Home / ATK / Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan - marketingtango

Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan

Memilih paper bermutu penting untuk kegiatan kantor. Ketahui berbagai jenis, bahan, ukuran, dan karakteristik kertas sebelum belanja di Importer.co.id

Kertas adalah produk penting untuk kegiatan sehari-hari, terutama aktivitas kerja. Produsen paper telah menghasilkan berbagai jenis, bahan, dan ukuran untuk cara pemakaian yang berbeda. Perkembangan teknologi serta ide kreatif juga menghadirkan semakin banyak jenis kertas untuk mendukung beragam kegiatan.

Hindari kesalahan dalam bekerja akibat kekeliruan memilih jenis kertas. Berikut berbagai jenis, bahan, dan ukuran kertas yang wajib Anda ketahui sesuai kegunaannya.

 

Jenis Paper berdasarkan Karakteristik

Jenis Paper berdasarkan Karakteristik - Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Jenis Paper berdasarkan Karakteristik – Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan – Alibaba

 

Kertas tidak hanya dimanfaatkan “untuk menulis”. Berbagai aktivitas manusia menuntut pembagian jenis kertas berdasarkan fungsinya, misalnya sebagai pembungkus, penyimpan informasi, atau campuran bahan bangunan. Akan tetapi, kertas memang identik dengan kegiatan kantor atau sekolah, dan jenis dari kategori ini sangat beragam.

Kertas untuk kegiatan kerja (atau sekolah) terdiri dari berbagai jenis, tergantung bahan. Setiap bahan atau lapisan permukaan menciptakan kegunaan berbeda untuk masing-masing kertas. Beberapa contohnya adalah:

  • Uncoated

Kertas uncoated adalah tipe paling umum yang ada di berbagai institusi. Kertas ini memiliki permukaan polos, dengan tekstur yang cocok untuk menulis dengan pensil, pena, atau spidol. Kertas ini biasanya hadir dalam warna putih, walau ada juga yang berwarna merah muda, hijau, biru, atau kuning.

  • Inkjet paper

Kertas ini adalah tipe yang cocok untuk mencetak dengan printer. Permukaannya menyerap tinta dengan lebih baik, sehingga tidak menyebabkan noda. Kertas ini biasanya dibuat dengan permukaan mulus tanpa pelapis. Ada juga inkjet photo paper, kertas yang dibuat khusus untuk mencetak foto.

  • Kertas daur ulang

Kertas daur ulang (recycled paper) biasanya bertekstur sedikit kasar, karena dibuat dari kertas-kertas bekas yang dihancurkan, disaring, dibentuk, dan dikeringkan hingga padat. Kualitasnya juga beragam; ada yang sangat kasar dan bertekstur, ada juga yang relatif halus walau tidak semulus kertas uncoated baru.

  • Bond paper

Bond paper adalah kertas kerja yang relatif keras dan tidak mudah robek dibandingkan kertas tulis biasa. Kertas ini juga memiliki kesan mewah, sehingga kerap digunakan untuk mencetak sertifikat, penghargaan, atau dokumen penting. Kertas jenis ini juga digunakan untuk membuat amplop.

  • Gloss-coated

Gloss-coated adalah tipe kertas yang memiliki lapisan berkilau. Kertas semacam ini biasanya digunakan untuk mencetak sesuatu yang menarik perhatian, misalnya brosur atau buku anak-anak. Permukaannya juga biasanya licin dan mengilap. Kertas gloss-coated bermutu biasanya memiliki tingkat penyerapan tinta yang cukup tinggi.

  • Matt-coated

Matt-coated adalah kebalikan dari gloss-coated, yaitu kertas yang sengaja diberi pelapis buram agar tidak memantulkan cahaya. Kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak selebaran atau terbitan berkala (zine).

  • Silk-coated

Silk-coated memiliki karakteristik gabungan antara gloss dan matt; kertas ini memiliki permukaan halus, tetapi tidak terlalu mengilap atau memantulkan cahaya. Kertas ini sering digunakan untuk mencetak buku, katalog, atau majalah.

  • Manila

Kertas manila adalah kertas dari serat kayu yang tidak diputihkan 100 persen. Kertas ini relatif murah dan tipis, dengan permukaan halus tetapi tekstur seratnya jelas terlihat. Kertas ini dicetak dengan warna standar cokelat kekuningan, dan biasanya digunakan sebagai sampul, amplop, map, atau bahan prakarya.

  • Kertas gambar

Kertas gambar (drawing/sketching paper) biasanya relatif lebih tebal dan kaku dari kertas tulis uncoated. Kertas ini juga memiliki tekstur halus di permukaannya, agar bisa menahan partikel pensil, tinta, atau cat gambar, tanpa tembus ke belakang.

  • Kertas linen

Kertas linen dibuat sedemikian rupa untuk menciptakan tekstur dan tampilan luar yang mirip permukaan kain linen. Kertas ini biasanya berkualitas tinggi dan digunakan untuk mencetak benda-benda khusus, seperti brosur mewah, kartu nama, menu, serta surat khusus berlogo perusahaan.

  • Kertas velvet

Kertas velvet adalah kertas dengan permukaan halus yang sama sekali tidak memantulkan cahaya. Kertas ini berkualitas bagus dan relatif mahal, sehingga hanya digunakan untuk proyek-proyek khusus seperti cetak foto mewah, kartu nama, surat ucapan selamat datang, katalog, dan poster.

  • Kertas indeks

Kertas indeks biasanya lebih dipandang sebagai “kartu” karena relatif kaku. Kertas ini memiliki permukaan halus, tetapi bisa dipesan dengan permukaan bertekstur untuk proyek khusus. Kertas ini biasanya dijadikan sampul dokumen, brosur, kartu ucapan selamat atau terima kasih, dan proyek apa saja yang membutuhkan kertas kaku tetapi tidak tebal.

  • Security paper

Security paper adalah tipe kertas yang memiliki fitur khusus untuk keamanan, misalnya serat khusus yang tidak terlihat, tanda air, elemen metal, atau tingkat sensitivitas yang relatif tinggi terhadap bahan kimia tertentu. Kertas semacam ini biasa digunakan untuk membuat kupon, paspor, visa, cek, uang, atau sertifikat penting.

Proses pembuatan kertas yang berbeda menciptakan hasil berbeda pula ketika digunakan untuk suatu aktivitas. Pastikan memilih jenis kertas yang sesuai untuk setiap tugas kerja, tidak hanya dari segi bahan dan pembuatan, tetapi juga ukuran.

 

Pilih Paper Coated atau Uncoated?

Pilih Paper Coated atau Uncoated - Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Pilih Paper Coated atau Uncoated – Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan – AliExpress

 

Kertas dengan pelapis (coated) dan yang tanpa pelapis (uncoated) banyak digunakan dalam kegiatan kantor, tetapi tidak ada yang “lebih bagus” di antara keduanya. Apa pun kertas yang Anda beli, jenis yang berlapis dan tidak memiliki karakteristik masing-masing.

Kertas dengan lapisan, seperti silk-coated atau gloss-coated, biasanya memiliki lapisan lebih keras dan mulus. Kertas ini cocok untuk mencetak dokumen dengan tampilan berkualitas, sehingga kesannya lebih mewah atau penting. Akan tetapi, kertas tipe ini cenderung sulit untuk ditulisi dengan pena.

Kertas yang tidak berlapis memiliki daya serap lebih tinggi, sehingga cocok untuk dipakai menulis. Anda tetap bisa mencetak atau memfotokopi dokumen dengan kertas ini, tetapi pastikan memilih jenis dengan ketebalan yang cocok untuk tinta printer dan mesin fotokopi.

 

Jenis Paper Berdasarkan Ukuran

Jenis Paper Berdasarkan - Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Jenis Paper Berdasarkan – Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan – mockupworld

 

Setelah mengetahui jenis kertas yang diperlukan, pastikan memilih ukuran tepat sesuai pekerjaan yang Anda lakukan. Standar ukuran kertas internasional saat ini mengikuti ISO 216, dan jenis yang paling sering digunakan adalah tipe A.

Berikut beberapa ukuran standar kertas yang tersedia di pasaran:

  • A0

A0 adalah ukuran standar kertas seri A terbesar, yaitu 1,189 x 841 mm. Biasanya digunakan untuk membuat poster raksasa yang harus bisa dibaca banyak orang, walau dipajang di area ramai.

  • A1

A1 memiliki ukuran standar 841 x 594 mm. Kertas ukuran ini cocok untuk poster besar di tempat umum. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencetak diagram atau bahan presentasi di ruang rapat ukuran kecil.

  • A2

A2 memiliki ukuran standar 594 x 420 mm. Ukuran ini cocok untuk poster ukuran sedang. Poster dari kertas ukuran ini cocok untuk dipajang di dalam bangunan publik yang tidak terlalu ramai.

  • A3

A3 berukuran 420 x 297 mm. Ini adalah ukuran yang cocok untuk mencetak diagram besar atau pengumuman yang ditempel di papan pemberitahuan. A3 juga merupakan ukuran populer untuk buku gambar atau sketsa ukuran besar.

  • A4

A4 adalah ukuran kertas paling umum untuk berbagai pekerjaan kantor. Dengan dimensi 297 x 210 mm, kertas ini sesuai untuk berbagai macam tugas, seperti menulis, mencetak dokumen, memfotokopi, dan sebagainya.

  • A5

Kertas A5 berukuran 210 x 148 mm, dan cocok untuk mencetak selebaran atau pamflet. Kertas ini juga merupakan ukuran umum untuk buku tulis.

  • A6

Disebut juga ukuran kartu pos, kertas A6 memiliki dimensi 148 x 105 mm, dan biasanya digunakan untuk menulis memo atau membuat notes kecil.

Walau seri A merupakan standar ukuran kertas yang paling banyak digunakan, produsen perlengkapan kantor atau percetakan terkadang menggunakan ukuran B, terutama jika dimensi kertas yang mereka butuhkan tidak ada di dalam rangkaian ukuran seri A. Ukuran B5 dan B6, misalnya, adalah standar untuk mencetak buku, sedangkan B4 adalah ukuran lembaran surat kabar.

Untuk membuat amplop, produsen perlengkapan kantor biasanya menggunakan seri ukuran C. Patokan untuk membuat amplop standar adalah ukuran kertas seri A, terutama A4. Misalnya, C4 adalah ukuran amplop besar (untuk kertas A4 yang tidak dilipat), C5 untuk kertas yang dilipat sekali, dan C6 untuk kertas yang dilipat dua kali.

 

Memilih Jenis Warna Putih pada Paper

Memilih Jenis Warna Putih pada Paper - Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Memilih Jenis Warna Putih pada Paper – Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan – thepapermillstore

 

Putih adalah warna umum untuk kertas kantor, tetapi tingkat warna putih pada permukaannya bisa berbeda. Tingkat warna putih (whiteness level) pada selembar kertas bisa menentukan kualitas tulisan atau gambar yang Anda cetak, terutama jika melibatkan banyak warna.

Secara umum, ada tiga macam tingkat warna putih pada kertas, yaitu:

  • Balanced white

Balanced white adalah warna putih “normal” yang ada pada berbagai jenis kertas kantor umum. Warna ini menawarkan hasil cetak sesuai warna asli dari teks atau gambar. Cocok untuk sebagian besar hasil cetak, misalnya dokumen, ilustrasi, tabel, dan grafik.

  • Blue white

Blue white adalah istilah untuk warna putih yang mampu memantulkan warna biru dan hijau dengan baik, sehingga menghasilkan kesan metalik pada hasil cetak. Warna putihnya juga berkesan sedikit pudar dibandingkan kertas biasa. Blue white mampu meningkatkan kualitas hasil cetak gambar hitam-putih.

  • Warm white

Warm white adalah warna putih yang memantulkan warna-warna “hangat”, seperti jingga, merah, dan kuning. Kertas dengan permukaan seperti ini ideal untuk mencetak ilustrasi yang berupa foto berwarna.

Ketika memilih jenis warna putih, jangan lupa juga mempertimbangkan tingkat “kekeruhan” (opacity) pada kertas. Beberapa jenis kertas terlihat membayang ketika diangkat, dan yang lainnya lebih keruh. Kertas yang tidak membayang biasanya cocok untuk mencetak materi pelatihan dan promosi atau dokumen penting. Kertas yang membayang biasanya lebih murah, dan cocok untuk mencetak dokumen yang tidak penting atau draft.

 

Rekomendasi Penggunaan Paper Berdasarkan Berat

Rekomendasi Penggunaan Paper Berdasarkan Berat - Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan
Rekomendasi Penggunaan Paper Berdasarkan Berat – Mengenal Beragam Jenis, Bahan, dan Ukuran Paper untuk Berbagai Kegunaan – tmib

 

Selain bahan, ukuran, dan tingkat warna putih, berat kertas juga mempengaruhi penggunaannya. Kertas memiliki gsm atau gram per meter square (gram per meter persegi) sebagai satuan standar berat. Sebagian besar kertas untuk keperluan bisnis biasanya berada di kisaran 70 hingga 100 gsm.

Berikut beberapa rekomendasi penggunaan kertas berdasarkan beratnya:

  • Surat kabar

Surat kabar (atau terbitan dengan kualitas kertas yang serupa) biasanya menggunakan kertas dengan berat 35 hingga 55 gsm.

  • Formulir nonkarbon (NCR)

Formulir berlapis yang tidak memerlukan lembaran karbon (NCR) biasanya menggunakan kertas 60 gsm untuk setiap helainya. Kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak bukti pembayaran atau invoice. Jika Anda harus sering mencetak draft, contoh, atau dokumen yang tidak terlalu penting, kertas ini bisa dijadikan alternatif murah.

  • Kertas tulis atau cetak biasa

Kertas untuk menulis atau mencetak dokumen biasa berada di kisaran 70 hingga 80 gsm, dan cukup ideal untuk tulisan, ilustrasi, maupun diagram. Kertas 80 gsm ideal untuk mencetak dokumen khusus, misalnya materi pelatihan atau dokumen yang didominasi tabel serta grafik.

  • Kertas surat berstempel

Kertas dengan ketebalan 100 gsm cocok untuk membuat kertas surat berstempel nama perusahaan atau institusi (letterhead). Kertas ini lebih tebal dari produk standar dan memberi kesan lebih profesional, terutama untuk mencetak surat-surat resmi, sertifikat, serta surat-surat resmi.

  • Poster

Kertas dengan berat antara 130 hingga 170 gsm cocok untuk poster dengan kualitas cukup bagus. Kertas ini memberi tampilan cukup bagus, tetapi tidak terlalu tebal. Untuk poster berkualitas tinggi, pilih kertas dengan ketebalan hingga 250 gsm.

  • Kartu nama

Kartu nama umumnya menggunakan kertas 350 gsm. Ketebalan ini cocok untuk kartu nama kualitas standar.

Berat kertas tidak menjamin ketebalannya. Dua helai kertas yang sama-sama berlabel “120 gsm”, misalnya, belum tentu memiliki ketebalan sama. Yang satu mungkin kertas dengan permukaan halus yang elastis, sementara yang lainnya memiliki penampilan tidak mengilap (matte) dengan tekstur agak tebal dan kaku.

 

Tips Belanja Paper untuk Kantor

Banyak kantor berusaha mengurangi pemakaian kertas, tetapi bukan berarti Anda tidak lagi membutuhkannya. Kertas masih penting untuk melakukan berbagai hal, mulai dari mencetak dokumen resmi, membuat materi pelatihan, hingga mencetak formulir dan bukti transaksi. Pastikan Anda berbelanja kertas secara efektif dengan beberapa tips berikut:

  • Tentukan pembagian kebutuhan kertas rutin

Jika Anda baru memulai bisnis, atau ingin menciptakan pemakaian kertas yang lebih efisien, pastikan membuat daftar kebutuhan kertas berdasarkan kegiatan. Kelompokkan kebutuhan kertas sesuai aktivitas tersebut, misalnya untuk mencetak dokumen harian, mengirim surat resmi, dan mencetak bahan pelatihan atau poster.

  • Bedakan kertas untuk printer laser dan inkjet

Printer laser dan inkjet membutuhkan jenis kertas yang berbeda untuk hasil cetak optimal. Kertas dengan permukaan mulus dan kaku cocok untuk printer laser, tetapi kurang cocok untuk inkjet, karena bisa menyebabkan noda dari tinta yang tidak terserap. Sebaliknya, bahan pelapis kertas yang khusus untuk printer inkjet tidak mampu menahan temperatur di dalam printer laser.

  • Jangan terpaku pada merek

Merek terkenal biasanya berharga mahal, tetapi terkadang, Anda tidak perlu bergantung pada merek untuk membeli kertas demi pemakaian rutin. Anda bisa memilih kertas murah untuk mencetak dokumen biasa yang sifatnya rutin dan tidak begitu penting. Pemilihan ketebalan, berat, dan ukuran kertas yang tepat jauh lebih penting.

  • Pertimbangkan hasil cetak pada permukaan kertas

Beberapa jenis kertas mungkin memiliki hasil cetak atau fotokopi yang membayang di baliknya, dan yang lain tidak, walau mungkin memiliki ukuran serta berat serupa. Jika tidak yakin dengan kualitas suatu kertas, pastikan mencoba kertas tersebut untuk mencetak dokumen rutin, sebagai contoh.

Baca Juga:

Membeli langsung dari distributor adalah solusi untuk mendapatkan kertas dengan harga murah, tetapi ada banyak alternatif untuk berbelanja, terutama jika Anda membutuhkan kertas yang paling tepat untuk kegiatan kantor.

Importer.co.id menawarkan berbagai kertas kualitas impor untuk menulis, mencetak, dan melakukan tugas-tugas penting lain, lengkap dengan harga bersaing. Kunjungi Importer.co.id atau hubungi nomor telepon/WA 0811158309 untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai produk paper bermutu.

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.