Home / Blog / Cara Mengimpor Barang Dari Cina Secara Mudah
Cara Mengimpor Barang Dari Cina Secara Mudah
Cara Mengimpor Barang Dari Cina Secara Mudah

Cara Mengimpor Barang Dari Cina Secara Mudah

Bisnis jual beli barang impor merupakan salah satu peluang yang banyak dimanfaatkan orang pada era digital seperti sekarang ini. Hal ini turut didukung dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan kita untuk dapat bertukar pesan secara lebih cepat.

Kepercayaan masyarakat akan barang impor yang memiliki kualitas lebih baik daripada barang lokal pun menjadi nilai tambah tersendiri dari bisnis perdagangan barang impor. Salah satu negara yang sering menjadi pemasok barang-barang impor adalah Cina.

Ini karena harga barang yang lebih murah dan kualitas yang tetap bagus. Walaupun begitu, ternyata masih banyak yang meragukan bisnis ini karena tidak sepenuhnya paham bagaimana cara mengimpor barang dari Cina. Prosesnya memang lebih rumit daripada membeli barang dari dalam negeri, namun sebagai bisnis tentunya impor barang ini layak untuk dicoba.

Begini Tata Cara Mengimpor Barang Dari Cina

Langkah pertama dalam cara mengimpor barang dari Cina adalah menentukan supplier. Langkah pertama ini ternyata harus dilakukan secara tepat dan tidak bisa sembarangan.

  1. Tetapkan terlebih dahulu barang apa yang akan kita impor dan apakah barang tersebut diperbolehkan untuk diimpor ke Indonesia.
  2. Cari informasi lengkap terkait detail barang. Pastikan juga kemampuan keuangan kita dalam mengambil kuantitas maksimal barang yang akan diimpor.
  3. Jika kita ingin mengambil grosir untuk dijual kembali, pastikan kita sudah mengetahui segmen pasar dari barang tersebut.
  4. Ketahui berat per satuan barang yang dipesan serta ukurannya. Ini akan mempengaruhi perhitungan harga dari barang tersebut.
  5. Kuasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan supplier. Tentu akan lebih bagus lagi apabila kita menguasai bahasa Cina. Persiapkan juga Instan Messaging sebagai sarana komunikasi dengan supplier.

Cara Mengimpor Barang Dari Cina Setelah Mendapatkan Supplier

Setelah kita mendapat supplier yang terpercaya serta mendapat kontaknya, segera hubungi untuk mengutarakan keinginan kita dalam membeli secara grosir dan impor ke Indonesia.

  1. Cara mengimpor barang dari Cina berikutnya adalah menanyakan berapa MOQ atau minimal order quantity alias jumlah barang minimal yang bisa dibeli.
  2. Selanjutnya kita bisa melakukan nego harga serta akan diberikan penawaran oleh pihak supplier.
  3. Harga yang diberikan supplier umumnya adalah FOB atau Free On Board. Ini artinya, harga barang sudah termasuk kirim ke gudang atau warehouse tempat kontainer berada.
  4. Jangan lupa tanyakan pada supplier berapa total berat dan volume barang dalam CBM atau Cubic Metres.
  5. Mintalah supplier untuk membuat detail daftar paket yang berisi PL atau Packing List dan CI atau Commercial Invoice.

Cara Mengimpor Barang Dari Cina Melalui Jasa Forwarding

Proses impor barang masih harus melalui jasa Forwarding terlebih dahulu. Cara mengimpor barang dari Cina selanjutnya adalah memilih jasa Forwarding yang terpercaya.

  1. Cari agen Forwarding yang terpercaya dan katakan lokasi FOB dari supplier. Jika tidak bisa forwarding ke lokasi FOB maka kita harus turut menghitung ongkos trucking dari lokasi supplier ke lokasi FOB.
  2. Tanyakan pada pihak forwarding berapa ongkos trucking, jasa servis door to door all service dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke alamat kita.
  3. Setelah urusan forwarding selesai, kita kembali berkomunikasi dengan supplier untuk membicarakan term payment. Bisa dilakukan sistem DP sebesar sekian persen terlebih dahulu dan sisanya harus dilunasi pada saat serah terima atau Bill of Landing, yatiu tagihan saat paket barang sudah berangkat dari lokasi FOB.

Cara Mengimpor Barang Dari Cina Sampai ke Indonesia

Proses dan tata cara mengimpor barang dari Cina sampai tiba di Indonesia dan bisa kita jual kembali terbilang panjang. Setelah barang siap dikirim, kita masih harus menghubungi pihak supplier dan juga forwarding.

  1. Kita menukar info antara supplier dan forwarding. Mintalah pihak forwarding agar cross check ke pihak supplier dan sebaliknya.
  2. Paket yang menuju FOB sudah dalam kondisi dipacking dan biasanya akan ditimbang ulang oleh pihak forwarding untuk memastikan beratnya sama dengan yang diinformasikan oleh supplier, demikian juga dengan volumenya.
  3. Pada proses ini akan dilakukan juga pembayaran Balace Payment atau sisa pembayaran barang yang dibutuhkan.
  4. Mendekati akhir dari proses impor, begitu paket sudah sampai di pelabuhan, mintalah foto bukti kedatangan barang.

Cara Mengimpor Barang Dari Cina dan Pemasarannya di Indonesia

Setelah barang sampai di Indonesia, kita tinggal menunggu hingga paket sampai ke tangan kita. Di sinilah kita mulai mencari pasar untuk melepas barang impor yang kita beli. Sebelum barang sampai di Indonesia, kita bisa memasarkannya terlebih dahulu di Indonesia dengan sistem pre order atau memesan sebelum barang sampai.

Cara mengimpor barang dari Cina ini berlaku untuk semua jenis barang, mulai dari pakaian, makanan, make up, buku, album, elektronik dan lain sebagainya.

Jual beli barang impor termasuk sangat digemari di Indonesia sepanjang kita menemukan segmen pasar yang tepat. Keuntungan yang bisa didapat pun lumayan besar sehingga tak ada ruginya kita mencoba bisnis cara mengimpor barang dari Cina.

Check Also

Jual Alat Tulis Kantor (ATK)

Jual Alat Tulis Kantor (ATK), Lengkap…

Anda membutuhkan alat tulis kantor (ATK) dalam jumlah besar? Temukan disini.. Kami menjual alat tulis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *