Ingin Membuat Ruangan Berkonsep Etnis? Pakai Saja Lantai Parket

Lantai yang memiliki daya tahan lama selain keramik adalah lantai kayu dan lantai parket. Kedua jenis lantai ini memang sama-sama terbuat dari kayu. Namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga Anda perlu memahaminya terlebih dahulu.

Penggunaan lantai ini bisa diaplikasikan pada bagian anak tangga, rooftop, maupun lantai bagian teras. Perbedaan yang dimaksud bisa dari banyak segi, termasuk jenisnya. Bahkan Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis lantai kayu parket.

Ruangan dengan lantai parket – isibangunan.com

Apa Itu Lantai Kayu Parket?

Lantai parket adalah lantai yang terbuat dari kumpulan kayu yang sudah melalui proses press maupun yang masih original. Penggunaan lantai parket ini bisa dipakai untuk interior dan eksterior.

Berkat pemasangan yang fleksibel ini lantai parket menjadi banyak diminati orang. Hal tersebut sudah terbukti melalui banyak perumahan dan gedung-gedung yang menggunakan lantai ini. Memang sebagian besar orang awam akan mengira itu adalah lantai kayu biasa.

Ciri khusus dari lantai kayu adalah pemasangan lantai yang memerlukan sekrup untuk menyambungkan satu sama lain. Lantai kayu juga ada yang menggunakan metode click mirip puzzle. Sedangkan lantai parket disambung dengan menggabungkan kedua metode dari lantai kayu, sehingga bisa lebih kuat.

Jenis Lantai Parket

Anda perlu memahami bahwa jenis dari lantai kayu parket ada dua yakni solid dan engineered. Seluruh informasi mengenai karakteristik dari masing-masing jenis dapat Anda ketahui berikut.

  • Lantai Parket Solid

Jenis Solid ini memiliki beberapa kelebihan, seperti bisa dipoles berulang kali tanpa merusak permukaan lantai, kokoh, keras, dan daya tahan lama. Sedangkan kekurangan dari jenis ini adalah bisa memuai, mudah melengkung, tidak tahan kelembaban, harga lebih mahal, dan mudah rusak saat terekspos air dalam waktu lama.

Intinya lantai ini tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca, baik panas maupun hujan. Penggunaan di ruangan basement atau gudang juga tidak disarankan, karena lembab. Proses instalasi juga susah dilakukan, terutama saat siang hari akibat pemuaian.

  • Lantai Parket Engineered

Ruangan dengan lantai parket – pinterest.com

Jenis berikutnya adalah Engineered yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah daripada model solid. Jenis ini juga lebih tahan terhadap perubahan cuaca, baik panas maupun hujan. Anda bisa melakukan pemasangan pada ruangan yang kering.

Sedangkan kekurangan dari jenis Engineered ini adalah lebih susah untuk dibongkar, karena dipasang dengan sangat kokoh. Apabila ruangan terlalu lembab, lantai ini tetap tidak mampu bertahan dengan baik.

Jenis Pemasangan Lantai Parket

Cara memasang lantai parket ada dua jenis yaitu lem (glue down) dan plywood (nail down). Anda akan dapat mengetahui sekilas informasi mengenai kedua caranya pemasangan berikut.

  • Metode Lem (Glue Down)

Metode glue down ini menggunakan bantal berupa cairan primer. Memberikan cairan primer tersebut berfungsi sebagai penahan kelembaban. Saat permukaan basah, lem tidak dapat menempel secara maksimal, sehingga kelembaban masuk ke bagian lantai parket. Langkah berikutnya adalah memberikan lem sikabond guna menempelkan lantai parket kayu di atas bantal acian.

  • Metode Plywood (Nail Down)

Metode pemasangan yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan paku tembak pada bagian ujung setiap lantai parket kayu. Pada pemasangan plywood tidak memerlukan cairan primer.

Cara Perawatan Lantai Parket

Pada dasarnya lantai parket juga terbuat dari kayu, sehingga memiliki cara perawatan yang hampir mirip dengan lantai kayu. Seluruh perawatan tersebut perlu diterapkan untuk membuat umur penggunaan lantai menjadi lebih lama. Beberapa perawatan lantai parket diantaranya:

  • Mencegah Kelembaban Tinggi

Menjaga lantai dari kelembaban tinggi, sehingga setiap kali ada air yang jatuh ke permukaan lantai parket, maka perlu segera dikeringkan. Tujuannya untuk mencegah peresapan air pada pori-pori parket yang bisa membuat lantai membengkak dan mudah rusak.

  • Gunakan Obat Pel Ramah Lingkungan

Anda menemukan ada noda membandel pada lantai. Bisa saja dibersihkan dengan menggunakan obat pel dan pilih yang sifatnya ramah lingkungan. Jangan pakai obat pel yang memiliki karakteristik keras, seperti pembersih toilet yang memiliki kandungan NaOH pekat. Penggunaan obat pel yang tidak ramah lingkungan bisa merusak bagian coating paling atas.

  • Gunakan Bantalan Empuk

Langkah perawatan berikutnya adalah menggunakan bantalan empuk di setiap kaki-kaki perabotan. Hal ini mampu mencegah adanya goresan pada lantai parket. Apabila lantai sudah terlanjur tergores, maka sulit untuk dibenahi. Beberapa perabotan yang perlu diberikan tambahan bantalan empuk adalah meja, kursi, dan lemari.

  • Dipindahkan dengan Cara Diangkat

Meskipun sudah diberikan bantalan di bagian kaki perabotan, bukan berarti boleh memindahkan dengan jalan diseret. Pemindahan perabotan yang ringan perlu diangkat. Sedangkan pemindahan perabotan yang berat bisa dengan cara ditambahkan keset pada bagian bawah perabotan sebelum diseret.

  • Gunakan Mesin Scrubber

Anda yang memiliki lantai parket sudah bertahun-tahun lamanya, perlu menggunakan mesin scrubber. Mesin tersebut berfungsi menyemprotkan cairan dan membersihkan lantai menggunakan sikat-sikat halus.

  • Lepas Lapisan Coating Perlahan

Lantai parket yang sudah diaplikasikan dalam waktu sampai tahunan, biasanya mengalami pemudaran pada bagian warna lapisan terluar. Pemilik bisa saja mengganti lapisan tersebut tanpa harus membongkar keseluruhan lantai parket. Kemudian mengganti lapisan coating yang lama dengan coating baru. Cara ini jauh lebih hemat dana daripada membongkar lantai tersebut.

Aplikasi Lantai Parket Pada Berbagai Ruangan

Saat ini lantai parket sudah banyak digunakan pada berbagai macam ruangan, termasuk kantor. Tampilan etnis yang diberikan juga layak diaplikasikan pada ruangan gym. Penggunaan lantai ini juga menjadi populer di kalangan masyarakat untuk beberapa ruangan lainnya. Anda bisa simak berikut.

  • Ruang Gym

Penggunaan lantai parket saat ini sangat fleksibel, sehingga bisa juga dipasang pada ruang gym. Berkat pemasangan lantai ini bagian dalam ruang gym akan terasa nyaman dan timbul kesan ruangan berkonsep natural. Saat ini banyak tersedia lantai parket murah dan yang berkualitas yang bisa dibeli melalui kami.

Gym dengan lantai parket – pinterest.com

  • Ruang Kantor

Tidak selamanya ruang kantor harus memiliki interior yang kaku atau formal. Salah satu interior yang bisa membuat tampilan kasual dan nyaman adalah lantai parket. Bisa juga ditambahkan dengan beberapa hiasan 3D wallpaper pada bagian dinding untuk memberikan kesan mewah pada ruang kantor.

  • Ruang Tidur

Apabila Anda memiliki ruang tidur dengan jendela yang besar menghadap ke taman, maka kesan sejuk bisa ditambahkan dengan menggunakan lantai parket. Interior desain bisa terlihat tampil semakin berkesan dengan kombinasi perabotan rumah yang sesuai. Anda bisa saja menggunakan perabotan dengan warna dominan putih.

  • Café

Ada banyak sekali café di bagian perkotaan yang menggunakan konsep lantai parket. Penggunaan lantai ini bisa membuat pengunjung menjadi semakin nyaman berada di café. Lantai ini juga bisa menimbulkan kesan mewah pada interior café.

Anda sudah memahami seluruh informasi yang berkaitan dengan lantai parket. Apabila Anda ingin memberikan nuansa natural pada interior desain, maka bisa memesan melalui kami di Importer.co.id atau +62 811-111-279. Anda akan bisa membeli lantai parket harga terjangkau hanya melalui kami. Ada beberapa produk yang juga kami sediakan, seperti lantai granit, lantai SPC, dan lain-lain.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Deprecated: Function create_function() is deprecated in /home/importer/public_html/wp-content/plugins/seo-ultimate/includes/jlfunctions/arr.php on line 64