Home / Blog / Jenis Lantai Kayu Untuk Area Indoor Dan Outdoor
Jenis Lantai Kayu Untuk Area Indoor Dan Outdoor

Jenis Lantai Kayu Untuk Area Indoor Dan Outdoor

Kehadiran lantai kayu mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia. Jenis lantai ini menjadi alternatif bagi banyak orang yang mencambakan penampilan rumah yang elegan dan juga indah. Bukan hanya lantai keramik yang bisa menghadirkan motif tertentu, bahkan lantai kayu pun bisa menawarkan motif dan desain yang beragam.

Bahkan bisa menghadirkan kesan yang asri dan juga nyaman di rumah. Selain itu, permukaannya yang tak sekeras lantai keramik juga lebih aman untuk keluarga tercinta.

Kehadiran lantai ini pun menjadikan rumah lebih alam dibanding dengan lantai marmer atau keramik. Jika memutuskan untuk memasang lantai jenis ini, maka pastikan mendapat referensi mulai dari kualitas, perusahaan yang menjual, hingga harga lantai kayu permeter yang ditawarkan.

Yang perlu diketahui pula adalah bahwa lantai kayu bukan hanya digunakan untuk area indoor saja. Untuk area outdoor pun, lantai ini juga bisa digunakan. Jadi, jika memiliki rencana untuk menciptakan area outdoor  yang nyaman dan aman, bisa memilih lantai kayu yang bergaam jenis dan harganya ini.

Tips Memilih Lantai Kayu Untuk Area Indoor Maupun Outdoor

  • Kualitas kayu

Kayu jati seringkali dikatakan sebagai kayu nomor satu untuk berbagai material bangunan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kayu jati merupakan kayu yang keras dan juga memiliki urat kayu yang menawan. Dengan kualitasnya ini tidak heran jika harganya juga lebih mahal dibanding beberapa jenis lantai kayu yang lainnya.

Sekarang ini, kayu jati bukan sekedar bahan bangunan untuk membuat kusen dan juga berbagai furniture rumah, namun juga menjadi bahan dari lantai kayu parket. Dengan kualitasnya ini, jangan heran jika harga lantai kayu permeter dari kayu jati bisa mahal. Namun jangan takut, karena harga juga menjamin kualitas. Sebagai penutup lantai, kayu jati lebih awet dan kuat. Bahkan untuk area outdoor, seperti beranda rumah, lantai dari bahan dasar kayu jati ini bisa lebih tahan lama.

  • Tidak semua jenis parket cocok untuk area outdoor

Banyak orang yang memilih lantai kayu atau parket sebagai lantai untuk outdoor, seperti di teras atau beranda rumah. Kehadirannya bisa menimbulkan suasana yang natural, asri, dan nyaman. Sayangnya, karena rawan terhadap cuaca dan kelembaban, maka tidak semua jenis lantai kayu cocok untuk area ini.

Saat akan memasang lantai kayu untuk area outdoor, konsultasikan terlebih dahulu dengan perusahaan yang menjual produk ini. Katakan tujuan dan penempatan lantai kayu. Dengan demikian, kita akan mendapat arahan yang teapt tentang jenis parket mana yang paling tepat bagi kita.

  • Konsultasikan cara pemasangannya

Cara memasang lantai kayu ini cukup unik. Tidak seperti lantai keramik atau marmer. Lantai parket seperti puzzle, yang disusun di lantai, lalu direkatkan dengan lem. Jika cara pemasangan kita benar, maka tak perlu takut bahwa lantai kayu ini akan mudah mengelupas. Jadi, untuk hasil terbaik, konsultasikan dahulu cara dan teknik pemasangan yang tepat. Jangan sampai kita sudah mengeluarkan banyak budget untuk harga lantai kayu parket permeter nya, namun kita tak bisa maksimal dalam pemasangannya.

  • Lantai kayu laminated dengan harga yang lebih murah

Selain lantai kayu solid, ada pula jenis lantai kayu laminated. Keistimewaan lantai ini salah satunya adalah harga lantai kayu permeter yang lebih murah. Dengan harga ini, lantai ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihannya dan alasan kenapa banyak yang memilihnya adalah karena lantai ini lebih praktis, selain karena harganya yang lebih murah.

  • Lantai kayu bisa untuk pijakan anak tangga

Pada area indoor maupun outdoor, kita bisa menemui anak tangga di sana. Nah, di sinilah lantai kayu sering kali diaplikasikan. Ada yang memilih menggunakan lantai kayu solid untuk area tangga yang lebih nyaman. Berbagai model dan motif lantai pun bisa dipilih untuk dihadirkan di anak tangga yang selalu kita pijak. Karena anak tangga akan bekerja dengan keras dengan terus menerima tekanan yang kuat dari berat tubuh kita, maka akan lebih baik untuk memilih yang memiliki kualitas bagus agar lebih awet dan juga tahan lama.

Kadang, karena air maupun cuaca, lantai kayu ini bisa saja lebih cepat lapuk, hingga kita harus mengganti dengan yang baru. Bagi yang tidak mau ribet dan sering mengganti anak tangga ini, maka bisa memilih yang berkualitas bagus saja, hingga cocok untuk anak tangga di indorr atau outdoor.

Hari ini, lantai kayu ini bukan hanya hadir untuk memperindah area indoor atau outdoor dari sebuah rumah saja. Nyatanya, keindahan dan juga kepraktisannya sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk diaplikasikan di tempat lain, seperti di rumah sakit hingga untuk flooring lapangan futsal.

Beragamnya harga lantai kayu permeter pun juga mempermudah orang untuk memilih lantai sesuai kebutuhan dan budget mereka. Karena ada yang lebih memilih motif dan gayanya saja ketimbang kualitas. Sebaliknya, banyak yang mengedepankan kualitas ketimbang dengan model.

Setelah mengenal lebih banyak tentang lantai kayu? Apakah Anda mulai melirik lantai ini sebagai flooring pilihan untuk rumah elegan dan nyaman?

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.