Home / Blog / Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya
Jenis-jenis Saklar Lampu - Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya - aliceindataland.net
Jenis-jenis Saklar Lampu - Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya - aliceindataland.net

Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya

Lampu sangat diperlukan untuk menerangi sebuah ruangan, terutama pada malam hari. Nah, supaya lampu dapat menyala atau memancarkan cahaya, dibutuh kan aliran listrik yang stabil. Aliran listrik tersebut disambungkan dan diputus dengan menggunakan alat khusus. Ada yang menggunakan saklar lampu, ada pula yang menggunakan stop kontak.

Prinsip keduanya sama. Namun, saklar bersifat lebih praktis karena pengguna hanya perlu menekan untuk menghidupkan atau mematikan aliran listrik yang mengalir kebohlam lampu. Sementara itu, jika menggunakan stop kontak, pengguna memerlukan usaha yang lebih besar.

Jenis-jenis Saklar Lampu

Jenis-jenis Saklar Lampu - Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya - aliceindataland.net
Saklar Lampu – image: aliceindataland.net

Ada dua jeniss aklar lampu yang umum digunakan berdasarkan bentuknya. Berikut di antaranya:

  • Saklar Tunggal

Ini adalah jenis saklar yang paling umum digunakan di setiap hunian, termasuk hotel dan apartemen. Saklar ini memiliki tuas yang berfungsi mematikan lampu hanya dalam sekali tekan.

  • Saklar Seri
 Saklar Seri - Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya - architonic.com
Saklar Lampu – image: architonic.com

Ini adalah jenis saklar lampu yang dapat mematikan aliran listrik kebeberapa lampu hanya dalam sekali tekan. Saklar ini cocok untuk ruangan yang besar dan dilengkapi dengan banyak lampu.

Panduan Memilih Saklar Lampu

Panduan Memilih Saklar Lampu - Panduan Memilih Saklar Lampu yang Tepat Berdasarkan Bentuk nya - homedepot.com
Saklar Lampu – image: homedepot.com

Karenabanyaknyaalternatifsaklarlampuberdasarkanbentuknya, adabaiknyaAndamengetahuibeberapapanduanmemilihberikutini:

  1. Pilihlah model saklar yang sesuai dengan selera

Pada umumnya, fungsi saklar lampu sudah jelas dan sama, apa pun bentuknya. Namun, ada beberapa perbedaan tipis jika menggunakan saklar lampu dengan model yang berbeda. Salah satu nya adalah kesan yang diciptakan. Ada saklar yang tampak biasa saja. Ada pula yang terlihat eksklusif.

Model saklar yang eksklusif ini sangat cocok digunakan pada ruangan yang didesain secara artistik. Sebagai contoh, kamar hotel, lobby, kafe, atau restoran. Untuk ruangan-ruangan seperti ini, model saklar lampu yang tidak tepat bias merusak pemandangan karena tidak menyatu dengan keseluruhan desain interior ruangan.

  1. Pilihlah model saklar yang mudah digunakan
Pilihlah model saklar yang mudah digunakan - Pilihlah model saklar yang mudah digunakan - sagahsop.info
Saklar lampu – image: sagahsop.info

Faktor kedua yang perlu dipertimbangkan pada saat memilih saklar lampu adalah kemudahan pada saat penggunaan nya. Ada banyak inovasi yang dikembangkan guna membuat alat ini lebih fleksibel. Salah satunya dengan menghadirkan garis batas yang tegas antara tombol yang ditekan dengan pinggiran nya.

Dengan bentuk saklar seperti ini, pengguna akan lebih mudah menyalakan atau mematikan lampu hanya dengan menyentuh nya. Lekuk saklar secara otomatis memandu pengguna untuk menyalakan atau mematikan aliran listrik tanpa melihatnya.

  1. Pilihlah model saklar yang aman

Salah satu factor lain yang tak kalah penting dalam memilih saklar adalah keamanan nya. Sangat penting untuk memastikan saklar tersebut tersambung pada instalasi yang tepat dan aman. Untuk meminimalisir risiko, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin. Hal ini juga berlaku pada berbagai sambungan listrik lainnya di dalam rumah.

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan cara memasang saklar lampu supaya tidak menimbulkan risiko yang membahayakan. Jangan lupa untuk selalu mematikan MCB (Miniature Circuit Breaker). Hal lainnya yang perlu di ketahui adalah aturan tinggi saklar dari lantai. Khusus untuk lampu ruangan, misalnya, sebaiknya saklar ditempatkansetinggi orang berdiri atau sekitar 145 cm. Hal ini untuk memudah kan pengguna ketika menekan tombol saklar.

Baca Juga : Jual Produk Elektronik Impor Di Jakarta

Nah, demikian beberapa hal yang perlu diketahui pada saat memilih saklar lampu yang tepat. Untuk membeli saklar dalam jumlah yang banyak, Anda bias menghubungi 0811158309, baik melalui telepon maupun Whatsapp. Informasi lebih lanjut bias didapatkan di www.importer.co.id.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.