Home / Blog / Cara Mengimport Barang China Murah Tanpa Harus Pergi Ke China
Cara Mengimport Barang China Murah Tanpa Harus Pergi Ke China
Cara Mengimport Barang China Murah Tanpa Harus Pergi Ke China

Cara Mengimport Barang China Murah Tanpa Harus Pergi Ke China

Dengan semakin banyaknya barang import yang ditemukan di Indonesia, ini membuat banyak para pebisnis pemula yang memilih melakukan impor barang China murah dibandingkan dengan barang yang berasal dari negara yang lain. Ada beberapa keungulan dari barang China murah yang tidak dimiliki oleh barang import yang lain.

Selain karena harganya yang cenderung murah, kualitas dari barangnya pun dapat dikatakan sangat berkualitas dan mutunya dapat dijamin. Orang banyak mencari barang yang berasal China karena barang yang diimport langsung dari China tersebut memiliki fungsi yang banyak dan juga bentuk yang sangat unik.

Jadi barang ini akan sangat cocok dijadikan sebagai gift ataupun suvenir pernikahan. Apalagi kalau membeli barang China ini dengan sistem grosir, maka harga yang akan ditawarkan akan jauh lebih murah daripada sistem eceran ataupu sistem satuan.

Beberapa orang banyak yang berpikiran bahwa terdapat banyak sekali masalah dalam mengimpor barang China murah dari China secara langsung. Misalnya saja untuk masalah perizinan, masalah pajak, dan – lain yang dianggap sulit dan bisa menghambat proses pengimporan barang tersebut.

Padahal sebenarnya itu hanya prasangka Anda saja. Justru yang ada, mengimport barang secara langsung dari China itu sebenarnya sangat mudah sekali. Asalkan Anda tahu bagaimana caranya dan jalurnya, maka Anda bisa dengan mudahnya mengimport barang dari China secara langsung, dengan bantuan beberapa vendor yang bisa dipilih.

Hal ini terlihat dari banyaknya produk yang berasal dari China dengan harga yang sangat murah. Misalnya saja untuk harga dari screen protector iPad yang jauh lebih murah dari barang milik kita sendiri. Maka dari itulah, jika Anda langsung mengimport barang secara langsung dari China, tentu ini akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan membeli barang dari kita.

Alasan Barang China Murah

Seperti yang telah diketahui, bahwa barang dari China selalu memiliki harga yang jauh lebih murah dari produk sejenisnya yang didapatkan dari Negara yanglain. Meskipun banyak orang memandang sebelah mata produk yang berasal dari China, namun sebenarnya berbicara tentang kualitasnya, barang China murah itu juga memiliki kualitas yang bagus dengan specs yang sudah sesuai dengan standard bertaraf internasional. Dimana salah satu alasan yang membuat produk dari China menjadi murah itu adalah karena adanya dukungan dari pihak pemerintah.

Untuk daerah di China yang memiliki potensi produksi yang baik, pihak pemerintah secara langsung memberikan kemudahan dan kebijakan untuk perizinannya. Bahkan, mereka pun juga diberikan kebebasan untuk membayar pajak dan kadang – kadang justru pihak pemerintah memberikan subsidi untuk tiap barang yang diproduksi oleh pabrik hingga 10%. Karena itulah, barang mereka selalu murah.

Proses Tahapan Mengimpor Barang China Murah

Untuk dapat melakukan import barang China murah ke Indonesia. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui diantaranya untuk Anda yang ingin mengimpor barang dari China untuk sekedar berbelanja atau untuk Anda yang ingin berbisnis dari barang China, antara lain :

  1. Pebisnis importir mencari barang yang akan diimport terlebih dahulu di China.
  2. Setelah barang didapatkan, maka importir akan melakukan transaksi pembayaran kepada seller ke Bank. Dan dari pihak Bank kemudian akan memfasilitasi perjanjian perdagangan.
  3. Setelah adanya perjanjian perdagangan yang telah disepakati maka seller China akan mempersiapkan barang yang akan diimport.
  4. Pihak seller akan mengirimkan dokumen yang terkait dengan perjanjian perdagangan kepada importir melalui email.
  5. Dokumen yang berkaitan dengan packing dan lain-lain dikirim ke importir dan pihak bank satu rangkap.
  6. Dengan dokumen yang telah dikiimkan oleh seller, maka importir dapat mengajukan pembuatan dokumen pengajuan import barang (PIB).
  7. Dengan adanya IPB, maka importir akan mengetahui jumlah bea masuk, PPH dan pajak lainnya.
  8. Importir membayar pajak dan penerimaan negara bukan pajak ke Bank Devisa.
  9. Bank mengirimkan dokumen ke sistem pelayanan komputer dan bea cukai secara online.
  10. Importir mengirim PIB ke SKP Bea dan cukai melalui PDE
  11. Setelah data PIB divalidasi, maka akan keluar izin terkait larangan dan batas import.
  12. Jika ada kesalahan PIB maka izin import akan ditolak.
  13. SKP akan kembali melakukan validasi PIB.
  14. Jika data sudah benar maka akan dilanjutkan dengan penjaluran.
  15. Jika PIB lancar, maka Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB) langsung diterbitkan.
  16. Jika PIB kena lampu merah, maka pihak bea dan cukai akan melakukan cek fisik barang.
  17. Importir akan mendapatkan pemberitahuan dari bea dan cukai.
  18. Barang bisa langsung dibawa importir dengan melampirkan beberapa dokumen asli dan SPPB.

Untuk lebih mempermudah impor barang China murah tentu saja bagi seorang pebisnis pemula sangat membutuhkan mentor. Mentor ini bisa dalam keadaan fisik atau orang atau dapat juga menggunakan mentor dalam bentuk DVD yang akan membantu para pebisnis import barang China.

Dengan menggunakan mentor DVD yang berisi tentang tips dan trik yang akan mempermudah impor barang China murah. Dengan adanya mentor maka keuntungan yang bisa didapatkan melalui import barang akan jauh lebih banyak.

Check Also

lampu jalan - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan

Lampu jalan memiliki peranan yang sangat penting terhadap keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kebutuhan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.