Sunday , February 18 2018
Home / Blog / Ide Bisnis Grosir Kaos Impor Model Terbaru yang Menjanjikan

Ide Bisnis Grosir Kaos Impor Model Terbaru yang Menjanjikan

Share this:

Banyak yang bingung saat ingin memulai bisnis. Pertama-tama, pasti masalahnya terletak pada pilihan bisnis apa yang akan dijalankan. Terlalu banyak pilihan malah bisa membikin galau, meski semua menawarkan prospek dan keuntungannya masing-masing.

Semua ada risikonya. Bahkan berdagang barang kebutuhan pokok yang pasti laku pun bukan tanpa tantangan. Bukan cuma tentang menghitung modal kemudian membelanjakannya, tetapi juga terkait bagaimana cara memasarkannya. Jika kurang cermat, maka bersiap-siaplah karena kemunduran usaha sudah di depan mata.

Namun tidak perlu berkecil hati. Sebelum memulai semuanya, pebisnis wajib berpikiran optimis. Jika karena tantangan kecil saja nyali sudah ciut, bagaimana bila menemui cobaan dahsyat pada saat bisnis telah berkembang nanti?

Untuk itu, mari mencoba untuk membedah segala seluk beluk tentang bisnis. Kali ini dengan pilihan usaha di bidang fashion, yaitu grosir kaos.

Mengapa Grosir Kaos?

kaoskemejapria.com
kaoskemejapria.com

Tidak dipertanyakan lagi bahwa tren mode terus berganti. Gaya busana populer berubah setiap tahun. Bahkan jika mengikuti perkembangannya, akan ada model baru setiap 3 atau 4 bulan sekali.

Cobalah tengok perhelatan fashion week yang digelar di kota-kota mode dunia, seperti Paris, London, dan New York, selama satu minggu penuh tiap tahunnya. Acara tersebut menampilkan lenggak-lenggok gadis semampai berjalan dengan gaya busana terkini, mode terbaru karya desainer top dunia. Cantik dan menarik, bukan?

Sayangnya, model pakaian semacam itu memiliki segmen terbatas. Kadang kala memang dibutuhkan, tetapi tidak untuk setiap saat. Di samping itu mode selalu mengalami pergeseran dari waktu ke waktu. Jika berbicara soal bisnis, ini cukup menjadi masalah. Risikonya cukup besar. Bukannya berkembang pesat, malah terpaksa jalan di tempat karena terlalu banyak tantangan.

Jika tantangannya adalah ruang dan waktu, lantas mengapa tidak memilih barang fashion yang fleksibel? Jenis pakaian yang ruang lingkupnya lebih luas dan dibutuhkan oleh siapa saja, banyak peminat, tahan lama, dan tidak mudah tergeser oleh perkembangan mode. Dan pilihan model pakaian yang memiliki berbagai keunggulan di atas adalah kaos.

Keunggulan Kaos Dibandingkan Jenis Busana Lainnya

Threadless.com
Threadless.com

Kaos, atau t-shirt, coba sebutkan siapa yang tidak pernah memakainya? Anda sendiri pasti akan tercengang dengan kepopulerannya. Pria, wanita, tua dan muda, apa pun profesinya, setinggi apa pun kelas sosialnya, pasti memiliki koleksi kaos dalam lemari pakaiannya. Jenis pakaian ini adalah yang paling fleksibel, bisa dipakai oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Padahal kaos dulunya hanya berfungsi sebagai pakaian dalam. Kehadirannya sempat menuai kecaman karena dinilai menyalahi norma kesopanan. Seiring berjalannya waktu, kaos pun tidak mendapat kesempatan untuk masuk dalam kategori busana formal.

Namun kaos memiliki nilai tawar yang lebih tinggi daripada jenis pakaian lain. Kasual, bisa dipakai dalam berbagai kesempatan santai. Ringan, ringkas, mudah dicuci, tahan lama, dan pastinya murah. Orang-orang yang tidak punya preferensi khusus dalam berbusana, lebih memilih untuk mengenakan kaos dalam kesehariannya.

Di samping itu, t-shirt juga bisa menjadi ajang unjuk kreativitas. Gambar, tulisan, ide pewarnaan, dan banyak hal lain bisa diaplikasikan dalam pembuatan kaos. Tidak terbatas.  Karenanya, sejak dulu kaos oblong juga dimanfaatkan sebagai media propaganda, publikasi, bahkan menjadi simbol pergerakan kaum muda di berbagai belahan dunia.

Sampai di sini, Anda pasti telah memahami bahwa jenis barang fashion yang satu ini memunyai banyak kelebihan. Tidak heran, meski banyak yang menggeluti,  prospek bisnis grosir kaos masih menjanjikan. Terutama jika berhasil menjual produk yang unik, menarik, dan diminati, dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.

Read More :  Dapatkan Penawaran Terbaik di Distributor Barang Murah

Memulai Bisnis Grosir Kaos

Fancy-tshirt.com
Fancy-tshirt.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa bidang inilah yang paling Anda sukai. Sebelum merintis usaha grosir kaos, tentu Anda harus menjadi seorang penggemar fashion dan selalu mengikuti perkembangan mode.

Seseorang tidak bisa mengawali bisnis hanya berdasarkan iming-iming keuntungan semata. Apalagi kalau sekadar mengikuti tren. Menggeluti bisnis harus dengan sepenuh hati, jiwa, dan raga, jadi segala kendala bisa dihadapi dengan lapang. Jika tidak, Anda tetap tidak akan merasa puas bahkan saat performa bisnis sedang melejit.

Berbisnis sebaiknya tidak dilakukan karena terpaksa, percuma. Melakukan sesuatu dengan terpaksa tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Contohnya saat terpaksa melayani pembeli dan memperlakukannya secara tidak sopan dan tidak menghargai. Bagaimana konsumen akan merasa nyaman dengan perlakuan penjual yang tidak sopan? Jangankan langganan, produk sampai terjual pun sudah lumayan.

Jika beruntung, dia tetap membeli produk Anda tanpa berharap mengulanginya lagi. Namun tidak mustahil dia akan mengurungkan niatnya kemudian beralih ke pedagang lain. Lebih buruk lagi, kemungkinan konsumen tersebut akan memberi penilaian negatif dan dilanjutkan dengan tidak merekomendasikan barang atau toko Anda kepada orang lain. Hal tersebut jelas akan berakibat buruk pada bisnis Anda. Laba berlimpah yang selalu diidam-idamkan pun hanya tinggal khayalan.

  • Fokus Pada 1 Jenis Usaha

    Guru.com
    Guru.com

Internet dipenuhi hal-hal menarik yang menginspirasi, apalagi kalau subyeknya bisnis. Banyak tips dan gagasan-gagasan baru disajikan. Salah satu contoh bisa Anda lihat di situs media sosial Pinterest. Di dalamnya terdapat ribuan konten kreatif yang sah untuk disontek, dimodifikasi, dan digunakan sesuka hati. Unik sekaligus bernilai seni, semuanya bagus dan memiliki prospek bisnis yang menarik.

Namun bukan berarti Anda bebas menyontek segala macam barang untuk diproduksi dan dijadikan lahan bisnis. Jangan mentang-mentang prospek bagus, lalu Anda menjual berbagai jenis barang yang tidak terkonsep sama sekali. Boleh saja kalau usaha Anda adalah toko kelontong, karena barang yang dijual memang harus beragam. Tapi untuk usaha grosir kaos?

Tidak mungkin Anda bisa menjalankan dua bidang usaha dalam waktu bersamaan, dan keduanya bisa sukses. Semua pasti berawal dari satu. Belajar satu disiplin ilmu secara terus menerus bakal membuat Anda jadi seorang ahli. Tapi mengikuti berbagai kursus dalam satu waktu hanya akan membuang waktu. Hasilnya pun pasti pas-pasan.

Anda harus fokus dalam menentukan bisnis yang dijalani. Anda boleh membaca berbagai peluang bisnis di dunia fashion, tetapi bukan berarti semua harus dijalankan demi perolehan laba yang meningkat.

Berkonsentrasi pada satu jenis usaha akan menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk satu bidang bakal membuat inovasi bisnis Anda lebih variatif. Nantinya, langkah-langkah bisa berjalan secara sistematis dan bisnis grosir kaos Anda bisa berkembang dengan lebih terarah.

  • Terus Belajar

    Threadless.com
    Threadless.com

Jangan ragu untuk terus belajar dan menggali ide-ide baru. Berbisnis grosir kaos membutuhkan pengetahuan di bidang fashion. Anda perlu mengetahui tren yang berkembang saat ini. Hal ini bisa diperoleh dengan cara melakukan riset sederhana, baik dengan mengamati lingkungan sekitar atau melalui media informasi lainnya.

Selain itu, Anda harus tahu seluk beluk dunia produksi garmen dan konveksi. Teknik rajut apa saja yang biasa digunakan dalam pembuatan selembar kain. Kain apa yang terbaik dan cocok untuk kaos jika dipakai di daerah tropis seperti Indonesia. Kemudian jenis cetak grafis apa yang merekat kuat dan tahan lama di atas kain. Sampai segala hal menyangkut kemasan, menentukan strategi promosi dan pesan-pesan, meneliti harga pasaran, dan masih banyak lagi.

Read More :  Barang Lucu Kualitas Unggulan Dari Cina

Jangan malu untuk bertemu produsen atau pengusaha grosir kaos yang sudah berkecimpung lama dalam bidang ini. Pengalaman mereka pasti akan membawa manfaat besar. Anda bisa belajar dari kesalahan mereka di masa lalu, sambil mencuri-curi inovasi apa yang mereka lakukan untuk meningkatkan potensi usaha.

  • Bisnis Grosir Kaos, Produksi Sendiri atau Kulakan?

    Amazonaws.com
    Amazonaws.com

Apabila modalnya berlimpah, produksi sendiri akan lebih baik. Anda hanya perlu mengucurkan dana untuk merekrut tim dan membeli alat-alat produksi sendiri. Meski tampak merepotkan, biaya produksi bisa lebih ditekan dan Anda bakal punya banyak relasi. Pilihan kedua adalah dengan cara membeli barang langsung dari produsen. Menjadi konsumen tangan pertama akan menguntungkan dari segi waktu dan tenaga.

Saat ini mudah sekali menemukan pedagang yang menjual produk pakaian dalam skala besar. Bahkan Anda juga bisa mengimpornya langsung dari Negara-negara produsen tekstil terkemuka, seperti Bangladesh, Thailand, dan China. Tidak perlu mencarinya sendiri, cukup dengan menjadi rekanan dari perusahaan penyedia layanan ekspor impor, salah satunya importer.co.

Importer.co melayani jasa impor produk-produk asal RRC. Anda pasti tahu jika produk asal China memiliki harga yang lebih murah dari produk Negara lain. Jangan kuatir kehabisan modal saat membeli dalam jumlah. Biaya impor bisa dihemat jika Anda menggunakan jasa importer.co. Sementara modal tersisa dapat dipergunakan untuk keperluan lainnya.

  • Menentukan Target Pasar

    Behance.net
    Behance.net

Kaos memiliki pasar yang luas, tetapi Anda boleh memfokuskan bisnis untuk menyasar kalangan tertentu. Cara paling mudah untuk menentukan target pasar adalah dengan mengelompokkannya ke dalam beberapa segmen.

Dalam bisnis grosir kaos, maka targetnya adalah pengecer. Pengecer ini terdiri dari beberapa segmen, misalnya penjual kaos polos yang menyediakan produk buat tukang sablon. Atau toko khusus yang melayani penjualan jersey bola, kaos band, sampai kaos bergambar karakter kartun. Ada pula pengecer yang hanya menjual baju-baju branded, baik khusus untuk anak maupun dewasa.

Apabila modalnya tidak terbatas, tentu Anda bisa menyasar semua kelompok tersebut. Namun jika tidak, sebaiknya lebih bijak memilih target pasar yang menurut Anda berpotensi paling kuat dan berada dalam jangkauan Anda. Artinya, Anda tahu benar produk seperti apa yang diinginkan kelompok masyarakat pada segmen tersebut.

Pada masa awal, pilihlah satu atau dua sasaran saja. Kalau paham betul tentang merek-merek kaos yang populer di Indonesia, Anda bisa mendatangkannya dengan jasa importer.co dan kemudian memasarkannya di sini.

Berdasarkan pengamatan penulis, sebagian konsumen Indonesia masih menggemari produk kaos branded. Tidak peduli apakah produk tersebut orisinal atau replika. Faktor gengsi dan nama besar merek, menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen dalam memilih produk jenis ini. Selain itu, harganya lebih murah sehingga secara otomatis lebih menarik untuk dibeli. Meski kualitas barang replika tidak sebagus yang orisinal, tidak ada masalah asalkan masih bisa tampil gaya. Nah, di sinilah peluang itu bisa Anda manfaatkan.

  • Strategi Pemasaran

    Hellblade.com
    Hellblade.com

Bisnis grosir berarti hanya melayani pembelian partai atau dalam jumlah besar. Tapi tidak menutup kemungkinan akan ada konsumen eceran yang tersesat ke toko Anda. Anda tidak harus melayani pembeli ini kecuali terpaksa. Itu pun dengan catatan bahwa Anda memasang harga sama dengan yang dibanderol oleh pedagang eceran. Malah sebaiknya Anda mengarahkan mereka untuk langsung membeli di pengecer.

Pemasaran adalah cara untuk menjual produk dengan tepat sasaran. Evaluasi produk dibutuhkan untuk meningkatkan mutu penjualan. Mintalah testimoni dari pelanggan mengenai kelebihan dan kekurangan produk Anda. Ungkapan konsumen pasti jujur, jadi sebaiknya siapkan mental untuk menerima kritikan. Meskipun kadang pedas, kritik merupakan cambuk untuk melecut semangat memajukan usaha.

Read More :  Tips Meraup Untung Besar Menjadi Agen Barang Impor dari China

Bandingkan juga dengan harga yang ditawarkan pedagang lain. Jika lebih murah, teliti letak perbedaannya. Bisa jadi biaya produksi terlalu besar atau rantai distribusi Anda lebih panjang. Setelah ketemu, barulah Anda bisa menekan biaya-biaya tidak penting, untuk selanjutnya memasang harga yang lebih bersaing.

  • Promosi

    Kennedysaccountants.com
    Kennedysaccountants.com

Anda harus memahami bahwa promosi memiliki peranan penting dalam jalannya roda bisnis. Promosi harus efisien, menyasar target yang tepat. Tidak mungkin mempromosikan bisnis grosir kaos di bursa pedagang bahan bangunan, bukan?

Intinya sama seperti poin menentukan target pasar di atas. Anda hanya perlu menentukan sasaran, baru kemudian mengeksekusinya menggunakan media-media promosi yang sudah ada. Saat ini ada media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Juga situs marketplace, jalan lain menawarkan produk Anda. Mudah dan murah.

Bila perlu, manfaatkan juga cara-cara lama, seperti telemarketing, menyebar brosur dan selebaran, beriklan di media massa, bahkan menawarkan kepada pengecer dari pintu ke pintu.

Ide utama promosi adalah untuk mengumumkan produk Anda. Memperkenalkan secara terus menerus sehingga orang selalu mengingatnya, kemudian menyodorkan penawaran menarik kepada mereka untuk menggugah minat belinya.

Dalam promosi, gunakan bahasa yang membius sekaligus mudah dipahami. Anda harus beranggapan bahwa masyarakat tidak butuh grosir kaos. Bayangkan masyarakat berkata, “Buat apa beli kaos dalam jumlah banyak?”

Langkah yang harus Anda lakukan adalah memancing mereka dengan berbagai iming-iming yang jauh di luar ekspektasi. Sekadar contoh, misalnya dengan membeli kaos secara partai, konsumen bisa merintis usaha distro dengan keuntungan yang menggiurkan. Cara ini akan meningkatkan nilai tawar produk Anda di mata calon konsumen.

  • Administrasi dan Keuangan

    Marketingdonut.co.uk
    Marketingdonut.co.uk

Perlu Anda ingat bahwa berbisnis grosir kaos membutuhkan area penyimpanan yang luas. Kalau Anda tidak memiliki dana untuk menyewa tempat, ruang kosong di rumah juga bisa dimanfaatkan.

Tapi pada dasarnya ada yang lebih penting daripada sekadar tempat penyimpanan, yaitu administrasi atau pencatatan. Administrasi harus dilakukan secara terperinci, karena di sinilah letak segala rekam jejak bisnis Anda. Waktu, jumlah barang keluar dan masuk, kontak penerima, serta pengirim barang wajib tercatat dengan rapi. Dengan administrasi lengkap, aktivitas akan berjalan lancar, sistematis, dan efisien.

Administrasi lengkap juga berlaku dalam hal keuangan. Segala bentuk transaksi keuangan harus direkam. Ini untuk menghindari kemungkinan salah perhitungan dan penyalahgunaan anggaran.

Sebenarnya terdapat pedoman baku untuk mencatat keuangan, tetapi setiap pengusaha atau perusahaan bebas memilih metode akuntansi sendiri. Anda tidak perlu membuka lagi buku pelajaran Akuntansi. Tentukan sendiri cara mencatat aliran dana yang paling efisien menurut Anda.

Sebuah bisnis memerlukan pencatatan keuangan agar pemiliknya mengetahui aktivitas aliran dana. Dari sini, pebisnis bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran, kemudian menentukan besarnya modal, anggaran belanja, juga dana cadangan. Berdasarkan catatan keuangan, sehat atau tidaknya sebuah bisnis bisa Anda temukan. Apakah selama periode tertentu bisnis Anda mampu menghasilkan keuntungan berlipat atau malah rugi besar.

Mencari rezeki halal adalah hak semua orang. Asalkan tidak merugikan orang lain, berbisnis apa pun bukanlah suatu keburukan. Boleh jadi akan berguna bagi mereka yang membutuhkan. Semoga paparan di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat berbisnis grosir kaos.

Share this:

Check Also

www.rinso.com

Cara Menjaga Celana Dalam Renda Tetap Awet

Celana dalam berenda mungkin cantik, tetapi cenderung rapuh. Desain celana dalam wanita renda memiliki banyak …

Jockey.com

Panduan Belanja: Mengenal Ragam Model Celana Dalam Wanita

Celana dalam sering tidak begitu diperhatikan oleh kaum hawa saat berbelanja pakaian, karena posisinya yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *