Home / Blog / Jasa Impor Barang Dari Luar Negeri
Jasa Impor Barang Dari Luar Negeri

Jasa Impor Barang Dari Luar Negeri

Mendapat barang dari luar negeri kini bukan hal sulit. Kita bisa dengan mudah memanfaatkan jasa impor barang yang tersedia di mana-mana, baik perseorangan maupun toko. Banyak jenis barang yang bisa kita impor atau datangkan dari luar negeri. Mulai dari barang-barang kebutuhan primer seperti pakaian hingga barang-barang yang sifatnya hiburan seperti buku dan album musik.

Kita bisa mengimpor barang untuk kebutuhan diri sendiri hingga dijual kembali. Bisnis jual beli barang impor sudah umum ditemukan di Indonesia. Barang impor memiliki reputasi tersendiri, mulai dari kualitas yang diyakini lebih baik hingga jenisnya yang lebih beragam. Namun kita harus tetap memperhatikan beberapa hal agar dapat memperoleh barang impor yang berkualitas baik dan nilai jualnya tinggi.

Jasa Impor Barang Berkualitas

Yang pertama harus diperhatikan dari proses impor barang adalah memilih toko yang terpercaya. Ini karena tak jarang ketika seseorang melakukan pembelian dari luar negeri, barang yang datang tidak sesuai dengan foto yang dipajang di website. Penting untuk memilih toko yang telah memiliki reputasi untuk menjamin kepuasan kita dalam bertransaksi. Pemilihan toko tidak hanya berdasar harga yang terendah namun juga toko yang memberikan pelayanan terbaik dan bisa dipercaya.

Dengan memanfaatkan jasa impor barang, biasanya kita akan diberikan rekomendasi beberapa toko yang memiliki reputasi baik sehingga kita tidak perlu khawatir akan kualitas barang yang didapat. Ada banyak toko dan pusat grosir dari luar negeri yang bisa kita pilih sebagai tempat belanja untuk barang impor yang terpercaya. Kita juga bisa bertanya pada orang yang telah berpengalaman mengimpor barang mengenai toko yang bisa dipercaya ini.

Pembelian barang secara impor melalui jasa impor barang biasanya akan dilakukan dalam partai grosir. Ini supaya harga barang per buah menjadi lebih murah sehingga ketika kita jual kembali maka akan mendapat untung besar. Mengirim barang dari luar negeri ke Indonesia sendiri bisa dilakukan melalui jalur laut menggunakan kapal ataupun jalur udara menggunakan pesawat. Jalur laut akan memakan biaya yang lebih sedikit namun waktu yang lebih lama.

Sementara menggunakan jalur udara akan dikenakan biaya yang jauh lebih tinggi namun lebih cepat sampai. Pilihan tepat untuk bisnis perdagangan barang impor di Indonesia adalah pengiriman lewat jaur laut. Terutama apabila kita tidak terburu-buru dalam mendapat barang impor dan hendak menjualnya kembali dengan memanfaatkan modal yang serendah-rendahnya. Tujuannya adalah agar bisa mengambil untung lebih banyak.

Biaya Jasa Impor Barang

Barang yang diimpor begitu masuk Indonesia akan melewati bea dan cukai terlebih dahulu sebelum dikirim ke alamat kita. Jasa impor barang biasanya akan sekaligus mengurus bea cukai ini. Setelah lepas dari bea dan cukai barulah barang dikirim ke alamat kita menggunakan ekspedisi lokal. Sehingga total dibutuhkan dua kali pengiriman dalam proses impor barang, yaitu dari negara asal ke Indonesia dan dari pelabuhan ke alamat kita.

Untuk ongkos kirim dari luar negeri ke Indonesia sendiri biasanya menggunakan perhitungan volume yaitu per meter kubik. Biaya ongkos kirim per meter kubik ini dapat mencapai tiga juta rupiah. Besarnya biaya akan dapat ditutup nantinya saat kita sudah mulai mendapat keuntungan dari hasil menjual barang-barang impor ini. Inilah mengapa pembelian barang dari luar negeri biasanya akan dilakukan dalam partai besar untuk grosir dan bukan sekedar eceran.

Jasa Impor Barang dan Pemasarannya di Indonesia

Memasarkan barang impor di Indonesia sebenarnya tidak jauh beda dengan memasarkan produk lokal. Tetap dibutuhkan strategi marketing yang baik agar produk yang dijual bisa laris dan memiliki banyak peminat. Kita bisa memanfaatkan mulai dari media sosial hingga website atau marketplace. Penjualan secara online lebih banyak dipilih karena banyaknya pengguna internet yang ada di Indonesia terutama pengguna media sosial.

Selain itu, menjual barang secara online juga lebih hemat karena kita tidak membutuhkan sewa tempat untuk berjualan. Bergabung dalam media sosial serta marketplace tidak akan dipungut biaya apapun sehingga dapat lebih menghemat modal yang dikeluarkan. Jasa impor barang sendiri akan selesai saat barang sudah di tangan kita dan selanjutnya apabila kita hendak menjualnya kembali, hal ini akan bergantung pada kemampuan diri sendiri dalam melakukan promosi dan memasarkannya.

Media sosial yang biasa digunakan untuk berjualan online di antaranya adalah Facebook serta Instagram. Kita juga bisa memanfaatkan website pribadi ataupun bergabung dalam marketplace yang sudah ramai pembeli. Barang impor tetap harus dipromosikan secara baik agar mendapat tanggapan yang positif.

Pasanglah harga bersaing agar kita bisa menjaring lebih banyak pembeli. Margin keuntungan dari penjualan barang impor biasanya adalah 1:3 minimal dan 1:10 maksimal. Sebagai contoh adalah apabila harga dari barang Rp1.000 maka kita jual minimal sebesar Rp3.000 dan maksimalnya adalah sebesar Rp10.000.

Dengan begini kita akan mendapat keuntungan yang cukup besar bahkan dengan menggunakan margin keuntungan yang rendah sekalipun. Demikian adalah informasi seputar jasa impor barang dan keuntungan yang bisa diperoleh. Tentu saja dibutuhkan ketekunan dan sikap pantang menyerah dalam berbisnis dagang barang impor ini. Semoga dapat menjadi tambahan informasi bagi kita semua.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.