Saturday , February 24 2018
Home / Blog / Agar Kendaraan Tetap Awet, Ini Seluk-Beluk Sparepart Motor yang Harus Anda Ketahui

Agar Kendaraan Tetap Awet, Ini Seluk-Beluk Sparepart Motor yang Harus Anda Ketahui

Share this:

Industri sparepart motor berkembang pesat seiring bertambahnya jumlah pabrik kendaraan. Hal itu karena suku cadang menjadi penyokong utama dalam produksi di perusahaan otomotif. Pun sebagai solusi ketika beberapa komponen motor mengalami penyusutan.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan sparepart motor terbaik, terlebih dahulu harus mempelajari seluk-beluknya. Dari mulai memahami makna suku cadang hingga mengetahui tips memilih komponen yang berkualitas.

Definisi dan Sejarah Penggunaan Sparepart Motor

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Sparepart atau suku cadang merupakan komponen kendaraan bermotor yang diproduksi terpisah. Bagian tersebut digunakan sebagai pengganti jika terjadi kerusakan. Mengenai keterkaitan fungsinya, tergantung jenis suku cadang; semisal antara alternator dan starting motor. Alternator menghasilkan listrik sebagai pengisi daya pada aki. Kemudian, starting motor memakai aki untuk menghidupkan mesin.

Meski tidak banyak yang mencatat sejarah penggunaan suku cadang, R.S Stockvis & Zonnen Ltd merupakan pemasok sparepart terbesar di era 90-an. Perusahaan ini membuatkan suku cadang untuk kendaraan bermotor di seluruh Eropa dan Amerika. Seiring waktu, muncul industri komponen lain di berbagai negara, salah satunya Cina.

Berdasarkan logistik, ada dua jenis suku cadang, yaitu perbaikan dan terpakai. Komponen perbaikan merupakan onderdil yang rusak tetapi masih bisa dibenahi dengan harga murah. Sementara itu, disebut sparepart terpakai jika tidak dapat diperbaiki fungsinya seperti semula.

Macam-Macam Sparepart Motor dan Fungsinya

Mengenali macam-macam suku cadang beserta fungsinya sangat penting bagi pengendara motor. Jadi, Anda bisa menangani apa pun kerusakan yang terjadi.

Ban

zercustoms.com
zercustoms.com

Ban merupakan suku cadang utama yang berfungsi sebagai titik tumpu kerangka motor. Tanpa komponen ini, kendaraan tidak bisa melaju di jalanan. Karena itu, kualitas ban harus terjamin dan memiliki masa pakai minimal 1 tahun. Jika pemakaiannya sudah melebihi jangka waktu tersebut, segera ganti dengan ban baru.

Ban motor terbagi menjadi dua macam, yaitu tubeless dan tube type. Jenis tubeless banyak diterapkan pada motor matic, sport, moge, serta bebek. Salah satu keunggulannya adalah lebih awet dan tidak mudah bocor. Namun, bahan ban tubeless sulit diperoleh. Karena itu, sedikit bengkel yang menyediakan layanan tambal ban tersebut.

Sementara itu, ban tube type biasa dipasang pada motor keluaran lama. Kelemahan komponen ini; mudah aus, bocor, serta membutuhkan ban dalam. Meski begitu, tube type tergolong murah serta bahannya gampang ditemukan.

Busi

Alicdn.com
Alicdn.com

Motor Anda pernah mendadak mogok? Kerusakan busi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Komponen ini disematkan pada mesin pembakaran. Ujung elektrodenya diletakkan dalam ruang bakar.

Ada dua jenis busi yang dipasang pada motor, yaitu standar dan resistor. Untuk motor pabrikan, biasanya memakai busi standar. Ciri-cirinya; ujung kutub (anode dan katode) bagian tengah keluar dari diameter treaded section. Sementara terminasi insulatornya, nyaris tidak terlihat.

Kalau busi resistor, umumnya diterapkan pada motor matic atau yang menggunakan bahan bakar bersistem injeksi. Ciri-ciri busi onderdil ini, yaitu ada huruf R dan ceramic resistor di pangkalnya. Dengan busi resistor, percikan api tidak akan menganggu kinerja komponen lain, semisal spidometer.

Kabel Kopling

Alicd.com
Alicd.com

Tidak semua motor memiliki kabel kopling. Komponen tersebut hanya dipasang pada kendaraan bertransmisi manual. Semisal, motor sport, offroad, dan road bike. Beberapa motor bebek keluaran lama juga ada yang menggunakan teknologi kopling.

Masalah yang sering terjadi pada kabel kopling, yaitu timbul karat. Salah satu penyebabnya adalah terkena air hujan. Jika dibiarkan, karat bisa mengakibatkan kabel terputus. Untuk mengatasinya, semprotkan pelumas ke komponen tersebut.

Read More :  Memilih Importir Downlight Lampu Terbaik Dari China

Rantai dan Gir

motorcustoms.com
motorcustoms.com

Meski jenisnya berbeda, dua komponen ini saling memengaruhi. Rantai berfungsi sebagai distributor tenaga mesin ke roda. Tenaga tersebut ditangkap oleh gir untuk memutar roda. Selain itu, gir juga menjadi tempat pemasangan rantai.

Jika Anda mengganti rantai, harus satu paket dengan gir. Pasalnya, gir yang sudah tidak layak pakai dapat merusak rantai. Hal itu karena perubahan kondisi fisik gir. Dari mulai kedalaman, ketebalan, hingga penurunan presisi pada mata gir.

Tali Rem

Minimania.com
Minimania.com

Rem merupakan komponen yang wajib dipasang pada motor. Onderdil ini berfungsi mengendalikan kelajuan kendaraan. Tanpa rem, Anda tidak bisa memperlambat atau menghentikan gerakan rodanya.

Rem terdiri dari dua jenis, yaitu cakram dan tromol. Rem cakram berfungsi sebagai penjepit cakram pada roda. Sementara tromol, bekerja dengan cara mengurangi kelajuan motor secara bertahap. Namun, untuk menjalankan fungsi rem tromol, perlu tenaga manual. Di samping itu, komponen tersebut pun mudah panas dan tidak bisa digunakan saat banjir.

Aki Motor

Aki.gs.astra.com
Aki.gs.astra.com

Aki mengubah energi kimia menjadi daya listrik. Fungsi komponen tersebut adalah menyimpan arus listrik dan tenaga cadangan. Unsur di dalam aki berupa elektrode Pb02 (katode) dan Pb (anode).

Ada dua macam aki, yaitu kering dan basah. Aki kering biasa diterapkan pada motor matic. Volume komponen ini lebih sedikit daripada aki basah. Meski perawatannya lebih praktis, akumulator tersebut mudah rusak.

Dilihat dari daya tahan, aki basah lebih awet. Kelemahannya, Anda harus rajin mengisi air dan mengecek kondisi aki. Jika terlambat, bisa menganggu kinerja komponen kelistrikan pada motor. Semisal, starter tidak dapat berfungsi sehingga motor harus dipacu menggunakan engkol.

Lampu

Theridingobsession.com
Theridingobsession.com

Lampu pada motor ada tiga macam, yaitu sein, depan, dan belakang. Ketiganya memiliki fungsi berbeda. Lampu sein digunakan untuk menandai saat ingin berbelok. Sementara lampu depan dan belakang menjadi penerangan selama perjalanan. Ada pula lampu rem yang menyala ketika Anda mengerem atau memperlambat laju kendaraan.

Kinerja lampu dipengaruhi oleh akumulator. Apabila aki rusak atau bermasalah, cahaya lampu dipastikan redup. Meski begitu lampu tidak akan mati, selagi motor bisa dipacu menggunakan engkol.

Untuk lampu utama, sebaiknya pilih yang memiliki cahaya dengan distribusi merata. Tujuannya supaya tidak menyilaukan mata pengendara dari lawan arah. Semisal, menggunakan bohlam pijar atau halogen.

Steering Head

Motorcyclelistonline.com
Motorcyclelistonline.com

Steering head atau kepala kemudi adalah komponen penting untuk mengarahkan jalannya motor. Onderdil ini memengaruhi kinerja setang dan batang kemudi. Fungsi utamanya, yaitu meminimalkan getaran dan menyeimbangkan setang.

Pengaturan kepala kemudi pada motor trail sebaiknya dibuat agak longgar. Tujuannya agar manuver terasa ringan. Namun, jangan terlalu renggang karena bisa membuat setang tidak stabil.

Seal Karet

Pinterest.com
Pinterest.com

Seal karet digunakan untuk melindungi beberapa komponen motor. Semisal, shockbreaker, pompa oli, serta kruk as. Karena itu, seal karet harus dijaga kualitasnya. Pun tidak boleh terkena air hujan sebab bisa merusak onderdil tersebut.

Meski begitu, seal karet ada masa pakainya. Jika tidak diganti selama bertahun-tahun, kemungkinan bisa getas. Hal tersebut akan memicu kebocoran oli. Akibatnya, sistem kemudi menjadi tak seimbang.

Bearing Roda

Lemansnet.com
Lemansnet.com

Bearing roda mengatur besarnya gaya gesek saat roda berputar. Jika gesekan yang terjadi terlalu besar, putaran roda menjadi berat. Jadi, adanya bearing digunakan untuk mencegah ban bergesekan secara langsung dengan roda.

Read More :  Importir Barang Dari Cina Berkualitas

Kinerja bearing inilah yang menentukan hemat atau borosnya kendaraan bermotor. Ketika hambatan berkurang, otomatis perputaran roda lebih lancar. Karena itu, bahan bakarnya lebih irit.

Jadi, Anda harus memastikan bearing dalam kondisi normal dan bebas karat. Kalau komponen aus, bisa berpengaruh pada velg motor. Akibatnya, saat motor berjalan, velg bergoyang-goyang.

Karburator

Alicdn.com
Alicdn.com

Komponen untuk menyatukan udara dan bahan bakar pada mesin disebut karburator. Penemu onderdil ini adalah Karl Benz. Ia menemukannya pada tahun 1885, lalu dipatenkan di tahun 1886. Sampai sekarang, karburator menjadi bagian penting dalam kendaraan bermotor, terutama motor.

Karburator dibedakan menjadi tiga, yaitu arah aliran udara, barel, dan venturi. Karburator modern menyatukan ketiga  model tersebut dalam satu komponen. Cara kerjanya berdasarkan hukum Bernoulli. Karena itu, tekanan statis pada motor bisa semakin tinggi ketika udara di karburator bergerak cepat.

Oli Motor

Silkolene.com
Silkolene.com

Oli berfungsi sebagai pelumas mesin agar kinerjanya optimal. Cairan ini mampu meminimalkan gesekan antara komponen. Dengan demikian, mesin tidak mudah aus, tenaga tetap maksimal, serta terhindar dari panas dan kotoran.

Fungsi lainnya adalah merapatkan lubang antara piston dan silinder. Jadi, bisa mencegah kebocoran kompresi. Itulah sebabnya, Anda harus rajin mengganti oli motor agar performa mesin tetap terjaga.

Tips Memilih Sparepart Motor yang Tepat

Setelah mengetahui macam-macam sparepart, kini saatnya memilih yang tepat untuk motor Anda. Simak tips-tips berikut ini.

Memilih Sparepart Motor yang Orisinal

Twentyclub.net
Twentyclub.net

Meski Anda membutuhkan suku cadang fast moving, tidak berarti mengabaikan orisinalitasnya. Menurut Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Haki) Kementerian Hukum dan Ham, Ahmad M. Ramli, pemalsuan suku cadang di Indonesia mencapai angka 30 persen. Rata-rata penggunanya dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Angka tersebut cukup meresahkan; mengingat sparepart palsu umumnya memiliki kualitas di bawah standar teruji. Hal itu tidak hanya merugikan produsen kendaraan, tetapi juga membahayakan keselamatan pengendara. Karena itu, sebelum membeli suku cadang, pastikan Anda bisa membedakan antara yang asli dan imitasi.

Perhatikan Garansi yang Diberikan

Tips kedua; pastikan ada garansi resmi untuk sparepart yang Anda beli. Umumnya, penjual suku cadang imitasi enggan memberikan jaminan apa pun. Kalaupun tersedia tanggungan, pihak toko lah yang memberikan.

Jangan Abaikan Kemasan Produk

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Dalam pemasaran, kemasan merupakan elemen utama untuk mengidentifikasikan, membedakan, serta melindungi produk. Desain kemasan dipengaruhi oleh warna, pola, material, serta tipografi. Setiap kemasan yang memiliki ciri khas, pasti tidak mudah ditiru. Jadi, sekalipun produsen lain mampu memproduksi pembungkus serupa, tetap bisa dibedakan karakteristiknya.

Hal itu pun berlaku pada onderdil motor. Jika komponen tersebut palsu, kemasannya cenderung pudar. Selain itu, bahasa yang digunakan pada label adalah bahasa Indonesia. Padahal, suku cadang orisinal pasti memakai ungkapan Inggris.

Bandingkan Harga dan Kualitasnya

Di Indonesia, pepatah “ada harga, ada kualitas” masih berlaku. Barang-barang yang dibanderol dengan harga murah cenderung berkualitas rendah. Karena itu, jangan mudah tergiur jika ditawari sparepart berbiaya di bawah standar.

Tanyakan Mengenai Bahan yang Digunakan pada Komponen

Bahan baku merupakan penentu kualitas produk. Jika materialnya bermutu rendah, barang tersebut pasti mudah rusak. Hal ini juga berlaku untuk pemilihan suku cadang motor. Pertama, coba amati perekat pada kemasan. Kalau Anda bisa membukanya dengan sangat mudah, mungkin sparepart tersebut imitasi.

Untuk memastikan, perhatikan bahan komponen. Pastikan bahan yang digunakan sama seperti buatan perusahaan resminya. Semisal, onderdil bawaan terbuat dari baja, berarti suku cadang tersebut pun harus menerapkan bahan serupa.

Read More :  Aneka Peralatan Otomotif/Sparepart Impor, Terlengkap

Cek Lisensinya

Setiap usaha yang berdiri secara legal pasti telah mendapatkan izin dari pihak berwenang. Dalam industri suku cadang, izin tersebut berbentuk lisensi. Artinya, penerima lisensi berhak memasarkan atau menggunakan produk.

Ketika Anda membeli suku cadang, pastikan memiliki lisensi yang ditandai dengan label genuine parts. Lalu apa bedanya genuine parts dan OEM (Original Equipment Manufacturer)? Begini, semisal filter oli yang diproduksi oleh perusahaan A dibeli perusahaan B. Saat perusahaan B menjual filter tersebut kepada pelanggannya, itulah genuine parts. Sementara perusahaan A yang memasarkan filter oli serupa disebut OEM parts.

Membeli di Toko Tepercaya

Apa pun onderdil yang Anda butuhkan, belilah di toko berlisensi resmi. Artinya, toko tersebut memasarkan suku cadang berlabel genuine parts. Jika memerlukan komponen custom, tidak ada salahnya membeli di situs online, seperti https://importer.co.id.

Cara Merawat Sparepart Motor agar Tidak Cepat Rusak

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan perawatan suku cadang. Walaupun sparepart dirancang dengan masa pakai tertentu, performanya tergantung perlakuan Anda. Kalau komponen tersebut tidak terawat, daya tahannya bisa lebih singkat dari masa pakai.

Lantas, bagaimana cara melakukan perawatan suku cadang? Nah, berikut ini ada empat tips yang bisa diterapkan agar motor Anda tetap awet dan mampu bekerja maksimal.

Melakukan Pengecekan Busi secara Berkala

Rideapart.com
Rideapart.com

Perawatan busi bisa dimulai dengan memeriksa ketebalan kerak di bagian kepalanya. Segera bersihkan kerak karena dapat menurunkan daya tahan isolasi busi. Pun mengakibatkan percikan api terhambat sehingga menganggu kinerja kelistrikan.

Untuk membersihkan kerak pada kepala busi, gunakan lap berbahan kain. Namun, hindari ampelas atau material kawat. Pasalnya, benda tersebut bisa membuat kepala busi terkikis.

Penggantian busi harus dilakukan ketika motor sudah menempuh perjalanan 6.000 km. Jika hal ini diabaikan, bisa mengakibatkan penurunan mesin. Dampak yang paling parah adalah bahan bakarnya cepat habis.

Mengecek Aki secara Rutin

Pengecekan aki harus dilakukan setiap sebulan sekali, terutama untuk aki basah. Perawatan komponen ini mesti lebih intensif. Dimulai dari memeriksa ketinggian air; pastikan volumenya stabil dan tetap tersedia.

Di samping itu, lakukan pembersihan kerak pada kutub-kutub aki secara berkala. Sebelum membersihkan, lepaskan aki dari motor. Kemudian, bersihkan perlahan menggunakan cairan WD40 atau sikat besi. Tujuan perawatan ini adalah untuk melancarkan arus listrik ke seluruh komponen.

Perhatikan Berbagai Indikator Kerusakan Sparepart

Indikator kerusakan suku cadang pada kendaraan bermotor bermacam-macam, semisal lampu meredup atau sering mogok. Adanya asap putih dari knalpot pun bisa menandakan kebocoran cincin piston.

Indikasi lainnya berupa suara berisik dari onderdil. Indikator tersebut menandakan permasalahan pada rantai. Mungkin, rantai kurang kencang atau katup terlalu longgar.

Mengecek Ban

Apakah Anda menemukan tanda segitiga pada ban motor? Di tempat itulah pengecekan ban harus dilakukan. Coba perhatikan pola di permukaan ban. Jika tidak terkikis, tandanya komponen tersebut masih bisa digunakan.

Salah satu cara menjaga performa ban, yaitu dengan memastikan tekanan udara di dalamnya terpenuhi. Pasalnya, tekanan angin yang terlalu rendah bisa menimbulkan gesekan kuat antara ban dan jalanan. Tentu hal itu membuat ban cepat rusak atau aus.

Demikian ulasan mengenai sparepart motor, dari mulai definisi, jenis, cara memilih, hingga perawatannya. Semoga bermanfaat!

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *