Home / Blog / 4 Alasan Kenapa Produk Impor China Lebih Murah
4 Alasan Kenapa Produk Impor China Lebih Murah

4 Alasan Kenapa Produk Impor China Lebih Murah

Banyak mungkin yang beranya, “kenapa sih banyak yang pilih jadi importer?, “Apa untungnya jadi importer?”,  dan yang paling banyak membuat orang penasaran ialah, “Kenapa harga barang dari China itu murah?”.

Saat ini, trend menjadi distributor barang dari China cukup banyak diminati. Untuk persaingannya sendiri, jika di Indonesia, belumlah terlalu banyak hingga masih menyediakan pasar yang strategis dan menjanjikan.

Ya, memang bisa dikatakan kalau menjadi importer barang dari China itu merupakan bisnis yang menjanjikan. Salah satu alasannya adalah karena harga barang dari China sangat murah. Terlebih dengan kualitas bagus. Mereka, para produsen memang ingin menjual barang yang murah asal barang habis, daripada harga mahal tapi stock masih banyak.

Nah, hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa barag dari China itu murah. Ingin tahu lebih banyak alasan kenapa barang dari China itu murah? Ini lah beberapa alasan lainnya.

Alasan Barang Dari China Itu Murah

  1. Adanya dukungan dari pemerintah

Pemerintah China dikenal sebagai salah satu negara yang mendukung dan juga memberdayakan rakyatnya dengan cukup apik. Salah satunya bisa dilihat dari perhatian mereka terhadap para produsen barang.

Di China, ada sebagian daerah yang memiliki potensi untuk produksi barang tertentu dengan kualitas yang bagus. Kalau ada yang demikian, maka pemerintah akan membuat kebijakan yang menguntungkan para pengusaha. Seperti memberikan kemudahan dalam perijinannya. Ada pula yang memberikan jangka tahun pertama produksi satu pabrik, dimana pemerintah membebaskan pajak.

Pada kasus tertentu, pemerintah bahkan malah memberikan  subsisi pada setiap jumlah barang yang diproduksi dan dijual. Besaran subsidi bisa sampai 10 persen. Jadi misalkan harga modal awal untuk produksi satu gelas adalah 1000 rupiah, maka setiap produksi gelas yang ada, mereka ini mendapatkan subsidi oleh pemerintah sebesar 100 rupiah. Dengan demikian, maka mereka bisa menjual barang mereka di awal dengan harga 1000 rupiah, dimana mereka sudah bisa dapat keuntungan di dalamnya.

Inilah mengapa, kalau kita menjual harga barang impor china bisa jadi bisnis yang menjanjikan dengan laba yang cukup besar. Dengan bantuan pemerintahnya, memungkinkan pengusaha China menjual barangnya dengan harga yang murah, maka kesempatan untuk menggeluti bisnis ini makin terbuka lebar.

  1. Memproduksi barang dengan berbagai kualitas

Jika seorang berniat membeli dalam jumlah banyak dari pengusaha China, maka kita akan melihat bahwa ada banyak yang akan di tawarkan kepada kita sebgaai importer. Sebagai contoh, jika kita berniat membeli sebuah gelas.

Maka kita akan diperlihatkan berbagai jenis gelas, dari nomor satu sampai sepuluh. Dari harga 100 rupiah hingga 1000 rupiah. Secara kasat mata, kesepuluh gelas ini memiliki visual, bentuk yang sama. Tetapi jika disentuh, tentu kualitas yang ada berbeda. Oleh karena itulah, kita bisa memilih sendiri barang kualitas mana yang hendak kita jual.

Bahkan, untuk sebuah bisnis yang menjanjikan untuk impor barang ini, kita bisa memesan untuk gelas yang harganya 50 rupiah saja. Dan mereka pun akan menyanggupinya. Asalkan, kita membeli dalam jumlah banyak, maka barang yang visualnya bagus dengan harga yang sangat murah bisa kita dapat.

  1. Menghitung modal awal dengan sistem container

Orang China menghitung modalnya bukan berdasarkan biaya produksi sebuah barang, namun berdasarkan jumlah keseluruhan container. Karena hal itulah, ketika membeli borongan barang dari China, para importer ini bisa mendapat banyak untung. Tapi memang, modal awal yang dikeluarkan  akan cukup besar karena pembeliannya dalam jumlah besar pula.

Namun, memulai bisnis yang menjanjikan seperti importer ini memang butuh modal. Tapi jangan kaget bahwa keuntungan bisa berkali lipat dari modal yang ada sebelumnya. Namun, kebijakan masing-masing supplier bisa saja berbeda. Hanya saja, banyak para produsen dari China menjual barangnya dengan sistem yang demikian.

  1. Karyawannya loyal

Kehidupan bisnis di China cukup tenang dan juga tenteram. Hampir tidak ada demo dari para buruh hingga atmosfir bisnis di sana bisa dibilang cukup kondusif. Dari pihak karyawna, pengusaha, dan pemerintah, mereka saling memberikan keuntungan satu sama lain, jadi tercipta iklim bisnis yang tenang.

Karena itulah, mendalami bisnis yang menjanjikan sebagai importer barang dari China menjadi banyak pilihan dari orang-orang, termasuk dari orang Indonesia sendiri.

Dari segi barang, kualitas barang China tidaklah jelek, hanya saja mereka tidak banyak mengambil keuntungan terlalu besar, dan dengan adanya subsidi pemerintah, kita semakin mudah dan murah mendapatkan barang dari sana.

Kesan bisnis internasional yang rumit dan juga ribet memang sering dirasakan oleh banyak calon pebisnis. Namun setelah menekuni dan menjalaninya, maka segala hal itu akan menjadi tantangan tersendiri. Dimana kalau kita lulus, maka untung besar pun akan diperoleh para importer.

Masih ragu untuk jadi distributor barang impor?

Maka selidikilah lebih luas lagi perihal keuntungan dan kelemahannya. Maka akan ada berbagai hal yang bisa membuka mata bahwa bisnis ini memang layak untuk digeluti, baik sebagai bisnis sampingan maupun bisnis utama bagi banyak orang. Konsultasikan pula perihal perijinan dan juga tata cara impornya agar bisnis yang menjanjikan ini bisa berjalan dengan baik.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.