Wednesday , February 21 2018
Home / Blog / Tips Mudah Merawat Lantai Vinyl

Tips Mudah Merawat Lantai Vinyl

Share this:

Perkembangan teknologi turut mempengauhi trend penggunaan lantai di Indonesia. Sekarang, jika ingin mendatangkan corak dan tektur kayu ke dalam rumah, maka kita tidak perlu menggunakan jenis lantai kayu solid. Melainkan, sekarang sudah ada jenis lantai yang sangat simple dan praktis baik pemasangan dan perawatannya, yakni lantai vinyl.

Banyak keunutngan yang bisa didapat dari  jenis lantai ini. Selain itu, jika memperrtimbangkan untuk memakai lantai ini, maka harga vinyl lantai per roll pun tak akan membuat budget perombakan lantai membengkak. Harganya cukup ekonomis.

Bukan hanya menghadirkan kesan natural lantai kayu, melainkan, lantai vinyl juga bisa menghadirkan corak dari lantai dari marmer dan bebatuan alam yang sangat menawan. Satu lagi, cara merawat dan membersihkan lantai vinyl bisa dikatakan cukup mudah, hingga relative tahan lama dan awet.

Inilah langkah membersihkan lantai vinyl

  • Bila terkena tumpahan air, maka segera keringkan

Lantai vinyl relative tahan air. Meskipun demikian, genangan air yang dibiarkan begitu saja bisa  merusak lantai ini.  Salah satunya adalah bisa menjadi tempat berkembangnya organisme penyakit dan membuat lingkungan menjadi tidak sehat. Oleh karena itulah, bila lantai ini tergenang air, maka secepatnya keringkan.

Pemasangan lantai vinyl yang tepat juga akan membantu membuat air tak mudah meresap ke dalam lapisan vinyl.  Jadi jika dibandingkan jenis lantai lain, lantai ini cukup bisa menahan air. Meksipun  harga vinyl lantai per roll cenderung lebih murah jika dibanidng jenis lantai lainnya.

  • Memakai produk perawatan khusus
Read More :  Tips Menjalani Usaha Grosir Barang Cina

Bahan vinyl yang istimewa butuh perlakuan khusus. Yakni kita harus memakai produk perawatan tertentu. Meksipun demikian, cara membersihkannya relatif mudah dan hampir sama ketika kita membersihkan lantai dari bahan lainnya. Dianjurkan untuk tidak memakai detergent karena bisa merusak lapisan vinyl. Sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus untuk lantai vinyl.

Jadi, ketika Anda menilik harga  vinyl lantai per roll, alangkah baiknya juga melihat pula produk pembersih apa yang tepat untuk merawat lantai ini. Penggunaan produk yang tepat juga bisa membuat lantai vinyl tampil lebih indah dan mengkilap.

Sedangkan jika untuk menghilangkan debu di atas permukaan, kita bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner. Cara membersihkan lantai dengan cara ini bisa dilakukan setiap hari, dan jangan sampai menunggu sampai ada noda membandel baru dibersihkan.

  • Gunakan keset

Untuk menjaga lapisan vinyl tetap awet dan juga menawan, maka gunakan keset. Letakkan keset di area pintu hingga sebelum memasuki ruangan, diharapkan kaki dalam keadaan bersih. Selain untuk menjaga keindahan lantai, juga bisa menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Bilapun mengenakan alas kaki di dalam rumah, maka pastikan bahwa alasan kaki tersebut tidak memiliki permukaan yang kasar dan juga keras hingga bisa merusak lapisan dari lantai vinyl.

  • Jangan menggeser furniture

Yang perlu diingat adalah ketika kita hendak memindahkan furniture di dalam ruangan, jangan sampai menggesernya. Kenapa? Karena hal ini akan membuat lapisan vinyl tergores dan robek. Kalau sudah begini maka kita harus mengganti lantainya.

Read More :  Ingin Membuat Toko Alat Tulis Kantor yang Laris? Begini Caranya

Untuk menjaga agar lantai vinyl tetap awet, bisa gunakan karpet pada spot dimana funrture diletakkan. Selain menambah keindahannya, karpet juga membuat vinyl lebih tahan lama karena menjaganya dari kemungkinan terjadinya goresan dan gesekan benda atau funtiture.

Penggunaan karpet juga menjaga lantai dari kuku tajam hewan peliharaan. Selain itu juga bisa menahan air atau kotoran yang tumpah ke lantai, jadi air tidak akan langsung tertumpah pada lantai vinyl.

  • Rutin merawat lantai

Seperti halnya lantai lain, lantai dari vinyl pun harus rutin dirawat. Menyapu dan membersihkan debu diatasnya bisa dilakukan setiap harinya. Sedangkan untuk mengepel dan membersihkan noda membandel bisa rutin dilakukan perminggu.

Nah, demikianlah cara mudah dalam merawat lantai vinyl. Sekarang, keberadaan lantai ini makin populer seiring makin majunya industri desain interior. Bagi yang ingin rumah nampak seperti baru, tak perlu ganti perabot yang mahal, melainkan bisa hanya mengganti lantainya saja.

Harga vinyl lantai per roll yang ekonomis akan memuaskan banyak orang akan lantai yang mewah dan menawan. Selain karena ekonomis lantai vinyl ini juga tersedia dalam banyak ragam dan corak, hingga bagi siapa yang jenuh dengan suasana rumah yang monoton, bisa menggunakan vinyl untuk menyejukkan keadaan rumah.

Kemudahan dalam memasang dan melepasnya, memudahkan kita untuk mengganti suasana rumah dengan mudah dan murah. Jadi, bagi yang cepat bosan dengan keadaan rumah, maka penggunaannya bisa sangat membantu. Tidak harus mengganti seluruh ruangan dalam rumah, melainkan untuk bagian tertentu bisa diganti, seperti kamar tidur atau ruang makan saja.

Read More :  Jasa Importir Perlengkapan Kamar Mandi Yang Lengkap Dan Komplit

Untuk desain rumah minimalis yang berkonsep modern dan kontemporer, lantai vinyl juga jadi pilihan tepat banyak orang. Maka dari itu, tidak salah jika semakin berkembang jaman, maka lantai ini semakin akrab di mata masyarakat Indonesia. Jadi, tidak melulu lantai itu berupa tegel dan keramik yang keras dan juga mudah pecah, namun kini ada lantai vinyl yang membantu tampilan rumah lebih mewah dan elegan.

Share this:

Check Also

www.caradesain.com

Ide Model Ubin Granit untuk Lantai Ruang Tamu

Granit adalah salah satu bahan terbaik untuk lantai ubin. Selain kuat, model granit untuk lantai …

Ide Gaya Romantis dengan Baju dan Celana Dalam

Pakaian dalam menarik, terutama paduan bra dan celana dalam wanita yang disukai pria, bisa menambah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *