Saturday , February 24 2018
Home / Blog / Mengenal Jenis-Jenis Sepatu Roda dan Bahan yang Digunakan

Mengenal Jenis-Jenis Sepatu Roda dan Bahan yang Digunakan

Share this:

Sepatu roda memiliki sejarah panjang sejak mulai digunakan pada tahun 1.000 sebelum Masehi. Penduduk di kawasan Skandinavia menggunakan sepatu bot dengan beberapa pecahan tulang di bawahnya untuk bergerak di atas danau atau sungai yang sedang membeku.

Sepatu roda dengan desain cukup modern pertama kali dibuat pada tahun 1760 oleh seorang penemu berkebangsaan Belgia bernama Joseph Marlin. Dia membuat sepatu roda dengan memasangkan roda kecil dari metal di bawah sepatu untuk bergerak.

Pada tahun 1819, seorang penemu dari Prancis mematenkan desain sepatu roda yang terbuat dari kayu, metal, dan roda dari gading.

Di era modern seperti sekarang , sepatu roda mulai diproduksi secara massal dan memiliki banyak spesifikasi. Ada sepatu roda untuk kegiatan bersenang-senang atau untuk olahraga profesional. Untuk mengenal lebih jauh tentang sepatu roda, simak ulasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Sepatu Roda

Sepatu roda yang sering kita lihat di lapangan atau tempat lomba ternyata memiliki banyak jenis. Meski secara garis besar semua sepatu roda adalah perpaduan sepatu dan roda, ada spesifikasi khusus yang membuat produk ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi dan lokasi penggunaan.

Jenis Sepatu Roda Berdasarkan Fungsi

Secara fungsi, sepatu roda dibedakan menjadi empat jenis.

Sepatu Roda Rekreasi
Rollersnakes.co.uk
Rollersnakes.co.uk

Seperti namanya, sepatu roda ini digunakan untuk sarana rekreasi saja. Jenis produk ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum ketika berjalan-jalan di taman atau olahraga ringan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Sepatu roda ini mudah didapatkan di pasaran dengan harga lebih terjangkau.

Secara umum sepatu roda ini memiliki bot yang lebih tinggi, tidak seperti sepatu kets. Dengan desain ini, kaki akan lebih nyaman mulai bagian bawah lutut hingga pergelangan. Sepatu roda jenis ini juga tidak membuat penggunanya cepat lelah. Jadi, meski digunakan selama berjam-jam, kaki tidak akan mengalami lecet atau keseleo.

Sepatu Roda Balap
Alicdn.com
Alicdn.com

Sepatu roda balap memiliki desain yang berbeda dengan sepatu roda umum. Sepatu ini melekat dengan erat pada kaki pengguna. Selain itu, sepatu juga tidak terlalu berat sehingga pengguna seperti sedang tidak memakai apa-apa. Mereka bisa bergerak dengan cepat layaknya orang yang sedang berlari.

Oh ya, karena sepatu roda ini banyak digunakan untuk perlombaan, desainnya tahan terhadap angin. Bagian ujung dari sepatu mampu memecah udara di depan sehingga tidak ada tekanan yang melambatkan pengguna. Terakhir, roda yang digunakan juga lebih fleksibel sehingga bisa digunakan untuk berbelok, bergerak lurus dengan cepat di lapangan indoor atau outdoor.

Sepatu Roda Hokey
Hockeymonkey.com
Hockeymonkey.com

Sepatu roda jenis ini dibuat khusus untuk olahraga roller hockey yang sangat terkenal di negara barat. Sedikit berbeda dengan hockey pada umumnya, olahraga ini menggunakan sepatu roda, membawa stick pemukul, dan menggiring bola untuk dimasukkan ke gawang lawan.

Sepatu roda yang digunakan untuk olahraga ini memiliki desain khusus yang membuat pengguna tidak mudah jatuh. Pengguna bisa bergerak, menghindar, melakukan manuver, dan berlari dengan cepat untuk segera memasukkan bola atau menghindari lawan.

Oh ya, roller hockey merupakan olahraga yang cukup keras karena antar pemain kerap saling bertabrakan satu sama lain untuk mendapatkan bola. Kalau sepatu roda tidak memiliki desain khusus, pengguna bisa roboh dengan cepat.

Sepatu Roda Anak
Amazon.com
Amazon.com

Sepatu roda anak berbeda dengan sepatu roda yang digunakan oleh dewasa. Sepatu roda anak cenderung memiliki atasan bot yang lebih tinggi. Dengan atasan ini, anak-anak bisa bergerak dengan mudah dan kenyamanan kakinya mulai dari bawah lutut hingga pergelangan bisa terus terjaga.

Read More :  Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Stroller Anak

Sementara itu roda yang digunakan agak lebih besar. Desain roda ini memudahkan anak bergerak karena sepatu roda jadi lebih seimbang. Lebih lanjut, jenis roda ini juga membuat anak-anak bergerak tidak terlalu kencang. Sepatu roda akan tetap membuat anak-anak tetap aman tanpa melukai tubuh mereka saat meluncur cepat dan tidak bisa mengontrol diri.

Jenis Sepatu Roda Berdasarkan Lokasi Penggunaannya

Sepatu roda bisa digunakan di berbagai tempat, untuk jenisnya simak ulasan di bawah ini.

Sepatu Roda Cepat
Skatemob.com
Skatemob.com

Sepatu roda cepat memiliki desain low cut pada bagian sepatu botnya. Dengan desain ini, pengguna lebih leluasa dalam bergerak dan sepatu roda jadi lebih ringan. Sepatu roda ini juga bisa digunakan untuk bergerak dengan mudah. Pengguna bisa melakukan berbagai variasi gerakan seperti berputar, melompat, hingga halang rintang.

Sepatu roda jenis ini banyak untuk bergerak dengan cepat dan akurat. Pengguna lebih banyak menggunakan sepatu ini untuk balapan di lapangan indoor atau outdoor. Selain itu, sepatu roda cepat ini juga sangat cocok untuk jam dance. Pengguna bisa melakukan berbagai koreografi dengan akurat menggunakan sepatu roda jenis ini.

Sepatu Roda Outdoor
Volution.com
Volution.com

Sepatu roda outdoor memiliki desain khusus yang tidak sama dengan sepatu roda pada umumnya. Sepatu ini mungkin mirip dengan sepatu roda cepat, tapi penggunaannya lebih spesifik pada medan yang jauh lebih terjal dan tidak rata. Pengguna bisa menggunakan sepatu roda ini di jalanan berbatu, tanah, atau permukaan tidak rata lainnya.

Sepatu bot yang digunakan untuk membentuk sepatu ini bisa tinggi atau rendah. Pengguna bisa memilihnya sesuai dengan preferensi. Lebih lanjut, roda yang digunakan untuk sepatu roda ini lebih lunak ketimbang sepatu roda untuk kegiatan dalam ruangan. Dengan roda ini, pergerakan di jalanan yang tidak terlalu rata masih bisa berjalan dengan lancar.

Sepatu Roda Indoor
Shopify.com
Shopify.com

Sepatu roda indoor biasanya digunakan untuk berbagai olahraga yang mengedepankan artistik. Produk ini memiliki spesifikasi berupa atasan bot yang tinggi dan roda yang lebih kecil. Atasan bot yang lebih tinggi akan membuat pengguna lebih mudah melakukan kontrol untuk melaju dan melompat.

Sementara itu roda yang tidak terlalu besar memudahkan pengguna untuk melakukan koreografi yang rumit. Manuver dengan roda ini juga bisa dilakukan dengan mudah tanpa khawatir jatuh karena sepatu tidak stabil saat digunakan. Sepatu roda jenis indoor ini juga bisa digunakan untuk sepatu roda rekreasi dan juga sepatu roda tradisional.

Sepatu Roda Derby
Amazon.com
Amazon.com

Sepatu roda Derby pertama kali didesain dan juga digunakan pada tahun 1930. Hingga sekarang penggunaannya masih banyak dilakukan oleh para pencinta olahraga seluncur. Sepatu roda ini desain khusus untuk memudahkan pergerakan di lapangan untuk aktivitas olahraga. Atasan bot dibuat lebih melekat dan nyaman untuk bergerak.

Roda yang digunakan lebih fleksibel untuk melakukan berbagai gerakan. Selain itu, kecepatan bergerak dengan sepatu roda ini bisa dipercepat hingga maksimal. Pengguna bisa meluncur dan melakukan manuver berkali-kali tanpa takut jatuh. Sepatu roda Derby ini banyak digunakan di lapangan olahraga indoor.

Komponen Sepatu Roda dan Penyusunnya

Sepatu roda yang banyak dipakai oleh masyarakat terdiri dari komponen yang berbeda-beda. Untuk mengetahui seperti apa komponen sepatu roda terbaik yang bisa Anda beli di importer.co.id, simak ulasan di bawah ini.

Read More :  Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Material Mentah

Secara umum, hampir sebagian besar sepatu roda yang berkualitas terbuat dari polyurethane berkualitas tinggi. Selanjutnya plastic copolymers dan carbon fiber Kevlar banyak digunakan untuk penyusun sepatu roda, khususnya pada para kerangka dan kulit yang digunakan untuk sepatu bot.

Roda banyak menggunakan polyurethane untuk memberikan kekuatan dan kenyamanan. Selanjutnya untuk bagian chasis dan komponen brake menggunakan nilon keras, plastic urethane, dan metal yang kuat. Frame yang menjadi penyusun sepatu roda menggunakan  bahan aluminium yang ringan, karbon fiber yang fleksibel, dan titanium.

Material Jadi dan Penyusunannya

Semua material mentah akan diolah dengan presisi lalu dilakukan penyusunan secara massal di pabrik. Berikut beberapa komponen dari sepatu roda dan cara penyusunannya.

Sepatu Bot

Bagian paling penting dari sepatu roda adalah sepatu bot yang berada di bagian atas dan menempel pada kaki. Bagian ini biasanya terbuat dari kulit atau bahan sintetis lain yang kuat dan mampu mengikuti bentuk kaki dengan baik. Sepatu bot biasanya didesain lower cut atau memanjang ke atas agar menutupi betis.

Sepatu bot dibuat dengan menggunakan metode injeksi molding. Bahan serat sintetis atau plastic urethane dimasukkan ke dalam cetakan agar sesuai dengan bentuk kaki atau sesuai dengan ukuran. Serat ini bisa dibuat polos atau diberi pewarnaan. Setelah proses molding selesai dan dingin, pemberian aksesori seperti tali bisa dilakukan.

Lapisan luar dari sepatu bot ini bisa diberi kain-kain tertentu, menyesuaikan dengan model yang telah ditentukan. Pada tahap ini, pabrik akan mulai menyematkan merek pada bagian belakang atau samping.

Penyematan Sol

Sol terbuat dari bahan yang lentur dan kuat melekat pada sepatu bot dan bagian roda di bagian bawah. Sol ini terbagi menjadi dua jenis, pertama sol bagian depan atau toe mount dan yang kedua sol bagian belakang atau heel mount. Dua bagian ini harus melekat dengan kuat pada bagian roda agar pergerakan bisa berjalan dengan lancar.

Kerangka Roda

Kerangka roda dibuat dengan mencetak atau molding. Biasanya besar atau kecilnya kerangka menyesuaikan dengan besarnya roda yang digunakan. Untuk olahraga yang menuntut kecepatan dan fleksibilitas biasanya memiliki roda kecil sehingga kerangkanya tidak terlalu melebar.

Kerangka roda menjadi tempat melekatnya sol sepatu bot dan juga tempat locking bolt, axel assembly, serta heel slop. Semua terpasang dengan sempurna sehingga sepatu roda bisa berfungsi secara maksimal.

Roda dan Pengerem

Roda yang digunakan untuk sepatu roda biasanya berjumlah empat. Standar untuk kegiatan olahraga atau tari menggunakan roda yang kecil dan fleksibel untuk bergerak. Roda ini terbuat dari dua bahan, pertama bahan keras digunakan untuk olahraga di lapangan yang landai atau indoor. Sementara itu bahan yang lebih lunak bisa digunakan di jalanan yang lebih terjal.

Pada sepatu roda yang mahal atau yang digunakan untuk kegiatan olahraga, rodanya biasanya bisa dibongkar pasang. Sementara itu, untuk model yang biasa, roda dan kerangkanya menjadi satu sehingga kalau rusak harus membeli sepatu roda yang baru.

Tips Memilih Sepatu Roda yang Tepat

Tqn.com
Tqn.com

Sebelum membeli sepatu roda ada baiknya mengetahui beberapa tips di bawah ini dengan saksama.

Perhatikan Kekerasan Roda

Kekerasan roda pada sepatu roda menentukan fungsi dan di mana bisa menggunakannya. Roda yang terlalu keras cocok digunakan untuk kegiatan outdoor atau perlombaan adu cepat. Lantai yang landau dan mulus cocok untuk manuver, melakukan koreografi, atau berlari dengan kecepatan tinggi.

Read More :  Manfaat Dorongan Anak Bayi, Cocok Untuk Sang Buah Hati

Sementara itu roda yang agak lunak cocok untuk kegiatan luar ruangan seperti jalan raya, tanah, atau jalanan berbatu. Kekerasan dari roda biasanya menggunakan skala A. skala terendah adalah 78-80A sementara skala tertingginya adalah 97-103A.

Diameter dari Roda

Diameter roda menentukan akselerasi gerakan secara umum saat digunakan di berbagai aktivitas olahraga. Selain itu, stabilitas dan berat dari sepatu roda juga dipengaruhi oleh diameternya. Semakin besar diameternya stabilitas akan sedikit menurun sehingga bisa memengaruhi gerakan yang dilakukan.

Diameter roda terbagi menjadi empat jenis. Pertama 45 mm untuk kegiatan artistik dan freestyle, lalu 57-58 mm untuk derby, olahraga kecepatan, jam atau menarik, dan artistik. Selanjutnya roda dengan diameter 59-62 mm untuk olahraga kecepatan dan menari. Terakhir, 65-70 mm untuk kegiatan outdoor, lintasan panjang, dan kecepatan.

Penyusun Roda Bagian Dalam

Bagian dalam dari roda produk ini disebut  hub atau core. Bahan yang digunakan untuk penyusun roda ini menentukan performa putaran. Kalau bahan yang digunakan tidak baik, performa putaran bisa menurun dengan drastis.

Ada tiga bahan yang kerap digunakan untuk pengisi core roda, pertama adalah core nylon, lalu core aluminium, dan yang terakhir core hollow. Bahan nylon lebih murah sehingga kemampuan putarnya rendah. Selanjutnya bahan aluminium lebih kuat dan mampu meningkatkan kecepatan berlari. Terakhir, bahan hollow berada di tengah-tengah bahan sebelumnya. Perpaduan ini membuat roda mudah berputar, cepat berakselerasi, dan cocok untuk aktivitas olahraga adu cepat.

Berat dan Sepatu Secara Menyeluruh

Ytimg.com
Ytimg.com

Berat dari sepatu roda secara menyeluruh juga menentukan performa saat digunakan. Kalau sepatu roda terlalu berat sementara pemakainya tidak kuat mengangkat atau melakukan akselerasi, gerakan bisa jadi oleng. Dampaknya, pengguna bisa saja ambruk karena tidak kuat menahan beban di kaki.

Sebelum membeli sepatu roda, pastikan terlebih dahulu berat sepatu. Selain itu perhatikan juga berat tubuh yang Anda miliki. Semakin berat, kekerasan dari roda juga harus diperhatikan agar gerakan bisa berjalan dengan lancar.

Harga dan Merek Sepatu Roda

Harga dan merek menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting saat membeli sepatu roda. Harga yang terlalu murah biasanya identik dengan kualitas yang rendah. Sementara itu, harga yang terlalu tinggi juga tidak bisa dijangkau semua orang. Cara terbaik untuk memilih harga adalah dilihat dari kebutuhan. Kalau sepatu roda untuk kepentingan rekreasi saja ya tidak perlu beli yang terlalu mahal.

Selanjutnya adalah merek, ada beberapa merek sepatu roda yang sudah terbukti kualitasnya. Jadi, kalau Anda ingin memiliki sepatu roda untuk keperluan olahraga atau karier profesional—semisal menjadi atlet, pilih merek yang unggul. Anda bisa memilih aneka sepatu roda yang terbaik untuk membuka bisnis perlengkapan olahraga di importer.co.id.

Model dari Sepatu Roda

Terakhir adalah model dari sepatu roda. Ada sepatu roda yang didesain untuk keperluan olahraga saja dan ada yang didesain untuk menunjang penampilan. Jadi, pilih model yang sesuai dengan keinginan ya!

Demikianlah ulasan tentang sepatu roda, jenis-jenis, dan tips sebelum membelinya. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum membeli produk ini untuk bisnis sepatu dan olahraga. Semoga bermanfaat, dan selamat berbelanja produk terbaik dari importer.co.id!

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *