Home / Blog / Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota
lampu tanam - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - pixabay.com
lampu tanam - image : pixabay.com

Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota

Keberadaan taman kota dengan lampu taman di dalamnya, memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Taman ini bisa menjadi sarana berkumpul para warga. Taman juga berguna sebagai ruang terbuka hijau yang membuat suasana kota menjadi lebih segar. Sebagai tambahan, desain taman yang cantik memberikan nilai estetika tersendiri bagi kota tersebut.

Agar semua manfaat tersebut bisa terpenuhi, desain taman harus diperhitungkan secara matang. Berbagai faktor perlu dipertimbangkan, termasuk di antaranya adalah terkait pemakaian lampu taman. Keberadaannya tak hanya bisa dipakai sebagai sarana pencahayaan, tapi juga memberi kesan taman jadi lebih cantik.

Manfaat Penggunaan Lampu Taman untuk Taman Kota dan Kantor

Manfaat Penggunaan Lampu Taman untuk Taman Kota dan Kantor - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - pixabay.com
lampu taman – image : pixabay.com

Pencahayaan yang hadir dalam sebuah taman, baik taman kota ataupun kantor, tidak hanya berguna untuk memberi penerangan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penempatan sebuah lampu taman. Ingin tahu apa saja manfaat tersebut? Berikut ini adalah 5 di antaranya:

  1. Faktor keamanan

Penerangan oleh lampu taman memberikan tingkat keamanan kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Apalagi, ketika malam hari, pencahayaan yang terang di taman kota dapat membantu para pengunjung berjalan tanpa harus menggunakan pencahayaan tambahan. Keberadaannya bisa mengurangi terjadinya kecelakaan akibat pencahayaan yang minim.

  1. Mempercantik tampilan taman

Taman yang dipenuhi dengan beragam jenis tanaman dan bunga memang bisa terlihat cantik ketika siang hari. Namun, kalau taman tersebut tak dilengkapi dengan lampu taman, keindahannya tak bisa dinikmati pada malam hari. Oleh karena itu, pencahayaan menjadi nilai plus agar keindahan taman dapat terekspose sepanjang hari.

  1. Mengurangi tingkat kejahatan dan tindakan mesum

Sudah bukan rahasia lagi kalau taman yang bernuansa remang-remang menimbulkan banyak dampak negatif. Hal yang sering terjadi adalah munculnya tindak kejahatan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Hal yang lain, tindakan mesum di tempat umum dengan memanfaatkan suasana taman yang gelap.

Anda bisa menghindari dampak negatif tersebut dengan menempatkan lampu taman yang menyediakan pencahayaan terang. Dengan adanya pencahayaan yang mencukupi, mereka yang terbiasa bertindak mesum di tempat umum bakal berpikir seribu kali. Demikian pula para penjahat yang ingin melakukan aksinya.

  1. Menampilkan kesan dramatis

Menampilkan kesan dramatis - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - artisticlandscapes.com
lampu tanam – image : artisticlandscapes.com

Keberadaan lampu taman juga bisa menjadi sarana untuk menampilkan kesan dramatis. Hal ini bisa didapatkan dengan menggunakan pengaturan lampu taman yang unik. Sebagai contoh, Anda bisa melihat bagaimana pertunjukan Symphony of Lights di Hongkong yang begitu populer. Contoh lain, Anda bisa mendapati taman dengan air mancur menari yang kini banyak bermunculan di kota-kota besar Indonesia.

  1. Menimbulkan dampak peningkatan ekonomi

Taman yang terlihat begitu menarik dengan lampu warna-warni yang terang di malam hari, bisa berdampak positif secara ekonomi pada masyarakat di sekitarnya. Hal itu bisa terjadi karena desain taman yang cantik tersebut bisa menarik siapa pun untuk berkunjung.

Dari sinilah, masyarakat dapat memperoleh manfaat taman kota secara ekonomi. Di taman, Anda akan mendapati banyak transaksi yang dilakukan antara pengunjung taman dengan para penjual. Apalagi, mereka yang menggunakan taman untuk mencari uang tak sedikit, termasuk di antaranya adalah pedagang mainan, penjual makanan, sewa mainan anak, dan lain-lain.

