Home / Mainan Anak / Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
Perhatikan Bentuk dan Keamanan Mainan - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
jansbearessentials

Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan

“Dunia anak adalah bermain, maka para orang tua bisa merangsang tumbuh kembang anak melalui permainan”

Mainan adalah barang yang sangat disukai oleh anak-anak. Namun, sebagai orang tua, memilih jenis mainan untuk si kecil sangat wajib untuk diperhatikan. Sebab, selain sebagai media bermain, mainan juga bisa menjadi salah satu alat untuk melatih tumbuh kembang anak dan merangsang perkembangan otaknya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih mainan untuk anak, terutama untuk anak perempuan.

Pilih Mainan yang Sesuai Usia

Pilih Mainan yang Sesuai Usia - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
amazon

Memilih mainan anak perempuan wajib disesuaikan dengan usianya. Apabila Anda memilih mainan yang tidak sesuai dengan umurnya, anak umumnya akan lebih sulit berkembang. Karenanya, pastikan untuk selalu melihat label keterangan usia yang tertera pada kemasan mainan.

Pilih Mainan yang Menghibur dan Edukatif

Pilih Mainan yang Menghibur dan Edukatif - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
alicdn

Mainan yang baik untuk anak adalah mainan yang menghibur dan edukatif. Jadi, selain bisa bermain, anak-anak juga bisa belajar dan menambah kreatifitas dari peralatan mainan yang dimainkannya. Beberapa mainan yang memenuhi unsur menghibur dan edukatif antara lain seperti lego, puzzle, permainan dokter-dokteran atau masak-masakan, dan masih banyak lagi lainnya

Perhatikan Bentuk dan Keamanan Mainan

Perhatikan Bentuk dan Keamanan Mainan - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
jansbearessentials

Bentuk dan keamanan mainan juga menjadi hal lai yang penting untuk diperhatikan dalam memilih mainan. Apabila Anda memiliki anak perempuan yang berusia di bawah tiga tahun, sebaiknya pilih mainan anak perempuan yang berukuran besar untuk menghindari risiko tertelan karena si kecil memasukkan mainan ke dalam mulut. Anda sebaiknya juga menghindari mainan yang memiliki tali, benang, atau pita. Sebab, apabila Anda tidak waspada, ditakutkan mainan ini dapat tidak sengaja terlilit pada tubuh si kecil. Selain bentuk, bahan atau material yang digunakan untuk membuat mainan juga menjadi hal lain yang tidak boleh Anda abaikan. Mainan yang baik adalah yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya, tidak berisiko melukai si kecil, serta tidak mudah hancur.

Pilih Mainan yang Mudah Dicuci

Pilih Mainan yang Mudah Dicuci - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
rozetka

Tips berikutnya, pilih mainan yang mudah dicuci. Hal ini sangat penting agar kebersihan si kecil selalu terjaga dari virus atau bakteri yang banyak menempel pada mainan. Apabila mainan mudah dicuci, risiko kuman atau bakteri pastinya juga bisa lebih diminimalkan.

Jangan Mengukur Hanya dari Harga

Jangan Mengukur Hanya dari Harga - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
baby-find

Harga yang mahal tidak menjamin sebuah mainan bagus dan memiliki nilai edukasi yang tinggi. Terlepas dari harganya, sebagai orang tua Anda tetap harus memilihkan mainan yang baik untuk si kecil.

Libatkan Anak untuk Memilih Mainan yang Disukainya

Libatkan Anak untuk Memilih Mainan yang Disukainya - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
toysrus

Melibatkan si kecil dalam memilih mainan merupakan merupakan salah satu pendekatan terbaik untuk menjalin hubungan ibu dan anak Apabila si kecil sudah cukup bisa diajak berdiskusi, tak ada salahnya apabila Anda menanyakan terlebih dahulu kepada mereka perihal mainan yang disukainya. Dengan menanyakan pendapat anak, Anda nantinya bisa mengetahui minat dan kesukaan anak. Selain itu, anak pastinya juga akan merasa senang karena pendapatnya dihargai.

Non violence

Non violence - Tips-Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mainan Anak Perempuan
youtobe

Mainan yang cocok untuk anak perempuan tentunya adalah yang tidak mengandung kekerasan. Oleh sebab itu, hindari memberikan mainan seperti pistol-pistolan, pedang, senapan, atau mainan yang mengandung kekerasan lainnya.

Jadi, itulah tips-tips memilih mainan anak perempuan yang sebaiknya Anda perhatikan. Bagi Anda yang ingin mencari mainan edukatif untuk anak perempuan, importer.co.id menawarkan banyak pilihan mainan impor dari Cina dengan harga yang terjangkau. Anda pun tidak perlu khawatir karena mainan-mainan tersebut dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan aman untuk anak-anak.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.