Home / Blog / Jadi Distributor Barang, Hasilkan Keuntungan Berlipat
Jadi Distributor Barang, Hasilkan Keuntungan Berlipat
Jadi Distributor Barang, Hasilkan Keuntungan Berlipat

Jadi Distributor Barang, Hasilkan Keuntungan Berlipat

Menjadi seorang distributor barang mungkin merupakan hal yang tak terpikirkan di benak anda. Padahal ini menjadi sebuah peluang besar agar anda bisa mendapat keuntungan yang berlipat anda maksimal. Coba saja bagaimana sistem usaha ini bekerja.

Anda akan memasok sejumlah barang ke beberapa toko atau wilayah agar. Jelas nantinya Anda akan mendapatkan banyak pelanggan yang mengambil besar barang anda secara grosir. Semakin banyak yang diambil maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas bagaimana langkah dalam menjadi distributor yang terbaik. Tentunya tujuannya jelas hanya ingin mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Di dalam bisnis menjadi distributor barang ini bisa dikatakan merupakan sebuah perputaran antara 3 pihak yang ada. Ketiga pihak yang ada itu diantaranya produsen, distributor, dan juga retailer. Produsen adalah pihak yang menghasilkan sebuah produk. Produk tersebut yang nantinya akan diberikan kepada distributor (pihak yang menyalurkan barang dari produsen ke retailer).

Terakhir retailer inilah yang merupakan pihak yang akan menjualnya langsung kepada konsumen atau penggunaan barang tersebut. Jika memang distributor adalah pilihan anda maka anda harus memahami hal ini tadi. Anda harus tahu perhitungannya jika anda memang menginginkan menjadi seorang distributor. Jangan pesimis juga, karena memang menjadi distributor itu punya perjuangan yang sangat panjang. Pasti anda akan dihadapkan pada kondisi kondisi yang kadang membuat anda terpuruk atau tinggi.

Persiapan Jadi Distributor Barang Terbaik

Ternyata ketika Anda ingin mengembangkan bisnis sebagai distributor ini. Ada beberapa hal yang tentunya wajib Anda perhatikan. Hal ini tentunya untuk bisa menciptakan hal terbaik bagi anda. Maksudnya bahwa ada beberapa hal yang akan membuat Anda lebih mudah memahami aturan main dalam menjalankan usaha ini.

Tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami kesulitan, tetapi itu adalah sebagian dari usaha mengembangkan bisnis ini. Menjadi distributor barang, beberapa hal yang harus Anda persiapkan yakni sebagai berikut ini.

  • Pertama adalah wilayah/ segmen daerah kerja anda. Persaingan dalam usaha ini memang tidak dapat dihindari. Makanya penting Anda menjaring pasar di wilayah yang akan Anda tuju. Perbaikan jaringan sangat penting terutama terhadap beberapa toko atau supermarket dan sejenisnya. Jangkauan tersebut sebagai usaha dalam mencapai target konsumen anda.
  • Ini adalah sarana yang akan Anda gunakan dalam mendistribusikan barang produk anda. Alat yang anda gunakan sangat penting. Pemilihan yang tepat akan membuat Anda lebih hemat dan bisa mendapatkan keuntungan lebih. Tetapi jangan sampai anda mengabaikan tentang kepuasan dari pelanggan.
  • Posisi kerja anda juga harus jelas. Pilihan menjadi seorang distributor ini sebenarnya ada dua kesempatan. Anda bisa menjadi distributor atau sub distributor. Sangat disarankan Anda menjadi seorang distributor. Hanya saja Anda harus tahu produksi barang apa yang akan Anda distribusikan. Makanya penting Anda bekerja sama dengan produsen. Pemasaran lebih luas, jika dibandingkan dengan sub distributor. Terutama berkaitan dengan wilayahnya. Anda akan lebih leluasa memasarkan barang tersebut dan anda berkesempatan memiliki sub distributor barang di bawah anda.
  • Pengetahuan terhadap sistim piutang hari anda ketahui. Misalnya dalam mempersingkat waktu agar tidak ada cash flow dalam lain sebagainya.
  • Perhatikan pula sumber daya manusia (SDM). Mereka yang akan menjalankan usaha distributor anda. Jadi anda harus membuat mereka ahli dalam melakukan pemasaran. Anda harus membuat sebuah sistem untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia. Misalnya anda membuat sistem reward dan lain sebagainya.

Demikianlah yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan bisnis distributor barang. Memang harus ada pengorbanan dalam melakukannya tetapi keuntungan ketika sudah berjalan proses distribusi yang diajukan jelas akan mendapatkan keuntungan berlipat.

Distributor Barang Peroleh Untung Bertahap

Menjadi distributor barang ini kalau anda menginginkan sebuah saran mari berbagi di sini. Saran yang bisa diberikan bahwa anda coba untuk melakukan distribusi barang barang China. Di mana harga yang bisa anda dapatkan relatif murah. Anda juga bisa melihat peminat dari barang yang akan Anda pilih.

Penting sekali barang yang anda pilih agar bisa meraih keuntungan lebih. Misalnya yang lagi banyak berkembang saat ini adalah bidang gadget. Ponsel smartphone China bisa menjadi barang anda kemudian Anda pasarkan sebagai barang dari anda. Tetapi memang kelemahannya anda paling tidak akan menjadi sub distributor terlebih dahulu.

Walaupun demikian sebenarnya bukanlah menjadi sebuah masalah yang besar. Karena semua berawal dari yang kecil. Meski anda menjadi distributor barang yang langsung ambil dari produsen, keuntungan yang bisa anda dapatkan tidak bisa berlebih. Margin dari produsen paling tidak hanya sedikit. Sebab penjualan masih akan diberkan ke retailer. Justru anda akan mendapatkan ke untungan banyak ketika Anda mampu menampung banyak retailer.

Di sana akan menjadi ladang dari keuntungan anda. Karena sistem grosir seperti ini, ketika mengambil besar maka keuntungan juga sangat besar. Tak masalah Anda untuk sedikit, tetapi jualan atau konsumen anda banyak jadi anda jangan terlalu fokus terlebih dahulu pada keuntungan. Pelayanan baik akan menambah banyak konsumen dan keuntungan mengikuti.

Check Also

Jual Alat Tulis Kantor (ATK)

Jual Alat Tulis Kantor (ATK), Lengkap…

Anda membutuhkan alat tulis kantor (ATK) dalam jumlah besar? Temukan disini.. Kami menjual alat tulis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *