Saturday , February 24 2018
Home / Blog / 18 Macam Sparepart Mobil dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

18 Macam Sparepart Mobil dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Share this:

Dewasa ini, mobil menjadi satu kebutuhan yang mengalami pergeseran posisi, dari tersier menjadi primer. Penuhnya semua ruas jalan oleh kendaraan beroda empat ini menjadi bukti nyatanya. Bahkan, tak jarang ditemui satu orang yang memiliki lebih dari satu mobil.

Meskipun demikian, tak sedikit pula yang membeli mobil tanpa mengetahui dan memahami dengan baik segala komponennya, terlebih cara perawatannya. Padahal, hal tersebut amatlah penting agar kondisi mobil selalu baik dan bebas dari kerusakan. Nah, sebagai pengenalan awal, sebaiknya Anda mengetahui dulu jenis-jenis sparepart mobil dan fungsinya.

Jenis Sparepart Mobil Bergerak

Apa yang membuat sebuah mobil bisa bergerak dan berjalan? Tentu jawaban yang akan sering muncul adalah mesin. Namun, ternyata mesin bukanlah satu-satunya, karena ada beberapa komponen lain yang membuat mobil bisa berjalan, seperti berikut ini:

Poros Engkol (Crank Shaft)

Ebayimg.com
Ebayimg.com

Komponen pertama adalah poros engkol atau crank shaft. Sparepart mobil ini berada di bagian bawah blok silinder. Poros engkol memiliki fungsi yang amat penting, karena cara kerjanya yang berhubungan langsung dengan piston.

Di dalam poros engkol, terdapat beberapa komponen penyusun lainnya, seperti pena engkol (crank pin), lubang oli (oil hole), crank journal dan main journal, serta balance weight. Masing-masing komponen penyusun ini memiliki keterkaitan dengan sparepart mobil lainnya, seperti misalnya crank pin yang berhubungan dengan batang torak (connecting rod) di bagian big end.

Kegunaan utama dari poros engkol adalah mengubah gerakan piston yang semula naik turun menjadi putaran dengan bantuan batang torak. Nantinya, gerak putar ini akan menjadi sumber gerak dari fly wheel (roda penerus).

Piston (Torak)

Howrah.org
Howrah.org

Sparepart mobil satu ini disebut-sebut sebagai jantungnya mobil. Hal ini disebabkan karena semua kendali dan pusat pembentukan tenaga berlangsung di sini. Secara umum, piston atau torak memiliki dua fungsi utama, yaitu:

  • Pada bagian batang torak (conneting rod), piston berperan dalam menciptakan tenaga dorong hasil dari pembakaran.
  • Membuang emisi dan memampatkan campuran bahan bakar dan udara.

Agar dapat bekerja dengan maksimal, piston harus memiliki komponen yang memiliki ketahanan yang baik terhadap tekanan dan suhu tinggi.

Poros Nok/Noken As (Cam Shaft)

Jegs.com
Jegs.com

Poros nok memiliki dua jenis, yaitu katup tunggal atau Single Over Head Camshaft (SOCH) dan katup ganda atau Double Over Head Camshaft (DOHC). Komponen ini dihubungkan dengan poros engkol dan digerakkan oleh mesin agar bisa berputar.

Tak hanya untuk membuka dan menutup katup, poros nok juga berfungsi sebagai penggerak pompa bensin (fuel pump). Bahan dasar baja tuang atau baja perkakas dipilih untuk membuat poros nok, karena memiliki ketahanan yang baik dalam gesekan dan panas.

Gigi Timing (Timing Gear)

Alicdn.com
Alicdn.com

Berbentuk bulat laiknya roda yang bergerigi, timing gear merupakan sparepart mobil yang menghubungkan poros engkol ke komponen lainnya yang membutuhkan gaya putar. Bersama poros nok, timing gear akan berputar dengan bantuan idle gear.

Susunannya yang komplek dan saling menyatu membuat timing gear mampu memberikan respons yang baik terhadap segala gerakan poros engkol. Tak hanya itu, komponen ini juga mampu meminimalkan terjadinya slip dan loss power pada mobil.

Roda Penerus (Fly Wheel)

Brrperformance.com
Brrperformance.com

Cara kerja roda penerus (fly wheel) berhubungan dengan poros engkol. Komponen ini terbuat dari bahan berupa besi tuang dengan kualitas super, dipasang di belakang poros engkol dan dikencangkan dengan baut. Saat mesin bekerja, roda penerus akan menyimpang tenaga putaran, sehingga poros engkol pun bisa berputar.

Read More :  Cara Mencari Supplier Barang Impor Murah

Komponen lain yang ada pada fly wheel adalah ring gear, yang berfungsi untuk mengaitkan motor starter dan gigi pinion. Jadi, saat motor starter dinyalakan, gigi pinion akan memutar ring gear, dan mesin mobil pun menyala. Meskipun demikian, komponen ini tidak lagi bisa ditemukan pada mobil tipe otomatis atau matic, karena telah tergantikan dengan torque converter.

Mekanisme Katup (Valve Mechanisme)

Howacarworks.com
Howacarworks.com

Sparepart mobil bergerak terakhir adalah mekanisme katup atau valve mechanisme. Dalam satu putaran kinerja sebuah mesin, terjadi empat tahapan penting, yaitu tahap isap, kompresi, usaha, dan tahap buang. Saat berada pada tahapan mengisap dan membuang, terjadi campuran antara bahan bakar dan udara baik dari dalam ataupun luar, sehingga alurnya harus melalui katup.

Mudahnya, cara kerja katup ini mirip dengan pintu yang selalu kita buka dan tutup. Saat berada pada tahap isap, katup akan membuka saluran intake dan udara akan masuk ke dalam bagian mesin. Sementara itu, saat berada pada tahap buang, saluran pembuangan atau exhaust akan dibuka oleh katup, sehingga semua unsur sisa pembakaran akan keluar dari mesin. Mekanisme katup memiliki dua jenis, yaitu Overhead Valve (OHV) dan Overhead Camshaft (OHC).

Jenis Sparepart Mobil Tidak Bergerak

Setelah membahas jenis-jenis sparepart mobil yang bergerak, sekarang akan dibahas lebih dalam mengenai komponen mobil yang tidak bergerak. Apa saja? Berikut ulasannya:

Blok Silinder (Cylinder Block)

Ebayimg.com
Ebayimg.com

Blok silinder merupakan komponen mobil yang paling mendasar. Pada blok silinder inilah, sparepart mobil seperti poros engkol, torak, dan poros nok dipasang. Tak hanya itu, blok silinder ini juga memiliki beberapa silinder mesin, dan masing-masing silinder mesin dilengkapi dengan sebuah piston.

Tak hanya sebagai tempat dipasangnya komponen mesin lainnya, blok silinder juga menjadi tempat piston melakukan tugas utamanya. Oleh karena perannya yang begitu penting, bahan pembuat blok silinder haruslah ringan, kuat, dan kaku, sehingga saat tekanan dibebankan, tidak akan terjadi perubahan terhadap bentuknya.

Kepala Silinder (Cylinder Head)

Ytimg.com
Ytimg.com

Merupakan sparepart mobil yang dipasang pada blok silinder dengan cara direkatkan dengan baut dan gasket. Komponen ini umumnya dibuat dari aluminium yang dicampur dengan besi tuang untuk mencegah terjadinya pemuaian. Hal ini karena fungsi utama dari kepala silinder adalah sebagai tempat pembakaran. Di sini pula dipasang busi dan saluran intake serta exhaust. Agar bagian mekanisme katup dan busi terhindar dari suhu panas, kepala silinder dilindungi oleh mantel pendingin yang dihubungkan dengan blok silinder.

Silinder

Masih berada pada blok silinder, komponen ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai pembentuk panas sekaligus memindahkannya ke bagian yang lain. Pada beberapa kasus, sering ditemui terjadinya kebocoran gas pada bagian silinder dan piston, sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala agar tidak terjadi kasus serupa. Segera ganti komponen ini jika Anda menemui masalah.

Karter (Carter/Oil Pan)

Alicdn.com
Alicdn.com

Karter berada di blok silinder bagian bawah. Sesuai dengan namanya, fungsi dari sparepart mobil ini adalah sebagai tempat menampung oli mesin, karena bentuknya yang menyerupai bak. Tak berbeda dengan silinder, bagian karter juga ditambah dengan gasket dan ventilasi udara untuk mencegah terjadinya kebocoran mesin.

Karter dibuat dari bahan dasar baja dengan tambahan sekat yang berfungsi untuk menjaga permukaan oli tetap rata pada saat kendaraan berada pada posisi miring. Seringnya, terjadi kebocoran oli yang bersumber pada bagian baut penguras. Keadaan ini disebabkan oleh kerusakan atau bengkok pada bagian perpak.

Read More :  Cara Import Barang-Barang Murah Dari China Dengan Mudah Dan Cepat

Sparepart Mobil Lainnya

Tak hanya perlu memahami komponen-komponen mesin mobil, Anda pun perlu mengetahui dengan baik sparepart mobil penunjang lain yang tak kalah pentingnya, yaitu:

Radiator

Vivial.net
Vivial.net

Anda pasti pernah mengalami mesin mobil mengeluarkan asap karena terlalu panas atau overheat. Saat dilakukan pengecekan, ternyata radiator mobil Anda kering alias kekurangan air. Radiator terdiri dari tanki penampung dan inti yang terbuat dari besi. Laiknya pendingin, radiator juga memiliki fungsi utama untuk membuang panas mesin dari cairan yang memiliki suhu dingin. Inilah alasan mengapa tangan Anda akan merasa panas saat membuka tutup komponen ini.

Pada bagian mesin mobil yang telah dirangkai secara utuh, radiator hanya terlihat di bagian tutupnya. Padahal, sparepart mobil ini memiliki beberapa komponen penyusun, seperti tanki atas, inti, tanki bawah, sirip radiator, dan baut penguras.

Aki

Supercheapauto.com
Supercheapauto.com

Pernahkah Anda menyalakan lampu-dalam atau luar pada saat mesin tidak menyala? Bagaimana bisa lampu tersebut tetap hidup, padahal mesinnya mati? Aki adalah jawabannya. Aki menjadi sumber tenaga listrik saat mesin kendaraan tidak dinyalakan. Tanpa aki, lampu-dalam, lampu-luar, sein, hingga klakson tak akan bisa berfungsi.

Ada dua jenis aki yang banyak beredar di pasaran, yaitu aki kering dan aki basah. Tak banyak perbedaan dari kedua jenis aki ini selain pada cairan yang ada di bagian intinya. Beberapa orang mengatakan aki kering jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan aki basah. Akan tetapi, daya tahan ini pun bergantung pada bagaimana Anda merawatnya.

Sering tak terlihat, tetapi rem ternyata menjadi sparepart mobil yang perlu mendapat perhatian lebih. Pasalnya, komponen ini menjadi penentu saat kendaraan yang Anda lajukan sedang dalam kecepatan tinggi atau saat jalan yang Anda lalui dalam keadaan menurun. Anda bisa mengecek dan melakukan perawatan dengan mengganti kampasnya setiap dua bulan sekali.

Suspensi

Fastcar.co.uk
Fastcar.co.uk

Suspensi berada di antara roda dan badan mobil, berfungsi untuk mengurangi terjadinya kejutan akibat jalanan berlubang atau polisi tidur, sehingga penumpang di dalam mobil tidak akan merasa sakit dan tetap nyaman. Tak hanya itu, suspensi juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan cengkeram ban pada berbagai kondisi jalan.

Suspensi memiliki komponen utama berupa pegas, stabilizier, dan shock absorber. Ada dua jenis suspensi yang bisa Anda temui untuk mobil, yaitu suspensi tipe rigid dan tipe bebas. Suspensi tipe rigid memiliki struktur yang sederhana tetapi kuat. Oleh karena itu, suspensi jenis ini banyak digunakan pada kendaraan besar, seperti bus, truk, dan bagian belakang mobil.

Sementara itu, suspensi tipe bebas (independent suspension) banyak digunakan pada bagian depan mobil dan beberapa truk berukuran kecil. Namun, kini suspensi model ini juga telah banyak diaplikasikan pada bagian belakang mobil.

Alternator (Dinamo Ampere)

Cloudfront.net
Cloudfront.net

Jika aki menjadi sumber listrik saat mesin mati, maka mesin yang dalam keadaan menyala memperoleh sumber listrik dari alternator. Sparepart mobil ini masih memiliki hubungan dengan aki, yaitu fungsinya sebagai pengisi daya listrik. Prinsip kerja alternator adalah mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan arus AC (alternating current) atau bolak-balik.

Kini, alternator pada mobil telah lebih canggih dan modern dengan adanya IC Regulator/Voltage Regulator. Komponen ini berfungsi mencegah masuknya arus listrik ke rotor secara berlebihan. Selain itu, komponen ini juga memiliki sirkuit yang terhubung dengan lampu indikator CHG di bagian dasbor, sehingga Anda akan segera tahu jika terdapat masalah pada aki mobil.

Read More :  Pusat Barang Murah untuk Belanja Anda

Injeksi Bahan Bakar (Fuel Injection)

Carfromjapan.com
Carfromjapan.com

Untuk bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna, fuel injector menjadi tolak ukur utama saat bahan bakar masuk ke dalam mesin. Sebelum adanya injeksi, karburator adalah komponen yang digunakan untuk mencampur bahan bakar dengan udara luar agar tercipta pembakaran pada mesin.

Namun, takaran dari karburator yang tidak tepat menyebabkan seringnya terjadi emisi pada mobil. Oleh karena itulah, teknologi fuel injection elektronik dikembangkan. Cara kerja dari sistem ini sederhana: sesaat setelah dituangkan, bensin akan dibawa menuju penyaring hingga ke fuel rails oleh fuel pump. Di dalam fuel rails, bensin akan dicampurkan dengan udara oleh fuel injector hingga terjadi pembakaran.

Kolom Kemudi

Sistem kemudi memegang peranan penting agar laju kendaraan tetap terarah. Komponen ini dipasang menyatu dengan roda depan, sehingga pada saat setir (steering wheel) dibelokkan, poros utama atau main shaft akan membawa tenaga putaran menuju steering gear. Melalui steering linkage, gear akan memperbesar tenaga dorong yang menyebabkan roda depan bergerak.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis sistem/kolom kemudi pada mobil, yaitu manual dan dengan power steering. Dibandingkan dengan manual, sistem power steering jelas lebih menguntungkan, karena tenaga yang akan Anda keluarkan untuk mengemudi menjadi berkurang. Selain itu, mobil yang Anda kemudikan akan lebih stabil meskipun dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Hal ini disebabkan karena sistem kemudi dengan power steering menggunakan bantuan minyak yang diproduksi oleh van pump. Minyak ini kemudian digerakkan oleh sabuk (belt) menuju mesin.

Modul Kontrol Powertrain (Powertrain Control Module)

Powertrain Control Module (PCM) sering disebut juga dengan Electronic Control Unit (ECU). Sparepart mobil ini adalah pusat segala komponen, termasuk bahan bakar. Umumnya, komponen berupa mikroprosesor yang terbungkus kotak hitam ini hanya terdapat pada mobil modern dengan teknologi yang canggih.

Jika diibaratkan dengan sebuah komputer, ECU ini adalah CPU. Jika CPU mengalami kerusakan, sama artinya dengan membeli perangkat baru. Begitu pula dengan ECU. Hal ini karena ECU memegang kendali atas semua sensor yang ada pada mobil, seperti misalnya sensor Mass Air Flow yang berfungsi untuk mengetahui ukuran tekanan udara di dalam mobil. Pada intinya, kinerja ECU bergantung pada sensor dan aktuator pada mobil.

Secara garis besar, ECU memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

  • Menyalakan alarm ketika terjadi sesuatu pada mobil.
  • Mengatur waktu buka tutup katup sesuai dengan keadaan mesin mobil.
  • Mengatur bukaan dan banyaknya bahan bakar yang masuk ke injektor.
  • Mengatur cara kerja kipas pendingin pada mesin.

Menghafalkan sparepart mobil tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, sebagai pemilik, Anda wajib mengetahui segala komponen dan memahami fungsinya dengan baik. Beli sekarang hanya di www.importer.co.id, atau pesan segera melalui email chinaimporter2020@gmail.com atau telepon di 0818 667 548. Importer.co.id menyediakan komponen impor berkualitas terbaik untuk mobil Anda.

Anda pun bisa langsung datang dan bertanya ke kantor-kantor cabang importer.co.id, yaitu di Jl. Raya Mampang Prapatan No. 24D, Jakarta Selatan, di Jl. Raya Kembang No. 72, Puri Indah, Jakarta Barat, atau di Jl. Kesenian Blok J No. 15, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *