Ingin Lantai Tampak Mewah? Gunakan Lantai SPC

Saat hendak memilih konstruksi pelapis lantai, Anda akan menemukan ada banyak sekali pilihan pelapis lantai. Salah satunya adalah lantai SPC. Penggunaan lantai tersebut di Indonesia memang masih baru dan langsung memiliki permintaan pasar yang tinggi. Lantai ini merupakan bentuk pengembangan yang lebih mewah dari lantai vinyl tile (LVT).

Alangkah baiknya Anda mengetahui seluruh informasi yang berkaitan dengan lantai ini sebelum memutuskan untuk membelinya. Informasi penting tersebut, misalkan saja tentang struktur penyusun dari SPC flooring dan keunggulan dari jenis pelapis lantai ini. Semua informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan membaca ulasan ini sampai selesai.

Ruangan dengan lantai SPC – Isibangunan.com

Apa Itu Lantai SPC?

SPC memiliki kepanjangan berupa Stone Plastic Composite. Lantai SPC adalah sebuah lantai yang mengkombinasikan senyawa kalsium karbonat dengan bubuk PVC dan stabilizer. Pelapis lantai yang satu ini bisa dikatakan sebagai bentuk pengembangan dari lantai vinyl. Memiliki ketahanan dan hasil yang lebih luxury daripada lantai vinyl.

Lantai yang terbuat dari bahan SPC ini tidak mudah penyok dan rusak, karena memiliki core berupa stone plastic composite. Sangat berbeda dengan LVT yang memiliki core berupa PVC saja yang berkarakteristik lunak dan elastis. Seluruh lantai SPC ini memiliki sifat 100% anti-air, jadi Anda sudah tidak perlu khawatir saat ada air yang jatuh ke lantai.

Struktur Lapisan Penyusun Lantai SPC

Lantai SPC memiliki struktur yang lebih kuat daripada LVT berkat susunan lapisan yang ada padanya. Beberapa lapisan tersebut diantaranya:

  • Lapisan Wear Layer

Lapisan yang terdapat di bagian terluar lantai ini biasa disebut dengan wear layer. Lapisan tersebut berwarna bening yang memiliki sifat anti-gores maupun anti-noda.

  • Lapisan Vinyl Top Coat

Lapisan kedua berupa Vinyl Top Coat yang dipasang dengan ketebalan sangat tipis. Kegunaan dari lapisan ini adalah memberikan sifat anti-air pada lantai SPC. Pada lapisan ini juga terdapat berbagai macam motif dan tekstur yang paling menunjang penampilan produk ini.

  • Lapisan Inti SPC

Lapisan yang menjadi penguat dari lantai SPC terletak pada bagian intinya. Lantai ini menggunakan inti berupa kombinasi dari bubuk kalsium karbonat yang dicampur dengan stabilizer. Ada beberapa lantai ini yang juga menambahkan bahan PVC pada bagian intinya. Bagian ini biasanya juga terdiri atas bahan anti-air yang membuat dimensi lantai semakin kokoh.

  • Lapisan Tambahan Lantai SPC

Lapisan yang terakhir ini tidak selalu ada di setiap produk lantai SPC. Hanya diberikan saat konsumen menginginkan fungsi peredaman suara maupun menghendaki permukaan lantai yang halus.

Kelebihan Lantai SPC

Lantai SPC – ambitionplastic.com

Ada banyak sekali keunggulan dari lantai ini dibandingkan dengan pelapis lantai lainnya. Keunggulan tersebut membuat generasi pelapis lantai baru ini banjir peminat. Seluruh kelebihan lantai SPC bisa Anda lihat berikut.

  • Waterproof

Hampir setiap pelapis lantai saat ini memiliki sifat waterproof, termasuk lantai SPC. Anda yang menggunakan SPC sebagai pelapis lantai sudah tidak perlu cemas lantai akan rusak akibat air.

Tentunya hal ini sangat berbeda dari lantai parket kayu yang perlu segera dibersihkan bila ada air yang tumpah ke permukaannya. Berkat adanya inti dan pelapis anti-air, lantai SPC memiliki sifat waterproof.

  • Tahan Perubahan Cuaca

Setiap pelapis lantai memiliki karakteristik yang berbeda-beda saat terjadi perubahan suhu akibat perubahan cuaca. Ada pelapis lantai yang mudah memuai dan menyusut. Bahkan ada pelapis lantai yang bisa rusak akibat rembesan air saat musim hujan. Apabila Anda ingin menghindari seluruh masalah tersebut, sekarang saatnya Anda menggunakan SPC flooring.

