Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Kamu salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Kamu membaca artikel yang tepat. Karena di sini akan membahas salah satu jenis usaha yang bisa mendatangkan kesuksesan, yakni menjadi distributor dan agen barang import.

Banyak yang belum tahu, apa itu distributor barang impor, bagaimana memulainya, dan juga seberapa besar keuntungannya.

Terlebih dahulu, mari kita lihat peluang dari usaha impor barang di Indonesia. Kita sadari benar bahwa pola konsumsi masyarakat Indonesia masih cenderung tinggi. Kita mengenal Indonesia sebagai masyarakat yang konsumtif yang cenderung suka membeli barang dibanding menciptakan atau menjual barang.

https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain itu, orang Indonesia juga mudah tergiur dengan harga yang murah. Sedangkan kita tahu sendiri kalau barang impor dari China khususnya, dijual dengan harga yang murah. Sudah pasti keragaman produk dan  juga harga yang murah bisa jadi magnet bagi para calon konsumen.

usaha yang menguntungkan
Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Mengenal Istilah Ditstributor Untuk Barang Impor Sebagai Usaha Yang Menguntungkan

Jenis usaha yang menguntungkan ini memang belum terlalu termasyur di Indonesia. Maka dari itu, peluangnya masih terbuka lebar untuk digeluti. Pertama kali, kita akan mengenal lebih dalam tentang istilah distributor. Dalam bisnis ini, distributor adalah mereka, baik perusahaan atau perorangan yang membeli barang dari produsen yang memproduksi barang secara langsung.

Nah, orang atau perusahaan inilah yang akan membeli dan menjual kembali ke beberapa toko atau ritel. Dari mana labanya? Laba seorang distributor  berasal dari potongan margin diskon yang diberikan oleh si produsen karena telah membeli barang tersebut dalam jumlah yang banyak.

Jika seorang distributor ingin menjualkan barang sang supplier, maka ia bisa mendapatkan laba tersendiri. Karena hal inilah, menjadi distributor barang impor merupakan usaha yang menguntungkan, yang pantas untuk digeluti.

usaha yang menguntungkan
Distributor Berbeda Dengan Agen – usaha yang menguntungkan

Distributor Berbeda Dengan Agen

Bagaimana jika ingin jadi seorang agen? Jika memutuskan menjadi seorang agen, maka keuntungan yang didapat adalah komisi yang diberikan oleh si distributor dari selisih harga jual.

Sedangkan untuk reseller sendiri, merupakan yang menjual barang dari agen atau distributor dan menjualnya langsung kepada konsumen. Maka bisa disimpulkan bahwa menjadi distributor itu jauh lebih menguntungkan dibanding menjadi agen atau reseller barang impor.

Kelebihan Menjadi Distributor Barang Impor

Sebagai salah satu usaha yang menguntungkan, distributor barang impor tentu memiliki banyak kelebihan dibanding bisnis lainnya. Dan hal inilah yang membuatnya makin ramai dibicarakan dan diminati banyak orang. Penasaran tentang kelebihan dan keuntungannya?

Inilah beberapa diantaranya yang bisa kita dapat:

  • Tidak memikirkan masa kadarluarsa suatu produk maupun tinjaun mutunya. Karena semua itu merupakan tanggung jawab dari si produsen atau yang membuat barang tersebut.
  • Modal yang kita keluarkan sangat minim. Karena tidak produksi produk.
  • Seorang distributor barang impor tidak memikirkan tentang penyediaan bahan baku, karyawan, dan proses produksi. Yang perlu kita pikirkan adalah memperbanyak retail dan toko yang mau menjual barang yang kita datangkan dari supplier.
  • Mampu menentukan sendiri keuntungan yang ingin dicapai. Target bisa ditentukan sendiri dan semakin banyak yang terjual maka  akan semakin banyak keuntungan yang didapat.
  • Bebas menentukan dan memperbanyak toko atau retail hingga keuntungan pun akan semakin luas.
Usaha Yang Menguntungkan
Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Sebagai usaha yang menguntungkan, menjadi distributor barang impor juga memberikan beberapa kekurangan layaknya jenis bisnis lainnya. Beberapa diantaranya  yakni:

  • Butuh modal yang tidak sedikit, karena jumlah pembelian dari supplier dalam jumlah yang besar.
  • Memiliki kontrol yang terbatas pada barang yang disalurkan kepada toko atau retail, karena kita langsung mendapatkannya dari si supplier.
  • Harga untuk barang yang diimpor cenderung tidak stabil. Jadi wajar saja jika terjadi kenaikan atau penurunan harga barang yang signifikan. Harga ini berdasarkan dengan volume produksi barang tersebut. Jika volume barang yang diproduksi menurun, maka harga jual barang bisa semakin tinggi. Namun begitu juga dengan sebaliknya.
  • Sulit menemukan distributor di daerah tertentu, terlebih di daerah yang terpencil

Menjadi Distributor barang impor adalah usaha yang menguntungkan

usaha menjanjikan
usaha menjanjikan

Ini adalah salah satu solusi bagi yang ingin lebih meningkatkan kesejahteraan  hidup. Dan untuk memulainya, harus mempelajari bagaimana seluk beluk serta peraturan yang berlaku. Karena bisnis ini merupakan bisnis yang melibatkan kedua negara. Ingin Menjadi distributor lantai vinyl? klik di sini.

Lalu, bagaimana dengan agen? Apakah peluang suksesnya juga cukup besar?

Menjadi agen juga bisa membuka pintu sukses, Peluang ini cukup banyak digeluti dan menjadi usaha yang menguntungkan bagi banyak orang. Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari menjadi agen barang impor ini adalah mendapatkan untung cukup besar.

Kenapa bisa demikian?

Hal ini dikarenakan, setiap  daerah biasanya hanya membatasi satu agen resmi saja, jadi tidak terjadi persaingan. Keuntungan sebagai agen juga datang dari komisi yang cukup besar dari distributor dari setiap barang impor yang terjual.

Karena berbagai hal di atas, tidak heran jika bisnis barang impor ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bagi yang mau import perlengkapan kamar mandi bisa klik di sini.

Setelah membahas perbedaan antara distributor, agen sampai reseller sekarang saatnya membahas, usaha apa yang bagus buat pemula?

Usaha Apa Yang Bagus Untuk Pemula?

usaha yang menguntungkan
usaha apa yang bagus unutk saaat ini?

Kalo kita urutkan satu per satu tentunya akan banyak sekali jenis usaha yang akan dituliskan.  Saat ini saya kan tuliskan 21 usaha yang mungkin kamu akan berminat. Namun tidak saya bahas satu persatu ya….

Berikut 21 ide bisnis atau usaha di masa new normal bagi kamu yang terbatas modal atau tidak memiliki modal:

  • Menjadi seorang Kurir
  • Reseller pakaian
  • Reseller makanan
  • Reseller produk kesehatan
  • Reseller produk kecantikan
  • Jastip (Jasa Titipan)
  • Ghost Kitchen (Jualan via Gofood, Grab food, Shopee Food)
  • Catering sedekah
  • Ojek online
  • Jasa edit foto produk
  • Jasa komen di sosmed ( yg ini agak serem nih)
  • Jasa Handle medsos
  • Jasa pembuatan website UMKM
  • Jasa Penulis artikel baik untuk website maupun medsos
  • Jasa pembuatan font
  • Jasa editing video
  • Jasa laundry kiloan bisa dari rumah juga tuh.
  • Menjadi affiliate sebuah produk digital
  • Jual Beli Barang bekas (apalagi yg branded)
  • Budidaya ikan hias
  • Jual Beli tanaman

Nah, ada 21 kesempatan yang mungkin bisa kamu ambil. Tinggal memilih yang menurut kamu cocok dengan passion kamu.

Ide usaha tersebut sedang banyak dijalani saat pandemi 2020. tinggal dari kemauan bergerak dan mau belajar.

Tentunya setiap usaha akan memiliki grafik dan pola. Nantinya kamu akan menemukan pola keberhasilan dan pola kegagalan. Dari pola kegagalan kita akan belajar dan mengenal grafik sebuah bisnis atau usaha.

Semua ide bisnis tersebut saya rangkum berdasarkan orang-orang yang saya temui atau berkomunikasi via telepon. Contohnya seorang ibu rumah tangga sanggup menjual daster sampai dengan 1000pcs perminggu saat pandemi atau ada seorang berjualan kaos anak hampir 10,000pcs per minggu. Padahal ke duanya hanya menerapkan sistem maklon dan berjualan via marketplace.

So, jangan takut untuk melangkah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Butuh Bantuan?, Tanya disini..
Scroll to Top