desainnya. Berikut tips memilih baju senam aerobik yang tepat untuk Anda:

Perhatikan Bahan Baju Aerobik

Baju Aerobik - id-live-03.slatic.net
Baju Aerobik – id-live-03.slatic.net

Salah satu hal penting dalam memilih baju senam aerobik adalah bahan penyusunnya. Semakin berkualitas bahan yang digunakan, tingkat kenyamanan yang dirasakan juga semakin tinggi. Berikut beberapa jenis bahan yang sering digunakan sebagai bahan baju senam:

  1. Katun

Kain katun dapat menyerap keringat dengan baik, sayangnya kain jenis ini tidak mampu menguapkan dengan cepat keringat yang meresap di dalamnya. Akibat dari sulitnya penguapan keringat, baju yang menggunakan bahan katun akan terasa berat dan berbau saat si pemakai sedang berpeluh dalam jumlah banyak. Karena itulah, baju olahraga berbahan katun lebih cocok untuk jenis olahraga yang tidak terlalu menguras keringat.

2. Bahan Sintetis

Bahan berikutnya yang cukup sering digunakan sebagai bahan utama baju senam aerobik adalah serat sintetis. Serat sintetis mengandung polipropilen, yaitu bahan yang mudah menguapkan keringat dari tubuh. Karena itulah, baju jenis ini tidak menimbulkan bau tak sedap kala pemakainya bercucuran peluh, sehingga sangat cocok digunakan untuk olahraga yang menguras banyak tenaga. Selain itu, baju senam dari serat sintetis juga lebih ringan dibanding baju senam yang berbahan katun.

Read More :  Rahasia Menemukan Alamat Importir Produk China Paling Profesional

3. Bahan Karet dan Plastik

Campuran karet dan plastik juga digunakan sebagai salah satu bahan pembuat baju senam aerobik. Sayangnya, baju berbahan campuran ini dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat terlalu tinggi dan menyulitkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Baju jenis ini juga kurang nyaman ketika dipakai karena sulit menyerap maupun menguapkan keringat. Jadi, sebaiknya hindari baju senam berbahan ini.

Pilih Mana, Ketat atau Longgar?

Baju Aerobik - butikbajusenam.com
Baju Aerobik – butikbajusenam.com

Anda bisa memilih menggunakan baju senam aerobik yang ketat atau longgar, tergantung kebutuhan Anda. Baju senam yang longgar dapat menyembunyikan tumpukan lemak yang ada pada tubuh, sebaliknya baju yang ketat lebih menonjolkan lekuk tubuh.  Meski begitu, jangan pula memilih pakaian yang terlalu ketat, karena dapat mengganggu peredaran darah dan menyusahkan pergerakan.

Pakailah Sport Bra

Baju Aerobik - id-live-03.slatic.net
Baju Aerobik – id-live-03.slatic.net

Saat melakukan senam aerobik, jangan lupa menggunakan bra khusus olahraga. Sport bra bermanfaat untuk mendukung pergerakan Anda ketika melakukan aerobik dan melindungi payudara dari cedera saat latihan fisik. Selain itu, sport bra juga mampu menjaga kesehatan tulang punggung,

Lengkapi dengan Sepatu Olahraga yang Tepat

Baju Aerobik - ecs7.tokopedia.net
Baju Aerobik – ecs7.tokopedia.net

Setelah memilih baju senam aerobik yang tepat, jangan lupa melengkapinya dengan sepatu olahraga yang sesuai. Lebih tepatnya, sepatu olahraga yang didesain khusus untuk menunjang fleksibilitas pergerakan senam.

Pilih sepatu olahraga yang memiliki sol berbahan karet agar tidak licin dan mengurangi risiko terpeleset di lantai yang licin. Solnya juga harus tebal sehingga mampu meredam entakan atau loncatan. Tidak kalah penting, bobot sepatu juga harus ringan, sehingga Anda dapat lebih luwes dalam melakukan gerakan-gerakan senam.

Read More :  Memilih Mitra Kerja Importir Kawat Las Aluminium dari China

Demikian cara mudah memilih baju senam aerobik yang tepat. Semoga bermanfaat dan selamat berolahraga.

Check Also

Baju Fitness Pria - s4.bukalapak.com

Pilihan Celana Fitness Pria yang Membuat Anda Nyaman Saat Berolahraga

Fitness kini tak lagi hanya identik dengan olahraga, tetapi juga dengan gaya hidup. Fitness memang …

Baju Fitness wanita - pic.elinkmall.com

5 Baju Fitness Wanita Sopan yang Bisa Jadi Pilihan

Senam dan fitness merupakan olahraga yang cukup digemari para wanita dibanding olahraga lainnya. Namun, untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *