Home / Blog / Cara Memilih Jenis Dan Harga Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Minimalis
Cara Memilih Jenis Dan Harga Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Minimalis

Cara Memilih Jenis Dan Harga Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Minimalis

Banyak yang mendambakan memiliki rumah minimalis yang nyaman dan berkelas. Apalagi yang tinggal di kawasan perkotaan, dimana lahan sangat terbatas, maka kehadiran rumah ini menjadi jawaban bagi banyak keluarga. Pertanyaannya, bagaimana menciptakan rumah dambaan ini?

Ya, salah satunya adalah memilih jenis lantai yang terbaik. Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah lantai kayu parket. Mungkin banyak yang belum mengenal jenis lantai ini. Keberadaannya kian hari kian populer di Indonesia, dan bersiap menjadi salah satu yang bisa mempermewah rumah Anda, sekaligus menjadikannya lebih berkelas dan juga elegan.

Kehadiran lantai kayu parket bisa membuat desain interior sebuah rumah minimalis menjadi lebih elegan, indah, dan juga nyaman. Dengan motif alam yang ada, maka bisa membuat rumah nampak asri dan terasa menyatu dengan alam. Seringkali lantai keramik yang ada membuat kaki menjadi terasa dingin ketika menginjaknya.

Berbeda ketika lantai kayu hadir di dalam rumah, maka akan terasa lebih hangat dan juga nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu, bersiaplah untuk melihat harga lantai kayu parket yang ada saat ini. Tenang saja, harga dari lantai ini beragam, jadi bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Dengan harga lantai kayu yang beragam ini, kualitas dari bahan kayu pun berbeda pula. Untuk jenis kayu yang dibuat di Indonesia, ada beberapa bahan dasar yang digunakan, seperti bahan dasar dari kayu kelapa, jati, sungkai, merbau, bangkirai, ulin, serta sonokeling.

Tips Memilih Lantai Kayu Parket Untuk Rumah Minimalis

  • Perhatikan bahan dasar lantai kayu

Pada dasarnya, ada tiga jenis parket yang ada saat ini, yakni vinyl parquet, laminate parquet, solid parquet. Ketiga bahan dasar ini memilihi keistimewaan tersendiri. Untuk masalah harga juga berbeda dan beragam. Harga lantai kayu tergantung dari bahan dasar dan juga motif pada karakter kayu yang ada.

  • Mengenal jenis-jenis parquet

Banyak mungkin yang belum mengenal jenis lantai kayu solid parket ini. Jenis parket ini dibuat khusus dengan potongan kayu solid, dengan ketebalan sekitar 1,5 cm. Sesuai namanya, parket solid adalah sebuah lantai dengan kayu solid dan kuat. Sedangkan parket vinyl merupakan gabungan dari kayu solid dengan lapisan kayu lain yang berbeda kualitas. Untuk laminated parket sendiri adalah jenis parket yang terbuat dari serbuk.

  • Ketahui dulu harganya

Dengan bahan dasar yang berbeda, maka kualitasnya pun berbeda. Untuk itulah, perlu berhati-hati dalam membelinya. Karena lantai rumah akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, dan tentu saja tidak ada yang ingin bentar-bentar mengganti lantai, maka pilihlah yang berkualitas. Dan sebelum  membeli, harus tahu dulu harga lantai kayu yang beragam ini.

Ingat, bagaimana pun, budget merupakan satu hal yang tak boleh dilupakan untuk sebuah rumah minimalis yang indah dan elegan.

  • Pilih yang tahan cuaca dan rayap

Karena parket terbuat dari bahan dasar kayu, maka pilihlah yang kualitasnya bagus. Salah satunya yang tahan terhadap cuaca serta  rayap. Bahan dasar parket bisa sangat mempengaruhi. Untuk menjadikan parket awet, perawatannya pun tak boleh dilupakan. Berbeda dari lantai keramik, ada cara istimewa sendiri agar tidak mudah lapuk, seperti menjauhkan parket dari air. Usahakan agar tidak lembab terlalu lama karena bisa merusak parket.

  • Perhatikan berat kayu

Makin berat kayu, berarti kayu tersebut padat. Hal ini juga bisa mengindikasikan kualitas kayu dan juga umur kayu tersebut. Ada baiknya konsultasi dengan penjual parket, apa jenis kayu yang digunakan dan juga bagaimana kualitasnya. Jika ada parket yang lebih baik dengan bahan dasar yang berkualitas, maka pilihlah yang satu ini. Kayu yang baik akan lebih tahan terhadap cuaca dan juga kelembaban.

  • Pilihlah yang memiliki kuncian yang merekat kuat

Sistem pemasangan lantai parket adalah dengan pengeleman. Seperti memasang puzzle, setiap lantai dipasang dengan hati-hati dan direkatkan. Oleh karena itu, kualitas dari rekatan atau kuncian ini juga sangat penting untuk lantai yang awet. Kita tidak mau kan memiliki lantai rumah yang mudah mengelupas, karena akan membutuhkan wkatu dan juga biaya tambahan untuk perbaikannya.

  • Pilihlah perusahaan yang terpercaya

Inilah salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Saat ini ada banyak perusahaan yang menjual lantai parket, karena kehadirannya mulai populer di Indonesia. Karena itu, pilihlah yang bisa menghadirkan kualitas dan juga garansi pemasangan.

  • Pilihlah perusahaan yang menawarkan harga murah

Selain masalah kualitas, harga lantai kayu pun harus menjadi isu yang dipertimbangkan. Dengan kulitas lantai sama, bisa saja harga yang ditawarkan perusahaan berbeda. Karena itu, jelilah dalam menentukan tempat dimana kita beli.

Bacalah review produknya. Jika memungkinkan, baca ulasan pada website official perusahaan tersebut. Karena perusahaan yang terpercaya tak akan ragu untuk mengekspos  profil perusahaan mereka berserta detail produk yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Demikianlah beberapa tips memilih lantai parket yang terbaik. Ada banyak hal yang jadi pertimbangan sebelum membeli, mulai dari kualitas bahan dasar hingga harga lantai kayu untuk menghadirkan rumah minimalis yang elegan dan indah.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.