Sunday , February 18 2018
Home / Blog / Mengenal Seluk Beluk Skateboard

Mengenal Seluk Beluk Skateboard

Share this:

Di tengah maraknya beragam hiburan baru berbasis teknologi, masih ada sekumpulan orang yang jauh menikmati permainan skateboard. Bahkan tidak hanya sekadar bermain di waktu senggang, skateboard juga dijadikan kendaraan yang siap mengantar ke tujuan dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Pengertian Skateboard

fthmb.tqn.com
fthmb.tqn.com

Sesuai namanya, skateboard yang diambil dari bahasa Inggris, merupakan sebuah papan yang digunakan untuk meluncur dengan bantuan empat buah roda di bawah lembar papannya. Untuk menggerakkannya, diperlukan ayunan dari kaki pengguna dengan sebelah kaki mendorong dari tanah sementara kaki yang satu lagi tetap berada di atas papan. Namun bila dalam kondisi jalan yang menurun, gravitasi sudah cukup untuk melajukan papan tanpa harus dibantu ayunan kaki.

Sejarah Skateboard

cgtrader.com
cgtrader.com

Di Indonesia, skateboard menjadi ramai di kalangan masyarakat pada sekitar tahun 1980-an dan memuncak pada tahun 1990-an. Namun rupanya, aktivitas seru ini sudah ada sejak beberapa dekade sebelumnya.

Skateboard berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Papan seluncur ini kali pertama muncul di sekitar pertengahan tahun 1950, selaras dengan perkembangan era selancar (surfing) di California. Saat itu, papan yang dibuat masih berbahan dasar kayu dan digabung dengan ban sepatu roda serta trucks tebal dan berat yang juga berasal dari sepatu roda.

Pembuatannya masih dilakukan dengan sangat tradisional, tanpa menggunakan mesin khusus. Adapun istilah yang digunakan untuk menyebut papan seluncur saat itu adalah sidewalk surfing, sebab bentuknya sepintas mirip papan selancar, tetapi digunakan di darat (aspal).

Tak dapat dimungkiri, film memang dapat memberi pengaruh terhadap sebuah tren. Pun demikian dengan skateboard. Kepopuleran skateboard memelesat setelah papan ini muncul dalam sebuah film di Amerika Serikat melalui peran Martin “Marty” Seamus McFly atau yang lebih sering disebut Marty McFly. Karakter fiksi dari trilogi “Back to the Future” yang diperankan oleh Michael J. Fox menggunakan skateboard sebagai alat transportasinya, sukses membuat kalangan muda Amerika Serikat mengikutinya.

Pada sekitar pertengahan tahun 1960, skateboard bertransformasi menjadi sebuah permainan yang cukup mainstream di Amerika. Besarnya peluang ini untuk dijadikan sebuah bisnis yang menguntungkan membuat beberapa pihak tertarik untuk memasarkannya.

Hobie dan Makaha adalah dua buah perusahaan yang berhasil memenangkan pasar. Keduanya memproduksi papan seluncur sehingga para penikmat skateboard tidak perlu lagi repot-repot membuat sendiri. Bahkan, Mahaka mendapatkan keuntungan yang luar biasa besar dengan meraup USD4.000.000 hanya dalam jangka waktu dua tahun.

Tidak berhenti di sana, popularitas permainan ini terus menanjak dengan kemunculan sebuah majalah lokal yang khusus membahas skateboard. Skateboarder Magazine menjadi media yang memberikan informasi detail mengenai skateboard dan semacam pedoman bagi para penikmat skateboard.

Di tahun 1970, Frank Nasworthy menjadi sorotan dalam dunia skateboard. Pria ini membuat desain skateboard dengan teknologi ban polyurethane yang kemudian terkenal dengan nama Cadillac. Kejayaan yang dialami pria asal Virginia tersebut semakin memicu perusahaan lain untuk terjun ke dalam bisnis skateboard.

Banana Board buatan Tracker Trucks sukses menjadi skateboard yang merajai pasar dengan desain yang jauh lebih bagus dibandingkan papan seluncur yang pernah ada sebelumnya. Bentuknya yang ringan dan elastis, dipadu warna-warna menarik, memikat para skateboarder.

Skateboard di Indonesia

c1.staticflickr.com/
c1.staticflickr.com

Mencari informasi saat dua puluh tahun yang lalu jauh lebih susah dibandingkan hari ini. Selain lamanya waktu yang dibutuhkan, informasi yang diharapkan juga lebih terbatas. Pun demikian yang dialami oleh skateboarder Indonesia kala itu. Meski di era 1980-an tidak ada kejuaraan yang diselenggarakan di Indonesia, peminat terhadap olahraga ini terus berkembang.

Read More :  Pusat Grosir Barang Murah Impor dari China

Skatebarder alias skater Indonesia pun harus puas mendapatkan berita terbaru kala itu dengan perjuangan, yakni melalui video maupun majalah luar negeri. Usaha memperoleh sumber informasi tersebut juga sama susahnya. Biasanya, mereka menitip pada kerabat seorang kawan yang sedang di luar negeri .

Barulah pada pertengahan 90-an, ada sebuah skateshop lengkap hadir di Indonesia. Mr. Craig Huddleston menjadi ‘penyelamat’ para skateboarder tanah air dengan membuka City Surf pada tahun 1996. Toko tersebut menyediakan beragam perlengkapan surfing dan skateboarding. Yang lebih menggembirakan, Mr. Craig kemudian menggelar kejuaraan skateboard untuk pertama kalinya di Jakarta pada 1998 dengan kelas street course dan mini ramp.

Kejuaraan tersebut memang tidak diikuti terlalu banyak peserta mengingat bagaimanapun, skateboard masih hal yang cukup baru di Indonesia dan tergolong minoritas. Namun di tahun-tahun berikutnya, ajang City Surf Open Skateboard Competition mendapatkan antusiasme yang lebih baik. Di tahun 2001, Mr. Craig bahkan mencoba untuk menggelar kejuaraan di luar Jakarta.

Sebagai bentuk komitmen yang tinggi, City Surf lantas menyelenggarakan kompetisi sebanyak tiga seri dalam satu tahun. Kategori yang dipertandingkan pun terbagi kelas sesuai kelompok usia.

Jenis Papan Skateboard

mbseurope.com
mbseurope.com

Bagi kalangan awam, semua papan skateboard tidak memiliki perbedaan, selain corak dan warna. Bahkan boleh jadi, mereka menganggap bahwa hanya ada satu jenis papan skateboard saja. Padahal kenyataannya, ada beberapa jenis papan skateboard yang ada di pasaran.

Jenis pertama adalah papan ikan. Papan skateboard ini boleh dibilang versi pertama papan skateboard yang ada. Bentuk dan dimensinya tentu jauh dibandingkan papan yang dijual pada generasi sekarang. Papan ikan memiliki bentuk yang besar.

Papan skateboard yang kedua adalah fresstyle. Bentuknya sudah lebih ramping dibandingkan jenis papan ikan, terutama di bagian nose dan tailnya. Sementara itu untuk jenis ketiga adalah papan skate, seperti diproduksi di masa sekarang.

Di luar tiga jenis papan tersebut, ada sebuah lagi yang dinamakan long board. Hanya saja, jenis papan ini tidak termasuk dalam hitungan skateboard karena digunakan untuk bermain slide. Dimensi dan bentuknya lebih panjang dibandingkan papan skate yang ditemui di pasaran pada saat sekarang.

Produsen papan skateboard pun semakin banyak. Di satu sisi, hal ini memberi keuntungan bagi para skater karena dengan semakin banyaknya pilihan, semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan papan yang paling sesuai.

Namun di sisi lain, keberagaman ini juga justru menjadi sebuah kebingungan. Kendati demikian, beberapa papan besutan lebel ternama berikut ini dapat menjadi rekomendasi untuk mempermudah pemilihan.

Element

c.76.my
c.76.my

Skater sejati sudah tak lagi asing dengan nama yang satu ini. Papan skateboard merek ini memiliki ciri tersendiri, salah satunya adalah jeis Helium Line. Papan ini memiliki rongga udara yang membuat papan menjadi lebih ringan dan kuat.

Dari segi desain, Element menghadirkan desain yang cukup simpel. Meski begitu, sebagai penyeimbang, papan ini memiliki logo dan permainan warna yang apik.

Zero

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Cukup mudah bagi penggemar skateboard untuk mengenali produk Zero. Hal ini dikarenakan desain grafisnya yang mengusung darah dan tengkorak. Bahkan ketika Jamie Thomas, seorang professional skateboarder, mengambil alih perusahaan ini, ciri grafis tersebut tetap dipertahankan, dengan menambah sedikit unsur gothic dan punk. Tidak hanya desain, urusan kualitas bahan papan Zero juga tak kalah apik.

Read More :  Keuntungan Membeli Barang Di Grosir Barang Impor

Plan B

4.bp.blogspot.com
4.bp.blogspot.com

Tipe papan yang digunakan oleh Plan B adalah 7 plywood. Sepintas, papan skateboard ini memang terlihat biasa saja, ditambah dengan desain grafis yang tidak terlalu ramai. Kendati demikian, kualitas papan Plan B dapat diandalkan.

Toy Machine

c.76.my
c.76.my

Tidak selamanya papan skateboard didominasi oleh desain yang ‘kelam’. Toy Machine misalnya, mengeluarkan papan 7 plywood berkualitas bagus dengan tema kartun monster yang lebih ramah.

Blind

imgix.net
imgix.net

Skater yang menyukai nuansa gahar atau gothic akan menyukai papan skateboard yang ditawarkan Blind. Menggunakan material apik seperti 7 plywood yang sangat ringan, 8 plywood, texalium (perpaduan gelas dan alumunium), atau vertical laminated core, Blind memberikan sensasi skateboarding yang menyenangkan. Adapun desain grafis yang digunakan cenderung bernuansa gelap.

Tips Memilih Skateboard

http://www.sci.utah.edu
www.sci.utah.edu

Setelah mengetahui jenis-jenis papan skateboard, kini saatnya untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Setiap orang tentu memiliki preferensi yang berbeda, tetapi setidaknya hal-hal dasar berikut haruslah menjadi pertimbangan utama agar tidak menyesal saat membelinya.

Jenis yang Tepat

cloudfront.net
cloudfront.net

Memilih jenis skateboard yang tepat adalah hal yang wajib menjadi prioritas: apakah papan seluncur yang akan dibeli ingin digunakan untuk bermain di skate park atau justru menyusuri jalanan?

Bila ingin benar-benar memanfaatkan skateboard sebagai permainan di skate park, maka pilih shorterboard. Namun bilang ingin menggunakan skateboard sebagai alat transportasi—seperti pergi ke sekolah atau tempat-tempat tertentu—maka pilih saja longboard.

Ukuran Papan

lilm.co
lilm.co

Secara umum, papan skateboard dibuat dari 7 sampai 9 lapisan kayu plywood yang ditumpuk dan dilem menjadi satu sehingga mendapatkan bentuk dan lekukan yang sempurna.

Adapun ukuran standar untuk panjang papan biasanya 76-82,5 cm dan lebar 19-21 cm. Bila lebih banyak menggunakan papan sebagai transportasi, ada baiknya memilih ukuran yang lebih besar. Sebaliknya, bila lebih banyak menggunakan papan untuk melakukan trik tertentu, ukuran yang lebih kecil akan lebih nyaman.

Kesesuaian Truck

alicdn.com
alicdn.com

Truck adalah bagian dari skateboard yang berfungsi sebagai penyangga dan terletak di antara papan dan roda. Bagian dalamnya berisi karet suspensi dengan bentuk seperti donat yang disebut bushing. Fungsinya tidak lain sebagai bantalan saat skateboard melakukan belokan. Truck dengan bushing yang keras akan membantu mempertahankan kestabilan papan.

Perhatikan proporsi truck dan papan. Bila truck terlalu pendek, maka skateboard akan menjadi susah dikendarai. Sebaliknya, truck yang telalu panjang justru akan menyusahkan saat berbelok. Di samping itu,truck yang rendah akan membuat aktivitas berseluncur lebih nyaman dan stabil. Sementara itu, truck yang tinggi cocok untuk skateboard dengan roda yang besar karena akan ada lebih banyak ruang untuk melakukan hentakan trik.

Penggunaan Riser Pads

blogspot.com
blogspot.com

Pada bagian yang berada di antara truck dan papan, umumnya ada sebuah plastik tipis yang memiliki fungsi untuk mengurangi tekanan truck pada papan, sekaligus menjaga agar roda tidak menggesek papan. Bagian ini disebut dengan riser pads. Keberadaannya memang tidak terlalu krusial, tetapi tidak ada salahnya memasang riser pads terutama yang berbahan karet pada skateboard kesayangan.

Kenyamanan Roda

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Bagian terakhir yang tidak boleh luput diperhatikan adalah roda. Semakin besar roda yang dipilih, semakin kencang laju skateboard yang akan dihasilkan. Bagi pemula, ukuran roda yang aman digunakan adalah 49-54 mm, sementara untuk kalangan yang lebih profesional dan suka beraksi di skate park, ukuran 65-70 mm adalah opsi yang pas.

Read More :  Macam-Macam Baju Olahraga Wanita Berdasarkan Jenis Olahraganya

Tips Merawat Skateboard

http://static.republika.co.id
static.republika.co.id

Perawatan skateboard terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Semakin rutin perawatan dilakukan, semakin kecil pula risiko terjadinya kerusakan yang berakibat pada pembengkakan biaya selanjutnya.

Membersihkan Bearing

wordpress.com
wordpress.com

Bearing adalah bagian yang digunakan untuk menggerakkan roda. Membersihkan bagian ini dapat dilakukan setiap dua minggu sekali, tetapi ada baiknya dilakukan sesegera mungkin jika berdebu. Hal ini dilakukan agar kualitas laju skateboard tetap terjaga.

Bahan yang perlu disiapkan juga tidak susah ditemukan. Oleskan bensin atau pelumas pada permukaan bearing, lalu sikat hingga bersih. Setelah itu, cukup bilas dengan sedikit air dan lap hingga kering.

Membersihkan Griptape

cdn.qubicle.id
cdn.qubicle.id

Griptape adalah lapisan yang berada di bawah deck alias papan.  Amplas ini membuat papan skateboard dapat terangkat ketika melakukan teknik.

Semakin sering skateboard digunakan, semakin sering pula pengecekan terhadap griptape harus dilakukan. Bersihkan debu yang mudah menempel menggunakan kain kering yang direndam dengan air hangat. Gosokkan perlahan kain tersebut pada permukaan griptape, lalu keringkan menggunakan kain lap lainnya yang kering.

Mengganti Bushing

.ytimg.com
ytimg.com

Bagian truck boleh jadi tidak terlalu berpengaruh, tetapi kondisi bushing yang ada di sini perlu diberi atensi. Tidak ada patokan setiap berapa kali bushing harus diganti. Namun yang pasti, bila kondisi karet peredam ini sudah tidak layak, maka jangan menunda untuk menggantinya.

Trik Dasar Skateboarding

http://4.bp.blogspot.com
4.bp.blogspot.com

Untuk menjadi seorang pro, tentu dibutuhkan waktu dan latihan yang tidak sebentar. Setiap triknya pun mensyaratkan teknik tertentu yang harus selalu diasah.

Ollie

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Inilah trik paling sederhana yang harus dikuasai oleh setiap skater. Pasalnya, jika tidak bisa melakukan ollie, maka trik-trik lainnya juga akan susah dilakukan. Digagas oleh Alan “Ollie”Gelfand di tahun 1977, trik ini mensyaratkan skater untuk dapat melompat vertikal di atas papan sembari memutar papan.

Kickflip

i.pinimg.com
i.pinimg.com

Seperti namanya, trik ini dilakukan dengan cara skateboarder menendang papan ketika berada di udara dan melakukan putaran sebesar360 derajat sebelum kembali ke daratan seperti posisi awal. Trik ini terasuk new school trick dalam dunia skateboarding dan dipopulerkan oleh Rodney Mullen.

Heelflip

www.skatereview.com
www.skatereview.com

Trik ini tidak jauh berbeda dengan kickflip, hanya saja papan yang berputar ke arah samping (jari-jari kaki). Ada tendangan sebagai bagian dari ollie yang dibuthkan di sini sehingga bagian terakhir yang menapak kembali pada papan adalah tumit. Beberapa versi untuk heelflip didasarkan pada banyaknya putaran seperti double heelflip, triple heelflip, dan lain-lain.

Airwalk Grab

flickr.com
flickr.com

Trik ini diperkenalkan oleh Tony Hawk pada tahun 1983. Saat melakukan ini, skater meraih nose skateboard ketika berada di udara, lalu melakukan tendangan kaki depan dari papan ke satu sisi, slide kembali ke bagian belakang skateboard, kemudian ke sisi berlawanan skateboard sebagai kaki depan sehingga terjadi ‘tendangan perpecahan’.

Demikianlah informasi mengenai sejarah hinga trik dalam bermain skateboard . Di importer.co.id, kami menyediakan beberapa jenis skateboard dengan kualitas apik yang cocok baik untuk pemula maupun profesional. Di samping itu, sebagai jasa importir terbaik, kami juga melayani pemesanan impor jenis skateboard yang mungkin belum tersedia dalam katalog. Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Share this:

Check Also

www.rinso.com

Cara Menjaga Celana Dalam Renda Tetap Awet

Celana dalam berenda mungkin cantik, tetapi cenderung rapuh. Desain celana dalam wanita renda memiliki banyak …

Jockey.com

Panduan Belanja: Mengenal Ragam Model Celana Dalam Wanita

Celana dalam sering tidak begitu diperhatikan oleh kaum hawa saat berbelanja pakaian, karena posisinya yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *