Kenali Informasi Lengkap Atap Galvalum untuk Rumah Hunian

Saat ini ada banyak sekali jenis dari atap yang biasa dipasang di bangunan maupun hunian. Salah satu atap tersebut adalah atap galvalum, sehingga beberapa atap konvensional mulai ditinggalkan, misalkan saja kayu maupun tripleks. Ada banyak faktor yang membuat atap ini lebih populer ketimbang atap kayu dan triplek.

Apabila Anda mencari atap yang awet dan waterproof serta anti-rayap, maka jawabannya adalah galvalum. Pastinya menggunakan atap galvalum tidak hanya membuat rumah terlihat modern, tetapi juga perawatan yang mudah. Beberapa informasi lain dari atap ini akan dibahas di sini.

Rumah dengan atap galvalum – metalica.com

Pengertian Atap Galvalum

Anda yang mencari atap yang ringan dengan perawatan yang mudah, maka itu jawabannya adalah atap galvalum. Atap ini terbuat dari baja ringan yang dilapisi dengan bahan khusus kombinasi dari seng (zinc), silikon, dan aluminium. Atap jenis ini ditambahkan lapisan kombinasi tersebut dengan tujuan untuk melindunginya dari korosi.

Terdapat perbedaan antara galvalum dan logam yang telah melalui proses galvanis. Istilah keduanya sangat sering muncul dalam dunia arsitektur. Untuk bisa membedakannya, Anda mungkin perlu mempelajari sejarah singkat tentang keduanya terlebih dahulu.

Galvalum pertama kali ditemukan oleh perusahaan Bethlehem Steel pada 1972. Material tersebut terdiri atas koil baja yang dilapisi dengan paduan logam. Sekilas keduanya memang tampak mirip dan perbedaan hanya bisa dilihat dengan menggunakan alat canggih yang dapat melihat bentuk kristal dari keduanya. Galvalum memiliki susunan Kristal yang lebih kecil dan berdekatan. Galvalum ini lebih tahan terhadap korosi dibandingkan dengan logam galvanis.

Kelebihan dari Atap Galvalum

Galvalum itu juga merupakan singkatan dari galvanis dan aluminium. Atap ini memiliki berat yang sangat ringan dan tidak terlalu menambah beban keseluruhan bangunan, sehingga sangat berbeda dengan apa yang terjadi pada atap dari tanah liat. Selain dari sifat-sifat yang sudah disebutkan sebelumnya, Galvalum memiliki kelebihan lainnya sebagai material atap dan Anda bisa simak berikut.

  1. Biaya Perawatan Murah

Pada jaman dahulu, sebagian besar masyarakat menggunakan atap dari kayu. Atap-atap tersebut sudah pasti memakan biaya perawatan yang tinggi, supaya tidak diserang rayap. Saat sudah terlanjur diserang rayap, dapat membuat biaya penggantian atap mahal. Pastinya ini sangat tidak ramah kantong.

Solusi dari permasalahan atap di atas adalah menggunakan atap galvalum. Atap ini bisa dibersihkan dengan menggunakan air dan tidak mudah bocor. Selain itu, tidak perlu khawatir rusak akibat rayap. Berkat ketahanan tersebut, atap ini memiliki daya tahan penggunaan yang tinggi.

  1. Tidak Diserang Rayap

Musuh utama dari atap kayu maupun triplek adalah rayap. Hama yang satu ini bisa dengan mudah melubangi kayu yang tidak padat. Jika itu bukan jenis kayu solid, biasanya akan semakin mudah dimakan rayap. Jika Anda mencari atap yang tidak dimakan rayap dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama, maka bisa beli atap galvalum.

  1. Percepat Pembangunan Rumah

Keunggulan berikutnya dari atap ini adalah mudah dipindah, karena ringan. Hal tersebut memudahkan transportasi pengangkutan atap pada saat akan dibawa ke lokasi konsumen. Berkat mudah untuk diangkat, proses instalasi dari atap ini bisa dilakukan secara cepat. Alhasil proses pembangunan rumah menjadi cepat selesai.

  1. Tersedia Dalam Banyak Warna

Atap galvalum tidak hanya melulu berwarna polos alias abu-abu saja. Anda bisa memesan atap galvalum warna. Atap tersebut tersedia dalam berbagai warna, seperti biru laut, hijau tua, putih, merah bata, kuning, dan lain-lain. Warna atap tersebut akan bisa dipadukan bersama dengan warna tembok rumah Anda.

Atap galvalum– themetalroofcompany.co.uk

  1. Anti-Korosi

Pada lingkungan yang normal dan hanya sekedar untuk membuat rumah, atap ini bisa sangat direkomendasikan. Atap galvalum anti karat lebih disebabkan oleh adanya perlindungan lapisan aluminium daripada baja itu sendiri.

Penggunaan yang dilarang adalah meletakkan galvalum berdekatan dengan beton dan mortar. Beton dan mortar memiliki lingkungan yang basa dan galvalum tidak tahan terhadap lingkungan tersebut.

Kekurangan Atap Galvalum

Atap galvalum memang terlihat memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan atap kayu. Namun atap ini tetap memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui. Kekurangan tersebut bisa Anda simak diantaranya:

  1. Tidak Banyak Tukang Paham Cara Memasang Atap Galvalum

Tidak semua tukang bangunan familiar dengan pemasangan atap galvalum. Anda yang ingin menggunakan ini pada bagian atap rumah yang sedang dibangun harus memastikan bahwa tukang bisa paham mengenai cara pemasangannya. Akibat jumlah SDM yang mengerti lebih sedikit, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah dalam mencari tukang yang ahli.

  1. Lebih Cepat Panas

Pada dasarnya atap galvalum tetap merupakan logam yang bisa dengan mudah menyerap panas. Pemasangan atap ini memerlukan ventilasi bangunan yang baik, sehingga suhu ruangan bisa tetap sejuk. Penggunaannya hanya cocok untuk bagian rumah di dataran tinggi yang cenderung dingin suhunya.

Sedangkan pemasangan atap ini pada dataran rendah disarankan untuk melengkapi ruangan dengan AC. Pastinya karakteristik atap yang satu ini sangat berbeda dengan atap dari kayu. Atap kayu lebih tidak mudah menyerap panas.

Rumah full galvalum – pinterest.com

  1. Warna Atap Galvalum Bisa Pudar

Warna asli dari atap galvalum adalah abu-abu, karena memang merupakan warna asli logam. Untuk membuatnya memiliki variasi warna sudah pasti ditambahkan cat pada bagian permukaannya. Itu bukan warna yang asli, sehingga wajar saja bila terjadi pemudaran warna saat dipakai dalam jangka waktu sangat lama.

  1. Atap Galvalum Mudah Rusak

Pada dasarnya atap galvalum memiliki bentuk berupa lembaran. Atap tersebut tetap bisa sobek, sehingga pemasangan harus dilakukan oleh orang yang ahli. Pemasangan juga harus dilakukan secara hati-hati.

  1. Berisik

Hampir semua atap yang terbuat dari bahan utama logam, memiliki kekurangan mengeluarkan suara yang berisik pada saat hujan. Suara berisik tersebut akan semakin mengganggu saat bagian atap terkena buah-buahan yang jatuh dari atas pohon. Anda akan dapat meredam suara tersebut dengan memasang peredam suara khusus di bagian bawah atap tersebut.

Cara Pemasangan Atap Galvalum

Memasang atap galvalum memerlukan teknik khusus dibandingkan dengan memasang atap lain. Beberapa langkah pemasangan bisa Anda cermati di bawah ini.

  • Memasang kuda-kuda baja ringan secara kuat dan stabil dengan memanfaatkan angkur (dynabolt) di setiap pertemuan tumpuan.
  • Pemasangan kuda-kuda tersebut harus tegak lurus terhadap ringbalk.
  • Pemasangan nox harus selalu memperhatikan ketinggian apex yang mana berada di atas setiap kuda-kuda rata.
  • Setiap kali memasang atap galvalum harus memastikan bahwa atap tidak bergelombang atau harus rata.
  • Memastikan tidak ada bagian lapisan pelindung atap yang rusak.
  • Pastikan rangka sudah terpasang secara kokoh, sehingga tidak akan mengalami perubahan atau deformasi akibat pelaksanaan pemasangan atap.

Anda sudah memahami tentang hal yang berkaitan dengan atap galvalum. Pemesanan bisa dilakukan melalui Importer.co.id atau +62 811-111-279. Anda akan bisa mendapatkan atap galvalum harga terjangkau melalui layanan kami. Perusahaan kami juga menyediakan berbagai material atap lainnya, seperti atap aluminium, atap kanopi, dan lain sebagainya.

Check Also

Ingin Membuat Ruangan Berkonsep Etnis? Pakai Saja Lantai Parket

Lantai yang memiliki daya tahan lama selain keramik adalah lantai kayu dan lantai parket. Kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Deprecated: Function create_function() is deprecated in /home/importer/public_html/wp-content/plugins/seo-ultimate/includes/jlfunctions/arr.php on line 64