Kenali Plus Minus Lantai Kayu di Rumah

Lantai masuk dalam salah satu faktor yang bisa membuat rumah tampak indah. Lantai yang digunakan juga harus bisa membuat seluruh penghuni rumah menjadi nyaman. Sedangkan karakteristik lainnya yang penting adalah tidak mengeluarkan suara, tidak licin, dan tidak mudah tergores. Semua karakteristik tersebut dimiliki oleh lantai kayu.

Jenis lantai yang satu ini dapat meningkatkan estetika ruangan dan langsung menjadi favorit banyak orang. Sebelum memutuskan membeli lantai ini, Anda perlu mengetahui plus minus dan informasi lainnya. Informasi yang dimaksud juga meliputi cara pemasangan dan perawatannya.

Ruang keluarga dengan lantai kayu – isibangunan.com

Kelebihan Menggunakan Lantai Kayu

Ada banyak sekali keunggulan dari lantai kayu dan tidak hanya sekedar memberikan tampilan ruangan menjadi lebih mewah saja. Anda dapat mengetahui seluruh keunggulan tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk membeli lantai ini.

  • Memiliki Daya Tahan Lama

Lantai kayu ini sangat berbeda dari lantai vinyl yang mudah rusak saat tergores atau terlepas. Lantai kayu tidak mudah tergores dan menawarkan daya tahan lama, karena memang dibuat dari kayu solid. Kesan mewah dan alami yang dari penggunaan lantai tersebut dapat berlangsung lama. Bahkan bisa sampai puluhan tahun dan membuat betah siapa saja yang berada di ruangan.

  • Banyak Corak yang Bisa Dipilih

Setiap jenis pohon yang dipakai membuat lantai kayu memiliki corak yang berbeda. Anda bisa pilih corak dan tekstur sesuai dengan keinginan. Corak dan tekstur lantai tersebut bisa bertahan lama sampai dengan 20 tahun, asalkan dirawat dengan baik.

  • Membuat Ruangan Lebih Hangat

Penggunaan lantai kayu sudah ada sejak beberapa abad yang lalu di beberapa negara, seperti China, Jepang, dan Korea. Sebagian besar dari negara yang memiliki 4 musim tersebut menggunakan lantai dari bahan dasar kayu, karena dapat menyimpan panas. Alhasil ruangan menjadi lebih terasa hangat saat musim dingin tiba.

Selain dapat menyimpan suhu hangat, lantai ini mampu menyesuaikan suhu udara juga. Anda tidak perlu khawatir akan merasa terlalu panas maupun terlalu dingin, sehingga lantai jenis ini tetap cocok dipakai di negara tropis, seperti Indonesia.

  • Tidak Perlu Lap Basah

Perawatan dari lantai ini tidak perlu lap basah sama sekali. Anda dapat berhemat, karena tidak perlu beli obat pel. Pembersihan dari berbagai debu dan kotoran bisa dilakukan dengan menggunakan penyedot debu atau sapu halus.

  • Memiliki Dampak Baik Bagi Kesehatan

Lantai dengan bahan vinyl bisa melepaskan zat yang volatil atau mudah menguap ke udara. Walaupun sifat dari uap tersebut organik, tetapi tetap saja ada sebagian orang yang alergi dengan hal tersebut. Menggunakan lantai dari kayu sangat baik bagi kesehatan, karena tidak melepaskan uap organik seperti yang dilakukan oleh lantai dari bahan vinyl.

 Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu

Anda yang tertarik ingin menggunakan lantai kayu pada rumah perlu memahami dahulu mengenai kekurangannya. Memang tidak ada lantai yang sempurna apapun itu jenis lantainya. Namun mengetahui kekurangan lantai kayu bisa membantu menghindari berbagai faktor yang bisa mempersingkat daya tahan penggunaannya. Beberapa kekurangan lantai ini:

  • Perlu Perlakuan Khusus

Lantai jenis ini memang bisa digunakan sebagai lantai bagian dalam ruangan maupun lantai kayu outdoor. Hanya saja bila digunakan outdoor perlu memberikan atap, agar tidak terkena hujan secara langsung.

Sedangkan penggunaan baik indoor maupun outdoor sama-sama perlu dijaga dari serangan rayap. Perlu menambahkan lapisan anti rayap setiap beberapa periode sekali pada bagian permukaan. Lantai jenis ini juga tidak dapat dibiarkan lembab, karena bisa keropos. Memindahkan barang-barang juga disarankan dengan jalan diangkat bukan didorong.

Pemindahan barang yang dilakukan dengan jalan didorong dapat menimbulkan goresan pada tekstur lantai ini. Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan yang bisa berkeliaran dalam rumah, perlu dipotong kukunya secara rutin.

  • Tidak Bisa Dipasang pada Tempat Lembab

Apabila rumah seseorang berada di lokasi berkelembaban tinggi, maka bisa dipastikan menggunakan lantai kayu adalah hal yang mustahil. Sangat tidak dianjurkan membersihkan lantai ini menggunakan obat pel apapun maupun air. Membersihkan noda yang sulit dihilangkan bisa dilakukan dengan lap kering.

  • Susah Dibersihkan Saat Ada Noda Cair

Semua jenis lantai kayu memiliki tekstur pada permukaannya. Membersihkan tumpahan kopi, susu, maupun minuman lainnya menjadi lebih sulit dibandingkan jenis lantai lain. Selain itu lantai ini juga memiliki pori-pori yang mudah menyerap cairan.

Tumpahan cat dan tinta akan dapat dengan cepat menyerap ke dalam pori-pori lantai kayu. Apapun itu jenis cairan perlu segera dilap dan dikeringkan saat tidak sengaja tumpah.

 Jenis Lantai Kayu

Ada banyak sekali jenis pola dari lantai ini dan Anda perlu mengetahuinya sebelum memutuskan untuk membeli. Beberapa pola tersebut bisa Anda ketahui berikut ini.

  • Pola Acak

Jenis pola yang ada tidak harus selalu monoton sama. Anda bisa saja memesan lantai kayu dengan pola yang acak alias ukuran panjang yang berbeda-beda. Bahkan pola acak ini juga biasanya menawarkan warna yang berbeda untuk memberikan kesan elegan pada ruangan.

Jenis pola ini cocok untuk ruangan yang luas dan memiliki sedikit furniture berwarna polos. Penggunaan jenis ini juga cocok bagi konsep rumah bohemian maupun hippie.

  • Pola Lurus

Ruangan dengan lantai kayu pola lurus – pinterest.com

Pola yang paling sering dicari masyarakat adalah pola lurus. Pola ini bisa digunakan untuk ruangan dengan konsep minimalis. Harga dari pola jenis ini juga yang paling murah. Tampilan yang sederhana dan fleksibel pada pola ini membuatnya mampu dikombinasikan dengan banyak sekali konsep interior desain.

  • Pola Diagonal

Lantai kayu pola diagonal – freevector.com

Pola pada lantai kayu tidak selalu hanya lurus saja. Anda bisa juga memesan pola lantai yang berbentuk diagonal guna mendapatkan sensasi tampilan ruangan yang berbeda. Pola ini membuat tampilan ruangan menjadi lebih mewah.

Cara Pemasangan Lantai Kayu

Memasang lantai kayu perlu teknik khusus yang membuatnya memiliki daya tahan lebih lama. Beberapa dari langkah pemasangan lantai ini yakni:

  • Pemasangan Foam Khusus

Berikan lapisan foam khusus pada seluruh lantai yang akan dipasangi lantai kayu. Pemasangan foam bertujuan mencegah uap air dari permukaan lantai sebelumnya mengenai lantai kayu. Penggunaan foam ini sangat penting guna mencegah kayu keropos dan berjamur.

  • Merekatkan Sambungan Foam

Setiap sambungan dari foam perlu direkatkan menggunakan selotip khusus, agar tidak mudah bergeser. Proses ini perlu didiamkan paling tidak 1 hari.

  • Memasang Lantai Kayu

Melakukan pemasangan lantai kayu dilakukan dengan jalan sistem click atau lantai kayu tempel. Pemasangan lantai tersebut mirip dengan puzzle yang mana lantai yang satu memiliki sisi yang berlidah dan lantai lain memiliki sisi berlubang. Tidak perlu lem untuk memasang lantai kayu.

  • Pemasangan Rubber

Setiap bagian sudut lantai kayu yang bertemu dinding perlu diberikan rubber. Tujuannya untuk memastikan tidak ada lantai atau dinding yang rusak akibat saling bersinggungan.

  • Memastikan Pemasangan Lantai Kayu Kuat

Lantai kayu yang sudah terpasang perlu diperkuat dengan cara dipukul menggunakan palu dari rubber. Penggunaan palu rubber dapat menghindari terjadinya goresan akibat lantai dipukul.

Anda perlu memesan lantai kayu murah melalui Importer.co.id atau +62 811-111-279. Setiap lantai kayu yang dipesan melalui kami selalu berkualitas. Kami juga siap melayani Anda yang perlu memesan beberapa material bangunan lainnya, seperti paku gypsum, foam brick, lantai vinyl dan lantai SPC.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Deprecated: Function create_function() is deprecated in /home/importer/public_html/wp-content/plugins/seo-ultimate/includes/jlfunctions/arr.php on line 64