Home / Mainan Anak / Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Mobil Remote Control Sebagai Mainan Anak - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Mobil Remote Control Sebagai Mainan Anak - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan - DealsOnly

Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan

Mobil remote control menjadi jenis mainan yang banyak dimainkan oleh anak-anak dari berbagai penjuru dunia. Desain mobil mainan tersebut pun sangat beragam, mulai dari mobil remote yang berbentuk truk, mobil sedan, hingga mobil balap. Menariknya, saat ini pemakaian mobil yang dikontrol secara jarak jauh itu tidak hanya oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Berbeda dengan anak-anak yang menggunakan mobil remote control untuk mainan, para orang dewasa menggunakan mobil ini sebagai sarana adu kecepatan. Tidak tanggung-tanggung, saat ini ada banyak kompetisi mobil RC yang dilakukan dengan beragam cara, seperti off road, on road, touring, ataupun short course.

Terlepas dari perbedaan pemakaian mobil yang dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa, keduanya punya persamaan. Mobilnya sama-sama dikendalikan dengan tanpa menggunakan kabel alias wireless. Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk bisa dengan bebas mengontrol gerakan mobil tanpa terganggu oleh keberadaan kabel penghubung.

Peran 4 Ilmuwan Besar dalam Pengembangan Mobil Remote control

Peran 4 Ilmuwan Besar dalam Pengembangan Mobil Remote control - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Peran 4 Ilmuwan Besar dalam Pengembangan Mobil Remote control – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – Kmart

Terkait keberadaan mobil RC,  ada 4 ilmuwan besar yang tidak bisa dilepaskan jasanya begitu saja. Empat ilmuwan tersebut adalah Alessandro Volta, Heinrich Hertz, Nikola Tesla, dan yang terakhir adalah Leonardo Torres.

Alessandro Volta

Alessandro Volta menjadi sosok yang berada di balik teknologi penciptaan baterai. Temuan itu dilakukan oleh pria kelahiran Como, Italia ini pada tahun 1800. Atas jasanya terkait penemuan tersebut, nama Volta diabadikan menjadi satuan beda potensial listrik, volt.

Ada hal menarik yang dilakukan oleh Volta ketika melakukan eksperimen yang berujung pada penemuan baterai ini. Pada percobaannya, dia menggunakan kaki katak yang kemudian dihubungkan dengan logam.

Penemuan Volta tersebut disempurnakan oleh Michael Faraday pada tahun 1834. Hingga akhirnya, ahli kimia asal Inggris bernama John Frederic Daniell pada tahun 1836 berhasil menciptakan konsep baterai isi ulang yang kini banyak dijumpai pada produk mainan RC bertenaga listrik.

Heinrich Hertz

Ahli fisika asal Jerman bernama lengkap Heinrich Rudolf Hertz ini menjadi sosok yang menemukan cara mentransmisikan sinyal menggunakan gelombang elektronik. Penemuan ini dilakukan oleh Hertz pada tahun 1885. Pada tahun 1891, penggunaan teknologi radio pertama kali digunakan pada kapal selam.

Nikola Tesla

Sosok berjasa berikutnya dalam perkembangan teknologi mobil remote control adalah Nikola tesla. Tesla yang dikenal sebagai salah satu ilmuwan listrik terbesar sepanjang masa itu menjadi penemu teknologi remote control yang kini hadir pada berbagai bentuk mobil RC.

Tesla yang lahir pada tanggal 10 Juli 1856 di Smiljan yang merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Kekaisaran Austria—kini menjadi bagian dari negara Kroasia—mengungkapkan kreasi remote control pertama dunia pada tahun 1898. Waktu itu dia menyebut sistem pengontrolan jarak jauhnya dengan nama teleautomaton.

Pada demonstrasi hasil penelitian yang dilakukan di Madison Square Garden, New York tersebut, Tesla menggunakan kapal mini, bukan mobil mainan. Kapal tersebut dilengkapi dengan antena kecil yang berfungsi sebagai receiver frekuensi radio.  Sebagai sarana pengontrol, dia membuat sebuah kotak yang dilengkapi dengan tuas dan sebuah tombol.

Sinyal radio dari kotak yang merupakan versi remote control milik Tesla itu dipakai untuk mengontrol gerakan dari kapal mini tersebut. Dengan sistem teleautomaton tersebut, Tesla bisa kecepatan sekaligus arah gerakan kapal. Hanya saja, Angkatan Laut Amerika yang dihadapkan Tesla bisa menggunakan teknologi teleautomaton, ternyata tidak tertarik.

Mereka mengatakan kalau teknologi tersebut tidak cocok dipakai untuk perang, karena gerakan yang diperlihatkan oleh kapal tersebut tidak meyakinkan. Namun, konsep pengontrolan jarak jauh yang diperkenalkan oleh Tesla pada demonstrasi tersebut membuat ilmuwan lain tertarik mengembangkannya.

The opinion of the world does not affect me. I have placed as the real values in my life what follows when I am dead“.

Nikola Tesla

Leonardo Torres Quevedo

Terakhir adalah sosok ilmuwan asal Spanyol bernama Leonardo Torres Quevedo. Torres menjadi teknisi yang secara langsung mengaplikasikan teknologi remote control pada berbagai jenis perangkat menggunakan prinsip yang disebutnya telekino.

Telekino dibuat menggunakan teknologi teleautomaton milik Tesla. Di dalamnya terdapat robot yang bisa melakukan sebuah tugas berdasarkan perintah yang dikirimkan melalui gelombang elektromagnetik. Teknologi ini kemudian dimanfaatkan pada berbagai jenis alat, seperti pada kapal serta torpedo di sebuah kapal selam.

Mobil Remote Control Pertama Dunia Berhasil Diciptakan

Mobil Remote Control Pertama Dunia Berhasil Diciptakan - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Mobil Remote Control Pertama Dunia Berhasil Diciptakan – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – Trend Times

Dengan peran besar dari 4 ilmuwan tersebut, teknologi remote control berhasil diaplikasikan pada berbagai alat. Hanya saja, penggunaan teknologi ini pada kendaraan darat ternyata didahului perangkat yang beroperasi di air dan udara.

Kapal RC pertama diketahui telah dibuat pada tahn 1898—dalam demonstrasi yang dilakukan Tesla— dan kemudian dijual secara komersial pada tahun 1940-an. Sementara itu, pesawat RC muncul pada tahun 1917, digunakan untuk keperluan militer.  Selanjutnya, pada tahun 1937, Big Guff mengawali kemunculan produk pesawat RC modern. Helikopter RC baru muncul di tahun 1968.

Lalu, bagaimana dengan mobil RC? Model mobil remote control pertama yang dibuat adalah Ferrari 250LM oleh perusahaan Italia bernama Elettronica Giocattoli. Mobil tersebut dibuat dengan perbandingan 1:12 dan dipasarkan di Ingris pada bulan Desember 1966. Perusahaan yang sama kemudian meluncurkan model Ferrari P4 2 tahun berikutnya. Mobil RC kedua ini hadir dengan perbandingan 1:10.

Mobil RC tersebut menjadi jenis mainan yang populer dan banyak dicari. Buktinya, negara-negara Eropa banyak yang mengimpor mobil mainan itu, termasuk di antaranya adalah Inggris. Hingga akhirnya, pada akhir tahun 1960-an, perusahaan Inggris bernama Mardave turut memproduksi mobil RC. Bahkan, pada awal tahun 1970-an, mereka memproduksi mobil RC bertenaga bahan bakar minyak atau nitro.

Perkembangan tersebut selanjutnya memunculkan ide untuk membuat perlombaan mobil RC. Apalagi, banyak perusahaan yang mulai mengikuti langkah dalam memproduksi kit untuk mobil RC, termasuk di antaranya adalah MCE, Dynamic, Heathkit, Kyosho, Delta, ataupun PB.

Pada tahun 1979, di Kota Genewa, Swiss diadakanlah lomba balap mobil RC pertama dunia bertajuk On-Road Gas World Championship. Perlombaan ini secara khusus ditujukan untuk mobil RC dengan skala 1:8. Tercatat pemenang dari kompetisi ini adalah pria bernama Phil Booth asal Inggris dengan mobil PB Racing.

Kemunculan Mobil RC Bertenaga Listrik

Kemunculan Mobil RC Bertenaga Listrik - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Kemunculan Mobil RC Bertenaga Listrik – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – AliExpress

Pada tahun 1974, perkembangan mobil remote control menjadi lebih modern. Sumber tenaga penggeraknya tidak lagi memakai gas atau nitro, melainkan listrik. Pada masa ini, perusahaan mobil RC yang paling terkenal adalah perusahaan asal Jepang, Tamiya. Ketika itu, mereka merilis mobil RC dengan model Porsche 934 Turbo.

Tak puas dengan mobil remote control yang hanya mampu melaju di jalan, Tamiya meluncurkan 2 unit mobil RC yang ditujukan untuk pemakaian off-road. Dua mobil model buggy, Sand Scorcher dan Rough Rider secara resmi mereka luncurkan pada tahun 1979.

Mobil RC untuk Racing Berbeda dengan Mobil RC untuk Mainan Anak

Mobil RC untuk Racing Berbeda dengan Mobil RC untuk Mainan Anak - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Mobil RC untuk Racing Berbeda dengan Mobil RC untuk Mainan Anak – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – RCCarAction

Menggerakkan mobil secara jarak jauh menjadi aktivitas yang menarik, tidak hanya bagi anak, tapi juga orang dewasa. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui perbedaan antara desain mobil RC yang ditujukan untuk kepentingan racing— yang notabene termasuk mobil RC kelas hobi— dengan mobil RC yang bertujuan sebagai mainan anak.

Keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Baik dari segi performa, desain, dan yang terpenting adalah harga. Harga mobil RC yang ditujukan untuk hobi, jauh lebih tinggi mencapai beberapa kali lipat dibandingkan dengan mobil RC yang dipakai sebagai mainan anak.

Mobil Remote Control untuk Hobi

Mobil Remote Control untuk Hobi - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Mobil Remote Control untuk Hobi – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – Lelong

Perangkat RC yang ditujukan untuk orang dewasa umumnya hadir dengan desain berbentuk truk ataupun mobil. Mobil tersebut secara khusus didesain mampu melaju dengan kecepatan tinggi. Semakin cepat kemampuan melaju mobil tersebut, semakin menarik di mata para pencintanya.

Di pasaran, Anda bisa menemukan mobil remote control untuk hobi ini dalam 2 jenis pengemasan, yakni ready-to-run (RTR) serta almost ready to run. Pada mobil RC RTR, Anda bisa secara langsung mengoperasikannya ketika dibuka dari kemasan. Sementara itu, untuk tipe almost ready to run, Anda perlu melakukan perakitan terlebih dulu.

Mobil RC ini memiliki performa yang jauh berbeda dengan mobil RC untuk mainan. Perangkat ini didesain selayaknya ketika mengoperasikan mobil asli. Anda bisa mengontrol kecepatan mobil RC dengan cara mengatur tekanan pada tombol. Demikian pula pada sistem steering yang sangat presisi didesain menggunakan sistem kontrol servo.

Dari segi desain, mobil RC kelas hobi memberikan tampilan yang sangat detail. Komponen-komponen pada mobil RC tersebut pun berukuran kecil, membuatnya cukup sulit dalam proses perawatan. Namun, komponen tersebut memberi kemudahan ketika ingin melakukan penggantian suku cadang ketika mengalami kerusakan.

Sebagai tambahan, mobil remote kelas hobi memberi kemudahan kalau ingin melakukan modifikasi. Anda tinggal mencari komponen yang diinginkan dan menambahkannya ke mobil RC. Hal ini berbeda dengan mobil RC untuk mainan anak yang cenderung hadir tanpa ada kemunginan untuk bisa di-upgrade.

Mobil remote control yang ditujukan untuk aktivitas hobi ditawarkan dalam 3 jenis sumber tenaga, yakni bahan bakar minyak, nitro, serta listrik. Ketiganya memiliki ciri khas serta keuntungan masing-masing.

Mobil RC bertenaga listrik

Mobil RC bertenaga listrik memiliki keunggulan karena bisa memperlihatkan kecepatan tertingginya dalam waktu singkat. Pengontrolan kecepatan pada mobil RC tipe ini dilakukan menggunakan komponen listrik. Sistem rem yang dipakai juga merupakan komponen listrik yang memanfaatkan sistem magnetik.

Ketika membeli mobil RC bertenaga listrik, penentuan kualitasnya bisa dilakukan tidak hanya pada jenis motor. Mobil RC tipe ini tidak akan bisa memperlihatkan kemampuan maksimalnya kalau tidak dibarengi dengan pemakaian baterai, kabel, serta konektor yang juga berkualitas.

Mobil RC bertenaga nitro

Mobil RC bertenaga nitro menggunakan satu buah mesin servo yang ditujukan sebagai kontrol throttle ataupun pengereman. Mesin pada mobil jenis ini biasanya bervolume antara 2-5,7 cm kubik, khususnya pada perangkat yang ditujukan untuk perlombaan.

Tidak seperti pada mobil RC bertenaga listrik, mobil RC berbahan bakar nitro membutuhkan waktu agar bisa menunjukkan performa optimalnya. Selain itu, mesin pada mobil RC ini juga cenderung cepat panas. Untuk mengatasinya, terdapat pendingin udara, serta terkadang ada pula yang menggunakan oli.

Mesin pada mobil RC nitro cenderung memiliki suara yang berisik, dan hal ini kerap dianggap sebagai daya tarik tersendiri bagi para pencintanya. Selain itu, power yang dihasilkan oleh mesin tersebut juga sangat besar, kalau terjadi tabrakan, kerusakannya pun akan cukup parah.

Mobil RC bertenaga bensin

Mobil RC jenis ini biasanya menggunakan campuran antara oli dengan bensin. Dibandingkan dengan mobil bertenaga nitro ataupun listrik, mobil ini memang tidak begitu cepat. Namun, mobil RC bertenaga bensin punya keunggulan karena lebih hemat serta mesin yang lebih tahan lama.

Mobil Remote Control Sebagai Mainan Anak

Mobil Remote Control Sebagai Mainan Anak - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Mobil Remote Control Sebagai Mainan Anak – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – DealsOnly

Sementara itu, mobil RC yang ditujukan untuk mainan anak memiliki fitur yang lebih sederhana dan pemakaiannya juga sangat mudah. Anda tidak perlu mencari mobil RC dengan spesifikasi canggih dan harganya mahal. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menemukan mobil remote control yang tahan banting, tahan air, serta aman bagi anak.

Dibandingkan dengan mobil RC untuk orang dewasa, mobil RC mainan memang memiliki kecepatan rendah, dan digerakkan dengan tenaga listrik. Mobil ini menggunakan tipe motor yang tidak terlalu powerfull. Kecepatan yang bisa diperoleh mobil RC kelas mainan anak jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil RC kelas hobi.

Kecepatan pada mobil RC ini juga sangat bergantung pada jenis baterai yang digunakan. Kalau menggunakan baterai LiPo yang sejatinya digunakan untuk model mobil RC kelas hobi, kecepatannya bisa mencapai setengah dari mobil RC kelas hobi. Di samping itu, harganya hanya seperlima dari banderol mobil RC kelas hobi.

Sementara itu, kalau menggunakan baterai tipe alkalin atau NiCad, kecepatannya bakal menjadi lebih rendah, berkisar antara 8 sampai 24 km per jam. Mobil mainan tipe ini juga tidak dilengkapi dengan suspensi, dan kalaupun ada performanya tidak terlalu bagus.

Selain itu, cara pengendalian mobil RC mainan juga jauh lebih sederhana. Remote control pada perangkat mainan ini hanya bisa dipakai untuk mengontrol gerakan maju, mundur, belok kanan, dan belok kiri. Tidak ada pula kontrol terhadap throttle seperti pada mobil RC kelas hobi. Kontrol gerakan hanya bisa dilakukan untuk kecepatan penuh dan berhenti.

Secara desain, mobil remote control untuk anak juga memiliki desain yang simple. Komponen yang ada pada mainan tersebut biasanya didesain terintegrasi pada papan sirkuit. Oleh karena itu, kalau terjadi kerusakan, jenis mobil RC seperti ini akan sulit untuk diperbaiki. Kalaupun ada bagian yang rusak, harus melakukan penggantian secara menyeluruh atau pada kasus yang sering terjadi, mobil mainan itu tak lagi bisa digunakan.

Ingin Beli Mobil Remote control untuk Hobi ataupun Mainan Anak?

Ingin Beli Mobil Remote control untuk Hobi ataupun Mainan Anak - Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan
Ingin Beli Mobil Remote control untuk Hobi ataupun Mainan Anak – Perkembangan Teknologi Mobil Remote Control, Dari Sekadar Mainan Jadi Sarana Adu Kecepatan – Rakuten

Nah, kalau Anda ingin mencari perangkat remote control, baik yang ditujukan untuk hobi ataupun mainan anak, tidak perlu bingung. Importer.co.id menyediakan solusi mobil RC yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa menemukan produk mobil RC berperforma tinggi dengan desain body yang detail. Bisa pula menjumpai perangkat mobil RC dengan desain sederhana dan aman dipakai oleh anak. Semua jenis mobil RC itu bisa Anda dapatkan di Importer.co.id.

Importer.co.id merupakan perusahaan yang menyediakan akses mudah dan legal ke produsen mobil RC yang berasal dari China. Dengan menggunakan layanan dari Importer.co. id, Anda bisa menjadi seorang pengusaha mobil RC dengan cara yang mudah.

Importer.co.id akan menyediakan produk dengan kualitas terbaik yang bisa Anda pasarkan di Indonesia. Selanjutnya, untuk masalah perizinan, negosiasi, ataupun pengiriman ke tanah air juga menjadi tanggung jawab kami. Anda tinggal duduk bersantai di rumah menunggu kedatangan produk yang telah dipesan.

Penawaran yang menarik, kan?

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.