Home / Blog / Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor
Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang tepat. Karena di sini akan membahas salah satu jenis usaha yang bisa mendatangkan kesuksesan, yakni menjadi distributor dan agen barang impor kami. Banyak yang belum tahu, apa itu distributor barang impor, bagaimana memulainya, dan juga seberapa besar keuntungannya.

Terlebih dahulu, mari kita lihat peluang dari usaha impor barang di Indonesia. Kita sadari benar bahwa pola konsumsi masyarakat Indonesia masih cenderung tinggi. Kita mengenal Indonesia sebagai masyarakat yang konsumtif yang cenderung suka membeli barang dibanding menciptakan atau menjual barang.

Selain itu, orang Indonesia juga mudah tergiur dengan harga yang murah. Sedangkan kita tahu sendiri kalau barang impor dari China khususnya, dijual dengan harga yang murah. Sudah pasti keragaman produk dan  juga harga yang murah bisa jadi magnet bagi para calon konsumen.

Mengenal Istilah Dstributor Untuk Barang Impor

Jenis usaha yang menguntungkan ini memang belum terlalu termasyur di Indonesia. Maka dari itu, peluangnya masih terbuka lebar untuk digeluti. Pertama kali, kita akan mengenal lebih dalam tentang istilah distributor. Dalam bisnis ini, distributor adalah mereka, baik perusahaan atau perorangan yang membeli barang dari produsen yang memproduksi barang secara langsung.

Nah, orang atau perusahaan inilah yang akan membeli dan menjual kembali ke beberapa toko atau ritel. Dari mana labanya? Laba seorang distributor  berasal dari potongan margin diskon yang diberikan oleh si produsen karena telah membeli barang tersebut dalam jumlah yang banyak.

Jika seorang distributor ingin menjualkan barang sang supplier, maka ia bisa mendapatkan laba tersendiri. Karena hal inilah, menjadi distributor barang impor merupakan usaha yang menguntungkan, yang pantas untuk digeluti.

Distributor Berbeda Dengan Agen

Bagaimana jika ingin jadi seorang agen? Jika memutuskan menjadi seorang agen, maka keuntungan yang didapat adalah komisi yang diberikan oleh si distributor dari selisih harga jual.

Sedangkan untuk reseller sendiri, merupakan yang menjual barang dari agen atau distributor dan menjualnya langsung kepada konsumen. Maka bisa disimpulkan bahwa menjadi distributor itu jauh lebih menguntungkan dibanding menjadi agen atau reseller barang impor.

Kelebihan Menjadi Distributor Barang Impor

Sebagai salah satu usaha yang menguntungkan, distributor barang impor tentu memiliki banyak kelebihan dibanding bisnis lainnya. Dan hal inilah yang membuatnya makin ramai dibicarakan dan diminati banyak orang. Penasaran tentang kelebihan dan keuntungannya?

Inilah beberapa diantaranya yang bisa kita dapat:

  • Seorang distributor barang impor tidak memikirkan masa kadarluarsa suatu produk maupun tinjaun mutunya. Karena semua itu merupakan tanggung jawab dari si produsen atau yang membuat barang tersebut.
  • Seorang distributor tidak perlu memikirkan tentang biaya produksi suatu barang. Hingga modal yang kita keluarkan sangat minim.
  • Seorang distributor barang impor tidak memikirkan tentang penyediaan bahan baku, karyawan, dan proses produksi. Yang perlu kita pikirkan adalah memperbanyak retail dan toko yang mau menjual barang yang kita datangkan dari supplier.
  • Seorang distributor barang impor juga mampu menentukan sendiri keuntungan yang ingin dicapai. Target bisa ditentukan sendiri dan semakin banyak yang terjual maka  akan semakin banyak keuntungan yang didapat.
  • Seorang distributor barang impor bebas menentukan dan memperbanyak toko atau retail hingga keuntungan pun akan semakin luas.

Sebagai usaha yang menguntungkan, menjadi distributor barang impor juga membeirkan beberapa kekurangan layaknya jenis bisnis lainnya. Beberapa diantaranya  yakni:

  • Butuh modal yang tidak sedikit, karena jumlah pembelian dari supplier dalam jumlah yang besar.
  • Memiliki kontrol yang terbatas pada barang yang disalurkan kepada toko atau retail, karena kita langsung mendapatkannya dari si supplier.
  • Harga untuk barang yang diimpor cenderung tidak stabil. Jadi wajar saja jika terjadi kenaikan atau penurunan harga barang yang signifikan. Harga ini berdasarkan dengan volume produksi barang tersebut. Jika volume barang yang diproduksi menurun, maka harga jual barang bisa semakin tinggi. Namun begitu juga dengan sebaliknya.
  • Sulit menemukan distributor di daerah tertentu, terlebih di daerah yang terpencil

Distributor barang impor yang telah menjadi salah satu usaha yang menguntungkan ini adalah salah satu solusi bagi yang ingin lebih meningkatkan kesejahteraan  hidup dan keluarganya. Dan untuk memulainya, harus mempelajari bagaimana seluk beluk serta peraturan yang berlaku. Karena bisnis ini merupakan bisnis yang melibatkan kedua negara.

Lalu, bagaimana dengan agen? Apakah peluang suksesnya juga cukup besar?

Menjadi agen juga bisa membuka pintu sukses, Peluang ini cukup banyak digeluti dan menjadi usaha yang menguntungkan bagi banyak orang. Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari menjadi agen barang impor ini adalah mendapatkan untung cukup besar.

Kenapa bisa demikian?

Hal ini dikarenakan, setiap  daerah biasanya hanya membatasi satu agen resmi saja, jadi tidak terjadi persaingan. Keuntungan sebagai agen juga datang dari komisi yang cukup besar dari distributor dari setiap barang impor yang terjual. Karena berbagai hal di atas, tidak heran jika bisnis barang impor ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Check Also

Bisnis Impor Yang Menguntungkan

6 Tips Sukses Memulai Dan Menjalankan Bisnis Impor Yang Menguntungkan

Di tahun ini dan tahun-tahun mendatang, bisnis menjadi salah  satu yang memiliki prospek yang besar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.