Home / Blog / Pilihan Barang Import dari Cina
Pilihan Barang Import dari Cina
Pilihan Barang Import dari Cina

Pilihan Barang Import dari Cina

Membicarakan masalah negara Cina pastinya tidak akan ada habisnya. Bagaimana tidak, negara yang satu ini memang sangat besar dan sudah dikenal sejak dahulu kemahsyurannya di seluruh dunia. Salah satu hal yang dikenal ialah barang-barang import dari Cina.

Ya, di seluruh dunia pastinya sudah tak asing lagi dengan barang-barang tersebut. Indonesia merupakan salah satu konsumen atas barang-barang yang diekspor oleh Cina. Barang-barang buatan dari Cina tidak hanya melulu handphone saja, melainkan juga masih ada banyak barang import lainnya. barang-barang dari Cina itulah yang menjadi pesaing berat bagi produk-produk dari Amerika dan Eropa. Hal itu dikarenakan produk atau barang dari Cina lebih banyak macamnya.

Selain itu, barang import dari Cina memang dikenal murah alias terjangkau untuk semua masyarakat khususnya di Indonesia. Pemerintah Indonesia memang cukup selektif terhadap barang-barang import dari berbagai negara seperti halnya dari Cina. Apalagi barang-barang yang ilegal sering membuat pemerintah merasa kecolongan karena membuat negara merugi.

Masyarakat memang tidak mempedulikan apakah itu barang ilegal atau barang yang resmi alias legal. Tidak dapat kita pungkiri bahwa masyarakat menginginkan untuk bisa mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Namun, sebagai konsumen yang cerdas, sudah semestinya kita untuk membeli barang import dari Cina yang pastinya berkualitas dan terjamin. Ada banyak sekali produk-produk dari Cina yang masuk ke Indonesia. Kita bisa temui dengan mudah di toko-toko yang ada.

Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia ada banyak sekali orang-orang Tionghoa yang menjual beragam macam barang-barang dari Cina. Hal itu membuat kita dapat dengan mudah mendapatkan barang-barang tersebut.

Barang-barang dari Cina yang sering masuk ke Indonesia antara lain yaitu peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, spare part kendaraan, pakaian, sepatu, makanan, kain, dan sebagainya. Barang-barang dari Cina itu pun kita kenal juga memiliki pilihan berdasarkan kualitasnya. Oleh karena itulah kita kenal dengan istilah KW atau menunjukkan kualitasnya.

Handphone, Barang Import Favorit

Hidup di zaman yang serba canggih dan modern seperti saat ini tak bisa kita lepaskan dari penggunaan handphone, bukan? Ya, kita bisa mengakses beragam hal dengan menggunakan handphone. Nah, membicarakan masalah handphone tak bisa kita lepaskan dari yang namanya salah satu bagian dari barang import Cina. Handphone dari Cina yang masuk ke Indonesia sendiri ada banyak sekali pilihannya.

Namun, masih banyak kalangan masyarakat yang menyangsikan produk dari Cina ini. Memang handphone dari Cina dikenal dengan harganya yang murah. Meskipun begitu, kualitas dari handphone Cina juga bisa dibandingkan dengan handphone dari Amerika ataupun dari Eropa.

Ada banyak kelebihan lain dari handphone Cina. Kelebihan handphone dari Cina antara lain yaitu desainnya yang menarik, tersedia dalam beragam pilihan tipe, mudah untuk didapatkan di toko-toko atau kounter handphone, dan sebagainya. Jika handphone sedang eror pun dapat mudah mendapatkan tempat servisannya.

Mengapa Barang Import Dari Cina Murah?

Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa barang import dari Cina itu murah atau relatif terjangkau? Ada banyak hal atau alasan yang membuat barang-barang dari Cina yang masuk ke Indonesia memang relatif murah antara lain yaitu

  1. Dukungan dari pemerintah: kebijakan pemerintah Cina yang melakukan PEG mata uang sehingga jauh dibandingkan dengan mata uang negara lainnya. Hal itu membuat produk dari Cina menjadi lebih murah.
  2. Produk dengan berbagai kualitas: seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa produk-produk Cina dijual dalam beragam kualitas. Dengan begitu konsumen dapat menyesuaikan dengan dompetnya dalam wujud barang yang sama, tetapi dibedakan dari kualitasnya.
  3. Pekerja yang loyal: hubungan antara pekerja degan pemerintah saling menguntungkan dan baik, sehingga mempengaruhi lancarnya produksinya.

Tips Membeli Barang Import

Kali ini akan dibahas mengenai tips yang harus diperhatikan saat membeli barang import dari Cina. Meskipun di atas sudah dijelaskan mudahnya mendapatkan atau membeli produk-produk dari Cina, tetapi tetap harus diperhatikan untuk memilih barang-barang dari Cina.

Karena barang-barang dari Cina terdiri dari beragam kualitas. Dengan begitu jangan sampai kita merugi karena membeli yang seharunya kualitas super, tetapi mendapatkan kualitas yang paling rendah. Ketakutan itu tak perlu kita lebih-lebihkan.

Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membelinya di toko atau tempat yang aman dan terpercaya. Seperti halnya saat ini sudah banyak toko-toko online yang menjual barang-barang dari Cina. Kemudahan untuk mengakses toko online, jangan sampai membuat kita tergiur dari foto-fotonya saja. Kita pun juga harus mengetahui kredibiltas toko online tersebut.

Harga barang import yang mahal tentunya akan berbanding lurus dengan kualitas barang yang kita dapatkan. Jangan mau terbujuk dengan promo-promo yang mencurigakan meskipun kelihatannya menarik dan murah. Pastikan barang-barang yang kita beli itu adalah barang yang legal atau sah.

Misalnya saja kita membeli handphone, hal itu dapat memudahkan kita untuk komplain jika suatu saat handphone yang kita beli itu rusak. Karena perlu kita ketahui bahwa dalam mengklaim kerusakan pada tempat service adalah buku garansi dari handphone tersebut. Jadi, tetap selektif dalam membeli barang-barang dari Cina.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.