  • Perawatan yang Murah dan Mudah

Merawat SPC flooring ini sangat mudah dan murah dibandingkan lantai parket kayu. Tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi, karena cukup dengan menyapu dan mengepel saat lantai kotor.

  • Harga Beli Terjangkau

Apabila Anda ingin melakukan pembelian terhadap lantai ini harus dilakukan dalam bentuk satu dus. Tidak bisa melakukan pembelian dalam bentuk eceran. Melakukan pembelian lantai ini dalam skala banyak, justru membuat Anda bisa memperoleh lantai SPC murah.

  • Ada Banyak Jenis Tampilan

SPC flooring ini memiliki banyak sekali tampilan motif, tekstur, dan style. Anda akan bisa mencari yang sesuai dengan keinginan dan keperluan.

  • DIY Instalasi

Anda ingin mengubah suasana dalam ruangan menjadi berbeda, maka bisa diwujudkan dengan menggunakan SPC flooring. Metode pemasangan dari lantai ini sangat mudah yaitu menggunakan metode click-lock. Bahkan Anda juga bisa melakukan pemasangan secara mandiri pada ruangan yang tidak luas.

  • Nyaman Diinjak

SPC flooring memiliki inti yang lebih rapat dan tebal daripada LVT, sehingga membuatnya lebih nyaman saat diinjak. Selain itu, menambahkan pelapis tambahan pada SPC bisa membuat permukaan menjadi lebih halus dan semakin nyaman saat diinjak.

  • Tidak Menghasilkan Suara Berisik Saat Diinjak

Lantai SPC memiliki inti yang lebih rapat daripada LVT. Kerapatan struktur dari SPC membuatnya menjadi tidak mengeluarkan suara saat diinjak.

Cara Pemasangan Lantai SPC

Memasang SPC flooring bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu mengikuti seluruh petunjuk yang akan dijelaskan secara singkat berikut ini.

  • Menghitung Luas Area Pemasangan

Sebelum mulai membeli SPC flooring, maka Anda perlu mengukur luas ruangan. Bandingkan dengan ukuran luas dari SPC flooring. Pengukuran ini bertujuan untuk dapat membeli SPC flooring dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, karena hanya akan buang-buang dana saat pesan berlebihan.

  • Membersihkan Lantai

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan sebelum memasang lantai tersebut adalah membersihkannya. SPC flooring akan lebih susah merekat pada permukaan lantai sebelumnya yang tidak bersih. Saat SPC yang sudah dipasang mudah lepas akibat tidak dibersihkan dahulu, hal tersebut dapat dengan cepat merusak SPC.

  • Gunakan Perekat

Anda yang lebih suka dengan membuat SPC flooring terekat pada bagian plesteran bisa menggunakan metode glue-down. SPC flooring akan direkatkan dengan permukaan lantai sebelumnya menggunakan lem perekat khusus.

Lantai SPC motif kayu – isibangunan.com

Cara Merawat Lantai SPC

Merawat lantai yang terbuat dari SPC jauh lebih mudah daripada merawat lantai yang terbuat dari parket kayu. Membersihkan lantai ini hanya perlu menggunakan penyedot debu maupun sapu untuk menghilangkan kotoran yang mudah dibersihkan.

Saat ada noda membandel yang susah dibersihkan, maka Anda disarankan menggunakan pernis pembersih lantai yang diencerkan dengan air. Perbandingan antara pernis dengan air adalah 1:20. Apabila Anda tidak menyukai bau dari pernis, maka bisa saja Anda menggunakan obat pel yang diencerkan dengan takaran sesuai petunjuk penggunaan.

Jangan menggunakan obat pembersih yang bersifat keras, karena bisa merusak bagian permukaan SPC. Beberapa obat pembersih yang dapat merusak SPC adalah pembersih toilet yang berkonsentrasi pekat.

Anda ingin menggunakan lantai SPC sebagai pelapis lantai di rumah, maka dapat melakukan pemesanan melalui Importer.co.id atau +62 811-111-279. Seluruh produk SPC yang ditawarkan kami memiliki kualitas tinggi dan harga bersaing. Ada beberapa produk lain yang juga ditawarkan oleh perusahaan kami yakni lantai vinyl, foam brick, granit import, dan lain sebagainya.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.