Home / Blog / Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid Serta Parket Yang Benar
Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid Serta Parket Yang Benar

Cara Membersihkan Lantai Kayu Solid Serta Parket Yang Benar

Sebuah rumah bukan hanya tempat untuk makan dan tidur, melainkan tempat di mana kita menghabiskan waktu berharga bersama keluarga dan orang tercinta. Oleh karena itulah, setiap orang mendambakan rumah impian dimana segala kegiatan dan aktivitas bisa menjadi bagian yang tak terlupakan.

Untuk mewujudkannya, dibutuhkan upaya dan juga ikhtiar. Ingin rumah yang bersih, indah, dan juga aman untuk keluarga tentunya harus pandai dalam memilih setiap bahan dan material dalam mendirikan sebuah rumah. Salah satunya adalah dalam pemilihan jenis lantai. Bagian rumah yang satu ini bisa mendatangkan keindahan tersendiri dari sebuah rumah hingga banyak yang memilih lantai dengan kualitas terbaik dan juga awet.

Agar lantai tetap aman dan juga menghadirkan kenyamanan, maka pastikan menghadirkan alas lantai kayu yang terbaik. Salah satunya adalah lantai kayu dan juga lantai parket, yang sukses menjadi pilihan banyak keluarga. Bukan hanya masalah harga dan juga pemasangan yang mudah, namun, jenis lantai ini juga menghadirkan keistimewaan sendiri, seperti motif dan jenis gaya lantai yang beragam, hingga bisa disesuaikan dengan desain dan juga interior rumah.

Saat lantai ini menjadi pilihan, maka sebiaknya perhatikan pula bagaimana cara merawat dan membersihkannya. Kenapa demikian? Hal ini karena perawatan dan cara membersihkan kedua lantai ini berbeda. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Cara Membersihkan Dan Merawat Alas Lantai Kayu

  • Sapu dengan rutin setiap hari

Karen material kayu lebih menyerap air dan juga kotoran, maka pastikan untuk rutin membersihkan lantai ini. Hal ini bertujuan agar debu dan kotoran tidak menempel terlalu lama pada permukaan lantai. Salah satu tipsnya adalah menggunakan sapu yang lembut. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner untuk memastikan semua debu dan kotoran terangkat.

  • Pel lantai

Seperti halnya jenis lantai lain, lantai kayu solid pun harus dibersihkan menggunakan pel. Namun, sapu dulu sebelum dipel, agar lantai bisa bersih maksimal. Sebelumnya, pastikan untuk menilik apakah lantai kita memiliki lapisan lilin atau tidak.

Jika memang menggunakan lapisan lilin, maka campur pembersih lantai dengan air hangat. Masukkan kain pel dan peras. Setelah lantai di pel, keringkan dengan menggunakan kain bersih. Untuk mengepelnya pun, ada tipsnya tersendiri, yakni menggunakan gerakan memutar untuk memastikan bahwa lantai benar-benar bersih.

  • Memilih kain pel terbaik

Tidak sembarangan memilih kain pel untuk membersihkan lantai kayu. Pilihlah kain pel dengan kualitas terbaik, usahakan menggunakan bahan dari katun. Pada saat mengepel perlu memeras air dengan kuat hingga sisa air dalam pel tidak terlalu banyak, agar air yang tertinggal di lantai kayu tidak terlalu banyak hingga bisa merusak lantai.

  • Pel hingga 2 kali

Untuk membersihkan lantai kayu yang istimewa ini, memang butuh perhatian khusus. Setelah mengepel dengan kain pel yang agak basah atau lembab, maka selanjutnya kita harus mengepel kembali dengan kain pel kering. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa permukaan lantai yang basah bisa merusak kayu karena mudah menyerap air hingga bisa membuatnya cepat keropos.

Cara Membersihkan Dan Merawat Lantai Parket Yang Benar

  • Menyapu lantai parket

Gunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan lantai parket. Alternatif lain, kita bisa menggunakan sapu atau bulu yang lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Hindari menumpahkan air ke dalam lantai parket ini, karena akan mudah terserap ke dalam lapisan plywood dan membuat kayu mudah lapuk. Untuk itu, lekas keringkan lantai jika terkena tumpahan air.

  • Jangan mengepel lantai parket

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lapisan lantai ini mudah lapuk, hingga sebisa mungkin hindari kontak lantai dengan air, termasuk dalam mengepel. Ada perbedaan dalam perawatan dan pembersihan lantai parket dengan lantai kayu solid. Air bisa meningkatkan kelembaban parket hingga menimbulkan tekanan yang drastis.

  • Lekas bersihkan makanan yang terjatuh ke lantai

Saat ada serpihan makanan pada lantai parket, maka segera angkat makanan dan lap dengan kain yang kering. Jika kurang bersih, maka gunakan cairan pembersih khusus untuk kayu parket untuk membersihkan bagian lantai yang kena noda.

  • Menggunakan lapisan pada furniture

Kebanyakan furniture memiliki bagian yang keras dan tajam, seperti kayu atau besi. Karena itulah, kita harus melapisi furniture dengan karet sebelum menaruh di atas permukaan lantai ini.

Seperti halnya kita tidak boleh menggunakan alas lantai kayu yang kasar dan tajam pada lantai parket, penggunaan lapisan karet ini akan melindungi lantai parket dari gesekan dengan furniture. Hindari untuk memindahkan furniture dengan cara mendorong karena bisa merusak lantai. Goresan bisa saja terjadi dan membuat lantai menjadi cacat.

Untuk melindungi lantai parket, banyak juga yang melapisinya dengan karpet hingga ketika kita menggunakan alas lantai yang kasar seperti alas lantai kayu, agar kita tak takut merusak lantai.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

One comment

  1. Ok.Trims atas info pentingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.