Home / Blog / Solusi Memilih Karpet Vinyl Yang Tepat
Solusi Memilih Karpet Vinyl Yang Tepat

Solusi Memilih Karpet Vinyl Yang Tepat

Untuk menghadirkan rumah impian yang nyaman untuk keluarga, da banyak elemen dalam rumah yang perlu diperhatikan, termasuk pilihan pelapis lantai. Saat ini banyak banyak ragam pelapis lantai untuk rumah ideal. Salah satunya yang akrab ditelinga kita adalah karpet.

Jenis karpet ada banyak jenisnya, yang sudah populer di masyarakat saat ini adalah jenis karpet vinyl. Mulai dari model, warna, dan desainnya, sangat beragam. Bukan hanya itu, harga karpet lantai vinyl juga beragam pula. Pemilihan warna dan juga corak yang tetat bisa mengupgrade penampilan rumah menjadi lebih mewah dan juga berkelas. Bukan hanya itu, rumah juga akan terkesan lebih rapi dan terorganizir.

Pilihan material yang beragam dari karpet sendiri sangat banyak, hingga bisa membuat kita lebih fleksibel dalam mengatur budget.  Untuk jadi solusi mudahnya. Bahan dari karpet vinyl yang berbahan dasar karet dan plastik ini disertai dengan lapisan motif pada permukaannya, menjadi pilihan yang ekonomis saat mendekorasi lantai rumah.

1. Mudah Ditemukan

Karpet vinyl sudah sangat populer di masyarakat hingga mudah sekali ditemui dipasaran. Harga karpet lantai vinyl juga variatif tergantung kualitas dan bahannya, mulai dari harga 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah kita sudah bisa menghadirkan sebuah karpet yang nyaman untuk sebuah rumah. Dan kalau dihitung, budgetnya bisa jauh lebih murah dibanding dengan memasang lantai parket dengan  lapisan kayu.

2. Mudah Dipasang

Cara pemasangan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih karpet. Untuk jenis vinyl sendiri, relative mudah dipasang, yakni dengan menggunakan lem dibagian bawahnya. Karena mudah dipasang, maka ketika kita sudah bosan dengan motif dan warnanya, kita dengan mudah melepas dan menggantinya.

Bahkan tak perlu menyewa tukang untuk memasang dan melepas karpet ini, karena cukup mudah dan simpel.
Untuk penggunaannya, karpet jenis ini bisa bertahan cukup lama, yakni bisa sampai 10 tahun, tergantung penggunaan dan perawatannya.

3. Mudah Perawatannya

Karpet lantai vinyl adalah jenis karpet yang tidak ribet dan tidak sulit dibersihkan. Tingkat perawatannya cukup mudah. Bahannya pun bisa menahan air dan kotoran dengan baik hingga tak kesulitan untuk membersihkannya.
Untuk perawatan harian, maka kita bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan karpet.

Untuk hasil terbiak, maka bisa memilih vacuum cleaner dengan nozzle berbulu lembut untuk mengangkat kotoran. Bila ingin cara yang lebih mudah, bisa dengan menyapu permukaannya. Pilihlah sapu berbahan nilon yang lembut atau loby duster.

Selain perawatan harian dengan sapu atau vacuum cleaner, karpet vinyl juga harus dirawat dengan cara dipel. Seperti jenis lantai lainnya, karpet vinyl juga bisa terkena noda yang susah dihilangkan dengan sapu. Nah, agar penampilannya tetap menarik dan juga eksentrik, maka perlu dibersihkan menggunakan pel. Caranya bisa dengan menggunakan obat pembersih khusus yang diaplikasikan untuk vinyl. Pilihlah yang kualitasnya bagus hingga membuat karpet vinyl lebih awet.

Untuk selanjutnya, kita bisa mengepel karpet ini seerti lantai lainnya, yakni dengan cairan pembersih dulu, baru kemudian dengan air bersih agar karpet  bersih maksimal.

  • Noda membandel mudah dibersihkan

Jika ada noda yang susah dibersihkan, itu artinya kita butuh langkah khusus. Beebeda dengan karpet dari kain atau material lainnya, karpet vinyl lebih mudah dibersihkan, jika ada noda yang membandel di sana. Jika dengan sapu atau kain pel tidak bisa hilang, maka semprotkan cairan MPC pada noda. Gunakan spon lembut untuk menggosok noda hingga permukaan karpet menajdi bersih. Jika sudah, maka harus segera dikeringkan, bisa dengan menggunakan lap kering.

  • Perawatan ekstra

Pada dasarnya, karpet vinyl mudah dirawat dan  dibersihkan. Selain itu juga cenderung sangat awet bahkan bisa sampai puluhan tahun. Namun, terkadang, saat bagian karpet maish bagus, ada bagian tertentu dimana lem yang merekatkan karpet pada lantai menjadi terkelupas. Kalau hal ini terjadi, maka ada cara mudah mengatasinya, yakni dengan merekatkan kembali kembali karpet yang mengelupas dengan lem agar membuatnya rapi dan seperti baru kembali.

Untuk menjaganya agra tetap indah, maka jangan menggeser benda-benda tertentu, seperti meja, kursi atau furniture lainnya. Hal ini untuk menjaga agar karpet tetap terjaga, tidak mengerut, dan  tidak robek lapisannya. Nah, untuk memeindahkan furniture tertentu, maka bisa menggunakan alas papan untuk memindahkannya hingga permukaann karpet vinyl bisa terlindungi.

Demikianlah beberapa hal yang harsu dijadikan pertimbangan ketika membeli sebuah karpet untuk pelapis lantai rumah impian kita. Salah satu jenis karpet yang paling mudah dirawat adalah karpet vinyl. Bukan hanya itu, harga karpet lantai vinyl juga ekonomis hingga tak membuat budget membengkak. Apalagi selera orang yang berbeda-beda akan  corak lantai dan akan terjawab sudah dengan karpet vinyl.

Karena karpet jenis ini menawarkan beragam motif dan corak yang variatif, mulai dari corak alam seperti kayu dan bebatuan, hingga corak kontemporer yang berkesan modern. Semua hal di atas itulah yang menjadikan karpet vinyl menjadi pilihan banyak orang, khususnya di Indonesia untuk menghadirkan hunian idaman untuk keluarga tercinta.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.