Home / Mainan Anak / Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Mobil-Mobilan - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Mobil-Mobilan - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya - DealsOnly

Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya

Memilih mainan untuk anak-anak tentu tidak boleh sembarangan. Salah satu pertimbangan yang tidak boleh diabaikan dalam memilih mainan anak adalah jenis kelamin. Mainan anak laki-laki tentu berbeda dengan mainan anak perempuan. Walaupun, ada juga jenis mainan yang cocok untuk dimainkan oleh semua jenis kelamin.

Selain mempertimbangkan mainan yang sesuai dengan jenis kelamin, memilih mainan yang edukatif dan dapat merangsang perkembangan si kecil tentu juga penting untuk dilakukan. Dengan memilih mainan yang mendidik, otak anak akan terstimulus sehingga kreativitas anak pun akan meningkat. Nah, berikut adalah beberapa pilihan mainan anak laki-laki yang edukatif dan dapat merangsang tumbuh kembang otaknya.

Lego

Lego - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Lego – Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya – TheVerge

Lego merupakan mainan edukatif yang bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Namun, jika diperuntukkan untuk anak laki-laki, Anda bisa memilih lego edisi karakter superhero atau tema lain yang mereka sukai. Dengan bermain lego, imajinasi anak akan terlatih untuk membentuk sebuah objek. Sesekali, temani mereka dalam bermain dan minta mereka untuk menjelaskan apa yang sedang mereka buat. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda juga melatih kemampuan verbal anak dalam mengungkapkan imajinasinya.

Puzzle

Puzzle - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Puzzle – Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya – SmallBizTechnology

Permainan edukatif berikutnya yang bisa Anda pilih adalah puzzle. Sama seperti lego, permainan ini pada dasarnya bisa dimainkan oleh anak laki-laki atau anak perempuan. Sebagai tahapan awal, tumbuhkan ketertarikan anak untuk menyatukan potongan-potongan gambar yang terpisah menjadi satu kesatuan yang utuh. Karenanya, pilihlah puzzle dengan gambar-gambar yang disukai oleh si kecil, misalnya karakter kartun, superhero, kereta api, atau mobil-mobilan. Permainan ini sangat baik untuk merangsang perkembangan visual anak. Selain itu, anak juga akan belajar mengimajinasikan suatu objek saat menyusun potongan-potongan puzzle.

Bola

Bola - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Bola – Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya – Parenting

Bola adalah mainan yang sangat cocok untuk anak laki-laki. Ketika si kecil sudah mulai bisa berjalan, tak ada salahnya jika Anda mengenalkan mereka dengan permainan bola dan mengajaknya bermain bola sepak atau lempar tangkap bola di luar ruangan. Dengan cara ini, secara tidak langsung fisik anak tentu juga akan terlatih. Dengan bermain di luar ruangan, anak juga dapat menghirup udara segar dan mendapat paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatannya.

Mobil-Mobilan

Mobil-Mobilan - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Mobil-Mobilan – Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya – DealsOnly

Mobil-mobilan ternyata juga dapat menjadi mainan yang merangsang tumbuh kembang anak. Saat bermain mobil-mobilan, anak biasanya akan bergerak aktif ke sana ke mari mendorong mobil-mobilannya. Tak ketinggalan, mereka biasanya juga menirukan suara mobil roda empat yang sesungguhnya. Agar anak bisa belajar lebih banyak tentang lingkungan di sekitarnya, Anda juga bisa membelikan mereka beragam jenis mobil-mobilan yang masing-masing memiliki fungsi khusus, misalnya mobil polisi, mobil pemadam kebakaran, ambulans, truk, bus, dan lain sebagainya.

Mainan Angka dan Huruf

Mainan Angka dan Huruf - Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya
Mainan Angka dan Huruf – Mainan Anak Laki-Laki yang Baik untuk Merangsang Perkembangannya – Dotcomgiftshop

Mainan ini sangat cocok diberikan untuk anak umur tiga sampai empat tahun, yakni sebelum anak memasuki jenjang pendidikan. Beberapa jenis mainan yang bisa Anda pilih untuk mengenalkan angka dan huruf pada anak di antaranya seperti mainan balok susun alfabet, kartu bergambar, papan tulis magnetic angka dan huruf, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi, itulah beberapa jenis mainan anak laki-laki yang baik untuk merangsang tumbuh kembang otaknya. Seperti kutipan dari Albert Einstein, “Play is the highest form of research”. Bagi Anda yang ingin mencari mainan edukatif untuk anak, importer.co.id memiliki banyak jenis mainan yang diimpor langsung dari Cina. Dengan kualitasnya yang baik, beragam jenis mainan yang bermanfaat bagi anak-anak itu pun bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Semoga bermanfaat!

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.