Perlu Membeli Shower? Baca Ini Dulu Biar Tidak Salah Pilih

Masyarakat Indonesia dahulu menggunakan gayung setiap kali mandi. Orang yang mandi menggunakan gayung pasti merasakan bahwa lebih boros air dan bak mandi akan cepat habis. Berkat alasan cinta lingkungan, sebagian orang sudah mulai hijrah menggunakan shower untuk mandi menggantikan gayung.

Shower tersebut bisa menjadi penambah estetika di kamar mandi dan membuat kamu lebih hemat air dan listrik. Apabila Anda mantap ingin mengganti gayung dengan shower, maka Anda perlu mengetahui seluruh informasi terkait sanitary ware yang satu ini.

Shower dinding dan atap model minimalis – eieihome.com

Pertimbangan Berdasarkan Bentuk, Ukuran, dan Jenis Shower

Penggunaan shower di kamar mandi semakin hype akhir-akhir ini, sehingga Anda bisa menemukan ada banyak sekali bentuk dan ukuran yang bisa dipilih. Pastinya pertimbangan bentuk itu akan berkaitan dengan kenyamanan dan estetika saat dipasang. Sedangkan ukuran akan berpengaruh pada besar dan kecil dimensinya dan ini berpengaruh terhadap estetika juga.

Shower itu sendiri berdasarkan bentuknya dibagi jadi dua yakni shower dinding dan hand shower. Apabila Anda menghendaki kesan rapi dan minimalis pada kamar mandi, maka Anda bisa menggunakan shower dinding. Penggunaan tipe tersebut memungkinkan penanaman berbagai pipa penyalur air masuk ke dalam dinding.

Namun tentu saja tetap ada kekurangan saat menggunakan tipe ini yang mana kurang fleksibel dan tidak bisa digerakkan ke tempat tertentu.

Jika Anda ingin menggunakan shower yang dapat digerakkan kemana pun, maka Anda bisa membeli hand shower. Hanya saja memang terdapat selang penyalur air yang akan terlihat tidak rapi saat digantungkan di dinding setelah dipakai.

Pertimbangan Berdasarkan Kekuatan Pancaran Airnya

Anda sudah menemukan bentuk, ukuran, dan jenis yang tepat dari shower, maka selanjutnya perlu mengetahui kekuatan pancar yang bisa dihasilkan. Pastinya, kekuatan pancar ada yang bisa deras dan ada yang pelan. Kemudian jenis semprotan dari shower bisa ada yang menyiramkan butiran air secara besar-besar dan ada yang kecil-kecil mirip dengan jarum.

Disarankan mencari semprotan air yang pas, karena bisa membuat rileks setiap kali mandi. Apabila memiliki semprotan yang mengeluarkan butiran air kecil bertekanan tinggi, bisa membuat kulit sedikit kurang nyaman.

Pertimbangan Pengaturan Temperatur Air Shower

Fitur lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli shower adalah ada tidaknya pengaturan temperatur air. Saat Anda tinggal di dataran tinggi, perlu membeli shower yang memiliki pengaturan temperatur.

Ketika suhu udara dingin dan ingin mandi air hangat, maka hanya perlu mengubah pengaturan suhu menjadi hangat. Shower yang memiliki fitur pengaturan suhu sudah pasti dilengkapi thermostat. Alat tersebut berguna mengatur tingkat panas dari air yang keluar shower.

Hand Shower – isibangunan.com

Pertimbangan Membeli Shower dari Material Besi

Shower saat ini bisa terbuat dari berbagai macam material, termasuk logam. Logam itu sendiri ada banyak jenisnya, seperti besi aluminium, dan lain-lain. Memilih material logam tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena berpengaruh pada kualitas air yang dikeluarkan. Salah satu material shower yang harus dihindari adalah besi.

Menggunakan material besi dapat membuat air menjadi mudah berbau. Pastinya ini disebabkan oleh sifat besi yang mudah berkarat. Saat sudah terjadi korosi di bagian dalamnya, maka tidaknya akan mengeluarkan bau. Bahkan rasa airnya juga dapat berubah. Anda bisa membeli shower yang terbuat dari stainless steel.

Pilih Shower Bertekanan Tinggi

Mandi menggunakan shower tidak hanya sekedar menghilangkan kotoran yang menempel di kulit. Anda akan bisa memanfaatkan daya tekanan shower untuk alasan kesehatan juga. Pilih shower yang memiliki daya semprot kuat, sehingga bisa dipakai memijat bagian tubuh yang pegal.

Semprotan air yang bertekanan tinggi lebih tidak boros air. Menggunakannya bisa sama saja dengan membantu mengurangi penggunaan air sumur maupun air resapan tanah. Anda akan bisa lebih hemat listrik, karena tidak perlu terlalu sering menyalakan pompa air.

Pertimbangan Berdasarkan Harga Shower

Memilih shower perlu mempertimbangkan dari segi harga. Pastinya memilih yang sesuai dengan kantong itu perlu, tetapi jangan terlalu murah. Ingat prinsip ada barang ada harga. Paling tidak harga satu shower dengan standar yang bagus mulai dari Rp 350.000. Apabila Anda memilih untuk beli tipe shower jet, maka paling tidak Anda harus mengeluarkan paling sedikit Rp 1,5 juta.

Tipe shower jet yang mahal adalah yang sudah menggunakan teknologi digital. Tipe tersebut bisa dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2 juta. Pemiliknya dapat melihat suhu air yang dipakai setiap kali mandi atau menggunakannya.

Pemilihan Shower Tray yang Tepat

Kamar mandi saat ini sudah mengalami perubahan dari tempat mandi menjadi tempat relaksasi. Hal ini membuat semakin banyak orang yang menggunakan shower tray sebagai pelengkap estetika kamar mandi. Biasanya komponen tersebut dipakai pada kamar mandi berkonsep kering.

Penggunaan tray sebagai alas pijakan saat pengguna sedang memakai shower, sehingga memungkinkan pemisahan bagian yang boleh basah dan harus kering di kamar mandi.

Bahan alas tersebut ada yang terbuat dari fiberglass atau akrilik. Bentuk yang diinginkan juga berbeda-beda tergantung pada keperluan, seperti ada yang berupa persegi, persegi panjang, dan lain-lain.

Shower dinding – isibangunan.com

Macam-Macam Shower di Era Kini

Ada banyak sekali jenis shower, seperti digital, electric, mixer, dan manual. Setiap dari jenis tersebut dapat Anda pahami perbedaannya. Ini juga bisa sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih shower yang tepat.

  1. Digital Shower

Jenis ini memiliki desain menempel dinding dan tombol pengaturan berupa teknologi digital. Jenis ini adalah yang paling canggih dibandingkan dengan lainnya dan sudah pasti waterproof, sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami error saat dipencet menggunakan tangan basah. Bagi Anda yang menyukai desain modern dan teknologi canggih, bisa pilih jenis yang satu ini.

  1. Electric Shower

Versi satu tingkat di bawah digital shower adalah electric shower. Jenis ini memiliki pengaturan panas dan dingin masih berupa tombol bisa dengan dipencet atau di putar. Pengguna akan dapat melihat tampilan suhu di layar pengaturan suhu dalam bentuk digital. Alat ini sudah pasti ditawarkan dengan harga yang lebih rendah dari versi atasnya.

  1. Mixer Shower

Mixer shower adalah jenis dimana menggunakan konsep minimalis. Suhu yang sedang dialirkan dengan menggabungkan air panas dan dingin dalam katupnya. Jenis ini adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Harga yang ditawarkan untuk jenis ini tidak semahal versi digital dan electric.

  1. Manual Shower

Jenis shower yang paling populer sampai dengan saat ini adalah jenis manual. Anda akan dapat mencampurkan antara panas dan dingin untuk menghasilkan air bersuhu sedang. Sebagian besar shower ini memiliki kran maupun semprotan non plastik, agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan baik untuk kesehatan kulit.

Informasi yang disampaikan pasti sudah membuat Anda memiliki gambaran sederhana mengenai bagaimana memilih shower yang tepat untuk kamar mandi. Anda yang berminat bisa langsung pesan shower maupun shower tray melalui perusahaan kami dengan jalan menghubungi Importer.co.id atau +62 811-111-279. Kamu juga melayani pembelian material bangunan lainnya, seperti sanitary ware, atap galvalum, dan lain-lain.

Check Also

Ingin Membuat Ruangan Berkonsep Etnis? Pakai Saja Lantai Parket

Lantai yang memiliki daya tahan lama selain keramik adalah lantai kayu dan lantai parket. Kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.