Pertimbangan Dalam Memilih Lampu Taman Kota dan Taman Kantor

Pertimbangan Dalam Memilih Lampu Taman Kota dan Taman Kantor - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - visiondemujerperonista.com
lampu tanam – image : visiondemujerperonista.com

Pemilihan lampu taman untuk sarana pencahayaan tak bisa dilakukan dengan serampangan. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika ingin memilih lampu tersebut, di antaranya adalah:

  • Pilih desain lampu taman yang tepat

Pilih desain lampu taman yang tepat - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota : pixabay.com
lampu tanam – image : pixabay.com

Anda perlu mengetahui, lampu taman memiliki beragam jenis yang didesain dengan tujuan berbeda. Pemilihan desain lampu yang tidak tepat, membuat taman tak bisa memperlihatkan keindahannya secara maksimal. Bahkan, bisa jadi malah taman jadi terlihat tak begitu bagus.

  • Hemat energi

Lampu yang ditempatkan di area taman juga sebaiknya memiliki konsumsi energi listrik yang hemat. Dengan begitu, biaya bulanan yang perlu dikeluarkan untuk tagihan listrik tidak terlalu membebani. Oleh karena itu, penggunaan lampu jenis LED kini banyak dipertimbangkan ketika mendesain taman untuk taman kota ataupun kantor.

Sebagai tambahan, lampu LED yang ditempatkan di area taman kerap dilengkapi dengan panel surya sebagai sumber tenaganya. Dengan begitu, lampu tersebut tidak perlu terhubung dengan jaringan listrik untuk bisa menerangi area di sekitarnya. Lampu juga tak butuh saklar, karena biasanya di dalamnya terdapat sensor yang memungkinkan lampu mati ketika siang hari dan menyala saat malam hari.

  • Daya tahan lama

Lampu yang dipakai untuk sarana pencahayaan taman juga harus memiliki daya tahan yang lama. Pastikan lampu yang akan dipakai juga dapat bertahan dalam segala jenis cuaca. Apalagi, lampu tersebut bakal ditempatkan di area luar ruangan dan terekspose oleh cuaca panas dan dingin. Kalau perlu, Anda bisa memilih lampu luar ruangan yang dilengkapi sertifikasi tahan air.

  • Pilih warna yang natural

Tips berikutnya ketika menempatkan lampu untuk pencahayaan taman adalah dengan memilih warna natural. Warna natural berguna untuk menampilkan suasana taman dengan lebih alami.

Mengenal Jenis-Jenis Lampu Taman

Mengenal Jenis-Jenis Lampu Taman - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - smarthome.guide
lampu tanam – image : smarthome.guide

Lampu luar ruangan yang dipakai untuk taman hadir dalam beragam jenis bentuk. Desain-desain tersebut punya tujuan yang berbeda, disesuaikan dengan karakteristik taman. Pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis lampu ini bakal berguna ketika Anda ingin mendesain taman dan berkomunikasi dengan desainer yang ditugaskan.

Berikut ini adalah jenis-jenis lampu taman yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Path lighting

Path lightning merupakan jenis pencahayaan yang berguna untuk menampilkan kesan elegan serta untuk alasan keamanan. Path lighting ditempatkan di jalur untuk berjalan kaki yang ada di taman. Keberadaannya membuat area tersebut terlihat begitu mencolok, seperti ketika Anda tengah memasuki jalur menuju tempat yang eksotis.

  1. Downlighting

Downlighting - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - pixabay.com
lampu tanam – image : pixabay.com

Jenis pencahayaan di taman berikutnya adalah downlighting. Lampu jenis ini ditempatkan di area yang tinggi dan diarahkan ke bawah. Fungsi pencahayaan downlighting berguna secara maksimal ketika ditempatkan di area dengan permukaan yang luas.

Downlighting dengan penempatan yang sesuai, bakal memberikan tak hanya sekadar pencahayaan taman yang bagus. Di waktu yang sama, cahaya dari lampu tersebut akan menampilkan kesan yang cantik, mirip seperti cahaya dari bulan yang melayang di tengah-tengah taman.

  1. Spot lighting

Spot lighting berguna menyorot keunikan tersendiri yang ada di dalam taman. Fungsi pencahayaan ini berbeda dibandingkan dengan flood lights yang menampilkan cahaya lebih menyebar. Cahaya dari jenis lampu taman ini lebih terfokus pada titik tertent.

  1. Lantern

Lantern menjadi jenis lampu taman selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Jenis lampu ini memiliki fungsi dan penempatan yang fleksibel. Anda bisa menggunakan jenis lampu lantern di area terbuka atau di tepi jalan. Lampu jenis ini bisa Anda temukan dalam berbagai desain. Cahaya yang dihasilkan dari lampu memang tak begitu terang. Namun, desain cantik yang dimiliki oleh lampu jenis ini, menampilkan kesan taman yang terlihat begitu indah.

  1. Flood lights

Flood lights - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - pixabay.com
lampu tanam – image: pixabay.com

Flood lights merupakan jenis lampu yang kerap digunakan untuk menerangi area taman yang berukuran luas. Lampu ini memiliki ciri khas berupa intensitas cahaya yang tinggi. Oleh karena itu, tidak heran kalau flood lights menjadi pertimbangan utama untuk sarana penerangan lapangan olahraga.

Tak hanya itu, flood lights yang ditempatkan di taman berguna untuk memberi sorotan lebih pada bagian paling unik yang ada di taman. Sebagai contoh, ketika Anda memilih menempatkan flood lights untuk menerangi air mancur yang ada di bagian tengah taman atau sebagai sarana penerangan pohon berukuran besar yang ada di taman.

  1. Shadow ligthning

Shadow lighting merupakan jenis pencahayaan yang digunakan untuk mendapatkan efek menarik dari bayangan yang dihasilkan. Objek yang disorot oleh lampu taman jenis ini dan menjadi bayangan bisa beragam, di antaranya adalah dinding, pohon, atau benda-benda lain.

  1. Pond light

Pond light - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - oodearthwatergardens.com
lampu tanam – image : oodearthwatergardens.com

Lampu jenis ini merupakan bagian dari jenis lampu spot light. Hanya saja, lampu ini secara khusus dipakai di dalam air. Pond light pun telah dilengkapi fitur yang mampu melindunginya sehingga tak rusak meski ditempatkan di dalam air. Kemampuannya pun tak jauh berbeda dengan lampu spot light.

  1. Well light

Well light merupakan varian berikutnya dari lampu spotlight. Hal yang membedakan lampu ini dengan lampu spot light biasa adalah penempatannya yang sengaja ditanam di dalam tanah. Penempatan tersebut memberikan kesan seamless pada taman.

  1. Bollard light

Bollard light merupakan model lain dari path light. Hanya saja, dalam pemakaiannya, bollard light biasa dipakai untuk membedakan antara area taman yang satu dengan area yang lain. Di samping itu, penggunaan bollard light sebagai lampu taman juga berguna untuk memberi tampilan yang lebih cantik.

  1. Deck and step lights

Deck and step light memiliki manfaat lebih banyak untuk bisa memperlihatkan detail desain arsitektur taman. Lampu jenis ini biasa ditempatkan di tangga yang membuatnya jadi terlihat lebih cantik. Di waktu yang sama, lampu jenis ini juga memberi keamanan agar tak salah melangkah di tangga.

  1. Piermount light

Piermount light lebih menitikberatkan pada desain lampu yang unik. Pencahayaan dari lampu ini tak begitu dipertimbangkan. Biasanya, lampu piermount digunakan di pintu masuk taman atau pagar.

  1. Hardscape light

Hardscape light merupakan teknologi baru dalam pencahayaan lanskap. Desain lampu ini bisa dihadirkan berkat adanya teknologi lampu LED. Penempatan lampu ini dilakukan pada dinding dengan memanfaatkan kawat. Pemakaian lampu ini membuat dinding taman menjadi terlihat lebih cantik.

Memilih Lampu Taman Terbaik, LED vs Halogen

Memilih Lampu Taman Terbaik, LED vs Halogen - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - bunnings.com.au
lampu tanam – image : bunnings.com.au

Anda sudah mengetahui jenis-jenis lampu taman. Hanya saja, pengetahuan itu masih belum cukup. Perlu diketahui, lampu yang dipakai sebagai sarana pencahayaan taman merupakan lampu khusus yang ditujukan untuk pemakaian di luar ruangan. Biasanya, ada 2 tipe lampu yang digunakan, yakni lampu halogen dan LED.

Lampu Halogen

Lampu halogen merupakan jenis lampu yang memanfaatkan filamen wolfram sebagai sumber cahayanya. Proses terbentuknya cahaya pada jenis lampu ini bisa terjadi ketika ada reaksi kimia yang antara filamen wolfram dengan gas yang ada di dalam lampu saat dialiri listrik.

Pemanfaatan lampu halogen untuk pencahayaan taman cukup sering dilakukan. Apalagi, lampu ini bisa diperoleh dengan harga yang murah. Kualitas pencahayaan dari lampu tipe ini juga cukup bagus dan cocok untuk pencahayaan lanskap seperti di area taman.

Konsumsi energi dari lampu jenis halogen juga cukup hemat. Ketika menggunakan jenis lampu ini, Anda bisa mengharapkan penghematan biaya listrik taman sekitar 20%. Ditambah lagi, penempatan lampu halogen juga cukup fleksibel. Anda bisa menempatkan lampu ini di berbagai area taman.

Hanya saja, bukan berarti penggunaan lampu halogen sepenuhnya memberikan keuntungan. Harga yang murah dari jenis lampu ini ternyata berdampak pada daya tahannya yang sangat singkat. Lampu taman dari halogen, biasanya hanya mampu bertahan sekitar 2.000 sampai 5.000 jam. Oleh karena itu, lampu ini tak begitu cocok ketika dipakai untuk jangka panjang.

Problem berikutnya, muncul dari kabel yang dipakai untuk menghubungkan lampu satu sama lain. Penggunaan kabel pada lampu halogen cukup banyak, apalagi ketika Anda menggunakan lebih dari 100 lampu dalam satu taman.

LED

Harga dari lampu LED memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan lampu halogen. Namun, pemakaian lampu LED bisa lebih lama, berkisar antara 30.000 sampai 50.000 jam. Dengan daya tahan yang sangat lama itu, tidak mengherankan kalau lampu LED yang berkualitas dapat dipakai selama 10 tahun tanpa harus melakukan penggantian.

Lampu jenis LED juga memiliki konsumsi energi yang sangat hemat. Penggunaan lampu LED, bisa menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik mencapai 80%. Tak cukup sampai di situ, lampu LED juga tak begitu membutuhkan perawatan seperti halnya lampu halogen.

Hanya saja, semua keuntungan itu bisa Anda dapatkan dengan harus membayar biaya lebih mahal untuk pembelian lampunya. Harga lampu LED bisa berkali lipat lebih tinggi dibandingkan lampu halogen. Selain itu, lampu jenis ini juga memiliki bentuk yang rentan rusak ketika terjadi benturan. Oleh karena itu, untuk pemanfaatan yang maksimal, Anda bisa memilih menempatkan lampu LED sebagai sarana penerangan taman yang ditempatkan di ketinggian.

Tips Profesional Dalam Mendesain Pencahayaan untuk Taman Kota

Tips Profesional Dalam Mendesain Pencahayaan untuk Taman Kota - Tips Memilih Desain Lampu Taman Cantik untuk Kantor dan Taman Kota - scotlightdirect.co.uk
lampu tanam – image : scotlightdirect.co.uk

Hal yang tak kalah pentingnya dalam menempatkan lampu taman agar terlihat cantik adalah dengan mengikuti tips dari tenaga profesional. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, di antaranya adalah:

  • Gunakan kombinasi lampu

Ketika mendesain taman kota ataupun kantor, jangan terpaku pada satu jenis lampu. Gunakan beberapa jenis lampu sebagai kombinasi untuk menampilkan kesan yang tak membosankan.

  • Pertimbangkan untuk menempatkan pohon besar atau kolam

Ketika mendesain taman, Anda harus mempertimbangkan adanya bagian taman unik yang mendapatkan sorotan lebih. Anda bisa saja menempatkan kolam atau pohon berukuran besar yang kemudian disorot dengan beberapa lampu spotlight untuk membuatnya terlihat mencolok.

  • Jangan sekadar mempertimbangkan penerangan

Fungsi utama dari lampu taman memang sebagai sarana penerangan. Namun, dengan beberapa pengaturan, Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dari sekadar penerangan. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh kesan dramatis dari taman yang dibuat.

Itulah tips lengkap yang bisa Anda dapatkan ketika ingin memilih lampu taman sebagai sarana pencahayaan yang juga membuat tampilan taman jadi lebih cantik. Nah, kalau membutuhkan lampu untuk pencahayaan taman dalam jumlah yang besar, ada cara lebih murah yang bisa Anda lakukan, yakni dengan mengimpor lampu dari Cina. Anda pun tak perlu kesulitan dalam mengurus beragam perizinan dalam proses pendatangan lampu-lampu impor tersebut. Semuanya bisa Anda lakukan dengan menghubungi nomor WA pada tautan berikut.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.