Home / Blog / Memilih Supplier Barang Cina Untuk Bisnis
Memilih Supplier Barang Cina Untuk Bisnis

Memilih Supplier Barang Cina Untuk Bisnis

Arus globalisasi membuat kita dapat dengan mudah menerima informasi serta produk dan juga jasa dari luar negeri. Proses impor dan ekspor barang juga sudah bukan barang baru lagi di masyarakat. Dapat dengan mudah kita temukan barang impor dari luar negeri yang beredar di Indonesia ataupun sebaliknya, produk asli Indonesia yang pemasarannya sampai ke luar negeri berkat ekspor.

Kualitas dari barang impor seringkali diyakini melebihi barang lokal. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar karena barang impor dengan kualitas rendah pun banyak tersedia. Demikian juga dengan barang lokal yang memiliki kualitas baik pun banyak jumlahnya. Mendapat barang impor dengan kualitas baik sangat bergantung pada kemampuan kita dalam memilih supplier yang terpercaya. Termasuk di antaranya adalah supplier barang Cina yang berkualitas tinggi untuk dijual kembali.

Mendapat Supplier Barang Cina Terpercaya

Membeli barang secara grosir dari supplier barang Cina untuk kemudian dijual lagi di Indonesia adalah hal yang umum saat ini. Cina memang terkenal akan produk-produknya yang diekspor hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia. Sebut saja mulai dari pakaian, alat-alat rumah tangga, make up, peralatan olahraga, barang pecah belah hingga elektronik semuanya tersedia dan bisa kita pilih.

Harga yang dipasang tentu akan lebih murah terutama apabila kita membeli secara grosir. Kita bahkan bisa mendapat harga lebih rendah lagi apabila membeli langsung di pabriknya. Banyak juga tersedia pusat grosir di Cina yang bisa kita pilih sebagai supplier. Beberapa di antaranya yang populer adalah pusat grosir Yiwu yang terdiri dari lima distrik, hingga supplier online seperti Alibaba dan Aliexpress. Kita bisa membeli secara grosir minimal satu lusin agar harga satuan jatuhnya lebih murah.

Harga Supplier Barang Cina Murah

Barang dari Cina yang diimpor langsung untuk dijual kembali tidaklah semahal yang kita bayangkan. Supplier barang Cina justru bisa dikatakan sangat murah sehingga keuntungan yang didapat dari menjualnya kembali dapat sangat besar. Sebagai contoh, banyak brand make up ternama yang diproduksi di Cina sehingga membeli langsung dari produknya untuk dijual kembali akan mendatangkan keuntungan besar.

Margin keuntungan bisa mencapai puluhan ribu per barang sehingga kita bisa balik modal dengan cepat dan mudah. Banyak juga barang yang sedang menjadi tren di masyarakat dan pabrik utamanya ada di Cina. Misalnya adalah botol minum yang dapat dilipat saat sedang tidak digunakan. Botol minum ini diproduksi di Cina sehingga apabila kita membeli secara grosir dan menjualnya kembali, keuntungannya tentu akan sangat banyak.

Perhitungan Biaya Supplier Barang Cina

Mengimpor barang dari luar negeri tentu tak semudah membeli barang dari dalam negeri. Prosesnya tak sesederhana membayar biaya sejumlah harga barang dan ongkos kirim, kemudian menunggunya sampai di rumah. Jika sudah menemukan supplier barang Cina yang terpercaya dan melakukan pembelian, kita harus menentukan apakah hendak menggunakan jasa pengiriman lewat jalur udara atau jalur laut.

Perbedaan harga dari kedua jalur pengiriman ini cukup besar, di mana pengiriman lewat jalur laut akan memakan biaya yang lebih besar namun waktu yang dibutuhkan juga lebih cepat. Jika kita tidak sedang buru-buru hendak mendapat barang dan juga hendak membeli dengan harga serendah-rendahnya untuk memperoleh keuntungan tinggi, maka jalur pengiriman lewat laut adalah pilihan yang tepat.

Biaya jasa pengiriman ini biasanya menggunakan volume per meter kubik. Setelah barang sampai di Indonesia, selanjutnya kita masih harus mengurus bea dan cukai yang seringkali membebankan biaya cukai tinggi. Jika sudah lepas dari bea dan cukai, barulah barang akan dikirim ke alamat kita menggunakan jasa ekspedisi lokal. Perhitungan biaya untuk modal tidak hanya sebatas harga barang dan ongkos kirim saja. Kita juga harus memperhitungkan biaya cukai yang dikenakan dan lain-lain.

Dengan perhitungan yang cermat, kita akan dapat memperoleh harga terbaik dan juga biaya yang terjangkau sehingga keuntungan yang didapat tetap bisa maksimal. Memilih supplier barang Cina yang terpercaya sekaligus dapat membantu kita dalam mendapat harga barang terbaik agar meringankan modal yang harus dikeluarkan. Kita bisa melakukan survey terlebih dahulu terkait supplier mana yang terbukti terbaik ataupun bertanya pada orang yang telah lebih berpengalaman di bidang impor barang Cina.

Prospek Keuntungan Bisnis Supplier Barang Cina

Mengimpor barang dari Cina untuk dijual kembali sudah bukan hal baru. Banyak pelaku industri perdagangan yang mempraktekkan cara ini. Hal ini tentu tak terlepas dari besarnya keuntungan yang bisa didapatkan. Namun yang tak boleh dilupakan adalah bagaimana kita memasarkan produk tersebut. Setelah mendapat supplier barang Cina yang terpercaya dan modal yang terjangkau, persoalan selanjutnya ialah menjual barang tersebut agar mendapat keuntungan atau minimal balik modal.

Tetap dibutuhkan promosi dan strategi marketing yang mumpuni agar kita bisa mengumpulkan banyak untung. Promosi dan pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram. Kita juga bisa memanfaatkan group chat hingga promosi offline dari mulut ke mulut agar produk kita diketahui banyak orang dan menjaring pembeli sebanyak mungkin. Demikian informasi seputar supplier produk dari Cina. Semoga membantu.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.