Home / Mainan Anak / Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak - Snapdeal

Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak

Anda tentu familier dengan mainan mobil remot yang menjadi salah satu mainan favorit bagi anak laki-laki. Namun, tahukah Anda apa manfaat dari mobil mainan beragam model yang dijalankan dengan pengendali jarak jauh ini? Selain untuk menghibur dan melibatkan anak dalam kegiatan bermain yang menyenangkan, mainan tersebut ternyata juga bisa dijadikan sebagai media untuk melatih kecerdasan emosional anak.

Kecerdasan emosional sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola emosi dirinya saat berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan sekitar. Kecerdasan ini meliputi sejumlah aspek dalam ranah personal maupun sosial. Saat anak memainkan mainan mobil remot, terutama jika didampingi oleh peran aktif dari orang tua, sejumlah aspek kecerdasan emosional berikut akan ikut terlatih.

Menyadari kesalahan dan memperbaikinya

Menyadari kesalahan dan memperbaikinya - Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Menyadari kesalahan dan memperbaikinya – Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak – Hammacher

Saat menjalankan mobil remot untuk pertama kalinya, adalah hal yang wajar jika anak menemukan beberapa masalah. Tombol pengendali yang salah dipencet, arah mobil yang melenceng, hingga pemilihan lintasan yang kurang tepat merupakan masalah umum yang biasa terjadi.

Di saat inilah anak akan menyadari dan menemukan kesalahan yang menjadi penyebab masalah itu terjadi. Anda sebagai orang tua bisa mengarahkan mereka untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut jika anak masih merasa kesulitan untuk menyelesaikannya sendiri.

Belajar bertanggung jawab untuk menjaga barang miliknya sendiri

Belajar bertanggung jawab untuk menjaga barang miliknya sendiri - Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Belajar bertanggung jawab untuk menjaga barang miliknya sendiri – Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak – Amazon

Setiap kali memberikan mainan pada anak, cobalah untuk mengatakan jika mainan tersebut adalah milik mereka dan oleh karena itu, harus dijaga dengan baik. Konsep yang sama juga berlaku saat Anda memberikan mainan mobil remot. Buatlah anak menganggap bahwa mobil mainan tersebut adalah barang milik mereka yang harus dijaga.

Dengan begitu, anak akan belajar bertanggung jawab menjaga barang miliknya.  Hal ini merupakan salah satu aspek pembentukan karakter yang harus dimiliki anak hingga mereka dewasa.

Mengembangkan minat dan ketertarikan

Mengembangkan minat dan ketertarikan - Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Mengembangkan minat dan ketertarikan – Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak – BeneathMyHeart

John Holt, salah seorang penulis kenamaan Amerika, pernah berkata, “Anak-anak belajar melalui minat dan rasa penasaran.” Oleh karena itu, jelaslah bahwa orang tua perlu memilih jenis mainan yang sesuai agar bisa mengembangkan minat dan ketertarikan anak.

Sangat mudah bagi anak, terutama anak laki-laki, untuk merasa tertarik dengan mainan mobil remot. Konsep mengendalikan kendaraan dengan sejumlah tombol navigasi yang tersedia akan membuat anak tertarik untuk mencoba, dan pada akhirnya, mereka akan mengembangkan minat pada bidang lainnya, seperti pada bidang otomotif atau bidang sains terapan yang banyak membahas konsep benda bergerak.

Meningkatkan interaksi sosial dengan orang-orang terdekat

Meningkatkan interaksi sosial dengan orang-orang terdekat - Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
Meningkatkan interaksi sosial dengan orang-orang terdekat – Manfaat Mainan Mobil Remot untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak – walmart

Mobil remot bukanlah permainan yang sederhana. Oleh karena itu, anak perlu diawasi orang tua atau saudara yang lebih tua saat memainkannya. Dalam proses ini, anak tentu akan berinteraksi dengan orang-orang terdekat di sekitarnya, seperti menanyakan ke mana harus mengarahkan mobil atau meminta tolong untuk membuat lintasan tempat mobil melaju.

Memainkannya di luar rumah juga bisa memberikan manfaat lebih. Mobil remot adalah mainan yang cukup mudah menarik perhatian. Jika teman sepermainan si buah hati tertarik dan ingin ikut bermain, anak Anda bisa belajar berbagi untuk membolehkan temannya mencoba menjalankan mobil sesekali. Anak pun bisa berlatih berkompetisi dengan acara balap kecil-kecilan jika teman-temannya memiliki mobil remot untuk dimainkan bersama.

Setelah melihat sejumlah manfaat mainan mobil remot untuk melatih kecerdasan emosional anak, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih mainan ini sebagai hadiah bagi si buah hati. Mencarinya pun kini tak perlu susah-susah. Di importer.co.id, Anda bisa menemukan berbagai jenis dan model mobil remot serta mainan anak lainnya yang diimpor langsung dari Cina. Kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, serta kepuasan memberikan hadiah bermanfaat bagi anak akan langsung Anda dapatkan.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.