Sunday , January 21 2018
Home / Blog / Mengenal Lebih Dalam Kertas Thermal ATM

Mengenal Lebih Dalam Kertas Thermal ATM

Pernahkah memperhatikan setruk yang sering Anda terima dari mesin ATM? Kertas ini disebut kertas thermal. Kertas thermal ATM tampak mengilap pada sisi cetaknya. Tulisan dan gambar yang muncul pada kertas ini bukan tinta, melainkan reaksi antara bahan kimia pada kertas dengan panas pada printer.

Mungkin Anda salah satu orang yang tertarik dengan kertas ini. Namun, sebelum mulai membeli, sebaiknya Anda memahami spesifikasi, kelebihan serta kekurangan dari kertas ini.

Spesifikasi Kertas Thermal

Spesifikasi Kertas Thermal - image.indonetwork.co.id
Spesifikasi Kertas Thermal – image.indonetwork.co.id

Berkembangnya kebutuhan penggunaan kertas thermal membuat spesifikasi produk yang dijual ikut berkembang. Kertas thermal ATM tentu berbeda dengan kertas yang digunakan untuk mesin kasir. Tidak hanya pada ukuran, kertas thermal juga memiliki ragam pada berat, warna kertas, hingga kandungan kimia yang tercampur pada kertas.

1. Ukuran

Ukuran kertas thermal biasanya ditunjukkan dalam a x b x c; a adalah lebar kertas, b adalah diameter gulungan, dan c adalah diameter core gulungan. Namun, sebagian besar penjual menampilkan ukuran a x b saja, yang artinya c adalah diameter core standar 12 mm. Umumnya satuan yang dipakai adalah milimeter, tetapi beberapa pemasok menampilkan dalam inci.

Untuk mesin ATM, biasanya kertas thermal yang digunakan berukuran 80 x 160 mm dan 80 x 140 mm. Sementara itu, untuk mesin kasir yang lebih kecil banyak menggunakan 80 x 80 mm. Ukuran lainnya yang banyak dicari adalah kertas thermal dengan lebar 57 dan 58 mm, biasa digunakan untuk mobile printer dan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang banyak dijumpai di minimarket.

Read More :  Barang Lucu Kualitas Unggulan Dari Cina

2. Berat kertas

Sama halnya dengan kertas jenis HVS, kertas thermal pun memiliki berat yang berbeda-beda. Beratnya berada dalam kisaran 48-105 gsm (gram per square meter). Namun, yang paling banyak digunakan adalah dalam kisaran 55-65 gsm.

3. Warna kertas

Kertas thermal ATM umumnya berwarna putih. Namun, untuk keperluan yang lain, beberapa pemasok menyediakan kertas thermal dengan warna yang menarik, seperti hijau, biru, merah muda, dan kuning.

4. Perubahan warna

Selain warna kertas, Anda juga perlu memeriksa perubahan warna setelah kertas thermal terpapar panas. Standarnya, kertas ini memunculkan warna hitam. Namun, ada juga yang berwarna merah atau biru.

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Thermal

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Thermal - kertasthermal.com
Kelebihan dan Kekurangan Kertas Thermal – kertasthermal.com

Sejak kemunculannya, kertas thermal memberikan banyak peluang kepada pemilik bisnis untuk lebih efisien terhadap kebutuhan setruknya. Berikut kelebihan dari kertas thermal:

  • Proses pencetakan pada kertas thermal tidak membutuhkan tinta. Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu setruk tidak tercetak karena kehabisan tinta. Itulah sebabnya ATM kebanyakan memanfaatkan teknologi ini.
  • Hasil cetak yang muncul lebih tajam dan jelas dibandingkan dengan menggunakan printer tinta.
  • Biaya yang biasa dikeluarkan untuk pengadaan tinta dan pengisian ulang menjadi nol.
  • Mesin printer thermal juga tidak berisik dan minim perawatan jika dibandingkan dengan printer tinta.

Di samping kelebihannya, kertas thermal menyimpan beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Proses pembuatan kertas thermal yang cukup rumit membuat harga menjadi relatif tinggi. Pembelian dalam jumlah besar sangat disarankan untuk menekan biaya agar menjadi lebih murah.
  • Dari sisi penggunaan, gambar yang muncul pada kertas thermal ATM bisa berangsur pudar jika terpapar panas dalam jangka waktu lama. Jika Anda berencana menyimpan setruk, sebaiknya segera pindai atau potret setruk untuk menyimpannya secara digital.
  • Pastikan Anda membeli dari supplier yang tepercaya agar mendapatkan kertas thermal yang baru dan berkualitas. Kertas thermal berumur lama dan salah penyimpanan akan menyebabkannya tidak bisa digunakan sama sekali. Kertas bahkan berubah warna dengan sendirinya.
Read More :  Perbandingan Barang-Barang Impor Murah Dan Barang Lokal Murah

Jika Anda berencana mencari kertas thermal ATM, pastikan Anda mencari informasi tentang supplier yang dapat diandalkan. Pemasok yang baik akan memastikan Anda mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, sehingga biaya yang Anda keluarkan sepadan dengan yang didapatkan.

Check Also

Baju Fitness Pria - s4.bukalapak.com

Pilihan Celana Fitness Pria yang Membuat Anda Nyaman Saat Berolahraga

Fitness kini tak lagi hanya identik dengan olahraga, tetapi juga dengan gaya hidup. Fitness memang …

Baju Aerobik - butikbajusenam.com

Bagaimana Memilih Baju Senam Aerobik yang Tepat?

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari, terutama bagi kaum wanita. Selain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *