Home / Blog / Mengetahui Dengan Benar Mengenai Biaya Impor Barang Dari Cina
Mengetahui Dengan Benar Mengenai Biaya Impor Barang Dari Cina

Mengetahui Dengan Benar Mengenai Biaya Impor Barang Dari Cina

Biaya impor barang dari Cina-Cina merupakan negara maju dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Banyaknya jumlah penduduk yang berada di Cina membuat Cina memiliki sumber daya manusia yang berlimpah.

Dengan jumlah penduduk yang besar, pemerintah Cina berusaha untuk membuat para penduduknya dengan bekerja agar mendapatkan penghasilan. Untuk itulah, pemerintah Cina menjalankan system produksi secara besar-besaran untuk semua produk yang mereka miliki. Jumlah penduduk yang banyak mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang besar juga.

Untuk memasarkan barang-barang tersebut, pemerintah Cina berusaha menguasai pasar dengan melakukan ekspor secara besar-besaran. Ekspor yang dilakukan oleh Cina ditujukan pada seluruh negera di dunia ini. Ekspor yang dilakukan oleh Cina membuat produk buatan mereka tersebar merata di seluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang dipenuhi dengan produk buatan Cina tersebut.

Biaya Impor Barang dari Cina yang Berbeda

Banyaknya produk dan jenis barang yang dihasilkan oleh Cina membuat banyaknya permintaan yang datang dari negara lain. Selain menyediakan berbagai barang keperluan manusia, Cina menawarkan harga yang murah dan terjangkau.

Tidak hanya itu, Cina juga selalu memperhatikan kualitas barang yang mereka produksi. Mereka akan selalu menjaga kualitas dari barang yang mereka produksi demi meningkatkan jumlah penjualan. Bagi masyarakat Cina sendiri pastinya tidak akan menemukan halangan berarti untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Kondisi tersebut akan bertolak-belakang dengan pengguna produk yang berasal dari negara lain. Mereka perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk mendapatkan produk atau barang yang mereka inginkan. Masalah semakin pelit dengan biaya impor barang dari Cina yang harus mereka tanggung.

Untuk melakukan pengiriman di dalam negeri saja, kita harus membayar biaya pengiriman berdasarkan berat barang dan tempat tujuan dimana barang tersebut dikirim. Biaya pengiriman juga berlaku pada barang-barang yang berasal dari luar negeri. Jika pemesan ingin memesan produk yang berasal dari Cina, mereka harus menyiapkan sejumlah dana untuk membayar biaya impor barang dari Cina tersebut.

Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pengiriman dilakukan dengan menggunakan kapal terbang atau kapal laut. Produsen harus membayar sejumlah dana untuk jasa pengiriman. Untuk itulah, pemesan barang impor asal Cina akan dikenakan biaya dalam proses pengiriman barang. Berikut kisaran biaya pengiriman barang asal Cina:

  • Untuk tas asal Cina, pemesan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.800.000 untuk ukuran per kubik.
  • Untuk baju, pemesan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.600.000 per kubik.

Biaya Impor Barang dari Cina yang Masih Terjangkau

Saat melakukan kegiatan ekspor dan impor tentunya kita akan menemukan perbedaan yang besar jika dibandingkan dengan pengiriman barang antar kota. Pengiriman barang yang dilakukan di dalam negeri tentunya hanya akan memakan waktu hingga hitungan hari saja. Apabila pemesan menggunakan jasa pengiriman express, pesanan akan datang dalam waktu yang lebih singkat lagi.

Berbeda dengan pengiriman barang yang dilakukan antar negara. Jika biasanya pemesan hanya memerlukan dua hingga tiga hari untuk mendapatkan barang yang diinginkan, pemesan harus bersabar saat melakukan pemesanan dari Cina. Pemesan membutuhkan waktu yang sedikit lama agar barang pesanannya dapat diterima dengan baik.

Hal tersebut disebabkan oleh proses pengiriman barang yang membutuhkan banyak prosedur. Hal ini juga menyebabkan biaya impor barang dari Cina berharga sedikit lebih mahal ketimbang biaya pengiriman barang dalam negeri.

Banyak orang yang masih berpendapat jika biaya impor barang dari Cina berharga mahal. Padahal jika diteliti lebih jauh, biaya impor dari Cina masih terjangkau. Biaya tersebut dikatakan masih terjangkau akibat jarak Cina ke Indonesia yang lumayan jauh. Biaya yang ditetapkan oleh jasa impor dari Cina sebanding dengan jumlah pesanan yang pemesan lakukan.

Semakin besar jumlah barang pesanan, semakin mahal pula biaya impor barang tersebut. Jika pemesan hanya memesan barang dalam jumlah sedikit, pemesan hanya akan dikenakan biaya minimal berat barang. Biaya impor tersebut juga disesuaikan dengan kondisi barang. Barang yang dipesan selalu berada dalam kondisi baik meskipun telah dikirim dari negara yang jauh. Tak mengherankan jika biaya impor barang akan sedikit berbeda dengan biaya pengiriman barang lokal.

Untuk biaya impor barang dari Cina sendiri sebenarnya berbeda-beda. Biaya impor barang yang berbeda hadir dari ketetapan yang dicanangkan oleh jasa pengiriman barang. Anda akan menemukan selisih harga jasa impor barang yang dilakukan oleh pihak tertentu. Meskipun begitu, selisih yang Anda temukan tidak akan memiliki selisih yang besar mengingat persaingan bisnis jasa yang ketat diantara kasa pengiriman barang impor.

Jika Anda ingin mendapatkan jasa pengiriman barang yang murah, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu akan proses pengiriman barang yang akan dilakukan oleh tempat Anda memesan barang. Tempat dimana Anda memesan biasanya akan memberikan biaya tambahan untuk pengiriman barang.

Jika biaya tambahan yang diberikan merupakan harga yang normal, Anda dapat terus bekerja sama dengan tempat dimana Anda memesan barang. Semoga dengan informasi yang telah diterangkan ini mampu memberikan Anda motivasi untuk tidak takut dalam melakukan pemesanan barang dari luar negeri.

Check Also

lampu jalan - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan

Lampu jalan memiliki peranan yang sangat penting terhadap keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kebutuhan ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.