Wednesday , February 21 2018
Home / Blog / Kenali Jenis-Jenis Kertas Struk Atm

Kenali Jenis-Jenis Kertas Struk Atm

Share this:

Seperti kita semua ketahui, salah satu dari banyak kemudahan yang ditawarkan era teknologi dewasa ini adalah kemudahan dalam menyetor dan menarik uang dari bank. Bagaimana tidak? Kini sudah tidak terhitung lagi jumlah mesin ATM (Automated Teller Machine) di negeri ini.

Namun, pernahkah kita mempertanyakan mengenai jenis kertas struk atm yang digunakan pada mesin ATM tersebut? Mungkin belum. Oleh karena itu, pembahasan kita kali ini adalah pengenalan terhadap jenis kertas struk atm.

Asal – Usul Kertas

Jenis kertas struk atm - wikimedia.org
Jenis kertas struk atm – wikimedia.org

Pertama, ada baiknya kita mengingat kembali sejarah diciptakannya kertas. Kertas ialah bahan tipis berwarna putih yang dibuat dari serat kayu pulp yang mengalami proses pengepresan. Meskipun di Eropa dan Timur Tengah, percetakan sudah diciptakan sejak ribuan tahun yang lalu, kertas pertama kali diciptakan di negeri Tiongkok sekitar 2000 tahun yang lalu.

Pada saat itu, awalnya, kertas memang diciptakan untuk membungkus barang berharga, namun pada akhirnya mereka menyadari bahwa kertas adalah bahan yang jauh lebih ringan daripada bambu dan lebih murah dibandingkan dengan sutera untuk menjadi media penulisan. Sementara, di Indonesia pada saat itu masih menggunakan daun lontar untuk media penulisan.

Jenis-jenis kertas struk atm

Jenis kertas struk atm - diytrade.com
Jenis kertas struk atm – diytrade.com

Perlu diketahui sebelumnya bahwa kertas struk ATM juga merupakan kertas struk kasir (cash register paper roll) yang juga digunakan di restoran, pasar swalayan, mesin parkir, jalan tol, dll.

Read More :  Tips To Be a Goods Importer From China

Seperti halnya pada kasir, kertas struk ATM didapatkan nasabah seusai mereka bertransaksi di mesin ATM (seperti mentransfer uang ke rekening nasabah lain, menarik dan menyetorkan uang, dsb.).

Lalu, apa saja jenis kertas struk atm? Baca ulasan yang satu ini.

Kertas Termal (Thermal paper)

Kertas thermal - shopify.com
Kertas thermal – shopify.com

Kertas termal hanya terdiri dari satu lapisan, berwarna putih terang, dan tidak mudah luntur, jika dibandingkan dengan jenis kertas struk atm lainnya. Harganya pun yang termahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

Meski demikian, tulisan tidak dapat bertahan lama pada kertas termal, karena sistem penulisan teks bukan dengan tinta, melainkan dengan pemanasan pada kertas, dan dari sistem penulisan itulah istilah “termal” (panas) berasal. Terdapat dua ukuran kertas termal, yakni 80×80 mm dan 80×140 mm.

Kertas NCR (Non-Carbonless Paper)

Kertas NCR - goseiimaging.com
Kertas NCR – goseiimaging.com

Jenis kertas struk atm yang biasanya digunakan pada struk, faktur, bon, nota, surat jalan, dan lainnya ini memiliki tekstur yang tipis, halus, dan mengandung partikel karbon. Berbeda dengan jenis kertas termal, sistem penulisan pada kertas NCR adalah sistem yang biasa, karena kertas NCR sangat mudah ditulisi apa pun.

Kertas ini juga berlapis dua hingga empat lapisan dengan tujuan tulisan atau cetakan pada lapisan paling atas akan menembus hingga ke lapisan ke-2, ke-3, atau ke-4, karena mengandung karbon. Kertas NCR biasanya hadir dalam ukuran 75 mm.

Read More :  Stroller Bayi Family, Pilihan Terbaik Untuk Bayi Anda

Kertas HVS

Kertas HVS - src.com
Kertas HVS – src.com

Kertas tipis berwarna putih dan bersih ini hanya terdiri dari satu lapisan saja. Jenis kertas struk atm yang ketebalannya antara 60, 70, 80, dan 100 gsm ini juga yang paling umum diketahui masyarakat, karena sering juga digunakan di perkantoran dan sekolah sebagai bahan dasar buku tulis dan kertas untuk mencetak proposal, laporan kerja, dll.

Jenis kertas HVS dibagi menjadi dua ukuran: paper roll 75 (1 ply 75 x 60 mm, 2 ply 75 x 60 mm, dan 3 ply 75 x 60 mm) dan paper roll 58 (58 x 65 mm, 58 x 60 mm, dan 58 x 48 mm).

Semua jenis kertas struk atm di atas biasanya tersedia dalam bentuk gulungan (paper roll) dan lalu dimasukkan pada mesin printer kecil di dalam ATM, mesin kasir (cash register), mesin gesek kartu kredit, dan kartu debit, dan lainnya.

Share this:

Check Also

www.caradesain.com

Ide Model Ubin Granit untuk Lantai Ruang Tamu

Granit adalah salah satu bahan terbaik untuk lantai ubin. Selain kuat, model granit untuk lantai …

Ide Gaya Romantis dengan Baju dan Celana Dalam

Pakaian dalam menarik, terutama paduan bra dan celana dalam wanita yang disukai pria, bisa menambah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *