Saturday , February 24 2018
Home / Blog / 7 Jenis Timbangan Digital yang Harus Diketahui

7 Jenis Timbangan Digital yang Harus Diketahui

Share this:

Seiring dengan kemajuan teknologi, berbagai peralatan pun telah berubah dari yang sebelumnya manual-tradisional menjadi alat berbasis teknologi. Termasuk juga alat ukur/timbangan yang kini tersedia dalam bentuk digital—lazim disebut timbangan digital.

Berbeda dengan timbangan manual yang umumnya mengandalkan anak timbangan, timbangan digital telah dilengkapi berbagai fitur dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi sehingga pekerjaan atau kegiatan pengukuran berjalan lebih mudah dan lancar. Untuk bisa memilikinya Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam karena harga timbangan digital memang lebih mahal.

Adapun timbangan digital terdiri dari beragam jenis, yaitu:

Timbangan Saku (Pocket Scale)

mm-storage-prod.s3.amazonaws.com
mm-storage-prod.s3.amazonaws.com

Sesuai dengan namanya, timbangan ini berukuran sangat kecil sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Alat ini biasanya hadir dengan kapasitas 100-500 gram, sehingga hanya bisa digunakan untuk material-material kecil seperti emas, intan, berlian, dan perak.

Timbangan Portable (Bench Scale)

image1ws.indotrading.com
image1ws.indotrading.com

 

Jika Anda pernah melihat timbangan dengan bentuk terpisah antara tempat timbangan dan alat penunjuknya, dan keduanya dihubungkan oleh tiang penyangga, timbangan tersebut tergolong jenis timbangan portable (Bench Scale).

Timbangan ini biasanya hadir dengan ukuran dan kapasitas tertentu. Ukuran terkecil yang ada di pasaran berkisar antara 30×40 cm, serta kapasitas timbangan mulai dari 6 kg hingga 100 kg. Bahkan, untuk ukuran yang lebih besar bisa mencapai kapasitas maksimal 300 kg.

Read More :  Importir Pintu Besi Dari Cina Dengan Kualitas Terbaik

Timbangan Platform (Floor Scale)

www.gorillascales.com
www.gorillascales.com

 

Jika dilihat sekilas, timbangan lantai yang satu ini memang tak jauh berbeda dengan timbangan portabel. Yakni, berada di lantai dengan bagian tempat timbang yang terpisah dengan alat penunjuknya. Namun, perbedaan keduanya terletak pada ukuran, kapasitas dan ketiadaan tiang penyangga.

Karena timbangan lantai ini diperuntukkan untuk beban yang jauh lebih berat, alat ini didesain dengan ukuran yang jauh lebih luas yakni minimal 1×1 meter. Timbangan ini biasanya digunakan oleh bagian produksi. Tentunya, semakin luas ukuran sebuah alat, harga timbangan digital ini juga semakin mahal.

Timbangan Gantung (Crane/Hanging Scale)

image1ws.indotrading.com
image1ws.indotrading.com

 

Berbeda dengan timbangan-timbangan yang telah dijelaskan sebelumnya, timbangan gantung tidak menggunakan alas sebagai tempat untuk menimbang. Benda yang akan ditimbang langsung digantungkan dan loadcell akan secara otomatis bergerak menunjukkan ukurannya.

Timbangan Penghitung Satuan (Counting Scale)

4.bp.blogspot.com
4.bp.blogspot.com

 

Timbangan yang satu ini digunakan untuk menghitung kapasitas (berat) dan jumlah benda/barang sekaligus. Biasanya digunakan untuk barang-barang berukuran kecil, seperti kancing, mur, baut, tablet obat, atau lainnya yang jika jumlahnya dihitung manual akan menyita waktu.

Jadi penggunaannya, sampel benda ditimbang terlebih dulu, misalnya 10 tablet obat. Sistem akan menyimpan hasil timbangan dari 10 benda tersebut, dan ketika dimasukkan tablet obat dalam jumlah yang lebih besar, akan muncul hitungan berat dan jumlah dari tablet obat tersebut.

Read More :  Mencari Pusat Baby Stroller Murah Di Bandung

Timbangan Harga Retail (Retail Computing Scale)

www.yekaygroup.com
www.yekaygroup.com

 

Pernah melihat alat yang digunakan untuk menimbang buah di supermarket? Itulah contoh dari timbangan harga retail. Sebuah alat timbang dengan 3 buah display utama, yaitu; penunjuk berat, harga perkilo, dan display total harga yang harus dibayarkan.

Timbangan ini tergolong timbangan dengan beragam fitur canggih yang mampu memuat data barang dan jurnal pembelian—bahkan hingga 3000 item. Adanya printer yang mampu mencetak setiap transaksi, menambah deretan kelebihan dari alat digital yang satu ini.

Timbangan Tahan Air (Waterproof)

i.ytimg.com
i.ytimg.com

 

Sesuai dengan namanya, timbangan ini biasanya digunakan di industri perikanan atau industri lain yang membutuhkan ketahanan terhadap air, kelembapan, dan cuaca dingin. Karena umumnya, alat teknologi biasa sering kali tidak berfungsi ketika dihadapkan dengan kondisi berair. Berbeda dengan alat ini yang bahkan diklaim tidak akan rusak meski terendam di air sekali pun.

Nah, itulah beberapa timbangan digital yang harus Anda ketahui. Jangan lupa siapkan isi kantong, karena harga timbangan digital ini tentu lebih mahal dibandingkan dengan timbangan manual.

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *