Home / Blog / Pilih Lantai Vinyl Atau Keramik?
Pilih Lantai Vinyl Atau Keramik?

Pilih Lantai Vinyl Atau Keramik?

Vinyl merupakan salah satu jenis pelapis lantai yang cukup populer di Indonesia. Harga lantai vinyl sendiri relative lebih ekonomis dibanding jenis lantai lain. Dari segi tampilanpun, lantai vinyl tak kalah cantik dan juga mewah, cocok untuk berbagai hunian dan bangunan.

Meskipun demikian, lantai keramik masih menjadi jenis lantai yang paling dikenal di Indonesia. Keberadaannya mudah sekali ditemui pada penggunaan lantai di rumah-rumah dan banyak bangunan. Ya, masing-masing memang memiliki kelebihan sendiri-sendiri hingga patut dijadikan alas rumah yang indah dan menawan.

Untuk lebih mengenal jenis lantai untuk rumah impian, mari kita lihat perbedaan antara vinyl dan keramik, baik dari segi penampilan, kualitas, hingga harga lantai vinyl dan keramik.

Lantai Vinyl VS Lantai Keramik

  • Lantai vinyl

Banyak industri desain interior yang lebih memilih jenis lantai vinyl dibanding lantai lainnya. Salah satu alasannya adalah lantai vinyl dapat menghadirkan kesan natural ke dalam rumah.

Jika selama ini banyak yang menggunakan batu alam maupun lantai kayu untuk melapisi lantai rumah, untuk memasukkan unsur alam ke dalamnya, maka kini ada lantai vinyl  yang perawatannya lebih mudah dibanding kedua jenis lantai di atas. Ditambah lagi, harga lantai vinyl juga lebih ekonomis hingga menghemat budget dari biaya pembangunan maupun renovasi rumah.

Jadi, bagi yang punya masalah anggaran dalam hal ini, dan ingin pula menghadirkan sensasi alam di dalamnya, maka lantai vinyl bisa jadi jawaban yang tepat. Terlebih, lantai ini mudah perawatannya. Untuk kualitas, juga tak perlu diragukan, karena banyak jasa desain interior yang menyarankan untuk menggunakan lantai jenis vinyl ini. Untuk masalah daya tahan, lantai ini juga menjadi salah satu lantai yang awet dan bisa tahan lama.

Ragam dan motifnya beragam. Ada berbagai jensi pilihannya, mulai dari yang motif kontemporer, motif kayu, sampai motif batu alam yang bisa membawa kesan mewah ke dalam rumah. Selain itu, bahannya juga relative awet dan tahan terhadap kondisi cuaca dan tidak memuai karena bahaya terbuat dari karet.

Bukan hanya itu, untuk masalah instalasi atau pemasangan, lantai vinyl juga menawarkan kemudahan tersendiri. Terlebih bagi yang ingin pengerjaannya cepat selesai, maka lantai vinyl bisa jadi pilihan dibanding jenis lantai keramik atau lantai lainnya.

  • Lantai keramik

Harga lantai vinyl dengan keramik memang berbeda. Begitu juga dengan kualitas dan juga bahan pembuatannya. Lantai keramik ini terbuat dari campuran tanah liat dan glazur yang kemudian dibakar serta mengalami beberapa proses hingga menghasilkan jenis lantai kermaik yang populer saat ini.

Keramik merupakan material keras yang dilapisi dengan lapisan mengkilap pada permukaannya. Penggunaan keramik sangat populer di masyarakat saat ini, karena motif dan coraknya yang beragam. Mulai dari rumah modern hingga rumah minimalis dan klasik, banyak yang memilih keramik sebagai alas rumahnya. Kesan yang dihadirkan beragam, mulai dari natural, elegan, tradisional, hingga kontemporer.  Selain itu keramik juga mudah ditemukan di banyak toko bangunan.

Perbandingan Lantai Vinyl Dan Keramik

  • Yang pertama adalah harga. Harga lantai vinyl relative lebih stabil. Sedangkan pada lantai keramik, harganya cukup ekonomis, tapi relative lebih cepat mengalami peningkatan harga.
  • Lantai vinyl dan kermaik sama-sama memberikan banyak pilihan warna dan juga corak. Namun, lantai vinyl lebih terlihat mewah dan antimainstream bila diaplikasikan. Terlebih kehadirannya lebih terlihat natural dan menyerupai material alam aslinya, seperti kayu atau batu alam. Hingga banyak yang memilih lantai ini, meksipun harga lantai vinyl lebih mahal dibanding keramik.
  • Lantai keramik lebih mudah didapat, yakni di toko bangunan. Berbeda dengan lantia vinyl yang belum sepopuler lantai keramik hingga hanya ada di toko bangunan besar tertentu saja. Namun kini sudah banyak distributor lantai vinyl yang bergerak dalam bidang online hingga kita semakin mudah bisa menjangkau lantai ini.
  • Lantai vinyl lebih mewah daripada lantai keramik. Dengan harga lnatai vinyl, maka tidak heran jika kita mendapat hasil yang lebih indah untuk alas rumah. Kesan yang adalah rumah lebih berkelas. Jika memakai lantai keramik, maka sudah sangat umum untuk ditemui. Lantai vinyl menjadi pilihan bagi yang ingin menunjukkan hunian yang kesannya unik dan juga elegan.
  • Lantai keramik sifatnya keras hingga mudah pecah dan getas serta mudah tergores. Hal ini berbeda  dengan lantai vinyl yang tidak akan pecah karena bahan bakunya menggunakan semacam karet yang bermutu tinggi. Kesamaannya adalah, jika keduanya rusak, maka tidak bisa diperbaiki, namun harus diganti.
  • Permukaan lantai keramik terasa dingin baik musim hujan maupun musim kemarau. Jadi, sering menimbulkan rasa kurang nyaman di kaki, terlebih saat cuaca sedang dingin atau di ruang yang ber AC. Permukaannya juga cenderung keras. Sementara lantai vinyl berbeda. Lantai ini memiliki permukaan yang lebih lembut dan lebih nyaman di kaki.

Demikianlah perbedaan antara lantai vinyl dan keramik. Pemilihan jenis lantai bukan hanya tergantung pada budget namun juga harus memperhatikan unsur kenyamanan dan juga estetika yang akan dihadirkan ke dalam sebuah rumah.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.