Alasan Anda Harus Memilih Lantai Granit untuk Hunian

Anda yang menyukai kemewahan dan berniat memasang rumah dengan lantai yang mewah bisa menggunakan lantai granit. Ada banyak sekali jenis tampilan corak dan warna dari lantai ini, sehingga bisa dikreasikan dengan banyak konsep rumah. Penggunaan lantai ini cukup populer di kalangan masyarakat berkat karakteristiknya juga.

Bagi Anda yang berniat untuk memasang lantai ini, perlu mengetahui seluruh informasi yang berkaitan dengan lantai ini. Beberapa informasi penting yang harus diketahui adalah karakteristik, jenis, cara perawatan, dan lain sebagainya. Informasi tersebut akan dibahas secara lengkap melalui ulasan ini.

Ruang keluarga dengan lantai granit – isibangunan.com

Apa Itu Lantai Granit?

Lantai granit adalah lantai yang terbuat dari batu alam granit dan memiliki corak eksotis. Pengaplikasiannya sebagai lantai ruangan dapat membuat ruangan terlihat mewah. Tampilan yang menawan dan sumber daya terbatas dari bahan keramik membuatnya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal daripada jenis lantai lainnya.

Setiap motif dan warna yang ditampilkan lantai jenis ini cocok untuk berbagai konsep rumah. Bahkan, Anda juga akan bisa menggunakannya pada rumah berkonsep minimalis. Ruangan yang dipasangi dengan lantai dari batu granit ini bisa memberikan kesan lebih luas.

Keunggulan Menggunakan Lantai Granit

Ada banyak sekali kelebihan dari pemasangan lantai granit pada ruangan. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

  • Cocok untuk Banyak Konsep Rumah

Lantai granit memiliki banyak motif dan warna, sehingga bisa dipadukan dengan banyak konsep rumah. Tidak hanya cocok dipakai pada rumah berkonsep minimalis, tetapi Anda juga bisa menggunakannya pada rumah berkonsep etnis dengan jalan memilih lantai granit motif kayu. Jika bagian perabotan rumah memiliki banyak motif, maka Anda bisa memilih lantai dari batu granit yang polos atau bermotif guratan kecil-kecil. Penggunaan juga cocok untuk ruangan yang sempit dan bisa memberikan ilusi tampak luas.

  • Menambahkan Kesan Mewah

Tidak hanya cocok digunakan pada rumah berkonsep minimalis, lantai batu alam ini dapat memberikan kesan berkelas. Setiap rumah yang dipasangi dengan lantai granit ini akan tampil mewah. Kesan yang diberikan tersebut membuat ada banyak orang yang memilih untuk membeli lantai ini.

  • Memiliki Sifat Anti-Gores

Setiap lantai dari batu alam selalu diberi proses pemolesan. Proses tersebut membuat lantai ini menjadi lebih tahan terhadap bermacam-macam goresan. Berkat sifat tahan goresan ini, lantai dari batu granit menjadi lebih tinggi harganya. Sudah pasti sangat berbeda harganya dari lantai vinyl maupun lantai SPC.

  • Daya Tahan Lama

Batu alam granit memiliki struktur yang kokoh dan karakteristik tersebut menurun pada produk lantai granit. Bahkan Anda bisa meletakkan suatu barang dengan berat sampai dengan 500 kg pada lantai yang terbuat dari batu granit. Ini sudah pasti sangat berbeda dari semua jenis lantai lainnya, seperti lantai kayu, lantai keramik, maupun lantai vinyl.

Anda juga tidak perlu takut lantai ini mengalami goresan, karena memang memiliki sifat anti-gores. Berkat karakteristik tersebut, penggunaan lantai granit bisa lebih dari 20 tahun. Tidak perlu sering melakukan penggantian pada lantai di masa depan. Ini sangat berbeda dengan karakteristik lantai keramik yang akan retak saat diberikan muatan beban yang beratnya 500 kg.

  • Daya Serap Kecil terhadap Air

Lantai granit ini memiliki karakteristik anti-air. Walaupun tidak mencapai 100% waterproof, tetapi daya serapnya hanya sebesar 0.05%. Lantai ini diklaim memiliki daya serap lebih kecil dibandingkan dengan lantai keramik. Karakteristik ini membuat lantai dari batu granit ini menjadi primadona dan tidak perlu takut saat ada tumpahan air minum maupun minuman lainnya.

  • Perawatan yang Murah dan Mudah

Merawat lantai dari batu granit jauh lebih mudah daripada harus merawat lantai kayu. Anda bisa saja membersihkan dengan menggunakan obat pel saat ada noda yang susah dibersihkan. Lantai jenis ini juga lebih tahan terhadap banyak bahan kimia maupun air. Perawatannya sudah pasti hanya memerlukan biaya yang rendah dan mudah dilakukan.

  • Banyak Jenis Pola

Lantai granit memiliki banyak sekali pola dan warna, sehingga Anda bisa pilih sesuai selera. Beberapa warna dari lantai ini yang paling terkenal adalah lantai granit hitam dan lantai granit putih. Sedangkan pola yang tersedia berupa bentuk permata, kayu, marmer alam, dan lain sebagainya.

Kelemahan Lantai Granit

Lantai granit memang hampir terlihat sebagai lantai yang sempurna. Namun bukan berarti lantai ini sama sekali tidak memiliki kekurangan. Tidak hanya dari segi harga yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, lantai ini punya kekurangan lainnya. Kekurangan tersebut adalah proses pemasangan yang rumit.

Anda tidak akan mungkin melakukan pemasangan secara mandiri dan sangat memerlukan bantuan jasa profesional. Jadi bisa dikatakan bahwa proses pemasangan dari lantai ini sendiri juga memerlukan biaya tinggi.

Batu granit bahan baku lantai granit – isibangunan.com

Aplikasi Lantai Granit pada Berbagai Ruangan

Aplikasi dari lantai granit ini bisa dilakukan di seluruh jenis ruangan. Anda akan bisa memahami betapa setiap ruangan tampak menjadi sangat indah secara estetika dengan menggunakan lantai ini.

  • Ruang Tamu

Pemasangan lantai granit yang paling harus dilakukan adalah pada bagian ruangan tamu. Menggunakan lantai ini pada ruang tamu dapat membuat kerabat maupun tamu yang berkunjung terkagum-kagum. Lantai tersebut dapat membuat ruangan terlihat luas dan mewah. Penggunaan furniture juga perlu disesuaikan dengan warna dan corak granit yang dipasang.

  • Ruang Teras

Lantai granit tidak hanya bisa dipasang pada bagian dalam rumah. Anda bisa saja memasang lantai tersebut di bagian teras. Pemasangan lantai ini pada bagian teras dapat menarik perhatian dari banyak orang yang lewat. Lantai ini juga memberikan sensasi sejuk pada teras rumah saat siang hari. Cocok dipakai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan taman depan rumah.

  • Ruang Tidur

Lantai dari batu granit itu juga cocok dipasang pada bagian kamar tidur. Anda bisa saja bermain dengan motif lantai untuk bisa mendapatkan kesan yang menarik pada kamar tidur. Lantai ini sangat cocok dipasang pada rumah yang berada di daerah tropis, karena tetap terasa sejuk saat diinjak.

Hal tersebut sudah pasti akan sangat menunjang kenyamanan orang yang berada di kamar. Menggunakan lantai tersebut akan membuat siapa saja jadi betah berlama-lama tinggal di dalam ruang tidur.

  • Dapur

Anda juga bisa membuat dapur memiliki kesan mewah dengan memasang lantai granit. Usahakan untuk menggunakan lantai dengan warna yang gelap dan furniture berwarna terang. Hal ini akan membuat dapur tidak terlihat gampang kotor.

Apabila dapur yang Anda miliki berukuran sempit, maka Anda bisa menggunakan lantai yang tanpa sambungan. Lantai tanpa sambungan dapat membuat ruangan dapur terlihat lebih luas.

  • Kamar Mandi

Kamar mandi dengan lantai granit abu-abu – isibangunan.com

Lantai granit memiliki tekstur yang lembut dan tetap kesat. Lantai ini tidak licin saat diinjak selama Anda memiliki konsep kamar mandi kering. Anda bisa saja mencoba bereksperimen dengan berbagai warna yang ada, seperti abu-abu.

Tidak perlu bingung mencari kemana-mana saat ingin beli lantai granit. Anda bisa langsung beli melalui kami di Importer.co.id atau +62 811-111-279. Kami juga melayani pembelian berbagai jenis lantai lainnya, seperti lantai kayu, lantai SPC, lantai keramik, maupun lantai vinyl.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.