Home / Blog / 5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Lantai Kamar Tidur
5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Lantai Kamar Tidur

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Lantai Kamar Tidur

Banyak ruagnan di dalam rumah yang ingin dihadirkan dalam desain dan juga penampilan yang sempurna. Mulai dari ruang tamu, kamar makan, dapur, kamar tidur hingga kamar mandi semuanya memiliki spesifikasi dan juga fungsi yang berbeda. Maka dari itu pemilihan material dan elemen untuk ruang itu bisa saja berbeda.

Salah satunya adalah kamar tidur, tempat kita menghabiskan banyak waktu untuk istirahat dan juga rileks dari segala aktivitas yang menyibukkan hari. Nah, ketika kita membicarakan elemen dari kamar tidur ini, maka kita tak bisa lepas dari pemilihan jenis lantai. Memang warna dinding, pemilihan furniture, dan aksesoris runagan menjadi hal yang penting, namun jangan abaikan keberadaan lantai di sini.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih jenis lantai untuk kamar tidur ini. Ada banayk jenis lantai yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Seperti contohnya lantai vinyl.  Dengan motif dan harga lantai vinyl yang beragam, seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk dihadirkan ke dalam berbagai ruangan di rumah.

Nah, bagi yang berencana merombak, meng-upgrade atau merenovasi kamar tidur, ini dia 5 pertimbangan yang harus diperhatikan benar sebelum memilih lantai untuk ruang ini.

Pertimbangkan hal ini  untuk lantai kamar tidur yang nyaman

  • Alergi

Ternyata makanan bukan satu-satunya penyebab seseorang bisa mengalami alergi. Ada pula yang alergi terhadap debu. Oleh karena itulah, pertimbangkanlah terlebih dahulu kemungkinan terjadinya alergi ini.

Bahan seperti karpet bisa mudah menyimpan debu dan rambut hingga beresiko membuat pengidap alergi atau asma bisa kambuh. Apalagi untuk kamar tidur yang akan kita huni sepanjang malam, maka perlu kita perhatikan benar kebersihannya. Debu yang tersimpan dalam karpet ini bisa membuat alergi kambuh.

Bagi yang punya alergi terhadap debu, ada biknya memilih jenis lantai yang tak menyimpan debu, dan juga mudah dibersihkan. Contohnya lantai vinyl.  Selain itu, harga lantai vinyl juga ekonomis, tidak membuat budget renovasi kamar tidur menjadi membengkak.

Pilihan lantai lainnya yang juga tepat untuk kamar tidur bagi pengidap alergi debu adalah jenis lantai parket, atau keramik. Bagi yang tetap ingin mengaplikasikan karpet di kamar tidur, maka bisa  memilih karpet yang terbuat dari bahan sintetis yang mudah dibersihkan, dan tak menyimpan debu di kamar tidur.

  • Anggaran

Masalah anggaran tentu menjadi hal yang penting  dan tak boleh diabaikan. Kiat tahu bahwa banyak jenis lantai yang bukan hanya beragam dalam hal motif dan bahan, namun juga dalam hal harganya. Maka dari itu, lihat dulu kira-kira berapa budget yang kita miliki sebelum membeli lantai untuk kamar tidur.

Bagi yang ingin memiliki tampilan kamar tidur yang mewah, elegan, dan juga tampak alami dan natural, maka lantai kayu bisa jadi pilihannya namun jika anggran sanagt minim, maka harga lantai vinyl jauh lebih bersahabat. Hingga aplikasi lantai ini takkan membuat budget membengkak dan tak terkontrol. Lagi pual, tampilan dari lantai vinyl ini juga bisa menyerupai kayu parket, atau lantai dari batu alam yang harganya jauh lebih mahal.

Pilihan lainnya untuk budget lantai yang terbatas, adalah lantai jenis laminate flooring, yang merupakan ubin kayu mengambang yang terbuat dari plastic yang nampak seperti kayu solid.

  • Hewan peliharaan

Bagi yang memiliki hewan peliharaan, maka pemilihan lantai perlu diperhatikan. Anjing misalnya yang sering mengonggong di dalam kamar, suaranya bisa diredam dengan adanya lantai karpet.

Perlu pula diperhatikan bahwa jika kita mempertimbangkan memilih lantai dari karpet tipe looped carpet, maka resikonya adalah mudah ditancap leh kuku hewan peliharaan. Jadi, sebaiknya lebih memilih jenis karpet cut pile style.

Pilihan lainnya yakni dengan menggunakan lantai vinyl. Bukan hanya masalah harga lantai vinyl yang ekonomis yang jadi pertimbangannya, namun juga karena lantai ini mudah dibersihkan dari bulu hewan atau kotoran dari hewan peliharaan.

  • Anak-anak

Untuk kamar anak, tentu akan lebih nyaman dan aman ketika menggunakan  karpet di dalamnya. Kenapa? Karena karpet ini akan membuat permukaan lantai tidak begitu keras. Selain itu juga bisa menjadikan ruangan lebih hangat. Tipsnys, bisa memilih karpet yang berwarna gelap, karena karpet akan mudah terkena noda akibat aktivitas anak. Noda bisa juga dantang dari krayon, atau pen yang mengenai permukaan karpet.

Namun, jika ingin bahan lantai yang mudah dalam memberishkannya, maka pilihannya adalah lantai vinyl yang praktis dan mudah merawatnya. Lihat pula harga lantai vinyl yang  dan juga modelnya untuk memperoleh jenis lantai yang terbaik. Bahkan tanpa karpet, jika kita mengaplikasikan vynil, maka akan mudah dibersihkan.

  • Cuaca

Untuk Indonesia yang merupakan wilayah tropis, maka perlu mempertimbangkan faktor cuaca sebelum memilih jenis lantai untuk kamar tidur. Akan lebih baik jika lantai kamar tidur bisa tahan panas sepanjang tahun dan juga tahan akan udara yang lembab kala  musim hujan datang. Untuk jenis lantai yang cocok untuk kondisi ini, kita bisa aplikasikan keramik, marmer, atau vinyl yang bisa menahan air dan juga udara lembab di sekitar ruangan.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.