Saturday , February 24 2018
Home / Blog / Tips Menciptakan Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Menciptakan Taman Bermain Anak di Rumah

Share this:

Dalam masa tumbuh kembang anak, kebutuhan akan perlengkapan permainan memang sangat penting. Keberadaannya tak hanya dibutuhkan untuk membuat anak gembira, tetapi juga sangat efektif untuk merangsang berbagai kecerdasan dan kemampuannya.

Sebagai orang tua, wajib hukumnya bersikap jeli, kritis, sekaligus kreatif dalam memilih aneka permainan ini. Termasuk di antaranya memastikan bahwa taman bermain anak (indoor maupun outdoor) aman, nyaman, dan mampu mengedukasi mereka.

Nah, bagi Anda yang berencana membuat taman bermain anak di rumah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

Indoor atau Outdoor?

Arsitektur.me
Arsitektur.me

Bagi Anda yang memiliki lahan kosong di depan atau di belakang rumah, area bermain outdoor bisa menjadi pilihan terbaik. Anda bisa memasang beragam perlengkapan permainan seperti trampolin, perosotan, terowongan, kolam pasir, atau yang lainnya. Dengan ruang bermain yang luas ini, anak akan lebih bebas dan aktif sehingga saraf motoriknya juga bisa berkembang lebih maksimal.

Namun, jika lahan Anda terbatas, taman bermain indoor juga bukan pilihan yang buruk. Mengingat kini telah banyak perlengkapan permainan mini yang juga bisa dipasang di dalam rumah. Tentunya, di sini, kreativitas penataan ruang sangat diperlukan karena bagaimanapun anak tetap membutuhkan area bermain yang luas dan sirkulasi udara yang bagus.

Pisahkan Ruang Bermain Anak dengan Ruang Lainnya

Liversal.com
Liversal.com

Baik indoor maupun outdoor, area bermain anak perlu diberi sekat yang jelas. Hal ini penting agar anak tidak mengganggu ruang atau tempat lain, di luar area bermain mereka. Misalnya, jika di luar ruangan, Anda perlu membatasi area bermain ini agar mereka tidak merusak tanaman, kolam ikan, atau kandang peliharaan hewan.

Read More :  Tips Mudah Mendapatkan Barang Dari Importir Engsel Pintu

Atau, jika di dalam ruangan, agar mereka tidak mencampuradukkan area bermain dengan ruang keluarga atau yang lainnya. Dan jika rumah Anda tidak memungkinkan untuk membuat ruang atau arena khusus bermain, Anda bisa membuat taman bermain anak ini di kamar sang buah hati.

Desain Ruang Bermain

Pinterest.com
Pinterest.com

Demi kenyamanan anak, tentunya arena bermain harus didesain dengan tepat dan menarik. Penempatan perlengkapan permainan harus memperhatikan tata ruang, kelancaran sirkulasi udara, dan model penataan yang mudah untuk dibersihkan atau dibereskan.

Jika berada di dalam ruangan, area bermain ini juga perlu untuk diberi karpet dan didekorasi agar anak bisa betah dan nyaman. Anda bisa memberi sentuhan warna agar suasana ruang bermain tampak lebih ceria. Misalnya, pada pemilihan warna dinding, karpet, lemari, hingga pemilihan warna dan karakter perlengkapan permainan.

Pemilihan Perlengkapan Permainan

Roomandbath.com
Roomandbath.com

Terakhir, karena arena bermain ibarat surga bagi anak-anak, komponen penting sekaligus utama yang tidak boleh dilupakan adalah pemilihan mainan. Tentunya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, mulai dari kualitas, fungsi, kesesuaian dengan usia dan jenis kelamin, hingga harga.

Dalam proses menghadirkan mainan ini, ada baiknya jika Anda memilih toko penyedia mainan yang sudah tepercaya. Karena mereka pasti telah menyediakan set permainan yang aman untuk dimainkan anak, lebih kuat, dan tahan lama. Desain bentuk dan warnanya juga cenderung lebih beragam sehingga dijamin mampu menarik perhatian anak.

Read More :  Ini Dia Tips Temukan Pusat Stroller Bayi Online Terbaik

Dan karena anak tidak akan pernah bermain seorang diri, jangan batasi diri Anda untuk hanya memilih mainan yang sesuai dengan jenis kelamin mereka. Alangkah baiknya jika Anda juga menyediakan mainan-mainan yang sifatnya unisex atau bisa untuk anak laki-laki dan perempuan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat taman bermain anak di rumah. Ingat, meski anak telah menemukan dunianya, bukan berarti peran orang tua terganti, ya. Sebisa mungkin Anda tetap harus meluangkan waktu menemani, mengawasi, serta membangun ikatan dengan mereka melalui proses bermain ini.

Share this:

Check Also

3.bp.blogspot.com

Kualitas dan Harga Sepatu Roda Impor Ini Cocok untuk Bisnis Anda

Lapak penjual sepatu roda semakin menjamur seiring banyaknya penggemar aktivitas ini. Harga sepatu roda kini …

Mandhanastonex.com

6 Motif Granit Lantai Terbaru Untuk Rumah Idaman Anda

Saat membangun rumah idaman, mungkin terpikir untuk menggunakan granit dan ingin mengetahui berbagai motifnya. Mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *