KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Kenali Plus Minus Atap Spandek Dibandingkan Atap Lain

Elemen penting yang ada pada rumah adalah atap. Sebagian besar masyarakat memang masih menggunakan atap yang terbuat dari tanah liat. Namun atap jenis tersebut memiliki banyak kekurangan, seperti menambah banyak beban terhadap beban total bangunan. Pengangkutan dalam skala besar dari atap tanah liat juga lebih susah dibandingkan dengan atap spandek.

Hal ini membuat atap spandek menjadi salah satu atap yang ramai peminat. Apabila Anda tertarik membeli atap ini, maka penting untuk mengetahui dahulu tentang plus minusnya. Atap ini sendiri juga memiliki banyak jenis, sehingga Anda harus memahami jenis apa yang paling diperlukan. Seluruh informasi tentang atap spandek bisa Anda simak di sini.

Rumah beratap spandek – roofingmagazine.com

Elemen penting yang ada pada rumah adalah atap. Sebagian besar masyarakat memang masih menggunakan atap yang terbuat dari tanah liat. Namun atap jenis tersebut memiliki banyak kekurangan, seperti menambah banyak beban terhadap beban total bangunan. Pengangkutan dalam skala besar dari atap tanah liat juga lebih susah dibandingkan dengan atap spandek.

Hal ini membuat atap spandek menjadi salah satu atap yang ramai peminat. Apabila Anda tertarik membeli atap ini, maka penting untuk mengetahui dahulu tentang plus minusnya. Atap ini sendiri juga memiliki banyak jenis, sehingga Anda harus memahami jenis apa yang paling diperlukan. Seluruh informasi tentang atap spandek bisa Anda simak di sini.

Apa Itu Atap Spandek?

Hal pertama yang harus diperhatikan dari sebuah atap adalah terbuat dari material apa. Setiap material yang dipakai tersebut akan berpengaruh terhadap karakteristik dari atap. Atap spandek ini sendiri terbuat dari campuran aluminium dengan seng. Campuran kadar dari aluminium dan seng tersebut bisa sangat bervariasi tergantung pada standar masing-masing pabrik.

Namun yang paling umum mengandung 55% aluminium dan 43% seng. Sedangkan sisanya adalah bahan silicon yang berfungsi sebagai penguat atap dan bahan yang membuat struktur menjadi fleksibel. Berkat material aluminium pada atap ini, beratnya menjadi ringan dan kokoh. Atap ini memiliki karakteristik mudah dibentuk juga.

Kelebihan dari Atap Spandek untuk Hunian

Setiap atap yang ditawarkan ke masyarakat selalu memiliki sisi kelebihan. Bagi Anda yang berniat membeli atap spandek perlu mengetahui seluruh kelebihan dari atap ini. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

  • Proses Pemasangan yang Mudah

Keunggulan pertama dari atap spandek adalah mudahnya proses instalasi. Proses pemasangan tersebut hanya perlu waktu singkat untuk menutupi seluruh bagian atas dari hunian. Mengangkat atap ini pada saat proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah berkat beratnya yang sangat ringan dibandingkan dengan genteng dari tanah liat.

Saat terjadi angin kencang, penggunaan atap jenis ini lebih aman daripada atap dari tanah liat. Atap dari tanah liat lebih mudah lepas dan lebih berbahaya saat terbang akibat angin kencang. Saat terjadi gempa, bangunan yang memakai atap ini lebih kecil resikonya untuk mengalami ambruk.

  • Tidak Mudah Pecah

Sudah bukan sebuah rahasia lagi bahwa atap yang terbuat dari tanah liat lebih mudah pecah. Hal tersebut tidak terjadi pada atap yang terbuat dari kombinasi utama antara aluminium dan zinc ini. Ketebalan yang umum dipakai dalam membuat atap ini adalah 0,3 mm sampai 0,5 mm. Bisa dikatakan bahwa itu sangat tipis.

Meskipun tipis, bukan berarti atap spandek ini mudah hancur. Spandek merupakan material yang sifatnya kuat dan kokoh berkat bantuan berbagai senyawa kimia yang berkualitas. Anda tidak perlu takut atap ini mengalami retak, pecah, maupun dimakan rayap.

  • Tersedia dalam Banyak Warna

Pengaplikasian atap spandek saat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya berkat karakteristiknya yang unggul, melainkan tersedia juga dalam banyak warna. Bagian permukaan paling luar atap ini bisa dicat.

Anda bisa pilih atap spandek warna yang sesuai dengan konsep eksterior hunian. Ada warna atap yang mencolok dan ada yang soft.

  • Daya Tahan Lama

 Anda ingin menghemat dana dengan tidak sering melakukan penggantian atap, maka atap spandek adalah solusinya. Atap jenis ini mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama yakni 20 tahun.

Kekurangan Atap Spandek untuk Desain Rumah

Atap yang terbuat dari bahan aluminium dan zinc ini memiliki kekurangan. Penggunaan harus berada di lokasi yang tepat, sehingga bisa tetap membuat nyaman orang yang menghuninya. Informasi seputar kekurangan dari atap ini bisa disimak berikut.

Rumah dengan atap spandek – evansroof.com

  • Daya Serap Panas Tinggi

Salah kekurangan yang harus Anda ketahui dari atap spandek yakni mampu menyerap panas dari cahaya matahari dengan baik. Penyerapan panas yang tinggi menyebabkan ruangan juga mudah menjadi panas. Karakteristik yang dimiliki atap ini memang sedikit mirip dengan atap aluminium.

Tidak disarankan menggunakan atap ini di daerah yang mendapat curahan sinar matahari tinggi. Rekomendasi penggunaan atap ini adalah untuk hunian yang berada di dataran tinggi. Selain untuk atap hunian, atap spandek juga dipakai sebagai atap pabrik. Penggunaan atap spandek di dataran rendah menyebabkan ruangan cepat panas, terutama bagi yang tidak ada AC.

  • Berisik Saat Turun Hujan

Hampir setiap atap yang terbuat dari logam memiliki kekurangan berupa mengeluarkan suara berisik saat hujan. Ini sudah pasti terjadi pada atap spandek juga. Sebagai salah satu cara menangani suara bisik tersebut bisa dengan mengaplikasikan peredam suara di bawah atap tersebut.

Macam-Macam Jenis Atap Spandek

Atap spandek sendiri terdapat banyak jenisnya, seperti Zincalume, Pasir, Lengkung, Laminasi, dan lain-lain. Masing-masing dari atap tersebut akan dibahas secara singkat berikut ini.

  • Atap Spandek Jenis Zincalume

Atap dengan tipe Zincalume ini banyak dipakai oleh para kontraktor dalam membuat bangunan komersial. Bentuknya yang sederhana, membuatnya bisa dikombinasikan dengan berbagai konsep bangunan. Produk ini terdiri atas campuran aluminium 55%, silicon 2%, dan zinc 43%.

  • Atap Spandek Jenis Pasir

Tipe atap spandek yang kedua adalah atap spandek pasir. Jenis ini banyak digunakan pada rumah berkonsep minimalis. Anda bisa saja melakukan kombinasi antara atap ini dengan atap baja ringan. Atap yang terdapat lapisan pasir ini dapat meredam suara tanpa memerlukan pemasangan peredam suara tambahan.

  • Atap Spandek Jenis Lengkung

Jika ada bangunan dengan bentuk bagian atas rumah yang melengkung, maka jenis yang dipakai adalah atap spandek lengkung. Atap jenis ini memiliki tingkat kelengkungan yang berbeda-beda dan pemesanan bisa disesuaikan dengan keperluan konsumen.

  • Atap Spandek Jenis Laminasi

Anda sedang mencari atap spandek yang paling kokoh, maka bisa memesan atap spandek laminasi. Jenis ini memiliki lapisan aluminium yang diperkuat dengan adanya lapisan foil di bagian luar. Kombinasi dengan lapisan foil tersebut membuat atap ini memiliki ketahanan lebih terhadap benturan dan memiliki usia pemakaian lebih lama.

  • Atap Spandek Jenis Kliplok

Jenis lainnya yang paling mudah diaplikasikan adalah atap spandek kliplok. Jenis tersebut memiliki teknologi pengunci maupun pengikat yang mana tidak tersedia pada jenis lainnya. Teknologi tersebut memudahkan orang saat proses pemasangan dilakukan dan membantu menghindarkan dari kebocoran.

  • Atap Spandek Jenis Bening

Atap spandek bening – hbswjyfrp.en.made-in-china.com

Sekarang ada banyak hunian yang menerapkan atap bening untuk membuat bagian dalam rumah menjadi terang tanpa lampu. Atap yang bisa mewujudkan desain tersebut adalah atap spandek bening. Atap ini terdapat campuran berupa plastik maupun kaca yang membuatnya ditawarkan dengan harga lebih terjangkau.

Anda sudah bisa memutuskan akan membeli atap spandek dengan jenis yang mana. Tidak perlu repot-repot cari kemana-mana dan bisa langsung memesan melalui Importer.co.id atau +62 811-111-279.Kami juga menerima pesanan material atap lainnya, seperti atap aluminium, atap kanopi, dan lain-lain.

Check Also

Ingin Membuat Ruangan Berkonsep Etnis? Pakai Saja Lantai Parket

Lantai yang memiliki daya tahan lama selain keramik adalah lantai kayu dan lantai parket. Kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.