kertas sertifikat
Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan - pixabay

Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Sertifikat dan piagam, selembar kertas dengan tampilan menawan dan penuh makna. Sertifikat biasanya dijadikan sebagai simbol bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan atau menguasai keterampilan. Di sisi lain, piagam merupakan sarana untuk memberi penghargaan atas sebuah prestasi atau dedikasi tinggi seseorang dalam suatu bidang – kertas untuk sertifikat.

Secara materi memang bentuknya sederhana, tetapi keduanya memiliki makna mendalam. Tak heran jika pemilihan bahan-bahan untuk membuat sertifikat dan piagam tidak bisa dilakukan sembarangan. Demi penghargaan yang pantas, maka kita perlu memilih kertas untuk sertifikat dan piagam secara tepat.



Perhatikan Tingkat Ketebalan Kertas Untuk Sertifikat

Perhatikan Tingkat Ketebalan Kertas - Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan
Perhatikan Tingkat Ketebalan Kertas – Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan – MugiJayaBox

Bahan yang baik untuk sertifikat dan piagam adalah kertas yang tahan lama. Dalam hal ini, kertas tersebut sebaiknya tidak mudah kusut, lecek, apalagi sobek. Maka untuk menyiasatinya, gunakan kertas dengan tingkat ketebalan yang cukup.

Tingkat ketebalan atau gramasi kertas ada bermacam-macam. Semakin tebal kertas yang Anda pilih, kesan eksklusif bakal semakin kentara. Tapi pertimbangkan pula jika nantinya si penerima bakal berinisiatif untuk membingkai piagam atau sertifikat tersebut. Artinya kertas dengan gramasi tinggi tidak selalu sesuai.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah kertas untuk sertifikat yang memiliki gramasi sedikitnya 150 gr.

Pilih Warna Kertas yang Cerah

 

Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan
Pilih Warna Kertas yang Cerah – Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan – hobbycraft

Apa jadinya jika piagam Anda tidak terbaca? Orang tidak akan tahu maknanya, bahkan si penerima akan segan saat mencoba melihat isinya.

Tingkat keterbacaan tulisan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni bentuk tulisan dan warnanya. Soal warna, sebaiknya warna tulisan cukup kontras dengan warna medianya. Huruf berwarna hitam akan terbaca dengan jelas jika ditulis di atas kertas putih, dan sebaliknya.

Namun khusus untuk piagam dan sertifikat, alangkah baiknya jika tidak menggunakan kertas berwarna gelap.

Usahakan memilih kertas untuk sertifikat dan piagam yang berwarna terang. Jika putih terkesan biasa, Anda bisa mencari warna cerah lainnya, krem atau abu-abu terang, misalnya. Pastikan juga Anda mencetak desain dengan warna kontras, yang memungkinkan tulisan dapat terbaca dengan jelas.

Pertimbangkan Kertas untuk Sertifikat yang Bertekstur

Kertas Sertifikat
Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan – Khabarland

Untuk menampilkan kesan lebih menawan, Anda boleh mempertimbangkan jenis kertas bertekstur indah. Begitu banyak pilihan kertas cantik dengan tekstur unik.

Hanya saja Anda harus memastikan bahwa tekstur kertas tersebut benar-benar sesuai dengan desain dan derajat penghargaan yang akan diberikan.

Jenis kertas untuk sertifikat yang memiliki tekstur, antara lain:

Kertas untuk Sertifikat
Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan – printondmand
Kertas linen Jepang

Umumnya menggunakan kertas jenis ini untuk sertifikat karena menyerap tinta/pulpen dalam hal penulisan atau tandatangan. Mempunyai tekstur yg menarik. Selain itu kertas jenis ini banyak juga ditemukan untuk photobook atau kartu nama.

Kertas concorde

Jenis kertas ini memiliki tekstur agak artistik bergelombang dan agak sedikit besar. Biasa juga digunakan untuk sertifikat dan undangan. Kertas ini biasa di pakai pada dunia percetakan. Selain itu kertas ini sangat cocok untuk menggambar dengan pensil atau pensil warna setiap arsirannya akan menimbulkan efek atau tekstur berlubang-lubang.

Kertas jasmine

Kertas ini memiliki efek glitter dengan gramatur tipis dan tebal yang biasa digunakan untuk membuat undangan pernikahan. Efek glitter menimbulkan kesan eksklusif makanya sangat cocok untuk undangan pernikahan.

Kertas akasia

Mempunyai tekstur seperti kain dengan garis-garis membentuk sebuah tenunan. Kertas ini juga masuk dalam kategori kertas yang cocok untuk pembuatan sertifikat atau piagam.

Kertas hawai

Kertas-kertas tersebut cocok dipakai untuk keperluan formal, karena bersifat lebih mewah dan elegan. Bahkan kalau mau, Anda pun boleh menggunakan kertas art carton, tentunya dengan format desain yang pantas.

Mencari Supplier Kertas untuk Sertifikat

Mencari Supplier Kertas untuk Sertifikat - Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan
Mencari Supplier Kertas untuk Sertifikat – Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan – thecanvus

Globalisasi memungkinkan Anda untuk dapat mengepakkan sayap usaha selebar mungkin. Memudahkan Anda dalam menjangkau jaringan dan pasar yang lebih luas.

Berhubungan dengan pengusaha di luar negeri kini semakin mudah lewat importer.co.id , perusahaan importir berpengalaman, spesialis produk-produk dari Negeri Tiongkok. Klik Di sini untuk jasa perizinan

Baca Juga:

Membangun jaringan hingga ke Negeri China tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih dengan standar tinggi yang dimiliki importer.co.id. Perusahaan ini tidak sembarangan dalam memilih pabrik rekanan. Semuanya melalui tahapan seleksi ketat, menitikberatkan pada segi kualitas produk dan layanan.

Hal ini semata-mata dilakukan demi memuaskan para pengusaha Indonesia dalam memperoleh bahan mentah pilihan dengan harga bersahabat. Pun berambisi memberikan pelayanan terbaik, demi kemudahan akses pelanggan akan barang kebutuhannya.

Tanpa perlu repot mengurus perizinan dan pengiriman, produk terbaik dari China akan langsung tiba  ke alamat tujuan. Klik disini untuk masalah perizinan dan pengiriman

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.