Saturday , February 24 2018
Home / Blog / Ini 7 Cara Memilih Importir Baju yang Berkualitas

Ini 7 Cara Memilih Importir Baju yang Berkualitas

Share this:

Tren bisnis fesyen impor sudah lama berkibar di Indonesia. Tidak sulit menemukan outlet, toko, atau pasar yang menjajakan barang tersebut. Bahkan, beberapa importir baju membuka online shop untuk memajang dagangannya.

Menurut Kementerian Perdagangan yang dikutip dari situs tirto.id, tahun 2015, Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak mengekspor pakaian. Pangsa pasarnya mencapai angka 15,6 persen.Posisi kedua diduduki oleh Negara Inggris dengan 13,9 persen, sedangkan Jerman berada di urutan ketiga sebesar 11 persen.

Barang-barang itu diekspor ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Dilansir dari finance.detik.com, pakaian impor masuk ke negeri inimelalui Klang Port Malaysia dan Singapura.Meski dilabeli brand ternama, fesyen tersebut belum tentu berkualitas.Sebagai pembeli, Anda harus bijak dalam memilihnya.

Tips Memilih Importir Baju

Tips Memilih Importir Baju - lh5.ggpht.com
Tips Memilih Importir Baju – lh5.ggpht.com

Sejak tahun 1982 sampai sekarang, importir baju di Indonesia semakin bertambah. Anda bisa menemukan pasar pakaian impor di berbagai daerah di Nusantara, semisal Pajak Melati Medan, Pasar Senen Jakarta, Cimol Gedebage Bandung, dan Senthir Yogyakarta.Ada pula importir yang berjualan secara online melalui situs marketplace atau onlineshop.

Lalu, bagaimana cara memilih importir baju yang tepercaya dan menjamin kualitas barangnya? Yuk, cari tahu di sini!

Cek Reputasi Importir

Reputasi merupakan unsur paling penting bagi sebuah perusahaan, tak terkecuali importir. Reputasi meliputi nilai yang diberikan oleh konsumen terhadap brand. Namun, untuk membangunnya butuh waktu lama.

Sebagai konsumen cerdas, Anda harus mencari informasi detail mengenai importir yang diincar. Pastikan, importir tersebut tidak masuk dalam daftar hitam kepolisian. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan diri dari penipuan. Apalagi, kalau fesyen impor diperdagangkan melalui internet.

Pengecekan reputasi importir bisa melalui testimoni beberapa pembeli sebelum Anda. Pastikan mereka memberikan feed back positif. Sebaliknya, kalau importir mendapatkan tanggapan negatif, lebih baik cari yang lain.

Punya Alamat dan Kantor yang Jelas

Importir baju - rd.com
Importir baju – rd.com

Memasuki era digital, bentuk kantor telah bertransformasi. Banyak bidang usaha yang memiliki alamat produksi, tetap tanpa kantor fisik. Istilahnya dikenal dengan virtual office. Semisal, ada pengusaha komputer, ia punya website lengkap dengan deskripsi barang dagangan. Namun, pengusaha tersebut tak punya tempat usaha.

Kendati demikian, soal importir, Anda harus memilih yang punya kantor dan alamat di dalam negeri. Pasalnya, bidang ini menyangkut kegiatan jual beli lintas negara. Setiap konsumen mesti memastikan; importir tersebut telah memperoleh izin resmi dari pemerintah.

Selain menyangkut keamanan dalam transaksi, adanya alamat dan kantor juga membangun kredibilitas importir. Setidaknya, Anda ataupun konsumen lain bisa percaya terhadap kualitas barang yang dijual oleh importir tersebut.

Bekerja Sama dengan Banyak Produsen

Anda ingin mendapatkan model fesyen yang variatif? Pertama, kenali dulu jenis-jenis importir di Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang Perdagangan, importir terdiri dari lima jenis, yaitu terbatas, solo agent, umum, merchant, dan approvedtradders.

Khusus untuk fesyen, biasanya masuk ke dalam kategori importir umum. Barang yang dijual bisa bermacam-macam; mulai dari pakaian, aksesori, tas, hingga sepatu. Nah, Anda bisa memilih importir jenis ini jika ingin memperoleh model baju impor bervariasi.

Untuk memastikan variasi barang yang dijual, Anda bisa langsung datang ke kantornya. Kalau importir punya website, cobalah melihat daftar produk dan deskripsinya.

Tidak Memiliki Masalah Perpajakan

Sebagai warga negara yang baik, Anda wajib mematuhi peraturan apa pun dari pemerintah. Salah satunya tentang keharusan membeli barang-barang legal, termasuk hasil impor.

Read More :  Memanfaatkan Jasa Beli Barang Dari Cina Dengan Baik

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44 Tahun 2017, terdapat regulasi baru mengenai aktivitas impor. Setiap importir wajib melaporkan status pembayaran pajak. Aturan tersebut dibuat untuk menertibkan pelaku impor supaya tidak menunggak pajak.

Memilih importir yang bebas masalah pajak pun bisa melindungi Anda dari kasus penipuan. Jika importir mematuhi peraturan, biasanya ia juga konsisten dalam memberikan pelayanan. Hal itu karena importir tidak ingin mengecewakan pelanggan produknya.

Melakukan Riset Belanja

Indonesia baru saja merayakan Hari Belanja Online Nasional pada tanggal 12 Desember 2017. Saat itu, sebagian besar situs belanja online memasang diskon untuk semua barang dagangannya.

Namun, untuk onlineshop fesyen impor, harga murah dihadirkan setiap saat. Bahkan, importir ini menjual aneka pakaian branded. Kalau sudah begini, siapa yang tidak tergiur untuk membelinya?

Meski begitu, Anda harus cerdas sebelum membeli. Artinya, lakukan riset pasar secara detail mengenai harga barang dan mereknya. Hal ini juga berlaku untuk pembelian di toko online. Kumpulkan daftar beberapa online shop, lalu bandingkan.

Selain Anda, konsumen lain pun kerap melakukan kebiasaan ini. Menurut studi Facebook Festive Season Indonesia Mobile Insight, pada tahun 2015, sekitar 44 persen pembeli online mencari informasi sebelum membeli sebuah produk. Tidak kurang dari 71,6 persennya memilih fesyen sebagai incaran pembelian.

Dilansir dari couponrani.com, riset serupa juga dilakukan di Negara India pada tahun 2016. Hasilnya membuktikan bahwa, sekitar 92 persen konsumen menggunakan gadget untuk mencari info produk. Mereka melakukannya sebelum belanja di toko konvensional.

Bandingkan Harga dan Kualitas Barang

Importir baju - cloudfront.net
Importir baju – cloudfront.net

Anda menyukai fesyen branded dengan harga murah? Hati-hati; tidak semua importir menjual baju impor berkualitas. Kadang-kadang, importir enggan menyortir barang yang cacat.

Jadi, Anda lah yang harus jeli dalam membandingkan harga dan kualitas barang. Semisal, menilai pakaian berdasarkan bahan dasarnya. Jika baju tersebut terasa kering dan dingin, berarti terbuat dari bahan katun.

Pakaian berbahan katun cocok digunakan saat cuaca panas. Pasalnya, sifat material tersebut cenderung adem. Untuk perawatan, Anda bisa menjemur di bawah sinar matahari langsung. Pun boleh disetrika dengan suhu panas.

Selain katun, bahan pakaian impor biasanya terbuat dari linen. Kalau membeli baju dengan material tersebut, Anda harus hati-hati dalam merawat. Hal itu karena bahan linen mudah kusut.

Kualitas pakaian impor yang dijual importir juga bisa dilihat dari jahitan. Biasanya, jahitan tersebut tampak rapi dan kuat. Jika diperhatikan lebih detail, nyaris tidak memiliki sela antarjahitan.

Pelayananannya Cepat, Ramah, dan Sesuai Pesanan

Importir baju yang berkualitas pasti mengutamakan pelayanan prima bagi konsumen. Mereka selalu berusaha menumbuhkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Semisal, dengan mengirimkan secara cepat, bersikap ramah dalam melayani, serta memberikan barang sesuai pesanan.

Kriteria tersebut selaras dengan teori yang dikemukan oleh Elhaitammy, T. Ia menyatakan ada empat konsep komponen paling penting dalam pelayanan prima, yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan. Menurutnya, hal itu bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Sementara itu, keuntungan bagi konsumen, bisa membeli barang sesuai keinginan. Anda tak perlu khawatir akan mendapatkan fesyen bermutu rendah jika memilih importir dengan kriteria tersebut.

Bagaimana Kriteria Baju Impor yang Berkualitas?

Bagaimana Kriteria Baju Impor yang Berkualitas? - 1.bp.blogspot.com
Bagaimana Kriteria Baju Impor yang Berkualitas? – 1.bp.blogspot.com

Anda tertarik membeli baju impor? Tak perlu malu; mengenakan pakaian impor tidak berarti menunjukkan ekonomi lemah. Pasalnya, rata-rata fesyen ini memiliki brand terkenal. Namun, harga pakaian tersebut lebih murah ketimbang yang masih baru.

Read More :  Jual Barang Impor China Termurah & Keuntungannya

Nah, sebagai pedoman, berikut ini ada 7cara memilih baju impor yang berkualitas agar Anda mendapatkan produk terbaik. Yuk, simak!

Mengenali Ciri Baju Impor Asli

Siapa bilang, pakaian impor dan lokal sulit dibedakan? Anda bisa mengenali ciri-ciri baju impor asli berdasarkan kriteria ini.

  • Baju impor memiliki banyak model, kaya motif, serta jahitannya kuat.
  • Pakaian tersebut didominasi warna cerah, ada kancing, dan aksen kelim.
  • Biasanya, pakaian impor berani bermain aksen, terutama manik-manik.
  • Kaos impor yang berbahan tebal cenderung pas saat digunakan. Meskipun Anda mencucinya, bentuk kaos tidak melar.
  • Fesyen impor didominasi minidress, long drees, kaos, dan jaket.

Meneliti Seluruh Bagian Baju

Membeli baju impor tidak hanya memperhatikan model dan motif. Pun harus meneliti kondisi pakaian secara keseluruhan. Pastikan tidak ada bagian yang robek. Periksa juga kancing di baju; jumlahnya mesti pas.Selain itu, upayakan tak ada noda menempel di pakaian.

Sebaiknya Anda Coba Memakai Sebelum Membeli

Importir baju - cdn.co
Importir baju – cdn.co

Rata-rata baju impor memiliki ukuran seragam. Jika membelinya di pasar atau toko konvensional, Anda harus mencoba pakaian tersebut. Pastikan mempunyai ukuran pas dengan tubuh. Pun perhatikan motifnya; upayakan sesuai warna kulit.

Kalau Memungkinkan, Tawar dengan Harga Lebih Rendah

Beberapa pakaian impor hanya bisa dibeli lewat online shop. Biasanya, importir memasang harga tetap jika menjual secara online. Namun, tidak menutup kemungkinan, mereka membuka peluang nego atau penawaran. Nah, saat itulah kesempatan Anda untuk menawar dengan harga lebih rendah.

Kenali Merek Baju Impor Ternama

Importir baju - rei.com
Importir baju – rei.com

Mengenali merek sebelum membeli baju impor sangat penting agar Anda tidak mendapatkan barang palsu. Berikut ini beberapa brand pakaian impor ternama.

  • The North Face; merek ini pertama kali dikenal pada tahun 1966 di San Francisco, California.
  • Workware dibentuk pada tahun 1918 di Texas, Amerika Serikat. Mulai dikenal sejak tahun 1922 karena produknya nyaman dipakai dan tahan lama.
  • BrandJack Wolfskin berasal dari Jerman. Produk utamanya adalah peralatan untuk mendaki. Semisal, jaket, sepatu gunung, tas carrier, dan sleeping bag.

Cek Kode Pembuatan Baju (Barcode)

Anda pernah mendengar tentang barcode? Bentuk barcode berupa susunan garis vertikal berwarna hitam putih. Ukuran lebar antar garis biasanya berbeda. Kode ini menyimpan data khusus, semisal nomor identitas dan produksi.

Barcode juga disematkan pada pakaian impor. Ketika Anda membelinya, pastikan melihat kode tersebut di bagian kerah. Jika tak ada barcode, bisa dipastikan baju tersebut buatan lokal.

Datang Langsung ke Toko

Belakangan ini, online shopyang menjual barang impor semakin marak. Menurut Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association (idEA), Aulia E. Marinto, pelaku e-commerce akan bertambah sampai tahun 2020. Beliau menuturkan, data tahun 2016 menunjukkan, jumlah e-commerce mencapai 26,2 juta.

Pakaian impor yang dijual melalui situs e-commerce memang lebih beragam. Namun, tidak ada salahnya jika memilih toko konvensional. Dengan datang langsung ke toko, Anda bisa menilai kualitasnya.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai Baju Impor

Importir baju - zhen-collection.com
Importir baju – zhen-collection.com

Sampai sekarang, perdagangan pakaian impor masih menjadi kontroversi. Beberapa sumber menyebutkan, baju tersebut bisa menularkan penyakit kulit berbahaya. Membaca keresahan masyarakat, pemerintah mengeluarkan larangan mengimpor pakaian dari luar negeri.

Larangan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51 Tahun 2015. Meski begitu, pedagang baju impor tetap mempertahankan bisnisnya.

Read More :  Penjelasan Mengenai Cara Menjadi Importir Barang Cina

Bagi Anda yang gemar membeli pakaian impor, tak perlu resah dengan berita negatif tersebut. Karena cara-cara berikut ini bisa menghalau masuknya kuman atau bakteri penyakit ke dalam tubuh.

Setelah Beli, Langsung Dicuci

Pakaian impor diangkut dari satu negara ke negara lainnya. Saat proses pengakutan tersebut, mungkin banyak kuman, bakteri, ataupun jamur yang menempel. Karena itulah, Anda harus segera mencucinya.

Menurut pakar kesehatan, dr. Eddy Karta, SpKK, penularan infeksi dari pakaian impor bisa dicegah dengan penggunaan antiseptik. Cairan ini dipakai ketika Anda mencuci pakaian. Beliau menganjurkan sabun pemutih untuk membersihkan kuman dan bakteri di pakaian.

Merendamnya dalam Air Panas

Tahun 2015 silam, Kementerian Perdagangan melakukan uji laboratorium terhadap pakaian impor di kawasan Pasar Senen, Jakarta. Hasilnya, 25 sampel positif terinfeksi jamur dan bakteri. Sejak saat itu, pakar spesialis kulit mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli pakaian impor.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Dendi Sandiono, memberikan tips supaya terhindar dari infeksi tersebut. Beliau menyarankan;  pakaian tersebut direndam dengan air panas 100 derajat celcius sebelum dipakai.

Berikut ini langkah-langkah merendam baju impor menggunakan air panas.

  • Siapkan air panas, baking soda, cuka, panci besar, dan pemutih untuk baju berwarna putih.
  • Pisahkan baju berdasarkan warna dan bahannya. Namun, hindari memanaskan pakaian berbahan sutera, katun, dan bermotif sablon.
  • Kemudian, rebuslah air di dalam panci besar di atas kompor sampai mendidih. Tuangkan cuka dan baking soda sambil diaduk hingga menyatu.
  • Setelah mendidih, kecilkan api kompor. Selanjutnya, masukkan pakaian ke dalam panci. Biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Tahap terakhir, angkat pakaian dan cuci sampai bersih menggunakan sabun yang mengandung antiseptik.

Jemur di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Importir baju - i1.bp.blogspot.com
Importir baju – i1.bp.blogspot.com

Setelah dicuci, pakaian tersebut harus dijemur di bawah sinar matahari langsung. Pastikan kondisi cuaca sedang baik dan terik. Pasalnya, sinar matahari juga berperan sebagai antibakteri alami. Sinar matahari dipercaya mampu melawan infeksi dari bakteri ataupun jamur.

Hal tersebut selaras dengan penelitian beberapa tokoh di masa lalu dari Negara Inggris. Mereka mengungkapkan; sinar matahari bisa digunakan untuk pengobatan tuberkulosis. Kemudian, di tahun 1940, George Bodington, seorang ahli bedah, menuturkan bahwa kegiatan di luar ruangan lebih menyehatkan.

Riset serupa dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Inggris. Lembaga tersebut menemukan fakta bahwa, sinar matahari dan udara terbuka mampu membasmi bakteri E.coli.Jadi, tak perlu ragu ya, ketika Anda ingin menjemur pakaian di bawah teriknya matahari.

Menyetrika Pakaian

Setrika yang dihubungkan ke listrik akan mengeluarkan panas maksimal. Selain bisa merapikan baju dalam sekejap, setrika juga mampu membunuh kuman dan bakteri.

Saat menyetrika pakaian impor, naikkan suhunya. Tujuan pemanasan tinggi ini untuk menghilangkan mikrob yang menempel di baju. Selain itu, setrika dengan suhu maksimal bisa merapikan bagian lipatan pakaian.

Jika setrika terasa lengket, tempelkan bagian bawahnya di atas daun pisang. Pun bisa menggunakan permukaan yang licin dan menurunkan suhunya.

Itulah cara memilih importir baju yang berkualitas sekaligus tips merawatnya. Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan jika membeli pakaian ini. Pertama, harga pakaian impor relatif murah. Kedua, model dan warnanya lebih beragam. Selain itu, mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis aksesori. Dengan demikian, penampilan menjadi stylish dan modern.

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *