Home / Blog / Memahami Cara Mudah Import Barang dari Cina untuk Meraup Keuntungan
Memahami Cara Mudah Import Barang dari Cina untuk Meraup Keuntungan
Memahami Cara Mudah Import Barang dari Cina untuk Meraup Keuntungan

Memahami Cara Mudah Import Barang dari Cina untuk Meraup Keuntungan

Cara mudah import barang dari Cina – Untuk menjadi orang yang berhasil dan bergemilang harta, bekerja di sebuah perusahaan besar bukanlah menjadi satu-satunya cara. Banyak cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menjadi orang yang berhasil. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuka usaha sendiri sebagai seorang importir.

Untuk menjadi seorang importir handal, seseorang harus paham dengan baik akan kebutuhan pasar. Barang-barang yang akan didatangkan dari luar negeri pun haruslah barang berharga murah yang kemudian dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Harga murah dapat diperoleh dari Cina.

Cina merupakan produsen barang termurah hingga saat ini. Barang yang mereka jual pun memiliki kualitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan barang murah lainnya yang berasal dari negara lain. Harga murah dan kualitas baik yang dimiliki oleh barang asal Cina membuat para importir tak segan untuk membelinya dalam jumlah besar.

Cara Mudah Import Barang Dari Cina yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui negara mana yang memiliki barang dengan harga beli yang murah, seorang importir juga harus mengetahui cara mudah import barang dari Cina. Mendatangkan barang dari negara lain tentunya akan sangat berbeda dengan mendatangkan barang dari kota lain. Perbedaan tersebut berada pada surat perijinan dan cara pengiriman barang tersebut.

Jika untuk mendatangkan barang dari kota lainnya pemasok tidak perlu memiliki ijin, lain halnya dengan pemasok barang luar negeri yang harus memiliki ijin resmi memasukkan barang tersebut. Pemasok barang asal luar negeri juga membutuhkan modal yang jauh lebih besar untuk menjalankan bisnis tersebut. Karena perbedaan cara pengiriman dan ijin usaha, seorang importir harus memenuhi standar sebagai seorang pemasok barang asal luar negeri, khususnya Cina.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mudah import barang dari Cina yang perlu untuk Anda ketahui. Pengetahuan yang akan dijelaskan merupakan pengetahuan mendasar yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang importir. Berikut cara-cara yang harus dilakukan untuk menjadi seorang importir barang dari Cina:

  • Menentukan bagaimana system perdagangan yang akan dilakukan.
  • Menentukan cara dan mengetahui biaya pengiriman barang asal Cina.
  • Memilih jasa pengiriman barang dengan tepat.
  • Mampu menentukan cara pengiriman barang yang menguntungkan.
  • Selalu mengasuransikan barang yang dibeli.
  • Memahami segala macam peraturan kepabeaan.
  • Paham akan cara-cara pembayaran.
  • Selalu melakukan persiapan akan kelengkapan dokumen.

Cara Mudah Import Barang Dari Cina dengan Menjalankan Kelengkapan Dokumen

Dokumen merupakan kelengkapan penting yang harus dimiliki oleh para importir. Cara mudah import barang dari Cina tidak akan dilakukan dengan baik tanpa adanya kelengkapan dokumen tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, barang yang didatangkan dari luar negeri membutuhkan surat perijinan agar barang-barang tersebut dapat masuk ke Indonesia dengan lancar. Berikut ini merupakan dokumen yang harus ada pada saat memasukkan barang asal Cina ke dalam negeri:

  • Commercial Invoice. Merupakan daftar harga barang yang dicantumkan pada packing list. Harga yang dicantumkan di dalam dokumen tersebut berupa harga satuan dan total harga barang.
  • Bill of Lading. Merupakan dokumen jasa pengiriman barang pada saat melakukan eksport ke luar negeri. Dokumen ini nantinya akan diberikan kepada importir sebagai bukti untuk pengambilan barang yang dipesan.
  • Airway Bill. Dokumen jasa pengiriman barang yang berasal dari penerbangan. Pengiriman barang dengan jalur udara membutuhkan dokumen ini untuk prosesnya.
  • Certificate of Origin. Merupakan dokumen yang menunjukan jika barang yang didatangkan merupakan barang asli yang datang dari negara tertentu. Negara asal barang merupakan pihak yang mengeluarkan dokumen penting ini.
  • Packing List. Merupakan dokumen pengepakan barang. Dokumen ini akan selalu ada pada saat kegiatan ekspor berlangsung.

Cara mudah import barang dari Cina akan berjalan mulus tanpa adanya hambatan jika para importir melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Setelah dokumen dilengkapi dengan benar, importir harus melakukan perijinan import. Ijin import barang dapat dilakukan sendiri atau mengaitkan dengan pihak ketiga.

Jasa Pengangkutan Impor Door to Door merupakan pihak yang memberikan kemudahan dalam pengangkutan barang asal Cina. Dengan begitu, Anda tak perlu repot lagi dalam mengatur surat perijinan import tersebut. Setelah surat perijinan lengkap, hal lainnya adalah membayar cukai, bea masuk, Pph  dan biaya pajak lainnya. Pembayaran pajak yang selesai dilakukan akan memudahkan Anda untuk memasukkan barang asal Cina ke dalam negeri.

Barang asal Cina yang telah masuk ke dalam negeri harus dilakukan pengecekan dengan baik. Langkah ini merupakan salah satu cara mudah import barang dari Cina yang harus dilakukan. Cara ini dilakukan untuk mengecek jumlah barang dan keadaan barang tersebut.

Jika terdapat barang rusak, para importir dapat mengkonfirmasikannya kepada jasa pengiriman barang atau kepada perusahaan asuransi. Untuk memperkuat bukti bahwa barang dalam keadaan yang tidak baik, seorang importir dapat mengambil foto barang yang rusak tersebut. Importir juga harus membuat catatan tersendiri mengenai barang rusak tersebut.

Dengan begitu, importir dapat mengklaim barang yang rusak untuk mendapatkan pergantian barang atau pemotongan biaya pengiriman. Itulah beberapa cara mudah import barang dari Cina yang perlu untuk diketahui.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.