Home / Blog / Cara Import Barang Terbaru Dari China Dan Istilahnya
Cara Import Barang Terbaru Dari China dan Istilahnya
Cara Import Barang Terbaru Dari China dan Istilahnya

Cara Import Barang Terbaru Dari China Dan Istilahnya

Khusus untuk Anda yang ingin mencari barang murah, namun berkualitas, maka kini saatnya Anda untuk mencari barang terbaru dari China. Disanalah terdapat banyak sekali barang yang bisa diimport dengan harga jual yang sangat terjangkau untuk sebagian besar orang.

Meskipun sayangnya ternyata ada beberapa importer juga yang pernah mendapat harga jual tinggi atau mendapatkan biaya pengiriman yang mahal dan bermasalah terhadap bea cukainya. Nah, dari sinilah kami akan memberikan sedikit rahasia dari bagaimana cara mengimport barang secara langsung dari China tanpa melewati bea cukai, antara lain :

Istilah Proses Mengimport Barang Terbaru dari China

Ketika Anda sedang mencari barang terbaru dari China, maka Anda harus menentukan harganya terlebih dahulu dan perhatikan untuk apa Anda membayar barang seharga jumlah tersebut. Karena, dalam kegiatan import itu Anda akan menjumpai beberapa istilah, seperti CFR, FOB, CIF, FAS, DDP, dll. Ini menunjukkan kapankah kewajiban biaya dan tanggung jawab dari pihak supplier berakhir. Dimana untuk lebih jelasnya akan kami sampaikan di bawah ini:

  1. Bila pemasok menggunakan FOB atau free on board, itu artinya pembelian barang yang Anda beli tersebut semua biaya pengiriman disertai dengan asuransi dan harga barangnya akan dibayar jika kapal sampai pada pelabuhan bongkar.
  2. Namun, bila Anda memilih CFR atau cost and freight, itu artinya term penyerahan barang terbaru akan diserahkan sesudah barang sudah melewati batasan dari kapal pelabuhan pengabalan, tentunya ini sudah lengkap dengan izin ekspornya, namun biaya pengangkutan hingga pelabuhan menjadi kewajiban dari pemasok.
  3. Sementara itu, untuk CIF itu dipilih sebagai cost insurance and freight, yang artinya system pembelian barang tersebut pembayaran biaya pengiriman, harga barang, dan asuransinya dibayarkan sebelum kapal sampai ke pelabuhan muat.
  4. DDP, atau delivered Duty Paid ini merupakan istilah yang berarti term penyerahan barang diberikan saat pemasok menyerahkan barang ke tempat yang ditunjuk oleh pembeli yang ada di area kewenangan Anda sebagai pembeli dengan semua formalitas kepabeanan sudah diselesaikan pihak pemasok.
  5. FAS atau free alongside ship ini artinya term penyerahan barang diberikan jika pemasok telah membayar semua biaya dan resiko hingga penyerahan barang ke samping kapal pelabuhan pengapalan dalam kondisi yang sudah bebas dari izin ekspor dll.

Itu tadi adalah beberapa istilah yang sering ditemui saat melakukan import barang terbaru dari China. Dengan memahami beberapa istilah di atas diharapkan dapat membantu Anda dalam proses pembelian barang dari China dengan proses biaya kirim yang lebih jelas.

Cara Mengimpor Barang Terbaru dari China

Sementara itu, untuk lebih detailnya lagi, berikut ini akan diberikan lagi cara mengimpor barang dari China supaya lebih cepat dan mudah, antar lain:

  1. Sebaiknya saat Anda ingin membeli sebuah barang dari China, maka perhatikan cara dan biaya dari pengirimannya. Jadi, sesudah Anda tahu berapa harga dan bagaimana system penyerahan barang yang ingin Anda beli dari pihak pemasok dari China, maka satu hal lagi yang harus dipahami adalah besaran biaya tambahan yang ada supaya nantinya barang yang Anda beli bisa sampai pada alamat Anda.
  2. Pastikan Anda telah melengkapi data yang akurat seputar ketentuan dari perdagangan. Karena, untuk mendapat biaya pengiriman yang akurat, biasanya tiap perusahaan forwarder atau pengangkutan akan membutuhkan data yang tepat dan akurat. Jadi, disinilah nanti pihak pemasok akan memberi tahu ini kepada pihak yang bertugas. Bahkan, bila Anda membeli barang dari Ex Works, maka penyerahan barang yang Anda beli diserahkan ke suatu tempat dari pemasok, entah itu di gudang, di pabrik, atau di tempat yang lain, Anda tetap harus memberitahukan hal tersebut pada pihak forwarder alamat barang dengan jelas.
  3. Selain hal tersebut, satu hal lagi yang harus dipahami jika ingin membeli barang terbaru dari China adalah, Anda harus bisa memilih jasa pengiriman barang yang tepat dan professional. Sehingga, mereka bisa membantu Anda untuk mengurus dan memenuhi semua ketentuan persayaratan, beserta dokumentasi dan pengurusan dari pihak kepabeanan.
  4. Bagaimana pun juga, Anda harus tahu bahwa pihak freight forwarder inilah yang nantinya bertugas untuk memenuhi semua kebutuhan dari logistic dan menegosiasikan tariff untuk angkutan barang, biaya pengurusan bea cukai, biaya asuransi, dan proses pengiriman barang ke alamat Anda, sebagai pembeli. Dengan pemilihan jasa yang professional inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk mendapatkan barang Anda bisa sampai ke tempat tujuan dalam kurun waktu yang cepat, efektif, dan biaya yang lebih terjangkau.
  5. Pastikan bahwa Anda telah memilih cara pengiriman yang paling sesuai dan menguntungkan untuk Anda. Sehingga, Anda bisa lebih berhemat lagi dalam proses pembelian barang terbaru dari China. Dengan cara inilah anda bisa mendapatkan barang yang Anda suka pada waktu dan tempat yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Saran kami, bila Anda ingin melakukan pengiriman barang terbaru dalam jumlah yang banyak dan besar tanpa membutuhkan pengiriman yang cepat, Anda bisa memilih pengiriman lewat laut. Harganya jauh lebih terjangkau, dibandingkan lewat udara. Dimana lewat udara memang cepat, tapi memiliki biaya pengiriman yang mahal.

Check Also

lampu jalan - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan

Lampu jalan memiliki peranan yang sangat penting terhadap keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kebutuhan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.