Sunday , February 18 2018
Home / Blog / Serba-serbi Drone, Alat Mungil dan Canggih yang Berhasil Mengubah Dunia

Serba-serbi Drone, Alat Mungil dan Canggih yang Berhasil Mengubah Dunia

Share this:

Drone sejatinya bukanlah produk teknologi terbaru di era modern. Drone merupakan merupakan salah satu jenis perangkat unmanned aerial vehicle (UAV) yang telah ada sejak dulu, sebelum Perang Dunia I. Namun, di era serba modern saat ini, drone tidak hanya dipakai pada bidang militer, tetapi juga untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu, tak salah kalau menyebutnya sebagai alat mungil dan canggih yang bisa mengubah dunia.

Kegunaan Drone

Meski menjadi bagian dari UAV, drone tidak hanya terbatas pada perangkat elektronik yang memiliki kemampuan terbang. Ada pula drone yang dikembangkan dengan kemampuan melintasi jalur darat ataupun air. Oleh karena itu, saat ini, drone berguna untuk berbagai macam aktivitas, seperti:

Fotografi dan video udara

chromplex.com
chromplex.com

Drone memberi kebebasan bagi seorang fotografer untuk memperoleh foto atau video dari udara. Secara khusus, drone yang digunakan oleh para fotografer tersebut memiliki kamera dengan kualitas yang bagus.

Aksi pencarian dan penyelamatan

ilhamsyahferraristalia.files.wordpress.com
ilhamsyahferraristalia.files.wordpress.com

Penggunaan drone juga sangat penting dalam aktivitas pencarian serta penyelamatan. Salah satunya adalah drone yang digunakan untuk pemadaman kebakaran. Drone seperti ini punya kemampuan mendeteksi keberadaan gas tertentu.

Keamanan

Thedronegirl.com
Thedronegirl.com

Banyak perusahaan yang menggunakan drone sebagai salah satu alat untuk meningkatkan keamanan. Keberadaannya membantu melakukan koordinasi berbagai operasi keamanan serta dapat pula digunakan untuk menyimpan bukti.

Penelitian dan ilmu pengetahuan

www.mongabay.co.id
www.mongabay.co.id

Para ilmuwan juga kerap menggunakan drone dalam aktivitas penelitian. Drone membantu mereka mengamati fenomena tertentu yang terjadi di alam. Salah satu contohnya adalah pemakaian drone AI 450 punya Aero Terrascan yang digunakan untuk mengamati aktivitas Gunung Agung di Bali beberapa waktu lalu.

Inspeksi

i.bosscdn.com
i.bosscdn.com

Inspeksi bangunan atau fasilitas tertentu juga menjadi tugas dari sebuah drone. Apalagi, kalau fasilitas tersebut berada di lokasi yang jauh dari jangkauan manusia, misalnya untuk pengecekan saluran pipa, turbin angin, ataupun pembangkit listrik.

Pengintaian

cdni.rbth.com
cdni.rbth.com

Aksi spionase juga bisa dilakukan menggunakan drone. Dengan menggunakan drone, pengintaian dapat dilakukan secara bebas, bisa dari udara, darat, ataupun udara. Drone untuk aktivitas pengintaian punya kemampuan khusus yang membuatnya sulit dikenali.

Kargo

i2.wp.com
i2.wp.com

Drone dapat pula digunakan sebagai sarana pengiriman barang. Layanan ecommerce terbesar dunia, Amazon, menjadi salah satu perusahaan yang melakukan hal ini. Hanya saja, layanan pengiriman barang menggunakan drone hanya berlaku pada area terbatas.

Jenis-Jenis Drone

Tidak hanya memiliki fungsi beragam, drone juga tersedia dalam berbagai jenis. Pembagian kategori drone tersebut bisa dilakukan berdasarkan ukurannya.  Mengenai bentuknya, drone yang bisa dijumpai di pasaran cukup beragam. Ada berbentuk pesawat, tapi kebanyakan hadir dengan desain quadcopter.

Desain quadcopter pada sebuah drone memungkinkannya untuk bergerak secara dinamis ke segala arah. Keberadaan sensor dan software canggih, membuat drone bisa terbang dengan kamera selalu pada bagian depan. Tidak hanya itu, keberadaan empat baling-baling juga memudahkan drone quadcopter terbang secara melayang.

Nah, berikut ini klasifikasi jenis drone berdasarkan ukurannya:

Drone berukuran mini dan nano

1.bp.blogspot.com
1.bp.blogspot.com

Jenis yang pertama adalah drone berukuran super kecil. Drone nano punya ukuran tidak lebih besar dibandingkan serangga. Sementara itu, drone mini, memiliki ukuran lebih besar, bisa mencapai panjang 50 cm.

Ukurannya yang sangat kecil memberi keuntungan penggunaan drone untuk aktivitas spionase. Drone ini juga punya kemampuan manuver yang halus, memungkinkannya bergerak secara lincah. Selain itu, ukurannya yang kecil juga memudahkan gerakan drone ini dalam menjangkau area terbatas.

Read More :  Jual Drone Import Terbaik, Harga Grosiran

Selain untuk kepentingan militer, ada pula drone pada kategori ini yang dijual untuk masyarakat umum. Hanya saja, drone ini kemampuannya terbatas, hanya mampu terbang pada radius antara 1 sampai 3 kilometer dengan durasi hanya 10-20 menit untuk sekali pengisian baterai.

Drone berukuran kecil

1.bp.blogspot.com
1.bp.blogspot.com

Kategori drone berikutnya adalah drone kecil, dengan ukuran berkisar antara 50 cm sampai 2 m. Drone ini punya motor dengan power yang besar. Dengan ukuran yang cukup kecil, drone pada kategori ini merupakan jenis yang paling populer di pasaran. Apalagi, harganya juga relatif murah.

Kemampuan terbang drone berukuran kecil ini cukup bisa diandalkan. Mayoritas drone kecil bisa dikontrol pada radius sekitar 5 km. Selain itu, durasi terbang drone juga cukup lama, bisa mencapai antara 20 hingga 40 menit untuk sekali pengisian baterai.

Empat baling-baling yang biasa terpasang pada drone quadcopter kecil bisa membuatnya mampu mengangkat beban sekitar 500 gram sampai 1 kg. Selain itu, kecepatan terbangnya juga cukup bagus, berada di kisaran antara 24 sampai 32 km per jam.

Drone berukuran medium

sc02.alicdn.com
sc02.alicdn.com

Berikutnya adalah drone pada kategori medium, dengan ukuran antara 5-10 meter. Drone ini memiliki motor dengan kemampuan yang lebih besar. Tidak mengherankan kalau drone medium mampu mengangkat beban mencapai 200 kg.

Fungsi utama dari drone berukuran medium biasanya adalah sebagai sarana transportasi, terutama oleh pihak militer. Mereka menggunakan drone ini sebagai sarana pengiriman barang ke daerah yang sulit dijangkau. Kemampuan terbang drone pun sangat jauh, dengan durasi mencapai 6 jam dan pada radius 50 km.

Selain itu, drone berukuran medium kini juga dikembangkan dengan kemampuan lebih canggih. Tidak hanya dipakai sebagai sarana mengirim barang, tapi juga untuk transportasi manusia. Kota Dubai di Uni Emirat Arab menjadi salah satu kota yang bersiap menyambut kehadiran taksi drone.

Drone berukuran besar

78.media.tumblr.com
78.media.tumblr.com

Terakhir adalah drone berukuran besar, mencapai lebih dari 10 m. Drone pada kategori ini bukan ditujukan untuk keperluan masyarakat umum, tapi secara khusus untuk militer. Apalagi, dari bentuknya, drone ini juga tidak ubahnya seperti sebuah pesawat tak berawak (UAV).

Karena ditujukan untuk kepentingan militer, drone besar pun punya kemampuan tempur. Pada badan drone, dilengkapi dengan berbagai jens senjata. Tak menutup kemungkinan, di masa depan drone seperti ini akan menggantikan peran manusia di medan perang.

Fitur Penting yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Drone

Dari jenis drone yang telah dipaparkan, drone versi medium adalah pilihan mayoritas masyarakat umum. Drone jenis ini banyak digunakan untuk keperluan fotografi dan video udara. Beragam merek drone yang ditujukan untuk konsumen umum pun banyak bermunculan. Hanya saja, tidak semuanya menawarkan fitur yang benar-benar dibutuhkan.

Lalu, fitur apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sebuah drone? Kalau Anda adalah tipe orang yang ingin menggunakan drone untuk aktivitas fotografi dan video udara, fitur-fitur berikut bisa jadi bahan pertimbangan:

Auto take off dan landing

3c1703fe8d.site.internapcdn.net
3c1703fe8d.site.internapcdn.net

Fitur yang pertama adalah kemampuan drone untuk melakukan take off dan landing secara otomatis. Auto take off memungkinkan drone melayang dari tempat awal secara otomatis saat dinyalakan. Selanjutnya, pada ketinggian tertentu, drone akan melayang dan bisa digerakkan sesuai dengan keinginan.

Sementara itu, auto landing membuat sebuah drone dapat melakukan pendaratan secara otomatis. Fitur ini bekerja dengan menggunakan GPS. Berbekal kemampuan untuk melacak lokasi take off, fitur auto landing ini memungkinkan drone untuk mendarat pada tempat yang sama.

Read More :  Ide Bisnis Grosir Kaos Impor Model Terbaru yang Menjanjikan

Baterai yang bisa dilepas

lh3.googleusercontent.com
lh3.googleusercontent.com

Drone yang ada di pasaran hadir dengan dua jenis baterai, yakni baterai yang bisa dilepas serta baterai built-in. Pilihan yang bijak tentu saja adalah menggunakan drone dengan baterai yang bisa dilepas. Dengan begitu, Anda bisa menerbangkan drone lebih lama. Saat baterai habis, tinggal menggantinya dengan baterai pengganti.

Sensor

img.tttcdn.com
img.tttcdn.com

Sebuah drone bisa dikontrol dengan bebas serta terbang dengan stabil berkat keberadaan sensor-sensor di dalamnya. Sensor tersebut antara lain adalah gyroscop axis 4 to 6 yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan drone, accelerometer untuk mengontrol kecepatan dan akselerasi, serta axis stabilizer, berguna untuk memberikan menghasilkan rekaman video yang stabil.

Kamera HD

www1.djicdn.com
www1.djicdn.com

Drone dengan harga murah di pasaran biasanya memiliki kamera dengan resolusi yang rendah, hanya mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 1 MP. Untuk kualitas gambar dan video yang lebih baik, pertimbangkan untuk memilih drone dengan kamera beresolusi 12 MP serta bisa merekam video full HD atau bahkan 4K.

Drone smart orientation control

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Smart orientation control memungkinkan sebuah drone untuk terbang dalam posisi yang benar. Posisi benar yang dimaksud adalah, dengan menempatkan ‘kepala’ di bagian depan. Tanpa adanya fitur ini, drone yang rata-rata memiliki bentuk simetris tidak akan bisa terbang secara terarah.

Return to home

ae01.alicdn.com
ae01.alicdn.com

Fitur ini memiliki kemiripan dengan auto landing. Hanya saja, kemampuannya jauh lebih luas. Return to home tidak hanya memungkinkan sebuah drone untuk kembali ke titik take off saat baterai hampir habis. Fitur ini juga membuat drone bisa kembali ke poin awal keberangkatan ketika kehilangan komunikasi dengan kontroler.

Drone dynamic home

static.viva.co.id
static.viva.co.id

Fitur dynamic home berguna saat drone oleh operator yang terus bergerak, misalnya di dalam kendaraan. Fitur ini memungkinkan operator untuk mengubah lokasi ‘home’ atau titik awal tempat drone kembali.

Visual Positioning system

img.tttcdn.com
img.tttcdn.com

GPS menjadi perangkat penting untuk penentuan lokasi sebuah drone. Hanya saja, sinyal GPS tidak akan bekerja secara akurat ketika drone dioperasikan di tempat tertutup, karena bisa saja sinyal satelit tidak menjangkau lokasi tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memilih drone yang dilengkapi dengan visual positioning system, penentuan lokasi yang memanfaatkan kamera.

Transmisi video

megakamera.com
megakamera.com

Sebuah drone memang biasanya dilengkapi dengan kartu micro SD yang berguna sebagai tempat menyimpan hasil jepretan gambar atau rekaman video. Namun, untuk pilihan yang lebih mewah, Anda bisa menemukan drone dengan kemampuan transmisi video secara langsung. Fitur ini memungkinkan seorang operator untuk streaming video hasil rekaman drone menggunakan jaringan Wifi.

Kemampuan kontrol lewat smartphone

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Fitur yang ke-10 adalah kemampuan sebuah drone untuk dikontrol menggunakan smartphone. Alih-alih menggunakan kontroler khusus, menggerakkan drone lewat smartphone bakal lebih ringkas. Selain itu, fungsi ini juga bisa dijadikan alternatif ketika kontroler mengalami permasalahan.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Mengoperasikan Drone

Mengoperasikan sebuah drone tidak bisa secara langsung dilakukan seperti halnya memainkan helikopter RC. Keduanya memang memiliki kemiripan. Namun, kemampuan sebuah drone dalam merekam video dan gambar dengan kualitas bagus membuat keduanya memperoleh perlakuan berbeda.

Read More :  Mengenal Aneka Jenis Kereta Bayi Murah Berkualitas Di Jakarta

Di Amerika, sertifikasi operator drone dilakukan di bawah pengawasan Federal Aviation Administration (FAA). Untuk memperoleh lisensi tersebut, seorang operator harus menjalani beberapa tes dan membayar biaya administrasi dengan jumlah tertentu. Kalau ketahuan menerbangkan drone tanpa lisensi, bisa dikenakan denda mencapai US$1.100 atau setara Rp14 juta.

Lisensi ini diberlakukan seiring munculnya berbagai insiden terkait penerbangan drone. Tak jarang, sebuah drone diterbangkan secara serampangan di area pribadi orang lain. Selain itu, sering pula muncul kejadian drone yang tiba-tiba terbang di area terlarang seperti bandara. Sontak saja, keberadaannya pun mengganggu para petugas dan membahayakan para penumpang.

Lalu, bagaimana dengan aturan di Indonesia. Ternyata, kondisi di tanah air tidak jauh berbeda dengan di Amerika. Pada tahun 2015, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak.

Lewat aturan tersebut, Pemerintah mengharuskan operator untuk meminta izin terlebih dahulu saat akan menerbangkan drone. Izin tersebut diperlukan ketika drone dipakai untuk keperluan pembuatan film, pemotretan, atau pemetaan, dan dikeluarkan oleh institusi atau pemerintah daerah terkait.

Rekomendasi Drone Terbaik

Kalau Anda tertarik untuk membeli drone baru di tahun ini, tidak ada salahnya untuk memilih produk dari merek terkemuka. Berikut ini 4 rekomendasi drone yang bisa Anda pertimbangkan:

DJI Mavic Pro

images-na.ssl-images-amazon.com
images-na.ssl-images-amazon.com

Drone yang satu ini ditujukan untuk kalangan profesional. Apalagi, drone ini mampu menghadirkan kemampuan merekam video beresolusi 4K. Tidak hanya itu, drone ini juga dapat dilipat sehingga memudahkannya untuk dibawa ke mana-mana. Harganya tentu juga mahal, mencapai hampir Rp14 juta.

UDI U818A

dronelifestyle.com
dronelifestyle.com

Drone ini jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin belajar mengoperasikan drone. Harganya murah, bisa didapatkan dengan banderol kurang dari Rp1 juta. Meski begitu, kemampuan drone ini tak bisa dianggap remeh, terutama berkaitan dengan kecepatan serta kemudahan pengoperasian.

Hanya saja, karena harganya yang murah meriah, desain drone ini cukup ringkih. Apalagi, pihak produsen menggunakan frame dengan bahan plastik. Selain itu, hasil rekaman videonya juga tidak terlalu bagus, hanya mampu merekam video beresolusi 640×480 piksel pada kecepatan 30 fps.

Parrot Bebop 2

www.macpricesaustralia.com.au
www.macpricesaustralia.com.au

Drone yang satu ini memiliki harga di kisaran sekitar Rp5 juta. Kemampuannya tidak kalah gesit dibandingkan DJI Mavic Pro. Bahkan, Anda bisa mendapatkan headset yang memungkinkan tampilan video secara first-person-view (FPV).  Keberadaan headset tersebut memberikan pengalaman terbang selayaknya pilot. Hanya saja, drone ini tak punya kemampuan untuk merekam video 4K.

DJI Spark

brain-images-ssl.cdn.dixons.com
brain-images-ssl.cdn.dixons.com

Dipatok dengan banderol hampir sama dengan Parrot Bebop 2, DJI Spark menawarkan drone dengan desain bodi yang mungil dan portable. Selain itu, drone ini juga memberi kemudahan dalam pengoperasian. Bahkan, pengontrolan drone bisa dilakukan cukup dengan gerakan tangan.

Tidak ketinggalan, tersedia mode penerbangan otomatis dan hasil rekaman videonya juga jernih serta stabil. Hanya saja, seperti halnya Bebop 2, drone ini juga tidak memiliki kemampuan merekam video 4K.

Selain 4 rekomendasi drone tersebut, Anda tentu juga bisa menemukan berbagai pilihan produk dari perusahaan lain. Untuk pilihan tempat berbelanja dengan opsi drone super lengkap, importer.co.id bisa menjadi solusinya.

Produk yang ditawarkan oleh importer.co.id merupakan produk impor dengan kualitas terbaik. Anda bisa menemukan drone dengan harga yang ramah di kantong ataupun drone dengan harga premium. Pokoknya, lengkap deh!

Share this:

Check Also

www.rinso.com

Cara Menjaga Celana Dalam Renda Tetap Awet

Celana dalam berenda mungkin cantik, tetapi cenderung rapuh. Desain celana dalam wanita renda memiliki banyak …

Jockey.com

Panduan Belanja: Mengenal Ragam Model Celana Dalam Wanita

Celana dalam sering tidak begitu diperhatikan oleh kaum hawa saat berbelanja pakaian, karena posisinya yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *