Sunday , February 18 2018
Home / Blog / Tips Agar Lantai Vinyl Tetap Awet

Tips Agar Lantai Vinyl Tetap Awet

Share this:

Untuk sebuah hunian yang nampak mewah dan elegan, tidak perlu mendatangkan parabot rumah tangga dan furniture yang mahal. Ada satu hal mudah untuk menciptakan rumah yang demikian, yakni dengan memilih lantai yang berkualitas dan juga indah.

Ya, lantai vinyl menjadi jawaban bagi banyak orang yang mendambakan rumah impian yang indah dan juga terkesan elegan. Berbagai macam motif lantai kayu ini mampu menjadikan interior terasa dekat dengan alam dan juga asri. Kemewahan yang dihadirkan inipun tak harus didapat dengan harga mahal, pasalnya harga lantai kayu vinyl cukup beragam, tergantung bahan dasar dan kualitas dari vinyl tersebut.

Tips Agar Lantai Vinyl Awet

  1. Pilih vinyl yang tidak pecah meskipun ditekuk dan ditekan

Pertama agar mendapatkan vinyl yang awet adalah menentukan kualitasnya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Untuk mendapat vinyl yang terbaik, maka sebaiknya melakukan tips ini: yakni dengan menekuk atau melipat vinyl. Lalu tekan dengan keras pada lekukan tersebut.

Setelah itu, periksa baik-baik apakah ada bagian permukaan yang pecah atau tidak. Ataukah mungkin ada yang terkelupas. Ingat bahwa vinyl yang bagus tidak akan terkelupas ataupun pecah meskipun ditekuk dan ditekan. Harga lantai kayu vinyl ini pun tentu akan mengimbangi kualitasnya, jadi pertimbangkan dahulu sebelum membeli. Karena kesesuaian dengan budget sangat penting.

  1. Piliih yang permukaannya tahan panas
Read More :  Mencari Importir Termos Legal Dan Terpercaya

Satu lagi yang harus dilakukan untuk mendapatkan lantai berkualitas agar awet hingga bertahun-tahun. Caranya selain dengan menekuk dan menekan keras lantai vinyl, maka lakukan cara ini: yakni dengan membakar vinyl secara langsung dengan korek api. Selama kurang lebih sepeluh menit, biarkan vinyl terpapar api.

Perlu diperhatikan bahwa lantai vinyl yang bagus, permukaannya tidak akan panas atau bahkan gosong meskipun dibakar dan terpapar api. Selain cara tersebut, ceklah dengan menempelkan ujung rokok yang masih menyala pada permukaan vinyl. Untuk lantai kayu berkualitas baik, maka permukannya akan tetap mulus dan abu yang ada dapat dibersihkan dengan mudah tanpa meninggalkan bekas.

Meskipun harga lantai kayu vinyl berkualitas bisa jadi lebih mahal dari yang kualitasnya dibawahnya, tetapi akan menjamin lantai tersebut awet dan tetap aman untuk anggota keluarga tercinta. Bayangkan jika lantai mudah terbakar, maka tentu tidak akan aman untuk berbagai aktivitas di dalam rumah, bukan?

  1. Pilih vinyl yang tidak mudah tergores dengan benda tajam

Setelah menguji vinyl dengan tekanan dan juga api, untuk mendapatkan vinyl yang awet, maka pastikan untuk turut mengujinya dengan cara ini, yakni dengan menggunakan benda tajam. Goreskan benda tersebut pada permukaan vinyl beberapa kali.

Bagaimana ciri vinyl berkualitas?

Permukaan lantai vinyl tidak akan mudah tergores oleh benda tajam. Bahkan bagi yang kualitasnya bagus, vinyl tidak akan meninggalkan bekas pada permukaannya meskipun sudah terkena goresan benda tajam tersebut.

  1. Rutin membersihkan lantai kayu vynil
Read More :  Pilih Lantai Vinyl Atau Keramik?

Bagi yang sudah sukses memasang jenis lantai ini, maka jangan lupakan untuk belajar bagaimana merawat dan membersihkannya agar tetap awet. Memang, cara perawatannya berbeda dengan lantai keramik atau jenis lantai lain, karena bahan yang digunakan pun cukup istimewa.

Tentu saja lantai istimewa yang sudah kita dapat dengan harga lantai kayu vinyl yang lumayan memakan budget harus tetap indah dan terawat. Percuma saja kalau sudah dipasang dengan cara terbaik dan juga menyajikan motif yang mewah sesuai desain interior rumah kita, namun keindahan ini tak bertahan lama. Maka dari itu, penting untuk tahu bagaimana cara merawat lantai ini agar awet dan tetap indah meksipun sudah digunakan bertahun-tahun lamanya. Caranya bisa dengan:

  • Menggunakan double bucket

Lantai vinyl perlu diperlakukan dengan istimewa. Sebaiknya tidak mengepelnya dengan ember iasa, namun dengan eouble bucket. Isi salah satu ember dengan cairan khusus pembersih vinyl. Sedangkan ember yang satunya diisi dengan air bersih.

Kain pel yang ada haus dicelupkan pada cairan pembersih dahulu baru diperas dengan kuat, baru digunakan untuk mengepel lantai. Bila perlu, sikatlah permukaan lantai dengan stick brush untuk memastikan tidak ada kotoran atau noda yang menempel di lantai. Setelah memastikan lantai bersih, maka saatnya untuk membilasnya dengan air bersih.

  • Bersihkan permukaan dengan vacuum cleaner

Vacuum cleaner digunakan sebaga alternatif untuk membersihkan vinyl secara harian. Selain dengan sapu, vacuum cleaner bisa lebih efektif dalam mengangkat debu dan kotoran. Jika ada kotoran yang melekat pada permukaannya, maka gunakan cairan khusus berupa MPC dengan menyemprotkannya pada noda.

Read More :  Pilihan Lantai Vinyl Untuk Ruang Dapur

Gunakan scot bright untuk menggosok noda tersebut hingga permukaan lantai kembali bersih. Kalau sudah begitu, langkah selanjutnya adalah mengelap lantai dengan kain bersih. Kain loby duster yang bersih dan kering adalah bahan terbaik untuk membersihkan lantai ini.

Demikianlah beberapa cara untuk memastikan lantai vinyl awet hingga puluhan tahun. Setelah kita mengeluarkan uang untuk harga lantai kayu vinyl yang tidak murah ini, tentu kita ingin agar hasilnya maksimal dan keindahannya bertahan lama.

Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilih kualitasnya, bukan hanya corak dan motifnya saja yang diperhatikan. Setelah terpasangpun, perawatannya harus diperhatikan pula, agar lantai tetap bersih, indah, dan juga awet.

Share this:

Check Also

www.rinso.com

Cara Menjaga Celana Dalam Renda Tetap Awet

Celana dalam berenda mungkin cantik, tetapi cenderung rapuh. Desain celana dalam wanita renda memiliki banyak …

Jockey.com

Panduan Belanja: Mengenal Ragam Model Celana Dalam Wanita

Celana dalam sering tidak begitu diperhatikan oleh kaum hawa saat berbelanja pakaian, karena posisinya yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *